Artikel Unggulan

ASUS Zenbook 14X OLED Space Edition - Laptop Canggih Berstandar Space-Grade

  Seminggu sebelumnya, saya sempat datang ke acara intip-intip laptop terbaru dari ASUS yang kabarnya memiliki ketangguhan luar biasa. Di se...

Tips Mengatasi Gagal Convert Zoom Recording

 


Sejak awal pandemi berlangsung, aplikasi Zoom banyak digunakan oleh orang-orang untuk menyelenggarakan meeting secara online. Meski versi gratisannya dibatasi durasinya hanya 45 menit saja, namun kepopuleran dan kemudahan penggunaannya membuat aplikasi ini digemari dan dijadikan pilihan utama, bahkan banyak perusahaan berlangganan layanan aplikasi Zoom agar bisa memanfaatkan layanan tersebut secara optimal, tanpa dibatasi waktu lagi.

Biasanya, dalam rapat, selalu ada notulen yang akan mencatat poin-poin penting yang dibahas di dalamnya. Namun, sejak adanya Zoom, meeting online seolah tak lagi membutuhkan notulen, karena sudah ada fitur perekaman sebagai pencatat semua aktivitas selama meeting online berlangsung di Zoom room. Dan di akhir sesi rapat online, hasil rekaman tersebut akan diconvert menjadi file yang bisa diputar ulang dengan aplikasi media player.

Tetapi pernahkah kalian mengalami kejadian file rekaman Zoom gagal dikonversi? Gimana perasaannya? Panik nggak? Ya panik lah pastinya. Apalagi kalau selama meeting online, kita sempat meninggalkan seat untuk ke belakang, misalnya, sehingga sempat tidak menyimak pembahasan secara menyeluruh.

Untuk mengkonversi file rekaman zoom, dalam keadaan normal, kalian cukup melakukan dobel klik pada file yang dihasilkan setelah meeting selesai. Contohnya bisa dilihat pada gambar di bawah ini :


Namun ketika file tersebut telah diklik namun tidak terjadi apa-apa, padahal harusnya file tersebut berubah menjadi format yang dikenali oleh aplikasi media player, jangan panik dulu. Coba periksa kembali file yang ada pada folder tersebut. Apakah ada file baru yang muncul? Contohnya seperti pada gambar di bawah ini :


Agar bisa kembali melakukan convert, cukup hapus file dengan nama xcode_error.log dan zoomver.tag, serta biarkan file dengan ekstensi zoom. Kemudian dobel klik lagi file yang akan diconvert.

Demikian cara mengatasi file rekaman zoom yang gagal dikonversi, semoga bermanfaat. Untuk artikel lebih detil mengenai aplikasi Zoom, silakan kunjungi situs bisikbisik.id ya! Salam kompak persahabatan selalu..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar