Tips & Tutorial

ROG Phone 8, Lebih dari Sekadar Smartphone Gaming!

 


ROG Phone merupakan seri smartphone gaming Android rancangan ASUS. Seri ROG Phone pertama kali diumumkan pada tanggal 8 Juni 2018 di ajang pameran komputer Computex, dan menjadikannya sebagai smartphone ASUS pertama yang memiliki target pengguna para gamer.

Di awal tahun 2024 silam, tepatnya pada tanggal 9 Januari 2024, ASUS ROG mengumumkan kehadiran ROG Phone 8 di ajang CES 2024, sebagai smartphone gaming ASUS yang paling revolusioner. ROG Phone 8 tidak hanya hadir dengan membawa peningkatan dari seri sebelumnya, namun juga membawa citra bahwa ROG Phone 8 itu lebih dari sekadar smartphone gaming!

Hal ini didukung dengan semakin menguatnya brand ROG dengan logo mata elang yang khas, sebagai fashion statement bagi mereka yang suka bergaya ala gamers. Berbagai macam produk pendukung ini hadir dengan nama ROG Slash!


Hal-hal apa saja yang membuat kehadiran ROG Phone 8 ini lebih dari sekadar smartphone gaming? Saya akan coba bahas beberapa hal yang menjadi poin unggulan dari ROG Phone 8 ini.

Kombinasi Kecepatan, Kestabilan dan Ketangguhan


Seri ROG Phone selalu menggunakan perangkat terbaik yang ada saat itu, baik perangkat keras (hardware) maupun perangkat lunak (software). DNA dari ROG Phone sebagai smartphone gaming adalah performa tinggi yang stabil dalam durasi penggunaan yang cukup lama, khususnya untuk menjalankan permainan yang kompetitif seperti game-game esports. Performa dan stabilitas yang diberikan oleh ROG Phone merupakan kombinasi terbaik dari perangkat keras (hardware) yang digunakan, serta perangkat lunak (software) yang dikembangkan oleh tim R&D ASUS ROG untuk memaksimalkan kemampuan perangkat yang terpasang di dalam sebuah smartphone gaming ROG Phone.

ROG Phone 8 menggunakan prosesor paling mutakhir saat ini, yaitu Snapdragon® 8 Gen 3 Mobile Platform yang canggih, dikombinasikan dengan RAM LPDDR5X 8533 Mbps dan media penyimpanan UFS (Universal Flash Storage) 4.0 untuk menghasilkan kinerja gaspoll tanpa lagging

Kinerja perangkat yang tinggi, umumnya akan menghasilkan panas yang bisa mengganggu performa. Ketika panas berlebih, secara otomatis, performa perangkat akan menurun sebagai kompensasinya. Tidak jarang, drop frame, lagging atau stuttering terjadi di tengah permainan ketika perangkat sudah mulai kepanasan. Dan ini tentu saja membuat pengalaman bermain jadi kurang menyenangkan.

Untuk mengantisipasi potensi kendala tersebut, ROG Phone 8 telah mengimplementasikan sistem pendinginan baru GameCool 8 yang lebih revolusioner, menggunakan desain Rapid-Cooling Conductor yang akan mengalirkan panas secara langsung dari prosesor ke penutup belakang.


Sistem pendingin GameCool 8 sesungguhnya sudah cukup memadai untuk penggunaan ROG Phone 8 sehari-hari, sebagai daily driver dan casual gaming. Tapi, bagaimana jika ternyata pengguna ROG Phone 8 adalah seorang pro-player esport, atau hardcore gamer yang sering bermain game kompetitif, dimana durasi permainan berkisar di rentang 15 hingga 30 menit lamanya?

Aksesoris tambahan AeroActive Cooler X yang berupa pendingin clip-on terbaru, merupakan pasangan duet yang wajib dimiliki oleh pengguna ROG Phone 8 yang senang bermain game dalam waktu yang cukup panjang. Memiliki dimensi 29% lebih kecil, AeroActive Cooler X menawarkan efisiensi termal 1,2x lebih tinggi, sehingga dapat mengurangi temperatur penutup belakang hingga 26°C. Dengan sistem pendingin tambahan ini, performa tinggi ROG Phone 8 saat bermain game dalam waktu yang panjang, akan selalu terjaga kestabilannya berkat kontrol thermal yang sangat baik.


Di balik performanya yang menggelegar, ROG Phone 8 justru memiliki desain penampilan yang lebih elegan dan premium. Jika hanya dilihat sekilas, ROG Phone 8 ini mungkin terlihat seperti smartphone mahal biasa. Namun, masih ada aksen gaming yang tampak di sisi cover belakang ROG Phone 8 seperti logo mata ROG yang iconic, serta beberapa tulisan kecil yang mirip seperti decal caution di robot Gundam (terlihat nyata di unit ROG Phone 8 warna putih).


Tidak hanya memiliki penampilan yang menawan lewat desain premium nan elegan, ROG Phone 8 juga menjadi smartphone gaming pertama di dunia yang telah memenuhi standar IP68, di mana smartphone ini dirancang agar tahan terhadap debu dan air sebagai proteksi maksimal. Alhasil, ROG Phone 8 boleh dinobatkan sebagai smartphone gaming yang tangguh di segala kondisi alam dan cuaca, memberikan jaminan keamanan, kenyamanan dan ketenangan batin selama penggunaannya.


Layar Jernih, Tajam dan Ultra Responsif


Layar merupakan faktor penting dalam sebuah smartphone gaming. Bukan hanya masalah reproduksi warna yang akurat dan natural, tapi juga tingkat responsifitasnya terhadap perubahan scene/adegan, serta sentuhan jari pemain dalam permainan. 

ROG Phone 8 Pro adalah salah satu varian yang menggunakan panel layar AMOLED (Active Matrix Organic Light-Emitting Diode) fleksibel 6,78 inci (Samsung E6) terbaru, yang sudah mendukung kecepatan refresh adaptif menggunakan teknologi LTPO (Low-Temperature Polycrystalline Oxide). Teknologi ini memungkinkan sistem untuk menyesuaikan kecepatan refresh secara otomatis dari 1 hingga 120 Hz tergantung aktivitas yang sedang dijalankan, sehingga bisa mengurangi konsumsi daya. Untuk kebutuhan bermain game, kecepatan refresh layar ROG Phone 8 bisa diset hingga 165 Hz, dengan kecepatan sampling sentuh hingga 720 Hz untuk respons instan yang menakjubkan. Tingkat kecerahan layarnya pun sudah ditingkatkan menjadi 2500 nits, sehingga aktivitas bermain game atau menonton film tetap bisa dilakukan tanpa kendala saat di bawah sinar matahari. 

Layar ROG Phone 8 Pro memiliki rasio display-to-body mencapai 94% yang boleh dibilang sangat luas di kelasnya. Panel layar ROG Phone 8 telah dilindungi dengan teknologi Gorilla® Glass Victus™2 untuk meningkatkan daya tahan.


Kemampuan visual layar ROG Phone 8 dikonfigurasi oleh perusahaan teknologi pemrosesan visual terkemuka Pixelworks®, agar dapat memberikan akurasi warna terbaik di dunia. Ini adalah kolaborasi yang solid untuk memberikan pengalaman visual terbaik pada ROG Phone 8. 

Fitur Berteknologi AI


Teknologi AI (Artificial Intelligent)/kecerdasan tiruan, belakangan ini semakin marak diimplementasikan pada berbagai perangkat teknologi terbaru, tidak terkecuali pada smartphone gaming ROG Phone 8. Fitur AI yang disematkan pada ROG Phone 8 sebagian besar ditujukan untuk kebutuhan bermain game yang lebih mudah dan menyenangkan. Beberapa fitur AI pada ROG Phone 8 ini antara lain : 

  • X Sense 2.0
  • Background Mode
  • X Capture
  • AI Grabber

X Sense 2.0


Fitur ini menerapkan pengenalan pola permainan yang secara otomatis mendeteksi peristiwa penting dalam game, di mana fitur ini dapat mengerjakan beberapa aksi seperti mengumpulkan item, melanjutkan percakapan secara otomatis. Saat ini, sudah ada beberapa game yang mendukung fitur X Sense 2.0 ini, antara lain Arena of Valor, Genshin Impact dan Honkai: Star Rail.

Background Mode


Mode ini mampu memindahkan permainan yang sedang berlangsung ke latar belakang. Istilah di dunia komputer dikenal sebagai background tasking. Mode ini sangat berguna dalam menjalankan permainan yang harus intens untuk meningkatkan level atau skill, dan biasanya game-nya sudah mendukung fitur Auto-Combat. Dengan mode background ini, pengguna ROG Phone 8 tetap bisa menggunakan smartphone-nya untuk aktivitas lain, sedangkan game yang dimainkan tetap berjalan tanpa harus dijeda atau dihentikan karena membuka aplikasi lain.

X Capture


Pernah punya keinginan untuk flexing skill saat kalian melakukan aksi-aksi keren ketika sedang bermain game? Jangan risau lagi karena ROG Phone 8 memiliki fitur X Capture yang bisa kalian setting untuk menangkap momen-momen penting dan keren, yang bisa kalian bagian di berbagai platform media sosial yang kalian miliki. Bikin highlights aksi permainan keren jadi lebih mudah dengan X Capture di ROG Phone 8.

AI Grabber


Saat kalian terhambat di satu level permainan, dan kebingungan untuk melakukan langkah selanjutnya, fitur AI Grabber dapat membantu kalian sebagai pemain dalam mencari informasi atau tips secara online agar kalian dapat melangkah ke level selanjutnya. Saat ini, fitur ini masih terbatas pada beberapa game yang didukung saja, namun kelak, akan lebih banyak lagi game yang bisa memanfaatkannya.

Sebagai smartphone gaming, ROG Phone 8 sudah pasti akan memberikan fitur-fitur unggulan yang bisa menjadikan penggunanya satu level lebih tinggi dibandingkan pemain lawan saat sedang bermain game. Namun ROG Phone 8 bukanlah semata smartphone gaming, dia lebih dari sekadar smartphone gaming!

Selanjutnya, saya akan bahas keunggulan ROG Phone 8 yang bisa dimanfaatkan untuk aktivitas non-gaming. 

Kamera dengan Teknologi AI


ROG Phone 8 mengusung sistem Triple Camera AI yang terbagi menjadi :

  • Kamera Utama beresolusi 50MP dengan sensor Sony® IMX890 dan aperture f/1.9
  • Kamera Ultrawide beresolusi 13 MP dengan sudut 120°
  • Kamera Telephoto beresolusi 32MP dengan pembesaran optik 3x dan aperture f/2.4

Kamera utama 50MP ROG Phone 8 sudah sangat baik untuk menangkap gambar atau momen penting yang perlu diabadikan, baik itu gedung iconic, interior yang estetik hingga pemandangan alam yang indah. 


Jika kalian menyukai aktivitas memotret makanan atau portrait, cukup lakukan pembesaran 2x pada kamera utama, dan kalian bisa mendapatkan hasil foto yang sempurna. 


Kamera utama ROG Phone 8 telah didukung teknologi 6-Axis Hybrid Gimbal Stabilizer 3.0 yang akan menjaga gambar tetap tajam saat mengambil momen dalam keadaan bergerak. Teknologi tersebut bekerjasama dengan teknologi OIS (Optical Image Stabilization) dan algoritma EIS (Electronic Image Stabilization) untuk menghasilkan foto atau video yang stabil.


Kamera ultrawide pada ROG Phone 8 mampu menangkap bidang landscape yang lebih luas. Algoritma canggih yang dimiliki, membuat foto yang diambil tetap natural dan minim distorsi.


Bagi penggemar fotografi jarak jauh, kini ROG Phone 8 untuk kali pertama membawa lensa telefoto 3X. Lensa telefoto ini dilengkapi dengan OIS internal agar foto yang dihasilkan jernih dan tajam. Teknologi ASUS HyperClarity akan mempertahankan setiap detil pada obyek foto yang diambil pada mode zoom/pembesaran, bahkan hingga 30x.


Biasanya, kamera depan kurang mendapatkan perhatian dan hanya menawarkan kualitas gambar yang sekadarnya. Namun tidak dengan kamera depan ROG Phone 8. Kamera depan ROG Phone 8 mengadopsi lensa ultrawide dengan bidang pandang mencapai 90°, cukup luas untuk pengambilan gambar berkelompok. Sensor RGBW akan memastikan gambar yang bersih dengan noise minimal.

Seluruh kemampuan kamera pada smartphone gaming ROG Phone 8 ini didukung teknologi kecerdasan tiruan yang disebut sebagai AI Object Sense. AI Object Sense akan mendeteksi gambar dan membaginya menjadi beberapa bagian, serta mengoptimalkan kontras dan saturasi secara terpisah, sehingga menghasilkan hasil yang jelas namun tampak alami.


Di sektor videografi, ROG Phone 8 telah mendukung perekaman video hingga resolusi 8K UHD dengan 24 frame per second. Bahkan di resolusi 4K UHD, ROG Phone 8 masih bisa merekam gambar video hingga 60 fps dengan mode HDR+ aktif. Selain mode perekaman standar, ROG Phone 8 juga menyediakan mode Time Lapse dan Slow Motion di resolusi 4K UHD.

Dengan kemampuan perekaman video hingga resolusi 8K UHD, maka untuk bisa melakukan proses penyuntingan/editing video, dibutuhkan kekuatan pemrosesan yang tinggi. Di sini, faktor prosesor Snapdragon® 8 Gen 3 Mobile Platform yang tertanam di dalam ROG Phone 8 berperan penting dalam setiap proses transisi dan konversi video yang sedang disunting.

Optimasi Teknologi AI


Fitur Semantic Search yang didukung oleh teknologi AI memungkinkan pencarian foto di dalam aplikasi Galeri dengan menggunakan bahasa alami. Selain itu, kehadiran AI Wallpaper pada ROG Phone 8 yang didukung teknologi Stable Diffusion, membuat penampilannya menjadi lebih canggih, dan outstanding.

Teknologi OZO Audio yang ditanamkan pada ROG Phone 8 juga tidak lepas dari teknologi AI, khususnya dalam meredam suara bising yang tidak dikehendaki saat sedang menikmati hiburan, bermain game, atau berkomunikasi dengan orang yang kita sayang, berkat fitur Two-Way AI Noise Cancellation.

Sementara itu, teknologi Dirac Virtuo™ akan menghadirkan pengalaman suara spasial ke perangkat headphone, baik itu berkabel atau nirkabel via Bluetooth®, saat sedang bermain game, menonton film, atau mendengarkan musik. Dukungan teknologi Qualcomm® aptX™ adaptif dan aptX Lossless akan memastikan latensi audio Bluetooth pada ROG Phone 8 tetap rendah dengan fidelitas yang tinggi.

AniMeVision sebagai Fashion Statement


Bergaya ala gamer tentu bisa menjadi wujud aktualisasi diri. Berbagai macam style gaming bisa diterapkan sesuai dengan kepribadian masing-masing. Namun, ada satu semangat yang terpancar dari ROG Phone 8, yaitu penampilan ala gamer bisa divisualisasikan dengan elegan dan berkelas. Hal ini tercermin dari fitur AniMe Vision di cover bagian belakang ROG Phone 8. AniMe Vision adalah fitur pencahayaan 341 mini-LED yang dapat diprogram untuk menampilkan animasi yang sesuai dengan kondisi atau notifikasi. 


Jika sedang tidak ingin tampil menarik perhatian, AniMe Vision ini bisa dinon-aktifkan dan titik-titik pencahayaan akan tersamarkan, menyatu dengan warna cover bodi bagian belakang dari ROG Phone 8.

Baterai Ganda Tahan Lama


Smartphone gaming performa tinggi memang menyenangkan untuk digunakan. Tapi, jika sebentar-sebentar harus mengisi daya, akhirnya malah jadi menyebalkan. Hal ini tentu saja tidak luput dari pertimbangan, mengapa ROG Phone 8 menggunakan baterai berkapasitas besar, 5500mAh dengan konfigurasi ganda (dual-battery). 


Untuk penggunaan game kelas berat, ROG Phone 8 mampu diajak bermain hingga 3,4 jam lamanya. Sedangkan untuk penggunaan harian non-gaming, ROG Phone 8 mampu bertahan hingga 23 jam untuk aktivitas menonton secara streaming

Baterai berkapasitas besar ini, didukung oleh teknologi pengisian cepat HyperCharge 65 Watt yang dapat mengisi ulang baterai dari 0% hingga 100% hanya dalam tempo 39 menit saja. Sangat efektif dan hemat waktu. Bahkan, ROG Phone 8 sudah mendukung teknologi wireless charging 15 W Qi-certified yang membuat proses pengisian daya jauh lebih fleksibel dan leluasa.

ROG Phone 8 - Stylish Smartphone Gaming for Daily Activities


Seorang Youtuber Techno pernah berkata, "Belilah gadget dengan kemampuan terbaik yang sanggup kalian beli". Pernyataan ini boleh dibilang cukup valid, mengingat banyak orang membeli gadget sebagai bentuk investasi jangka panjang dalam hal membantu aktivitas dan produktivitas penggunanya. Tidak terkecuali tentu saja ROG Phone 8. Tak perlu memiliki banyak smartphone untuk mengerjakan beberapa hal yang berbeda. ROG Phone 8 dengan performa dan desainnya, mampu memberikan keseimbangan antara kinerja yang dibutuhkan dengan gaya pemiliknya. Itulah sebabnya mengapa saya setuju dengan pernyataan bahwa..

"ROG Phone 8 Lebih Dari Sekadar Smartphone Gaming!"

Informasi Harga, Promosi dan Ketersediaan


ROG Phone 8 series bisa didapatkan dengan harga sebagai berikut :
  • ROG Phone 8 (12/256GB) Phantom Black/Storm Grey - Rp. 10.999.000,-
  • ROG Phone 8 Pro (16/512GB) Phantom Black - Rp. 14.999.000,-
  • ROG Phone 8 Pro Edition (24/1TB) Phantom Black - Rp. 19.999.000,-
Promo ROG Phone 8 

- First Sale Promo : Dapatkan Free Aero Cooler Fan untuk setiap pembelian ROG Phone 8 dengan harga mulai dari Rp. 10.999.000. 
Promo berlaku mulai tanggal 20 Mar hingga 30 Apr 2024 di semua partners penjualan resmi ASUS Offline dan Online. 
Online : Eraspace, Tokopedia,  Blibli dan Asus Online Store
Offline : Erafone, Urban Republic, ROG Store, Asus Exclusive Store dan Asus Authorized Partners.

- Consumer Launch Sales Promo : Dapatkan Free Aero Cooler Fan + Free Exclusive merchandise kolaborasi ROG X PUBGM + Luckydraw dengan berbagai macam hadiah menarik untuk setiap pembelian ROG Phone 8 dengan harga mulai dari Rp. 10.999.000.

Promo hanya berlaku di offline event Consumer Launch ROG Phone 8 di FX Sudirman dari tanggal 20 Maret hingga 23 Maret 2024.

 "Tulisan ini diikutsertakan dalam ASUS ROG Phone 8 Blog Writing Competition di Blog Travelerien"







Tidak ada komentar:

Posting Komentar