Artikel Unggulan

ASUS Zenbook 14 OLED (UX3405), Ultrabook Pertama dengan AI Prosesor

  ASUS mengumumkan Zenbook 14 OLED (UX3405), laptop ultraportable premium pertama yang dibekali oleh prosesor bertenaga AI, Intel® Core™ Ult...

27 Oktober - Hari Blogger Nasional

 


Berawal dari obrolan beberapa minggu lalu yang menyatakan bahwa Mbak Yulia akan ada event di Jakarta tanggal 27 Oktober 2022. Kalo nggak salah bahkan obrolan itu terjadi sebelum event pernikahan Dikki, yang mana awalnya kami mengira Mbak Yulia akan hadir di acara tersebut, namun ternyata tidak. Fix-lah, mumpung beliau lagi ke Jakarta, kami, para anggota inti komunitas Blogger King, mengatur jadwal agar bisa ketemuan di basecamp kami, Burger King Tebet lantai 2.

Berhubung hari kerja, jadi sebagian besar dari kami baru bisa join sore sekitar pukul 16 WIB. Pas saya sampai di lokasi, saya sudah menemukan Dedy "Tarot Darma" Darmawan sedang menunggu di lantai bawah. Sementara, menurut informasi, Ednadus sudah menunggu di lantai atas. Langsung saja kami menuju lantai 2 untuk menemui Nadus, sebelum memutuskan untuk melakukan pemesanan makan dan minum.

Tak berapa lama kemudian, Mbak Yulia pun datang bersama anaknya dan Mbak Dian Ravi si #TravelGalau. Ternyata mereka sudah memesan makanan duluan sebelum naik. Dan ternyata pula, Mbak Pipit, yang pertama kali kami kenal lewat brand Meizu, sudah datang dan menunggu di balkon. Hahaha.. Maaf ya Mbak..

Anyway, selepas itu, kami pun memesan makanan dan minuman masing-masing, sembari menunggu Dikki yang ternyata sudah memesan paket ayam + nasi. Dan kami pun mengobrol, menanyakan kabar masing-masing, mengingat beberapa di antara kami sudah lama sekali tidak berjumpa. Dan, nggak lama kemudian, kami baru sadar bahwa ternyata, pertemuan kali ini jatuh pada Hari Blogger Nasional.

 Awal Ngeblog 

Sejujurnya, saya lupa kapan persisnya saya menulis. Yang saya ingat, saya pernah menulis panjang di fitur Notes pada platform media sosial Friendster. Saya baru menulis secara serius ketika dikenalkan pada platform multiply.com oleh adik kandung saya. 


Pertama kali saya membuat akun multiply pada tahun 2007, karena nama domainnya saat itu adalah maseko2007.multiply.com yang memang sengaja saya buat agar selalu ingat. Dan somehow, di platform ini, saya tergolong rajin menulis dan berbagi hal apapun, mulai dari foto, musik, bahkan cerita. Di sini juga saya sering menuliskan tentang reaksi saya terhadap beberapa kebijakan pemerintah yang seringkali hanya melihat dari golongan rakyat miskin, dan cenderung mengabaikan middle-class family seperti kami. Saya pernah berpikiran, kalau begitu terus, lama kelamaan, middle-class family akan jadi golongan miskin juga karena nggak ada bantuan/subsidi apapun yang diterima. Alhasil, kami terpaksa bekerja lebih keras agar tetap bisa bertahan, karena untuk naik kelas, jalannya masih sangat panjang.

Setelah multiply tutup pada tahun 2012, mereka menawarkan opsi migrasi ke blogspot (sekarang blogger.com) dan wordpress. Saya sempat memindahkan seluruh cerita saya dari multiply ke blogspot, namun hanya teks saja yang terselamatkan. Sementara foto-foto pendukung cerita tidak ikut pindah. Akhirnya saya memutuskan untuk memulai lagi semuanya dari awal.

 Blogger King 



Sepanjang ingatan saya, Blogger King terbentuk awalnya dari event A&W di daerah Cipete, di mana kala itu untuk pertama kalinya kami hadir di event, diajak oleh Mbak Yulia. Kisahnya bisa dibaca pada tautan berikut ini. Sejak saat itu, dalam setiap momen pertemuan, kami memilih untuk berkumpul di Burger King Tebet, di mana lokasinya kami anggap di tengah-tengah. Saking seringnya kumpul di situ, akhirnya kami pun memutuskan untuk memberi nama kelompok kami sebagai Blogger King, blogger yang basecamp-nya di Burger King. Kelompok ini diprakarsai oleh Mbak Yulia sebagai satu-satunya mom blogger di kelompok kami.

Seiring waktu berjalan, kami pun membuat komunitas di Facebook yang bernama Blogger King Community. Di sana, alhamdulillah, anggotanya telah mencapai 970 peserta, dan bisa saling berbagi artikel blog terbaru yang telah mereka buat.Di sana juga kami berbagi informasi mengenai lomba blog yang kadang disponsori oleh brand-brand tertentu.

 MaseKorner jadi dot com 

Hingga tahun 2016, blog saya masih panjang, yaitu www.masekorner.blogspot.com. Alhamdulillah, saat itu, saya sempat diundang sebagai blogger yang terpilih untuk menghadiri acara launching produk ASUS di Bali, yang bertajuk Zenvolution. Kisahnya pernah saya tulis, dan kalian bisa membacanya di tautan berikut ini

Selepas acara itu, saya baru mempertimbangkan untuk membeli domain TLD untuk blog saya. Padahal, jauh sebelum itu, Mbak Yulia sudah sering mengingatkan dan menyarankan untuk segera men-TLD-kan blog saya. Alasannya, brand/klien akan lebih yakin dan percaya jika domain blog kita sudah TLD. Setelah mempertimbangkan selama beberapa waktu, termasuk biaya dan ekstensinya, akhirnya saya memilih domain dot com sebagai TLD bagi blog saya. Ini baru terjadi sekitar awal tahun 2017, secara resmi blog saya menyandang domain www.masekorner.com hingga saat ini.


Itulah sepenggal kisah perjalana ngeblog saya selama ini. Bertepatan dengan momen semalam, seperti mengingatkan lagi akar perjalanan menulis serius saya selama ini. Semoga blog dan bloggers masih tetap eksis dan konsisten dalam meramaikan khasanah literasi Indonesia serta senantiasa berbagi informasi yang mungkin dibutuhkan oleh para pembaca.

Selamat Hari Blogger Nasional, salam kompak persahabatan selalu..




2 komentar:

  1. Yeeeay, ini komen gw pertama setelah 3 thn vakum nulis. Thanks Meko udh jadi pren yang baik hati, tidak sombong meski agak sedikit kayak om om *eh

    BalasHapus