Artikel Unggulan

Inilah Para Peserta "ASUS Vivobook 13 Slate OLED (T3300) Blog Writing Competition"

  Sebelumnya saya mengucapkan terima kasih banyak atas atensi dan partisipasi dari teman-teman blogger sekalian. Jujur saja, awalnya saya se...

Intip-Intip ExpertBook B3 Flip & B7 Flip - Laptop Bisnis 5G dari ASUS

 


Selasa pagi, cuacanya cerah berawan. Perjalanan menuju Hotel Century Park, Senayan mengingatkan lagi kenangan lama ketika masih berkantor di kawasan elit ibukota, SCBD. Jalur yang saya tempuh, kerumunan pengendara yang sama-sama sedang dalam perjalanan ke tujuan masing-masing, kemacetan yang terjadi di beberapa titik, benar-benar mengingatkan masa-masa itu. Sambil menikmati kenangan sepanjang jalan yang saya lalui, akhirnya saya pun mulai memasuki daerah Senayan, setelah melalui beberapa wilayah seperti Semanggi, TVRI, Hotel Mulia, hingga belok kiri di traffic light jalan Asia-Afrika, persis sebelum Hotel Fairmont di pojokan. Buat yang belum pernah ke Hotel Century Park, area parkir kendaraan ada di belakang hotel, menyeberang jalanan dulu. Kalau kalian naik motor, bisa melipir lewat jalan New Delhi, ikuti petunjuk arah parkir kendaraan bagi tamu hotel.

Lokasi event kali ini berada di 100 Eatery & Bar yang lokasinya memang berada di dalam Hotel Century Park, tepatnya di lantai dasar. Seperti biasa, saya registrasi dulu sambil halal bil halal dengan rekan-rekan PR ASUS Indonesia yang punya hajat kali ini. Maklum, setelah bulan puasa berlalu, baru kali ini ada kesempatan untuk berjumpa lagi secara langsung.

Berhubung event kali ini temanya sneak peek alias intip-intip, serta jumlah undangan yang sangat terbatas, maka nggak pake nunggu lama, presentasi pembuka langsung dilaksanakan oleh Bang Firman selaku Head of PR ASUS Indonesia. Beliau memaparkan perkembangan pasar laptop, baik untuk segmen konsumer maupun komersial, di wilayah global. Namun secara spesifik, perkembangan laptop komersial atau laptop bisnis, di masa awal pandemi hingga Q4 2021 yang lalu, menunjukkan peningkatan penyerapan pasar yang sangat signifikan.

ASUS memiliki segmentasi produk yang khusus ditujukan bagi kalangan komersial, seperti pelajar dan perusahaan, melalui lini ExpertBook. Dan kali ini, ASUS membawa ExpertBook B3 Flip dan B7 Flip yang menawarkan keunggulan baru di kelas tersebut. Apakah itu? 

ASUS ExpertBook B7 Flip (B7402)


Laptop convertible ini ditujukan bagi kalangan engineer yang membutuhkan perangkat kerja yang mobile namun mampu memberikan performa yang tinggi. Layar dengan kemampuan sentuhan didukung oleh perangkat ASUS Pen yang memberikan pengalaman penggunaan laptop yang lebih interaktif dan kreatif. Port IO yang tersedia juga tergolong lengkap dan mutakhir. Sudah ada port Thunderbolt 4.0 yang super cepat serta port micro HDMI yang dapat berfungsi sebagai port LAN dengan bantuan dongle. Hal ini disebabkan karena sebagai laptop bisnis, ExpertBook B7 Flip harus memenuhi unsur-unsur keamanan skala enterprise, sehingga dengan memanfaatkan port micro HDMI sebagai port LAN, MAC address yang dibutuhkan untuk manajemen komputer secara terpusat, tetap berada di dalam laptop, bukan pada dongle

Faktor keamanan lainnya adalah adanya webcam shield untuk menutup kamera secara fisik agar privasi pengguna tetap aman. Selain itu, ada ASUS Private View yang akan melindungi tampilan layar dari orang-orang yang mungkin tidak sengaja melihat apa yang sedang kita kerjakan dengan laptop ini. Selain itu, tentu saja masih ada fitur keamanan lain seperti TPM 2.0, fitur ASUS Center dan lain sebagainya. Laptop bisnis gitu loh. Oya, laptop ini juga didukung oleh prosesor Intel Core Gen-11 hingga Core i7, dengan RAM DDR4 yang kencang, serta media simpan bertipe SSD (untuk spesifikasi lebih detilnya, tunggu tanggal 7 Juni 2022 ya).


Yang menarik dari laptop bisnis ASUS ExpertBook B7 Flip ini tentu saja adalah dukungan terhadap konektivitas 5G. Laptop yang memiliki slot SIM card layaknya smartphone di bagian sampingnya ini menjadikan opsi konektivitas pada laptop ini menjadi lebih luas dan fleksibel. Selain memanfaatkan dongle micro HDMI to LAN, WiFi 6, kini hadir opsi 5G agar laptop ini bisa terhubung ke internet. Bekerja secara mobile tak lagi bergantung pada kehadiran hotspot.

ASUS ExpertBook B3 Flip


Laptop convertible yang satu ini terlihat lebih menarik buat saya karena memiliki keunikan tersendiri. Pertama adalah kehadiran dua kamera, satu berada di posisi normalnya webcam dan satu lagi berada di bagian atas keyboard. Laptop yang ditujukan bagi kalangan pelajar tingkat menengah dan atas serta mahasiswa ini memang tampak lebih down to earth, meski memiliki perangkat keras yang tak kalah dengan B7 Flip tadi. Sama-sama menggunakan prosesor Intel Core Gen-11 yang mutakhir, laptop ini juga menawarkan kemampuan layar sentuh. Aksesoris pena digital sudah tersimpan di bagian samping laptop dan siap digunakan setiap saat. Saat tidak digunakan, pena akan dalam kondisi mengisi baterai.

Kamera depannya juga sudah dilengkapi dengan webcam shield untuk keamanan privasi pengguna. Sedangkan kamera kedua yang disebut juga sebagai world webcam memiliki resolusi 13MP yang sangat mumpuni dalam melakukan aktivitas perekaman saat sedang belajar di sekolah atau kampus.


Soal konektivitas, laptop ini juga nggak kalah dengan ExpertBook B7 Flip. Bedanya, ExpertBook B3 Flip hanya mendukung jaringan 4G. Cukuplah untuk saat ini, mengingat penetrasi jaringan 5G yang belum merata di seluruh wilayah Indonesia.

Seluruh laptop ExpertBook yang saya coba sudah mengantongi sertifikat US Military Grade, sehingga dapat tetap digunakan dalam kondisi yang ekstrim sekalipun. Dijamin tangguh di segala keadaan. Buat yang penasaran dengan spesifikasi yang lebih detil maupun harganya, tunggu tanggal launchingnya di 7 Juni 2022 ya?

Berhubung yang ExpertBook B3 Flip ini saya lebih banyak bikin videonya daripada foto, jadi nanti saya akan upload videonya juga di sini. Jujurly, buat saya, ExpertBook B3 Flip ini lebih menarik karena sesuai dengan kebutuhan anak sekolah tingkat menengah.


Sekian dulu hands-on singkat dari saya mengenai ExpertBook yang keren ini, semoga bermanfaat. 

Update Harga!

Kemarin saya sudah mendapatkan informasi harganya. Dan berikut ini adalah informasi harga untuk laptop bisnis ASUS ExpertBook B3 Flip dan ExpertBook B7 Flip :

Harga ASUS ExpertBook B3 4G LTE mulai Rp. 15.665.000,-


Sedangkan untuk ASUS ExpertBook B7 Flip 5G mulai dari Rp. 31.488.000,-

Salam kompak persahabatan selalu..


4 komentar:

  1. Mantap bang. B3 emang menggiurkan sih.. 4G cukup lah, apalagi slot stylus-nya juga sudah sekalian di laptopnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya betul. 4G saat ini masih bisa diandalkan. Apalagi stylusnya emang housing-nya internal kayak hape flagship.. jadi nggak kuatir ketinggalan atau gimana..

      Hapus
  2. Laptop yg B7 itu udah jadi incaran ku mas 😍😍. Makanya ini semangat nabung supaya bisa beli itu. Mengingat laptop yg skr udah tua banget dan kayaknya hidup segan mati ga mau 🤣🤣. Repot jadinya kalo ngeblog dan kerja ga pake laptop itu 😄.

    Dengan reputasi Asus yg udah mendunia, makin yakin sih utk beli produk laptopnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. B7 memang lebih ditujukan untuk kalangan engineer yang butuh performa lebih..

      Hapus