Artikel Unggulan

5 Alasan HUAWEI MateBook D 14 Jadi Laptop Andalan

  Setiap orang memiliki kebutuhan unik dalam memilih laptop, yang bisa beragam dari segi fungsionalitas dan kemampuan komputasi yang canggih...

Review ROG Phone 6 Batman Edition

 


Akhirnya ngerasain juga sensasi smartphone gaming tematik, yaitu ROG Phone 6 Batman Edition. Sebagai fans-nya Batman, ROG Phone 6 Batman Edition ini tentu saja sangat layak untuk dijadikan daily driver, atau minimal koleksi berharga, mengingat beberapa hal yang bisa kita dapatkan setelah membelinya. Apa saja sih yang akan kita dapatkan dalam paket penjualan ROG Phone 6 Batman Edition ini? Mari kita segera..

| UNBOXING |


Box-nya saja terlihat sangat berbeda. Mirip koper yang digunakan untuk mengamankan senjata yang digunakan oleh musuh-musuh Batman dari lokasi TKP. Senjata yang kelak dianalisa oleh Batman untuk bisa melakukan counter terhadap aksi kejahatan mereka selanjutnya. Saat dibuka, akan terlihat sebagian isinya seperti di bawah ini :


Kita coba keluarkan dari kopernya dulu ya? Dan akhirnya, setelah dikeluarkan, isinya adalah sebagai berikut :

  • Unit ROG Phone 6 Batman Edition
  • Kepala Charger 65W
  • Kabel Data USB Tipe-C
  • Lampu BatSignal
  • Hard Cover Case
  • SIM Tray Ejector + Holder
  • Lembar Garansi dan Manual


Kepala Charger ROG Phone 6 Batman Edition ini mendukung teknologi HyperCharge 65W, dikombinasikan dengan kabel braided USB Type-C to Type-C sepanjang 120cm, sehingga mampu mengisi daya smartphone gaming ini dengan cepat.


| Aksesoris Serba Batman |


Terdapat hard cover case dengan tema Batman untuk ROG Phone 6 Batman Edition. Fungsinya, untuk melindungi bagian belakang agar tidak mudah baret, khususnya bagian kamera. 


Di bagian belakangnya terdapat logo Batman dalam bentuk poligon, sedangkan di bagian dalamnya nampak siluet karakter Batman yang sepertinya sia-sia karena nggak terlihat juga ketika cover case ini dipasang ke smartphonenya.

Yang keren juga menurut saya adalah SIM Tray Ejector-nya. Kali ini, SIM Tray Ejector berwujud simbol Batman, diberi dudukan/holder agar bisa dipajang. Meski rawan hilang, namun ini keren untuk properti foto.


Dan aksesoris terakhir yang kita dapatkan adalah lampu BatSignal. Jika kalian koleksi action figure Batman, lampu ini bisa jadi pelengkap untuk lemari koleksi kalian.


Lampu BatSignal ini memerlukan daya yang bisa diperoleh dari charger smartphone dengan port input USB Tipe-C. Terdapat saklar On/Off di bagian belakangnya, serta tuas Selector di bagian atasnya. Tuas ini berfungsi untuk mengganti gambar yang diproyeksikan oleh lampu BatSignal.


Keren bukan? Buat kalian yang fans Batman, pasti kepengen punya BatSignal yang mana kalo bikin sendiri mungkin effortnya cukup rumit perlu modal.

| Unit ROG Phone 6 Batman Edition |


ROG Phone 6 Batman Edition memiliki dimensi 173 x 77 x 10.4 mm dengan bobot seberat 239 gram. Dengan sisi yang melengkung ergonomis serta bezel atas dan bawah yang dirancang untuk kenyamanan bermain game.


Dalam posisi telungkup, di bagian sisi kanan ROG Phone 6 Batman Edition, terdapat port USB Type-C dan slot SIM Card. Di sisi kanannya (berseberangan dengan sisi barusan), terdapat tombol Power, Volume Up & Down, serta AirTriggers di sudut-sudutnya. Di bagian bawah terdapat lubang microphone, port USB Type-C dan port audio jack. Sedangkan di sisi atas, terdapat lubang, mungkin microphone juga, serta 2 garis antena.

ROG Phone 6 Batman Edition memiliki slot SIM Card ganda (bolak-balik) tanpa opsi memori tambahan (tidak ada slot MicroSD).


| Spesifikasi ROG Phone 6 Batman Edition |

Spesifikasi ROG Phone 6 BATMAN Edition identik dengan seri ROG Phone 6. Prosesor Snapdragon® 8+ Gen 1 Mobile Platform menawarkan clock speed hingga 3.2 GHz, dengan performa CPU 15% lebih baik dan efisiensi daya yang 20% lebih baik dibandingkan pendahulunya pada ROG Phone 5. ROG Phone 6 Batman Edition hadir dengan konfigurasi RAM 12GB dan memori internal 512GB. 

ROG Phone 6 Batman Edition menggunakan baterai masif dual 3000mAh dengan MMT design, sehingga total kapasitanya menjadi 6000mAh. Adaptor 65-watt USB Power Delivery HyperCharge dapat mengisi ulang daya ROG Phone 6 Batman Edition hingga 100 persen hanya dalam waktu 42 menit saja.

| ROG Aura RGB |


Di bagian cover belakang ROG Phone 6 Batman Edition, terdapat ROG Aura RGB bertema Batman, dan di bagian atasnya terdapat tulisan Dare To Play yang bercahaya. Skenario cahaya pada bagian tersebut bisa dikonfigurasi melalui aplikasi Armoury Crate.


Tidak hanya skenario cahaya saja, lewat Armoury Crate, kita juga bisa melakukan pengaturan konfigurasi untuk performanya. Jika kita ingin ROG Phone 6 Batman Edition ini full-power, aktifkan saja mode X Mode-nya. Namun jika kita ingin menghemat pemakaian baterai, ubah modenya ke Ultra durable.

Jika kalian bingung, ingin menginstall game apa saja yang support fitur-fitur ROG Phone 6 seperti 120Hz, AirTriggers, atau KunaiPad, atau DualView, kalian bisa langsung memilih sendiri gamenya melalui Armoury Crate ini, tanpa harus mencari secara manual di Google Play. Tak usah kuatir, karena sumber instalasi game-nya tetap dari Google Play. Armoury Crate hanya merangkum game-game yang support dengan fitur ROG Phone 6.

| Benchmark Test |

Sebagai smartphone gaming, tentu saja performa sistem menjadi faktor unggulan. Agar kita bisa menggambarkan, betapa gaharnya ROG Phone 6 Batman Edition ini untuk bermain game, kita lakukan uji Antutu Benchmark, yang hasilnya mencapai skor sebagai berikut :


Dengan pencapaian skor benchmark Antutu yang menembus angka satu jutaan, ROG Phone 6 Batman Edition dijamin mampu menjalankan beragam mobile game dengan konfigurasi maksimal, apalagi jika didukung aksesoris pendingin AeroActive Cooler 6 yang akan menjaga suhu perangkat ini tetap dingin sehingga performanya tetap stabil meski dimainkan dalam jangka waktu yang cukup lama.


Jika kalian senang bermain game Mobile Legends, jangan kuatirkan settingan yang serba kentang. Gaspol rata kanan, kalian bisa aktifkan semua opsi, dengan Refresh Rate High dan Grafis Ultra.

| Gaming Test |

Sebagai smartphone gaming, tentu saja kemampuannya tak perlu diragukan lagi. Tapi, karena ini edisi khusus Batman, jadi game yang saya coba juga akan bernuansa Batman.

Game pertama yang saya coba adalah Injustice 2. Game ini merupakan game pertarungan ala Tekken atau Mortal Kombat, bisa berisikan 2 orang dalam 1 tim (tag team). Performa yang saya rasakan saat bermain game ini sungguh menyenangkan.


Game kedua yang saya mainkan di smartphone ROG Phone 6 Batman Edition adalah Batman TellTale series. Game ini lebih seperti memainkan komik/film dengan grafis yang indah serta cerita layaknya komik. Secara performa pun, game ini bisa dimainkan dengan sangat nyaman.


Dahlah, soal main game, gak perlu diragukan lagi. Apalagi, kalau kalian punya AeroActive Cooler untuk ROG Phone 6 series, main game lama, gak perlu was-was karena overheating, dan tetap bisa bermain dengan tenang dan nyaman.

| Camera Test |

Dengan spesifikasi tinggi yang dimiliki, ROG Phone 6 Batman Edition ini juga menawarkan kemampuan kamera yang tidak bisa dianggap remeh. Untuk ukuran smartphone gaming, kemampuan kameranya terlihat cukup mengagumkan.

Saya mencoba untuk mengambil beberapa gambar dalam berbagai skenario, indoor maupun outdoor, dengan menggunakan kamera utama (belakang), maupun kamera depannya. Dan hasilnya bisa disimak pada foto-foto berikut ini :

Main Camera - Mode Zoom

Main Camera - Mode Portrait

Foto-foto di atas saya ambil di dalam ruangan dengan menggunakan kamera belakang ROG Phone 6 Batman Edition. Jujur saja, mungkin karena pencahayaan yang kurang maksimal membuat warna pada obyek jadi kurang menonjol.

Selanjutnya, saya menuju ke area outdoor untuk mengambil beberapa foto dengan skenario alam terbuka, di mana cahaya matahari secara natural menerangi obyek foto. Dan inilah beberapa hasil foto yang saya ambil.

Main Camera - Zoom 2x

Main Camera - Close Up Mode

Buat ambil foto detil suatu obyek, khususnya mainan seperti hobi saya ini, kamera ROG Phone 6 Batman Edition ini masih bisa diandalkan. Bahkan efek bokehnya pun terlihat cukup natural layaknya menggunakan lensa kamera profesional. Bahkan iseng-iseng foto refleksi di genangan air pun terlihat cukup artistik dan bisa ditangkap dengan baik.

Main Camera - Reflection

Main Camera - Panorama

Untuk kamera depannya, saya juga mencobanya dalam beberapa skenario. Cuma ya karena kamera depan lazimnya buat selfie, ROG Phone 6 Batman Edition ini pun sama. Ada 2 skenario dan 2 mode yang saya coba di smartphone gaming ini. Hasilnya, bisa kalian simak pada foto-foto di bawah ini :

Front Camera Outdoor - Mode Normal & Portrait

Front Camera Indoor - Mode Normal & Portrait

Sejauh ini buat saya, hasil kameranya cukup memuaskan, khususnya untuk mendukung hobi saya memotret koleksi mainan.

Selain untuk foto, saya juga sempat mencoba merekam video dengan menggunakan kamera ROG Phone 6 Batman Edition ini. Ada beberapa setting dan mode yang sempat saya cobain. Hasilnya bisa disimak melalui video-video berikut ini :

Slow Motion 480 FPS


Time Lapse


Saya juga sempat menguji kecepatan perpindahan fokus dari 1 obyek ke obyek yang lain. Dan hasilnya kurang lebih seperti video berikut ini :


Selain itu, saya juga sempat mencoba kemampuan kamera utama alias kamera belakang dari ROG Phone 6 Batman Edition untuk melakukan perekaman video dalam resolusi FullHD dengan beberapa skenario. Hasilnya bisa disimak pada beberapa video berikut ini :

Video Recording FHD 30 FPS HDR On


Video Recording FHD 60 FPS HDR Off


Untuk kamera utama/belakang, terlihat bahwa perekaman video dengan 60 frame per second jauh lebih smooth pergerakannya daripada yang 30 frame per second. Saat merekam, saya mengaktifkan fitur Video Stabilization.

Tak lupa saya juga menguji kemampuan kamera depan dari ROG Phone 6 Batman Edition ini, siapa tahu ada penggunanya yang senang ngevlog selain bermain game. Hasil rekamannya bisa disimak pada video berikut ini :

Front Camera Video Recording FHD 60 FPS HDR On


Untuk kamera depannya, cukup stabil buat dipakai ngevlog. Fitur stabilisasi videonya bikin gambar rekaman video minim goyang. Untuk detil pada wajah, sepertinya, teknologi AI cukup agresif memaksa wajah host menjadi lebih cerah :p

Nah, itulah sekelumit review saya mengenai smartphone gaming bertema superhero paling keren, ROG Phone 6 Batman Edition. Selain sangat powerful untuk gaming, smartphone ini juga cukup mumpuni untuk kebutuhan dokumentasi foto dan video. Bahkan, editing video langsung di hape ini dengan menggunakan aplikasi CapCut dapat dilakukan dengan mudah.

ROG Phone 6 Batman Edition ini bisa kalian dapatkan dengan harga kurang lebih 15 jutaan saja, di official store di Tokopedia. Klik saja gambar di bawah ini untuk langsung transaksi!


Sekian, semoga bermanfaat. Salam kompak persahabatan selalu..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar