Artikel Unggulan

Intip-Intip ExpertBook B3 Flip & B7 Flip - Laptop Bisnis 5G dari ASUS

  Selasa pagi, cuacanya cerah berawan. Perjalanan menuju Hotel Century Park, Senayan mengingatkan lagi kenangan lama ketika masih berkantor ...

Tutorial Upgrade RAM Laptop ASUS VivoBook S15-S510U


Pernah merasa galau di antara pilihan meng-upgrade atau beli baru ketika laptop yang kita miliki sudah tergolong uzur? Saya pernah! Ketika keinginan untuk memiliki laptop dengan spesifikasi yang lebih baru terbentur dengan prioritas pengeluaran rumah tangga. Akhirnya, dengan beragam pertimbangan matang akhirnya saya memilih untuk meningkatkan kapasitas memori RAM pada laptop yang saya miliki, yaitu ASUS VivoBook S15 S510U. Salah satu pertimbangan saya untuk meningkatkan memori adalah karena laptop ini hanya memiliki RAM sebesar 4GB saja. Sementara spesifikasi yang lain seperti prosesor, chipset grafis dan media simpannya yang sudah dual SSD + HDD, menurut saya masih cukup mumpuni untuk memenuhi kebutuhan komputasi saya saat ini.

Mencari Informasi Tipe RAM

Berhubung laptop saya ini keluaran lama, saya pun mencari informasinya dengan bantuan Google. Alhamdulillah, detil informasi mengenai spesifikasi laptop saya ini bisa didapatkan di salah satu situs review terkemuka.

Sumber : https://www.murdockcruz.com/2017/11/30/asus-vivobook-s15-s510u-review-notebook-mainstream-dengan-fitur-premium/

RAM laptop yang cocok dengan saya adalah RAM dengan tipe DDR3L dengan frekwensi 2133MHz. Kemudian saya pun mencarinya di marketplace andalan saya, Tokopedia, dengan menggunakan kata kunci yang dimaksud. Muncullah beberapa pilihan RAM yang terdiri dari berbagai macam merek dan tipe. Namun pada akhirnya saya memilih satu yang paling pas di kantong, yaitu RAM dengan merek Team.

RAM Laptop ASUS VivoBook S510U di Tokopedia

Kebetulan pula, tulisan saya di artikel Zyrex Sky 232 Xtreme - Laptop Anak Sekolahan Cuma 3 Jutaan berhasil menjadi salah satu juara di lomba blog yang diselenggarakan oleh situs CariSinyal.com di mana pada lomba tersebut hadiahnya adalah uang tunai. Lumayan buat modal upgrade RAM yang selama ini memang sudah diidam-idamkan. Karena uangnya sudah ada, maka transaksi pun bisa dilakukan dengan tenang setelah menanyakan beberapa hal terkait kompatibilitas RAM tersebut terhadap laptop saya nantinya.

Dan setelah beberapa hari (karena saya menggunakan fitur bebas ongkir), akhirnya RAM laptop yang saya beli pun tiba.

Belajar Bongkar Laptop

Langkah berikutnya yang mesti diketahui adalah cara membongkar bodi laptop. Seperti layaknya laptop konsumer ASUS, VivoBook S15 S510U ini menganut sistem unibodi yang tidak menyediakan kompartemen khusus yang bisa dibuka untuk mempermudah proses upgrade. Artinya, untuk melakukan upgrading, seluruh cover bagian bawah bodi laptop harus dilepaskan. Agar benar-benar yakin, saya mencari video tutorial mengenai cara melepaskan cover bawah bodi laptop di kanal Youtube ini.

Melepaskan cover bawah laptop dengan melihat tutorial di Youtube

Setelah menontonnya beberapa kali dengan seksama, akhirnya saya pun memberanikan diri untuk melakukan hal yang serupa pada video tersebut, agar saya dapat memasang RAM laptop yang sudah saya beli kemarin. Mestinya saya menggunakan tools bernama Part Separator untuk membuka cover bawah laptop ini karena sistemnya snapfit seperti modelkit Gundam. Namun apa daya, adanya hanya obeng kacamata. Terpaksa, dengan memanfaatkan peralatan yang ada, saya pun mencongkel bagian samping cover seperti yang ditunjukkan pada video tutorial, dengan hati-hati sekali.

Voila! Akhirnya bisa terbuka.

Dalam sekejap, saya bisa menemukan di mana posisi RAM berada. Ternyata masih ada 1 slot yang bisa dimanfaatkan, selain itu, ternyata RAM yang terpasang nampaknya bukan solderan! Ini membuka peluang kelak laptop ini bisa memiliki memori sebesar 16GB nantinya. 

Slot RAM yang tersedia.

Bah! Seandainya saya tahu lebih dulu, dengan menonton video tutorial bongkar laptop jauh sebelum menebus RAM, niscaya saya akan membeli 2 keping RAM 8GB. Tapi sudahlah, memang sudah takdirnya begini dulu.

Akhirnya! 4GB + 8GB RAM terpasang dengan sempurna.

Setelah dipastikan RAM terpasang dengan benar dan mantap terkunci di slotnya, saya pun menutup cover bawah bodi laptop terlebih dahulu, sebelum akhirnya menyalakan kembali laptop untuk memeriksa apakah RAM yang terpasang sudah dikenali oleh sistem.

ASUS VivoBook S15 S510U kini dengan RAM 12GB

Setelah dipastikan RAM bertambah, laptop kembali saya matikan, untuk memasang kembali sekrup yang tadi dilepaskan untuk membuka cover bawah laptop.

Demikianlah pengalaman saya melakukan upgrade RAM secara mandiri berbekal video tutorial dari Youtube, semoga bermanfaat.

Salam kompak persahabatan selalu..




Tidak ada komentar:

Posting Komentar