Artikel Unggulan

ROG Phone 8, Lebih dari Sekadar Smartphone Gaming!

ROG Phone merupakan seri smartphone gaming Android rancangan ASUS. Seri ROG Phone pertama kali diumumkan pada tanggal 8 Juni 2018 di ajang...

Wujudkan Keluarga Kompak di Transera Waterpark!

Hai semuanya! Ketemu lagi dengan tulisan gue yang terkini, karena pada Hari Sabtu yang lalu, tepatnya tanggal 29 April 2017, gue mengajak serta keluarga piknik seru-seruan bermain air. Lokasi piknik yang jadi tujuan kami adalah Transera Waterpark, Kota Harapan Indah, Bekasi.

Awal Perjalanan

Perjalanan dimulai pada pukul 8 pagi, waktu Condet, dengan menggunakan taksi Gamya langganan keluarga. Dengan harapan tiba di sana tepat waktu, kami memutuskan untuk memanfaatkan jalan tol. Namun apa daya, ternyata jalan tol macet total, sehingga kami terpaksa keluar dari sana dan menelusuri jalanan biasa. Beruntung, kami bisa hadir cukup ngepas dengan waktu yang telah kami perkirakan, yaitu sekitar pukul 10 di mana loket sudah dibuka.

Transera Waterpark Bekasi

Lokasi wahana rekreasi Transera Waterpark, berada di ujung utara bulevar Kota Harapan Indah. Bagi kalian yang ingin berwisata ke sana, jika tidak menggunakan kendaraan pribadi, atau transportasi online, bisa disimak informasi berikut ini.

Peta Menuju Transera dari Gerbang Kota Harapan Indah

Bila menggunakan bus TransJakarta bisa mengambil rute Harmoni – Pulogadung, lalu transit di halte ASMI. Dari halte ASMI,  kembali naik TransJakarta yang langsung ke Harapan Indah, lalu turun di Halte Harapan Indah. Dari situ nanti ada shuttle bus Transera yg standby mulai pukul 9.00 pagi.

Bila menggunakan mode transportasi kereta, bisa ambil rute commuterline yg ke Bekasi, lalu turun di stasiun Kranji (satu stasiun sebelum stasiun Bekasi). Kemudian bisa naik transportasi online langsung ke Transera Waterpark (karena dari Stasiun Kranji menuju Transera Waterpark jaraknya tidak terlalu jauh).

Jadwal Shuttle Bus Transera

Wahana di Transera Waterpark Bekasi mengambil tema Afrika dengan suasana ala Timbuktu, dengan dua jenis wahana permainan, yaitu wahana permainan kering (dry) dan wahana permainan basah (wet/water).

Peta Transera Waterpark supaya tidak tersesat

Wahana Permainan Kering (Dry Park)

Ada beberapa wahana kering yang gue lihat di area Transera Waterpark Bekasi ini, antara lain Obus, yaitu wahana dengan tema rumah tradisional Afrika, namun dimodifikasi juga sebagai arena pengenalan tertib berlalu lintas, nampaknya Transera Waterpark bekerjasama dengan Kepolisian Resort Bekasi untuk wahana ini.

Wahana Obus di Transera Waterpark Bekasi

Lalu ada juga wahana TangaLooma, yaitu perosotan kering sejauh kurang lebih 40 meter dari atas ketinggian layaknya perbukitan, dengan menggunakan medium ban. Wahana ini yang gue dan anak gue coba pertama kali karena letaknya dekat dengan toilet dan musholla.

Oya, bagi pengunjung yang beragama Islam, tidak perlu kuatir soal sholatnya karena musholla yang tersedia di sini memiliki tempat yang sangat layak, dengan pancuran air wudhu sendiri, tidak bergabung dengan toilet, sehingga insya ALLAH sesuai dengan syari’ah.

Toilet dan Musholla di Transera Waterpark Bekasi

Kemudian wahana permainan kering lainnya adalah Gari-Gari, yaitu permainan bumper car dengan teknologi terkini dan pencahayaan serta grafis yang menarik. Sayang, karena anak-anak gue cewek semua, nggak suka main mobil-mobilan, tidambah lagi sudah nggak sabar untuk nyebur, maka wahana ini terpaksa kami lalui begitu saja.

Wahana Permainan Basah (Water Park)

Untuk wahana permainan basah (waterpark) ada Ducky Dunks yang lokasinya dekat dengan TangaLooma. Permainan ini seperti layaknya benteng Takeshi, di mana kita naik perahu bebek, sambil tembak-tembakan pakai senjata air. Seru liatnya!

Wahana Ducky Dunks di Transera Waterpark Bekasi

Untuk keluarga yang masih memiliki batita atau balita, ada wahana Turkana Pool yang relatif lebih aman karena tidak terlalu dalam. Di wahana ini berbagai macam permainan semacam perosotan kecil, pancuran air, bahkan ember tumpah raksasa dapat dinikmati di sana.

Turkana Pool di Transera Waterpark Bekasi

Lalu ada kolam arus bernama Zambesi River, di mana wahana ini memiliki panjang sekitar 330 meter dengan lebar ± 4 meter. Kolam arus ini terintegrasi dengan Pool Bar dan merupakan wahana yang bisa dinikmati saat sedang malas untuk bergerak.

Zambesi River di Transera Waterpark Bekasi - credits IG : irfan_setiawan_putra

Untuk yang suka seluncuran air, Transera Waterpark Bekasi memiliki 3 wahana andalan, yaitu Mosi Ao Tunya, Cango Slide dan Crazy Cone. Mosi Ao Tunya merupakan seluncuran berundak, di mana seluncur yang digunakan mirip dengan seluncuran salju. Kita dapat berseluncur baik dengan cara duduk maupun rebahan layaknya Superman.

Mosi Ao Tunya di Transera Waterpark bekasi

Lalu ada Cango Slide. Wahana ini berbentuk spiral yang berputar-putar. Untuk menikmatinya, kita menggunakan balon yang bisa kita sewa di konter terdekat. Sayangnya, gue nggak sempat mencoba wahana ini karena terlanjur bermain di wahana Crazy Cone.

Cango Slide di Transera Waterpark Bekasi

Nah, wahana Crazy Cone ini beneran mendebarkan. Tidak seperti Cango Slide yang berbentuk spiral semata, Crazy Cone ini ibarat kata spiral + corong. Pengalaman gue dan anak gue saat mencoba wahana ini sangat-sangat seru! Saat meluncur, balon terasa kencang sekali, berkelok-kelok di jalurnya. Namun saat tiba di area cone, sontak kita seakan dilontarkan ke udara. Ini benar-benar mendebarkan. Kurang lebih ada 3 cone yang harus dilalui, dan sesampainya di bawah, debaran jantung karena adrenalin yang terpacu masihlah terasa. Sayang, anak gue yang besar terlanjur gentar sehingga enggan untuk mencobanya sekali lagi.

Crazy Cone di Transera Waterpark Bekasi

Dari situ, kami segera bergeser ke area kolam ombak. Wahana bernama Golwepool ini nampaknya jadi favorit banyak orang. Kolam ini setiap durasi tertentu akan menciptakan ombak yang membuat kita semua yang sedang berada di kolam, terombang-ambing. Bahkan kerennya lagi, sampai di pinggiran kolam yang areanya landai pun, ombaknya masih terasa kencang. Anak gue yang kecil betah banget main di sini, dan nampak nggak ada takut-takutnya sama sekali. Padahal mamanya udah panik takut anaknya kelelep. Tapi tenang, walaupun kolam ini ombaknya kencang, namun petugas pengawas kolam senantiasa siap siaga kok di sisi kolam, mengawasi pengunjung yang sedang digoyang ombak.

Praktis, selama sisa waktu kami habiskan di kolam ombak Golwepool karena wahananya bagi kami memang terbaik, tidak terlalu mendebarkan seperti Crazy Cone, namun bisa dinikmati oleh seluruh anggota keluarga kami, termasuk anak kami yang masih TK sekalipun, tentu dengan pengawasan dari kami, orangtuanya.

Anakku bermain ombak di wahana Golwepool - Transera Waterpark Bekasi

Transera Waterpark Integrated System

Selama di dalam sana, sistemnya cukup canggih lho. Mereka punya yang namanya Transera Ticketing Machine. Sistem ini memungkinkan kita untuk membeli tiket secara mandiri tanpa harus ke kasir, bisa juga untuk cek saldo gelang SmartTag, transfer saldo antar SmartTag juga bisa. Saat kita membeli tiket masuk, kita akan mendapatkan gelang SmartTag untuk transaksi apapun di dalam area Transera Waterpark. Seperti dompet digital fungsinya. Gelang ini bisa diisi saldo sebesar berapapun yang kita inginkan. Nanti jika kita mau jajan minuman, makanan atau sewa ban, sewa loker, cukup tempelkan gelang ini ke alat pembaca (reader) di kasir.

Proses jajan pun nggak susah karena banyak kios/warung yang menyediakan makanan dan minuman. Tinggal pesan, tempel gelangnya, keluar deh struk belanjanya. Untuk gelang ini, kita dikenakan biaya deposit/jaminan sebesar Rp. 20.000,- saja, yang nantinya akan dikembalikan di kasir luar saat kita hendak pulang.

Kios Jajanan di Transera Waterpark Bekasi

Sebagai informasi tambahan, Harga Tiket Masuk untuk Hari Senin – Jumat dikenakan sebesar Rp. 85.000,- Untuk Hari Sabtu – Minggu & Hari Libur sebesar Rp. 125.000,- sedangkan masa High Season sebesar Rp. 150.000,- Itu harga tiket masuknya saja lho ya? Belum termasuk biaya sewa ini-itu di dalam wahana. Jam operasionalnya sendiri untuk hari kerja dimulai pada pukul 10 pagi, sedangkan saat akhir minggu mulai pukul 8 pagi. Namun wahana Transera Waterpark Bekasi ini akan ditutup pada pukul 6 petang.

Saatnya Pulang!

Tak terasa waktu kunjungan hampir usai. Alhamdulillah, kegiatan piknik kali ini mampu merekatkan kembali hubungan dengan anggota keluarga lainnya, mengingat kesibukan sehari-hari di kantor, mungkin sedikit membuat waktu gue bertemu keluarga sangatlah minim.

Akhir kata, terima kasih Transera Waterpark Kota Harapan Indah Bekasi. Semoga area Transera Waterpark semakin rindang dan teduh dengan hadirnya pepohonan. Kehadiran Transera Waterpark bagaikan oase di tengah-tengah kawasan yang suhu udaranya kering dan panas. Oya, bagi kalian yang ingin tahu secara lebih detil mengenai Transera Waterpark Bekasi, silakan follow akun sosial media mereka ya? Selain website, mereka juga punya Facebook Fanpage, Twitter dan Instagram juga lho. Jangan lupa ya! Kalau ada libur panjang, wajib main ke sini lagi. Bener-bener deh, Transera Waterpark bikin keluarga makin kompak!