ASUS ZenBook Pro Duo 15 OLED (UX582) - Laptop Kerja Layar Ganda dengan Visual Sempurna

  Bersamaan dengan peluncuran rangkaian laptop 15 inci dari ASUS, hadir pula laptop keren yang dirancang khusus untuk content creator profes...

Jumpa Alan Walker dan Produk ROG Terbaru di ROG Citadel XV CES 2021


Beberapa waktu yang lalu, tepatnya tanggal 12 Januari 2021, saya berkesempatan diundang ke Vegas untuk menghadiri acara peluncuran produk-produk terbaru ASUS ROG secara global, sekaligus virtual. Di ajang ini, ASUS ROG memperkenalkan 6 laptop ROG baru, GPU external, monitor gaming, mouse gaming, serta keyboard gaming. Pastinya, semua produk yang ditampilkan hari itu, sarat dengan inovasi desain dan teknologi.

Acaranya berlangsung secara streaming, ditayangkan pagi-pagi buta, namun karena kepo dengan inovasi produknya, mata ini ternyata betah juga diajak melek (padahal kalo lagi ngoven juga biasa sampai menjelang subuh).

Jadi acara launching pagi itu bergaya bagaikan walkthrough dalam sebuah game. Secara virtual kita akan menelusuri setiap sudut ruangan, lorong dan menjelajahi markas rahasia ROG Citadel XV yang cukup luas. Secara interaktif, kita akan dituntun oleh OMNI, sebuah robot mungil yang berfungsi sebagai pemberi informasi. Untuk awal-awalnya, kita akan diajak turun dengan lift ke lantai paling bawah, dan di sana sudah ada seseorang yang menanti kehadiran kita untuk menjelaskan sesuatu, yaitu..

ROG Gladius III Mouse, ROG Claymore 2 Keyboard dan ROG Swift Gaming Monitor



Jujur saja, saya kurang begitu paham dengan aksesoris game, namun sepertinya mouse gaming ROG Gladius III ini mengalami peningkatan yang cukup signifikan dari seri sebelumnya. Sedangkan keyboard gaming ROG Claymore II tampil menarik dengan gimmick numpad yang bisa dilepas-pasang, mau di sebelah kanan seperti keyboard normal pada umumnya, atau di sebelah kiri, atau malah nggak mau dipasang sama sekali? Bebas! Sementara monitor gaming ROG Swift menawarkan kemampuan resolusi 4K di refresh rate 144Hz dengan dukungan port HDMI terbaru. Pastinya bermain game face-paced di monitor ini bakalan anti-ghosting.

Selanjutnya kita akan diajak berkenalan dengan beberapa laptop ASUS ROG terbaru yang ditenagai oleh chip grafis NVIDIA GeForce RTX 30 series, dan prosesor AMD Ryzen 5000 Mobile series. Untuk bisa mengimbangi performa yang diberikan oleh kedua komponen tersebut, ASUS ROG kini mengembangkan sistem pendinginan yang sangat baik serta jauh lebih senyap, yakni hanya 40 desibel. Sedangkan untuk material penghantar panasnya, ASUS ROG menggunakan Liquid Metal Thermal Compound yang mampu memindahkan panas dengan cepat, dibantu dengan kipas Arc Flow desain baru, serta self-cleaning cooling system 2.0 yang secara otomatis menjaga kipas tetap bersih dari debu halus. 

Sistem tata suara Dolby Atmos, untuk rekayasa suara surround secara virtual, juga disematkan di dalam laptop ASUS ROG terbaru ini. Ditambah lagi fitur baru, Two-Way AI Noise Cancellation yang akan menjernihkan suara agar komunikasi terdengar lebih jelas. 

Laptop pertama yang akan kita temui adalah ASUS ROG Strix Scar 17. 


ROG Strix SCAR terbaru hadir dengan prosesor hingga AMD Ryzen 9 5900HX dan chip grafis NVIDIA GeForce RTX 3080, mengsusung memori DDR4 3200MHz berkapasitas hingga 64GB serta hadir dengan modul pendingin baru yang lebih baik.

ROG Strix SCAR 17 hadir dengan layar paling kencang di kelasnya, yaitu beresolusi FHD yang memiliki refresh rate hingga 360Hz dan response time 3ms, didesain sebagai mesinnya para gamer esports. Layarnya memiliki bezel yang lebih tipis serta didukung teknologi Adaptive Sync.

Sistem audio Dolby Atmos mampu menghasilkan detail suara serta efek surround sound lebih baik melalui ke-empat speakernya. ROG Strix SCAR 17 kini juga dilengkapi dengan fitur Two-Way AI Noise-Cancellation untuk meredam semua suara bising di sekitar, sehingga komunikasi lebih lancar saat sedang bermain.

Dengan kapasitas baterai 90Whrs, ROG Strix SCAR 17 terbaru dapat digunakan untuk memutar video hingga 12 jam. Dukungan USB Type-C Power Delivery membuat ROG Strix SCAR 17 terbaru kini lebih portabel dan dapat diisi ulang dayanya menggunakan adapter yang lebih ringkas.

ROG Strix SCAR 17 terbaru menggunakan keyboard optical mechanical dengan fitur per-key RGB dan key travel sedalam 1,9mm yang sangat responsif. Trackpad berukuran 85% lebih besar membuat laptop ini tetap nyaman digunakan meski tanpa mouse.

Dengan dimensi yang lebih ringkas dibandingkan pendahulunya, ROG Strix SCAR 17 terbaru kini menampilkan RGB lightbar di bagian depan dan sudut depan, serta di bagian bawah layar. Di sudut bodi ROG Strix SCAR 17 terbaru terdapat hinge caps yang dapat ditukar seperti pada peralatan olahraga profesional.

Modul pendingin baru pada ROG Strix SCAR 17 mampu mengoptimalkan performa laptop ini dengan tingkat kebisingan lebih rendah dari generasi sebelumnya. Dilengkapi kipas Arc Flow, fitur self-cleaning cooling system, serta penggunaan liquid metal sebagai thermal compound membuat ROG Strix SCAR 17 terbaru lebih dingin dan senyap.

Selain Strix Scar, ada juga varian Strix G Series juga. Lengkapnya bisa disimak di tautan video yang akan saya cantumkan di akhir artikel.

Selanjutnya adalah laptop gaming fenomenal paling inovatif yaitu ROG Zephyrus Duo 15 SE.


ROG Zephyrus Duo 15 SE merupakan laptop dengan ScreenPad Plus yang merupakan layar kedua terintegrasi. ScreenPad Plus bukan hanya sekadar menjadi layar kedua, namun layar dengan fitur touchscreen tersebut juga dapat dimanfaatkan untuk berbagai keperluan seperti mengontrol aplikasi streaming secara langsung, atau melihat walkthrough dan guide sambil bermain game di layar utama. Untuk para content creator, ScreenPad Plus di ROG Zephyrus Duo 15 SE dapat dimanfaatkan sebagai kanvas atau alat kontrol tambahan berkat dukungan integrasi langsung dengan aplikasi Adobe.

ROG Zephyrus Duo 15 SE ditenagai prosesor terbaru hingga AMD Ryzen 9 5900HX serta chip grafis hingga NVIDIA GeForce RTX 3080. ROG Zephyrus Duo 15 SE juga menawarkan dua pilihan layar, yaitu dengan panel FHD 360Hz yang memiliki color gamut sRGB 100% atau panel 4K 120Hz yang memiliki color gamut Adobe RGB 100%. Keduanya telah mengantongi sertifikasi PANTONE Validated untuk memastikan tingkat akurasi warna yang tinggi.

ROG Zephyrus Duo 15 SE mengandalkan Active Aerodynamic System Plus (AAS+) yang telah diperbarui sebagai sistem pendinginannya. AAS+ membuat bagian ScreenPad Plus di laptop ini terangkat sehingga mampu menghadirkan rongga udara lebih luas untuk sistem pendinginnya. ROG Zephyrus Duo 15 SE juga menggunakan kipas Arc Flow yang mampu menghadirkan aliran udara hingga 13% lebih baik untuk mendukung modul pendingin baru dengan lima heatpipe serta liquid metal thermal compound sehingga performa pendinginan ROG Zephyrus Duo 15 SE jauh lebih baik daripada generasi sebelumnya.

Selain Zephyrus Duo, juga diperkenalkan kehadiran Zephyrus G14 dan G15 terbaru yang mengusung konsep laptop gaming tipis modern.


Detilnya bisa disimak pada tautan video pada akhir artikel ini ya.

Kemudian kita akan melihat sebuah laptop gaming visioner yang belum pernah ada sebelumnya, dia adalah ROG Flow X13.


ROG Flow X13, laptop gaming paling inovatif terbaru dari ASUS, ditenagai prosesor hingga AMD Ryzen 9 5980HS serta chip grafis NVIDIA GeForce GTX 1650. Kombinasi CPU dan GPU yang sangat efisien menjadikan ROG Flow X13 mampu bertahan hingga 10 jam pemakaian on-battery. ROG Flow X13 juga merupakan laptop gaming yang ringkas, ringan, dan sangat portabel, dilengkapi dengan fitur USB Power Delivery yang memungkinkan pengisian daya melalui adapter USB Type-C 100W khusus. Pengisian ulang daya ROG Flow X13 dari 0% hingga 60% dapat dilakukan hanya dalam waktu 39 menit.

ROG Flow X13 mengusung desain convertible yang berbeda daripada laptop gaming lainnya, sehingga memungkinkan layarnya untuk diputar hingga 360 derajat. Alhasil, ROG Flow X13 juga dapat tampil sebagai laptop multifungsi. Layarnya menggunakan teknologi touchscreen dengan opsi panel kencang FHD 120Hz atau panel 4K beresolusi tinggi. Keduanya dilindungi oleh Corning Gorilla glass serta mendukung penggunaan stylus. Layarnya juga didukung teknologi Adaptive Sync serta mengantongi sertifikasi PANTONE Validated sehingga tingkat reproduksi warnanya sangat akurat dan dapat diandalkan sebagai laptop content creation.

Dua down-firing speaker dengan teknologi Dolby Atmos melengkapi ROG Flow X13 untuk pengalaman audio lebih baik, tidak hanya untuk bermain tetapi juga kegiatan multimedia lain. Fitur Two-Way AI Noise-Cancellation juga menawarkan proses komunikasi yang lebih baik ketika bermain game atau bahkan bekerja.

Sistem pendingin pada ROG Flow X13 dirancang dan dioptimalkan secara khusus dengan menggunakan liquid metal sebagai thermal compound-nya, serta tiga heatsink khusus yang dapat melepaskan panas lebih optimal. Sistem pendingin tersebut didukung oleh kipas Arc Flow terbaru yang mampu mengalirkan udara 15% lebih baik dari kipas standar dengan tingkat kebisingan yang sama. Kipas pada ROG Flow X13 juga dilengkapi dengan self-cleaning thermal module yang memungkinkan debu dan partikel yang berpotensi menyumbat sistem pendingin untuk dibuang melalui terowongan khusus yang terintegrasi dengan modul pendingin utama.

ROG Flow X13 merupakan laptop gaming pertama di dunia yang mendukung ROG XG Mobile, sebuah perangkat GPU eksternal yang ditenagai chip grafis hingga NVIDIA GeForce RTX 3080 terbaru. Ketika dihubungkan dengan ROG XG Mobile, ROG Flow X13 menjadi laptop dengan performa grafis yang sangat kencang.


Jika GPU eksternal lainnya mengandalkan konektivitas Thunderbolt, ROG XG Mobile menggunakan konektivitas khusus yang memungkinkan GPU eksternal tersebut memiliki jalur koneksi PCIe 8x independen. Konektivitas ini membuat ROG XG Mobile mendapatkan bandwidth hingga 63Gbps secara eksklusif tanpa harus membaginya dengan komponen lain. Hal ini meminimalkan pemangkasan performa saat ROG XG Mobile dihubungkan ke ROG Flow X13.

Bukan hanya sekadar berperan sebagai GPU eksternal, ROG XG Mobile juga dilengkapi dengan serangkaian I/O untuk memperkaya pengalaman penggunanya. ROG XG Mobile juga telah dilengkapi dengan adapter terintegrasi dengan daya 280W yang juga dapat berfungsi sebagai adapter untuk ROG Flow X13. ROG XG Mobile merupakan perangkat tambahan paling tepat untuk pengguna ROG Flow X13 yang menginginkan performa grafis terbaik untuk gaming dan content creation.

Itulah tadi serangkaian laptop gaming ASUS ROG terbaru yang diluncurkan melalui ROG Citadel XV. Untuk highlight produk yang diluncurkan, bisa disimak pada video berikut ini :


Sedangkan video mengenai pengalaman saya menjelajahi ROG Citadel XV dan bertemu Alan Walker bisa dilihat pada video berikut ini :


Sekian dulu pembahasan dari saya mengenai acara peluncuran laptop gaming paling inovatif dari ASUS ROG, sampai jumpa di tulisan saya berikutnya. Salam kompak persahabatan selalu..



Tidak ada komentar:

Posting Komentar