Artikel Unggulan

5 Alasan HUAWEI MateBook D 14 Jadi Laptop Andalan

  Setiap orang memiliki kebutuhan unik dalam memilih laptop, yang bisa beragam dari segi fungsionalitas dan kemampuan komputasi yang canggih...

Intip-Intip Laptop Gaming ROG dengan Prosesor Intel Core Gen-13 dan NVIDIA RTX 4000 series!

 


Akhirnya, dapat undangan event offline lagi! Dapat sesi 2 yang dimulai pukul 12.30 WIB, saya berangkat sebelum pukul 12 siang supaya bisa segera sampai di lokasi dan menunaikan sholat Dzuhur di sana. Hotel Aloft Wahid Hasyim itu memang punya musholla yang sangat representatif. Pas baru sampai, saya jumpa dengan Darwin dan Mbak Katerina. Karena belum sholat, saya dan Darwin sholat dulu. Selesai sholat, saya jumpa dengan Andre yang baru saja tiba. Karena sudah jam makan siang, maka kami bersama-sama menuju resto yang berada di lantai 1 untuk santap siang.


Makan siang di sini, menunya selalu spesial. Seperti biasa, saya cukup mengambil buah potong sebagai appetizer, lalu lauk-pauk berupa sayuran seperti tampak di foto, dan ditutup dengan segelas es krim. Setelah makan, kami kembali ke ruangan tempat acara berlangsung di lantai 2, namun sebelum itu, saya sempatkan untuk menyeduh kopi dengan menggunakan mesin kopi yang tersedia di area lounge.

Acara dibuka dengan sambutan dan pemaparan dari Kak Vania selaku Product Manager ASUS ROG. Beliau menyampaikan beberapa informasi terkait klasifikasi produk gaming di ROG, termasuk TUF. Dan tak lupa informasi mengenai ROG Saga, sebuah konsep cerita yang berhubungan dengan produk-produk gaming ROG. Informasi teknis dan lebih detil, seperti biasa disampaikan oleh Mas Danu.

Kali ini, tercatat ada 6 produk yang diperkenalkan, namun yang tersedia di demo booth hanya ada 3 + 1 unit dalam kondisi terbelah. Adapun produk laptop gaming tersebut adalah : ROG Strix G16, ROG Zephyrus M16, dan ROG Strix SCAR 16 dan SCAR 18 yang sedang dibelah agar bisa dilihat jeroannya.


Ada peningkatan baru yang dibawa oleh jajaran laptop gaming ROG kali ini. Yang paling kentara tentu saja penggunaan prosesor Intel Core Gen-13 terbaru, serta GPU NVIDIA GeForce RTX 4000 series terbaru juga. Selain itu juga disampaikan bahwa seluruh jajaran laptop gaming ROG 2023 akan menggunakan panel layar Nebula/Nebula HDR Display. 


Hal baru lainnya adalah sistem pendinginan yang lebih komprehensif, berupa 7 heatpipe yang menyelubungi seluruh komponen penting penghasil panas, serta penggunaan Tri-Fan system yang akan meningkatkan air-flow jadi lebih baik. Tak lupa, di bagian lubang intake udara dingin yang terletak di bagian bawah laptop, ditambahkan filter anti debu agar kondisi di dalam bodi laptop tetap bersih.


Nah, sekarang saya akan coba preview satu per satu, sesuai dengan pandangan mata.

ROG Strix SCAR 16/18


Laptop ini langsung terlihat beda daripada laptop gaming sebelumnya dan juga lainnya karena menampilkan RGB Lighting di bagian depan dan belakang. Bagian cover keyboardnya juga terlihat transparan dengan aura smoke black yang macho. Sedikit perbedaan dengan tipe 18, ROG Strix SCAR 18 memiliki layout keyboard full dengan tombol numpad fisik di sisi kanannya.


ROG Zephyrus M16


ROG Zephyrus M16 mengalami sedikit perubahan desain pada bodinya, terutama pada desain lampu indikatornya. Selain itu, yang jelas baru adalah adopsi fitur AnimeMatrix di bagian cover belakang layar laptop ini menjadikannya tampil semakin outstanding di kelasnya.


ROG Strix G16


Menurut informasi, bodi ROG Strix G16 merupakan ex Zephyrus M16 tahun lalu. Namun tentu saja, jeroannya beda, lebih mutakhir. Selain itu, tipe ini memang ditujukan sebagai versi terjangkaunya Strix SCAR 16/18 yang lebih Gaming Centric dengan RGB Lightingnya. ROG Strix G16 tampil lebih sederhana namun tetap tinggi performa.

Produk lain yang diperkenalkan adalah ROG Flow Z13 dan TUF Gaming F15/17, namun datanya dipaparkan melalui slide presentasi karena unitnya belum sampai ke Indonesia. Untuk yang ini nanti saya update lagi kalo sudah megang barangnya.


Dengan line up terbaru dari laptop gaming ROG, yang sudah mengadopsi teknologi prosesor Intel Core Gen 13 terbaru serta GPU NVIDIA GeForce RTX 4000 series terbaru, tentu saja akan memberikan lebih banyak pilihan terhadap laptop gaming apa yang sesuai dengan kebutuhan kita. Jujur saja, di line up ini, saya naksir berat dengan ROG Zephyrus M16 yang punya layar Nebula dan AnimeMatrix di bagian belakang layarnya. Kalau kamu, pilih yang mana?





Tidak ada komentar:

Posting Komentar