Artikel Unggulan

5 Alasan HUAWEI MateBook D 14 Jadi Laptop Andalan

  Setiap orang memiliki kebutuhan unik dalam memilih laptop, yang bisa beragam dari segi fungsionalitas dan kemampuan komputasi yang canggih...

Hands-On ROG ALLY Z1 Extreme

 


Hari ini, saya mendapat undangan untuk menghadiri acara Media Gathering : ASUS ROG ALLY di Hotel Alila, SCBD. Sebelum ini, ROG ALLY sudah resmi diluncurkan secara global. Namun kali ini, dipastikan ROG ALLY akan mendarat di Indonesia.

Event ini dibagi menjadi 2 sesi, yaitu pagi dan siang. Saya memilih untuk hadir di sesi siang karena paginya masih ada urusan keluarga. 

Sampai di venue, acara belum dimulai. Bahkan, masih ramai dengan peserta dari sesi pagi. Saya pun segera bergabung dengan mereka, sembari mengambil makanan dan minuman untuk disantap. Maklum, sudah masuk jam makan siang.

with Kings/ATOM

Setelah makan dan minum, saya pun menghampiri demo booth untuk melihat dan mengambil beberapa gambar. Di area ini, beberapa unit ROG ALLY disetting dalam beberapa skenario, antara lain sebagai PC Gaming dan Console Gaming.

ROG ALLY PC Mode

ROG ALLY terlihat sangat besar sebagai perangkat gaming portable. Ini wajar sih, mengingat aktivitas bermain game lebih asyik dengan layar yang luas. Iseng-iseng saya coba cek spesifikasi ROG ALLY melalui aplikasi yang sudah terpasang di sana.

Spesifikasi ROG ALLY

Tak lama kemudian, kami diminta untuk duduk di tempat yang sudah disiapkan, karena presentasi akan segera dimulai. Seperti biasa, presentasi disampaikan oleh PR ASUS Indonesia, Bang Firman dan diperdalam oleh Mas Danu. Latar belakang serta spesifikasi dan fitur ROG ALLY dibahas dengan tuntas dan jelas. Setelah sesi tanya-jawab, presentasi diakhiri dengan kuis Kahoot. Juaranya, sudah bisa ditebak :p (Fery - Gwigwi, siapa lagi?)

Selepas itu, baru saya kembali menuju demo booth untuk mencoba ROG ALLY, menjalankan game yang sudah terpasang. Saya mencoba game balap Forza Horizon 4.

Klik foto untuk melihat reels

Jujurly, saya takjub dengan performa dan grafis yang ditampilkan oleh game ini di perangkat ROG ALLY. Detil warna, partikel, dan pergerakan kendaraan terlihat sangat mulus. Saya benar-benar menikmati bisa menikmati permainan yang dijalankan pada perangkat ini. Layar 7 inci yang dimiliki oleh ROG ALLY ini mampu menampilkan warna-warni yang cerah serta memiliki refresh rate 120Hz. Pergerakan cepat yang dihasilkan dari kendaraan dapat ditampilkan dengan sangat smooth.

Buat kalian yang penasaran, seperti apa spesifikasi dari ROG ALLY ini, silakan disimak tabel berikut ini :



Main Spec.

ROG Ally (RC71)

APU

AMD Ryzen™ Z1 Extreme Processor

CPU: “Zen4” architecture with 4nm process, 8-core / 16-threads, 24 MB total cache, up to 5.10 GHz boost

GPU: AMD Radeon™ Graphics (AMD RDNA™ 3, 12 CUs, up to 2.7 GHz, up to 8.6 Teraflops)

AMD Ryzen™ Z1 Processor

CPU: “Zen4” architecture with 4nm process, 6-core /12-threads, 22MB total cache, up to 4.90 GHz boost

GPU: AMD Radeon™ Graphics (AMD RDNA™ 3, 4 CUs, up to 2.5GHz, up to 2.8 Teraflops)

TDP: 9-30W

Operating System

Windows 11 Home

Memory

16GB DDR5 (6400MT/s dual channel)

Storage

512GB PCIe® 4.0 NVMe™ M.2

Display

7-inch, FHD (1920 x 1080) 16:9, IPS-level, glossy display, sRGB:100%, Gorilla® Glass DXC, Gorilla® Glass Victus™, Touch Screen (10-point multi-touch), Refresh Rate:120Hz, Response Time:7ms, Brightness:500nits, AMD FreeSync™Premium

Input/Output

1x 3.5mm Combo Audio Jack, 1x ROG XG Mobile Interface and USB Type-C combo port (with USB 3.2 Gen2, support DisplayPort™1.4), 1x card reader (microSD) (UHS-II)

Connectivity

Wi-Fi 6E(802.11ax) (Triple band) 2*2 + Bluetooth® 5.2

Control and Input

Gamepad controls: A B X Y buttons, D-pad, L & R Hall Effect analog triggers, L & R bumpers, View button, Menu button, Command Center button, Armoury Crate button, 2 x assignable grip buttons

Thumbsticks: 2 x full-size analog sticks

Haptics: HD haptics

Gyro: 6-Axis IMU

Audio

AI noise-canceling technology, Dolby Atmos, Hi-Res certification, Built-in array microphone, 2-speaker system with Smart Amplifier Technology

Battery

40WHrs, 4S1P, 4-cell Li-ion

Dimension

28.0 x 11.1 x 2.12 ~ 3.24 cm

Weight

608g

Colors

White

Price

Rp11.299.000 (AMD Z1 Extreme APU)

Rp10.099.000 (AMD Z1 APU – akan tersedia di kemudian hari)

Warranty

2 tahun garansi internasional


Sekian dulu hands-on review singkat dari saya mengenai perangkat gaming portable ROG ALLY ini, semoga bermanfaat.

Salam kompak persahabatan selalu..



Tidak ada komentar:

Posting Komentar