RetroPOINT Bed & Breakfast - Guest House Murah dan Nyaman di Bandung

Huwaaaaah! Akhirnya ngerasain juga liburan ke luar kota. Rasanya, sudah lama sekali nggak ngebolang seperti ini. Biasanya saya menginap...

Liburan Ceria Nggak Mati Gaya, Laptopnya ASUS Aja!


Liburan akhir tahun 2018 lalu merupakan momen yang kami tunggu-tunggu. Beragam rencana telah kami susun untuk mengisi akhir tahun dengan hal-hal yang menyenangkan bersama keluarga. Meski demikian, rencana yang telah disusun dengan cermat, mesti tertunda karena kami sekeluarga mendadak sakit karena Allah sudah berkehendak demikian. Waduh! Liburan di rumah saja? Bed rest? Pasti membosankan.. Tapi apalah daya, kami sekeluarga mesti mengikuti anjuran dokter untuk beristirahat sembari rutin meminum obat.

Alhamdulillah, meskipun dalam keadaan sakit, anak-anak tetap optimis dalam menjalani hari-hari libur mereka. Walau tidak ke mana-mana, tapi beragam aktifitas yang menyenangkan seperti menggambar, bermain gadget meski sebentar, dan menonton film di laptop, kerap menjadi solusi mengusir kejenuhan yang melanda.

"Pa! Ai boleh pinjem laptopnya nggak? Ai mau nonton! Kalau nonton di hape, layarnya kecil, Ai pusing!"
Suara si mungil Ai yang memohon pinjam laptop terasa sangat mengharukan. Ya, namanya bocah, meski sedang meriang, disuruh istirahat, masih saja ada energi yang tersisa untuk sekadar nonton film kesukaannya, menyenangkan hatinya yang mesti liburan di rumah saja untuk kali ini.


Di rumah memang ada PC Desktop, namun anak-anak lebih suka menggunakan laptop untuk menonton film atau streaming Youtube karena sifatnya lebih portabel, dan menurut saya, lebih terukur karena jika baterainya akan habis, mereka akan berhenti dan meminta tolong untuk mengisi ulang kembali baterai laptopnya. Dan mereka pun akan beristirahat karena sudah cukup lelah. Syukurlah, keberadaan laptop ASUS VivoBook S15 yang saya miliki, mampu sedikit mengobati kejenuhan di masa liburan akhir tahun ini.

Alhamdulillah, jelang mereka masuk sekolah, semua sudah sehat kembali. Namun rencana liburan yang tertunda, mesti kita rencanakan ulang kembali. Anak-anak setuju dengan rencana tersebut dan menantikan waktu yang tepat, kapan kiranya saya akan mengajak mereka bersenang-senang.

Akhirnya hari yang ditunggu tiba. Sabtu siang, selepas menjemput sang kakak yang mengikuti bimbel karena sudah kelas 3 SMP, saya, Khansa dan Ai segera menuju tempat yang sudah kami rencanakan. Liburan nggak harus mahal dan keluar kota, selama anak-anak senang hatinya, itu sudah cukup bagi kami semua. Untuk kali ini, sang mama tidak ikut karena satu dan banyak hal, anggap saja ini quality time ayah dengan anak-anak perempuannya.


Yosha! Lokasi piknik kali ini adalah Burger King di daerah TB Simatupang. Lokasi ini kami pilih karena tempatnya tidak terlalu jauh dari rumah, cozy, dan ada arena bermain untuk anak-anak. Tau nggak, siapa yang usulin tempat ini jauh-jauh hari? Ai! Karena sebelumnya, dia sempat diajak tantenya merayakan ulang tahun tantenya di Pizza Hut, yang lokasinya bersebelahan. Selama ini memang terkadang saya mengajak anak-anak saya ketika sedang gathering bersama komunitas Blogger King di Burger King Lapangan Roos di daerah Tebet, sehingga mereka sangat familiar dengan menu makanan dan minuman yang ada di sana. Namun khusus kali ini, ada tambahan arena bermain yang masih diminati Ai. Hahaha, jangan buru-buru besar ya Dek?


Menu favorit mereka adalah ayam goreng crispy lengkap dengan nasinya, sedangkan saya memilih menu burger dengan 3 varian isi. Sambil makan, kami ngobrol-ngobrol mengenai hal apapun. Jika Ai bersemangat menghabiskan makanannya karena mau main di arena bermain anak, sang kakak yang sudah ABG ini justru menceritakan tentang teman-teman di sekolahnya yang kebetulan meminati film-film animasi Jepang (anime). 


Karena tadi sang kakak habis bimbel, dia pun mohon untuk meminjam laptop saya, untuk menunjukkan anime yang sedang 'hot' di kalangan pelajar SMP di sekolahnya. Momen kali ini memang saya sengaja membawa laptop karena rencananya ada beberapa pekerjaan yang mesti saya selesaikan, di tempat yang memiliki atmosfer yang lebih santai. Namun melihat antusiasme sang kakak yang ingin menunjukkan anime yang baru saja dibicarakannya, saya pun tak sabar ingin menontonnya juga. Maklum, sejak dulu hingga kini, selera film saya memang tidak jauh dari kartun Jepang dan beberap film aksi superhero serta beberapa seri drama Jepang maupun Korea.


Judulnya animenya adalah Touken Ranbu. Ceritanya tentang kehidupan anak sekolahan gitu, cuma memang tim translasi ke bahasa Indonesianya yang menambah bikin geli saat menonton dan membaca terjemahannya. Anime ini diterjemahkan secara serius tapi kocak, dengan mengadopsi kearifan lokal Indonesia. Contohnya, ketika ada adegan minimarket, diterjemahkan sebagai Alfamart, dan lain sebagainya. Koplak deh animenya.

Karena kami berdua keliatan seru nonton anime di laptop, si adik yang tadinya bermain di arena bermain ikutan nimbrung untuk nonton bareng juga.


Sempat ada kejadian yang bikin deg-degan karena rembesan air dingin dari minuman yang kami letakkan di meja, belum lagi insiden es krim choco top yang jatuh, nyaris mengenai laptop yang sedang kami tonton. Huft! Kalau begini, jadi kepikiran laptop baru yang tangguh dan tahan di segala cobaan, eh, keadaan. Oiya! Kayaknya belum lama saya sempat melihat informasi laptop baru dari ASUS yang memenuhi kriteria tersebut, bahkan video laptop ASUS yang diinjak-injak sempat viral di lini masa media sosial saya. Nggak pakai lama, saya langsung browsing untuk mencari tahu informasi mengenai laptop tersebut.

| ASUS ZenBook UX391UA


Laptop berbodi ramping nan ringan ini sempat dipamerkan di event blogger gathering beberapa waktu lalu. Yang pertama asuhan Mbak Katerina, dan yang baru saja berlalu, oleh Mbak Mira Sahid. Sayangnya, saya nggak sempat bergabung karena tugas antar jemput anak bimbel. Namun hal itu tak mengurangi kekepoan saya mengenai teknologi terkini yang diusung oleh ASUS ZenBook UX391UA ini.

| Ringkas, Ringan dan Ramping


Memiliki bentang layar 13,3 inci, laptop ini sangat ideal untuk dibawa bepergian. Bobotnya yang kurang lebih 1 kilogram saja, dijamin nggak bikin pegal pundak dan punggung yang menggendongnya di tas ransel kesayangan kita. Tebalnya juga hanya 1,29 centimeter, sangat tipis sehingga mudah diselipkan di kompartemen atau dikumpulkan bersama dengan dokumen lainnya. Makin rajin bawa laptop tiap hari supaya bisa kerja atau sekadar having fun sejenak di mana saja.

| Premium dengan Ergo Lift Design


Faktor ergonomis sangat diperhatikan untuk kenyamanan penggunaan laptop ASUS ZenBook UX391UA ini. Ketika layarnya dibuka, maka bagian bawahnya akan terangkat kurang lebih 5,5 derajat untuk memberikan ruang sirkulasi udara, agar pembuangan panasnya sempurna. Sudut papan ketiknya pun terasa nyaman ketika digunakan. Selain itu, keluaran audio dari laptop yang mengusung teknologi Harman Kardon ini juga terasa lebih jernih dan lantang.

| Layar FullHD dengan NanoEdge Bezel


Memandang layar laptop ASUS ZenBook UX391UA memang bikin kita betah berlama-lama. Resolusi 1080 FullHD dengan kerapatan 331 pixels per inch dan 100% sRGB mampu menyajikan visual yang jernih dan tajam. Dan teknologi NanoEdge bezel dengan ketebalan hanya 5,9 milimeter saja, menjadikan tampilan layar laptop ASUS ZenBook UX391UA ini terasa luas. Ugh! Pasti buat nonton drama seri atau film bakalan enak banget ini.

| Performa Kelas Dunia


Jika biasanya laptop tipis identik dengan spesifikasi rendah, hal ini nggak berlaku untuk ASUS ZenBook UX391UA, karena di dalamnya terpasang komponen terbaik jaman jigeum! Prosesor Intel Core i7 generasi ke-8 dengan Turbo Boost dan clock speed hingga 4GHz dan cache sebesar 8MB. Kemudian media simpan bertipe SSD sebesar 512GB yang dijamin sangat responsif dan lega untuk kebutuhan sehari-hari, baik untuk bekerja maupun hiburan. Belum lagi memorinya, 16GB bray! Multi-tasking bukan lagi jadi momok yang menakutkan karena dengan RAM sebesar ini, dijamin semua aplikasi yang berjalan di background maupun di foreground, tetap lancar dan mulus. Setara server ini memori laptop. Gokz! Untuk koneksi dengan perangkat luar sudah mendukung USB Type-C yang modern, khusus hal ini kalian nggak perlu kuatir karena di dalam paket penjualannya sudah disediakan ASUS Mini Dock (untuk konversi dari USB-C ke USB-A atau ke HDMI). Dan di dalam setiap laptop ASUS terbaru, sudah terpasang sistem operasi Windows 10 original, bukan kaleng-kaleng!

| Military Grade Jaminan Daya Tahan #1


Bila laptop kita masih kelas biasa saja, kita akan ekstra hati-hati dalam menjaganya bukan? Sekali saja laptop jatuh dari meja atau terbentur saat berada di dalam tas, langsung bikin hati ini deg-degan nggak karuan. ASUS ZenBook UX391UA memberikan semua perlindungan yang mungkin dibutuhkan oleh setiap penggunanya, dengan melakukan pengujian berstandar MIL-STD 810G yang mengakomodir beberapa tes berikut ini, yaitu drop test, vibration test, altitude test, high temperature test dan low temperature test. Semua pengujian tersebut berhasil dilalui oleh laptop ASUS ZenBook UX391UA dengan baik. Meskipun mungkin dalam keadaan normal harian, kita tidak akan menggunakan laptop ini dalam kondisi ekstrim, namun jaminan kekuatan saat jatuh, getaran saat berkendara, dan jika terjadi (amit-amit) kebakaran, mungkin data penting di dalam laptop ini masih bisa diselamatkan. 

Buat saya, 3 ketahanan itu saja sudah mampu memberikan ketenangan lahir batin jika saya memiliki laptop ini nanti. Belum lagi dengan spesifikasi yang dimilikinya, untuk kebutuhan dasar komputasi saya saat ini, insya ALLAH bisa bertahan hingga 2-3 tahun ke depan, tanpa perlu tergiur dengan laptop baru lagi setiap tahunnya. Punya karena perlu, bukan karena ingin..

Nggak terasa, waktu sudah menjelang malam. Si Ai juga nampak sudah mulai lelah dan mengantuk setelah makan dan bermain. Sang kakak rupanya sudah menyelesaikan beberapa episode anime yang ditontonnya. Saatnya beres-beres dan kembali pulang ke rumah. Memang liburan kali ini terasa sangat sederhana, namun bagi kami, kebahagiaan yang dirasakan oleh anak-anak kami, itu lebih utama dan bermakna. Semoga rencana liburan mendatang bisa lebih seru lagi, dan semoga di tahun 2019 ini, saya bisa segera mengganti laptop lama saya dengan ASUS ZenBook UX391UA agar lebih produktif dan semangat dalam menjalani rutinitas sehari-hari, demi senyum mereka, anak-anakku yang kucinta..


Salam kompak persahabatan selalu..



4 komentar:

  1. mantap ya krn sliming jd mudah dibawa kemana2

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul sekali.. slim dan lightweightl tapi tetap monster perfotmanya

      Hapus
  2. Aku jarang bawa laptop Kalo kulineran, fokus ke makanan soalnya, tapi asik juga ya sambil nonton anime terus nyemil, pantesan Banyak orang seneng nongkrong di fast food restaurant sambil bawa laptopnya, asik juga ternyata, aku dulu penggemar anime juga, Sekarang sudah berganti penggemar oppa, ide liburannya boleh juga, sederhana tapi anak2 senang

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alhamdulillah Mbak.. yg utama itu anak² senang.. gak kecewa dengan rencana liburan yang berantakan..

      Hapus