Artikel Unggulan

5 Alasan HUAWEI MateBook D 14 Jadi Laptop Andalan

  Setiap orang memiliki kebutuhan unik dalam memilih laptop, yang bisa beragam dari segi fungsionalitas dan kemampuan komputasi yang canggih...

Ngeblog Lebih Menyenangkan dengan Laptop FullHD


Adakah di antara kalian yang pernah melihat, betapa kehidupan seorang blogger itu tampak indah dan menyenangkan? Lalu, apakah ada dari kalian yang terbersit ingin seperti mereka? Mengikuti jejak mereka menjadi seorang blogger juga? Jika jawabannya adalah ya, apakah kalian sudah tahu, langkah-langkah apa saja yang perlu dilakukan untuk memulai jalan kehidupan menjadi seorang blogger? Yuk, kita bahas bareng-bareng agar sama-sama paham!

Blogger itu apa?

Ilustrasi Blogger

Jika kita mencari arti atau makna blogger di internet, maka akan muncul 2 pengertian yang berbeda. Pengertian yang pertama adalah blogger sebagai platform, dan yang kedua adalah blogger sebagai pelaku. 

Pengertian Blogger yang pertama merujuk pada layanan penerbitan blog yang menerima blog multi-pengguna dengan entri bertanda waktu. Awalnya layanan ini dikembangkan oleh Pyra Labs, kemudian dibeli oleh Google pada tahun 2003. Meski platformnya bernama Blogger, namun platform ini lebih populer dikenal sebagai blogspot karena menggunakan subdomain "blogspot.com".

Pengertian Blogger yang kedua adalah individu yang suka berbagi bagian dari kehidupannya dengan menulis sebuah tulisan yang kemudian diposting dalam blog mereka. Kegiatan menulis di blog ini dikenal sebagai blogging.

Ngeblog di Mana?

Ilustrasi Platform Blog Populer

Ada beragam platform blogging yang bisa digunakan, baik platform gratisan maupun berbayar. Namun, di Indonesia, ada dua platform blogging yang paling populer, yaitu WordPress dan Blogger (blogspot). Meskipun keduanya sama-sama menawarkan layanan blogging, namun masing-masing memiliki kelebihan dan keunggulan yang berbeda.

Perbandingan WordPress vs Blogger

Secara ringkas, berdasarkan grafis di atas, kedua platform tersebut, baik WordPress maupun Blogger, sama-sama mudah untuk digunakan, oleh pemula sekalipun. Platform Blogger boleh dibilang 100% gratis, sedangkan WordPress ada biaya yang harus dibayarkan. Namun demikian, karena berbayar, fitur-fitur pada WordPress jauh lebih lengkap dan lebih mudah untuk dikustomisasi dengan memanfaatkan plugin yang telah disediakan. Lalu, mana yang lebih baik? Jika kalian hanya fokus pada konten yang dibuat, keduanya sudah cukup memadai. Namun, jika di kemudian hari kalian ingin lebih mengoptimasi blog yang kalian miliki, WordPress menawarkan kemampuan yang lebih sesuai.

Cara Bikin Blog

Cara Bikin Blog untuk Pertama kali

Sebelum memulai membuat blog untuk pertama kalinya, pastikan bahwa kalian telah memiliki akun email terlebih dahulu. Akun email ini digunakan sebagai identitas pemilik blog nantinya.

Adapun langkah-langkah membuat blog untuk pertama kalinya, dalam contoh ini di platform blogger, adalah sebagai berikut :

Langkah-langkah membuat blog
  1. Buka situs Blogger.com
  2. Login dengan akun email yang dimiliki
  3. Isi Nama Blog yang akan dibuat, lalu klik Berikutnya
  4. Isi alamat URL blog yang akan dibuat, lalu klik Berikutnya
  5. Isi Nama Blog yang akan ditampilkan, lalu klik Selesai.

Setelah melakukan langkah-langkah di atas, maka blog kita sudah memiliki nama, tetapi belum ada isinya. Sebelum melakukan posting perdana, sebaiknya kalian memilih template terlebih dahulu. Template ini adalah layout tampilan blog saat dibuka untuk pertama kalinya. Boleh dibilang, template ini halaman utama dari blog yang telah kalian buat tadi. Setelah memilih satu template yang cocok, kalian bisa melakukan posting dengan meng-klik +Postingan Baru. Disarankan tidak terlalu sering mengganti template karena akan berpengaruh pada parameter penting di dunia blogging seperti traffic ataupun DA (Domain Authority).

Memilih tema blog

Sebagai contoh blog yang baru saja saya buat, kalian bisa melihat tampilan awalnya seperti pada gambar di bawah ini.

Halaman muka blog

Jika kalian sudah membuat beberapa posting artikel di blog, maka artikel kalian akan muncul secara teratur, berdasarkan urutan tanggal posting. Artikel terbaru akan berada di bagian paling atas, sementara artikel yang lebih lama akan berada di bawahnya.

Tentukan Niche Blog

Ilustrasi Niche Blog

Niche blog adalah sebuah tema atau topik pembahasan di suatu blog. Sebagai blogger, kalian bisa menentukan tema konten sesuka hati. Dengan fokus pada sebuah niche, website atau blog dianggap memiliki nilai lebih. Sebagai contoh, jika kalian senang dan sering menuliskan pengalaman kalian dalam hal perjalanan atau wisata, maka niche blog kalian adalah travelling. Jika kalian senang menuliskan hal-hal tentang makanan atau kuliner di sebuah lokasi atau daerah, makan niche blog kalian adalah food blogger. Namun belakangan, banyak juga blogger yang dikenal memiliki niche tertentu, namun juga fleksibel menuliskan artikel dengan tema/niche yang lain, seperti misalnya teknologi/gadget. Ini bisa dilakukan dengan menyediakan beberapa kategori di dalam blog yang kita miliki, sehingga kita bisa memiliki cakupan tulisan yang lebih luas, meski mayoritas isi blog kita dominan di niche yang telah ditetapkan sebelumnya.

Gunakan Top Level Domain (TLD)

Ilustrasi Top Level Domain

Sebagai blogger pemula biasanya masih awam dengan istilah-istilah, salah satunya adalah TLD atau Top Level Domain. TLD adalah ekstensi dari suatu domain. Contoh top level domain antara lain berupa .com, .net, atau .co.id. Sementara itu, domain adalah alamat suatu website. Domain berfungsi sebagai identitas website. Umumnya, blogger menggunakan TLD .com, .web.id dan sejenisnya. Dengan menggunakan TLD, blog kalian akan terlihat lebih serius dan bonafid. Dan kelak kalian juga akan dikenal sebagai blogger profesional jika sudah memiliki banyak artikel dengan niche yang kuat. Selain itu, keuntungan memiliki blog dengan TLD adalah blog kalian akan lebih dipertimbangkan saat ada kesempatan kerjasama dengan komunitas, perusahaan atau brand tertentu.

Benefit Menjadi Blogger

Ilustrasi aktivitas blogger bersama komunitas

Ada beberapa keuntungan ketika memutuskan untuk menjadi seorang blogger. Berawal dari iseng menulis lalu membagikan informasi yang mungkin berguna, blog bisa menjadi sumber penghasilan. Yang lazim dilakukan adalah dengan memanfaatkan adsense sebagai sumber penghasilan. 

AdSense adalah program kerjasama periklanan melalui media Internet yang diselenggarakan oleh Google. Melalui program periklanan AdSense, pemilik situs web atau blog yang telah mendaftar dan disetujui keanggotaannya diperbolehkan memasang unit iklan yang bentuk dan materinya telah ditentukan oleh Google di halaman web mereka. Pemilik situs web atau blog akan mendapatkan pemasukan berupa pembagian keuntungan dari Google untuk setiap iklan yang diklik oleh pengunjung situs, yang dikenal sebagai sistem pay per click (ppc) atau bayar per klik. (sumber : Wikipedia)

Selain Adsense, sumber pemasukan lain dari kegiatan ngeblog adalah dengan menerima content placement. Di awal sudah saya singgung mengenai pentingnya menentukan niche blog, agar kita dapat dikenali dan diidentifikasi sesuai dengan tema blog yang kita kelola. Jika kita dikenal sebagai blogger traveller, peluang content placement yang bisa didapatkan adalah kerjasama dengan penyelenggara perjalanan (travel agent). Content Placement adalah artikel milik klien yang dititipkan pada blog kita dengan harapan artikel tersebut dibaca oleh pengikut atau siapa pun yang sedang mencari informasi terkait hal tersebut.

Selain content placement, sebagai blogger, kita juga bisa mendapatkan penghasilan melalui job event yang ditawarkan oleh koordinator blogger/agency. Job event ini biasanya terkait dengan peluncuran produk atau layanan terbaru dari brand, yang membutuhkan exposure lebih luas. Kenapa mengundang blogger dan bukan media? Karena biasanya brand ingin ada sentuhan personal dari masing-masing blogger terhadap produk yang sedang mereka perkenalkan. Untuk bisa terpilih dalam seleksi job event ini, kalian harus memperhatikan parameter blog seperti DA (Domain Authority), PA (Page Authority), hingga DR (Domain Rating).

Selain berupa uang, kadang blogger juga menerima produk sebagai ganti pembayaran. Produk ini biasanya akan direview oleh blogger, dan membagikan experience yang mereka dapatkan selama menggunakan produk tersebut lewat artikel di blog mereka. 

Blogger juga berkesempatan untuk mengikuti lomba menulis blog yang sering diselenggarakan oleh instansi atau brand tertentu, di mana nominal hadiahnya cukup menantang. Event lomba menulis blog ini bisa kita jadikan sebagai ajang untuk mengasah kemampuan kita dalam membahas sebuah tema yang sudah ditentukan sebagai syarat mengikuti lomba. Tak jarang, blogger suhu maupun sepuh yang telah lama malang melintang dan sering menjuarai berbagai kompetisi menulis blog, menjadi saingan kita di event yang sama. Merasa tertantang, atau malah ciut duluan?

Perangkat untuk Ngeblog

Ilustrasi ngeblog pakai laptop di rumah

Untuk memulai menulis artikel blog, kita bisa memanfaatkan smartphone yang kita miliki. Namun, smartphone memiliki banyak kekurangan dan tentu saja ketidaknyamanan saat melakukan penyuntingan artikel blog. Layar smartphone yang kecil, tentu saja tidak mampu menampilkan menu dan fitur saat penyuntingan artikel secara sempurna. Belum lagi virtual keyboard yang menutupi sebagian layar smartphone yang kita gunakan.

Oleh karena itu, berdasarkan pengalaman pribadi, saya lebih suka melakukan aktivitas ngeblog dengan menggunakan perangkat laptop. Laptop menawarkan kenyamanan lebih dengan kehadiran keyboard terpisah, serta layar yang lebih besar. 

Untuk kalian yang baru memulai aktivitas ngeblog, ada baiknya memiliki laptop yang mumpuni namun tetap terjangkau. Salah satu laptop yang bisa saya rekomendasikan adalah ASUS Vivobook 14 (A1400). Ada beberapa poin keunggulan yang dimiliki oleh laptop ASUS Vivobook 14 (A1400) ini, yaitu antara lain layar berukuran 14 inci dengan resolusi FullHD, prosesor Intel Gen-11 yang stabil, serta dimensi yang ringkas serta bobotnya yang ringan.

ASUS Vivobook 14 (A1400)

Laptop ASUS Vivobook 14 (A1400) merupakan laptop kelas entri yang menawarkan kemampuan yang cukup mumpuni untuk para blogger pemula. Pertama bisa kita lihat dari dimensi dan desainnya. Laptop ASUS Vivobook 14 (A1400) merupakan laptop berukuran 14 inci dengan ketebalan kurang dari 2 cm, tepatnya 1,99 cm, serta memiliki bobot hanya 1,55 kg, menjadikan laptop ini kawan terbaik untuk blogger yang memiliki mobilitas tinggi. Desainnya juga terlihat modern minimalis, dengan logo ASUS Vivobook berada si samping, tidak lagi logo ASUS besar yang berada di tengah-tengah kover layar. Laptop ini memiliki dua pilihan warna yang elegan, yaitu Indie Black serta Transparent Silver.

Ketebalan dan port ASUS Vivobook 14 (A1400)

Meskipun tergolong tipis, namun ASUS Vivobook 14 (A1400) masih menyediakan port konektivitas yang cukup lengkap, antara lain port USB tipe A versi 3.2, port HDMI, port USB tipe C versi 3.2, 2 buah port USB 2.0 serta 1 port combo audio jack. Selain port tersebut, laptop ASUS Vivobook 14 (A1400) juga memiliki konektivitas nirkabel WiFi 5 untuk terhubung ke jaringan internet dan Bluetooth 4.1 untuk perangkat nirkabel tambahan seperti speaker, headset dan lain sebagainya. Berkat teknologi ini, blogger dapat bekerja di kafe atau co-working space yang menyediakan jaringan WiFi, serta tetap dapat menikmati hiburan secara personal dengan menggunakan bluetooth headset selama ngeblog.

Faktor penting lain yang juga perlu diperhatikan adalah layarnya. Ya, sebab blogger bekerja dengan memandang layar laptop, maka dibutuhkan laptop dengan layar yang menawarkan kenyamanan saat sedang beraktivitas menuliskan artikel di blog. ASUS Vivobook 14 (A1400) memiliki bentang layar 14 inci dengan resolusi FullHD (1920 x 1080) dan rasio layar sebesar 16:9, serta refresh rate 60Hz, yang dilengkapi dengan teknologi anti-glare display. Bingkai layar ASUS Vivobook 14 (A1400) memiliki ketebalan hanya 6,5 mm di kedua sisinya, yang dikenal sebagai NanoEdge display, sehingga mampu memberikan rasio layar terhadap bodi laptop mencapai 82%, menawarkan tampilan visual yang lebih luas dan lega.

Teknologi layar ASUS Vivobook 14 (A1400)

Mengapa resolusi layar sangat penting bagi seorang blogger? Begini. Pertama-tama kita harus memahami prinsip resolusi pada layar laptop. Semakin besar angka pixelnya, maka semakin tajam dan detil gambar dan tulisan yang bisa ditampilkan pada layar. Ini juga berhubungan erat dengan semakin banyaknya informasi atau menu yang bisa ditampilkan di layar saat kita sedang menyunting sebuah artikel di blog kita. Sebagai gambaran, bisa kita simak pada ilustrasi berikut ini :

Perbandingan tampilan layar HD dengan FullHD

Terlihat pada gambar di atas, bahwa layar dengan resolusi FullHD mampu menampilkan gambar dan informasi yang lebih banyak daripada resolusi di bawahnya. Menu tools di bagian atas artikel juga tampil berjajar lebih lengkap pada resolusi FullHD, sehingga proses menyunting artikel blog seperti setting paragraf (rata kanan/kiri atau keduanya), membuat daftar dengan titik atau nomor, mengkuot sebuah kata atau kalimat, dapat langsung dilakukan dengan sekali klik. Lebih efektif, efisien dan tentu saja semakin produktif di waktu yang bersamaan.

Performa Efisien sesuai Kebutuhan

ASUS Vivobook 14 (A1400) Transparent Silver

Laptop ASUS Vivobook 14 (A1400) hadir dengan beragam pilihan konfigurasi spesifikasi yang bisa disesuaikan dengan anggaran dan kebutuhan. Tercatat, ASUS Vivobook 14 (A1400) hadir dengan prosesor hingga Intel Core i7 processor Gen-11 yang telah teruji kestabilan dan kehandalannya. Kapasitas memori/RAM hingga 8 GB DDR4 yang masih bisa ditingkatkan secara maksimal ke 16 GB. Media penyimpanan berkapasitas hingga 512 GB yang sangat besar dengan tipe PCIe SSD yang sangat responsif dan masih bisa ditingkatkan lagi hingga 2 TB berkat hadirnya slot tambahan untuk ekspansi media (dual storage system PCIe SSD + SATA HDD). 

Dengan konfigurasi spesifikasi seperti di atas, maka sebagai blogger, kalian bisa menambahkan elemen pendukung blog seperti kreasi gambar atau infografis, bahkan video singkat. Aplikasi penyunting video seperti misalnya CapCut dapat dijalankan dengan lancar pada ASUS Vivobook 14 (A1400). Alhasil, blog kalian bisa tampil lebih variatif dan tentunya lebih informatif. 

Contoh video pendukung di dalam artikel blog

Bahkan, untuk kebutuhan lain yang banyak berhubungan dengan angka-angka, laptop ASUS Vivobook 14 (A1400) ini sudah dilengkapi dengan fitur NumberPad yang terintegrasi dengan touchpadnya. 

NumberPad di ASUS Vivobook 14 (A1400)

Imbang di Sektor Hiburan

Ilustrasi fungsi hiburan pada laptop ASUS Vivobook 14 (A1400)

Selain faktor layar dengan resolusi tinggi, laptop ASUS Vivobook 14 (A1400) juga mampu menampilkan visual dengan kualitas yang cukup memadai. Ditambah dukungan sistem tata suara 4-way stereo speaker dan konfigurasi ASUS Audio Wizard, menikmati hiburan di laptop ini terasa sangat all-in-one. Mau nonton film, tv series kesayangan, video klip musik atau berolahraga sambil nonton video senam dari Youtube, semua bisa dinikmati dengan ASUS Vivobook 14 (A1400).

Mengapa Memilih Laptop ASUS?


Selama 10 tahun terakhir, brand ASUS selalu menjadi peringkat pertama marketshare pasar laptop di Indonesia. Inovasi yang diberikan dalam setiap produk laptop ASUS mampu memenuhi ekspektasi dan kebutuhan seluruh lapisan masyarakat di Indonesia. Beragam teknologi terkini diterapkan pada produk laptop ASUS, memberikan experience/pengalaman baru bagi setiap penggunanya. Desain laptop ASUS kini tampil lebih minimalis namun tetap artistik, menjadikannya tetap menonjol di setiap kesempatan. Dan tentu saja produk laptop ASUS kini sudah lebih ramah lingkungan, berkat penggunaan material dari bahan daur ulang, menjadikannya sangat eco-friendly sehingga mendukung sustainability. ASUS juga berhasil mendapatkan sertifikasi EPEAT (Electronics Products Environmental Assessment Tool) sebagai bukti bahwa produk laptop ASUS diakui ramah lingkungan secara internasional.

Produk laptop ASUS menggunakan komponen dengan kualitas tinggi, yang memberikan pengalaman penggunaan lebih menyenangkan serta usia pemakaian yang lebih lama. Kualitas visual tinggi dihadirkan melalui penggunaan layar dengan resolusi FullHD untuk laptop ASUS di segmen entry-level, menjadikannya berbeda dengan laptop lain di kelas yang sama. 

Layanan purna jual ASUS juga menjadi yang terbaik di Indonesia. ASUS Service Centre Indonesia berhasil meraih prestasi sebagai pusat layanan purna jual laptop paling memuaskan. Penghargaan ini didapatkan atas keberhasilan ASUS Service Centre dalam meraih Customer Experience Index (CXI) tertinggi pada kategori laptop, yakni sebesar 8.42 CXI, berdasarkan hasil Customer Perception Survey SQIndex 2023. Angka tersebut jauh di atas rata-rata yaitu 8.0403 CXI.

ASUS juga memberikan garansi global sepanjang 2 tahun serta tambahan 1 tahun ASUS Perfect Warranty yang mengcover kerusakan akibat kecelakaan yang tidak disengaja (Accidental Damage Protection) di segmen laptop entry-level  milik mereka. Garansi yang tadinya hanya bisa dinikmati untuk produk laptop ASUS kelas flagship, kini juga dirasakan untuk produk laptop ASUS di segmen entry-level.

Demikianlah pendapat saya mengenai blogger dan perangkat laptop yang tepat untuk memulai aktivitas ngeblog, semoga bermanfaat. Salam kompak persahabatan selalu..










4 komentar:

  1. laptop pemula yang punya banyak fitur unggulan. semoga menulis menjadi lebih semangat dengan laptop baru.

    BalasHapus
    Balasan
    1. tentu saja. bikin betah berlama-lama di depan laptop..

      Hapus
  2. Lihat modelnya tampak wah dan desainnya oke, merasa lebih nyaman ketika bekerja dengannya. Semoga di akhir tahun bisa merasakan nuansa laptop baru ya Om. Amin...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aamiin, makasih Bang Om.. emang ini laptop cocok banget buat yang baru mulai jadi blogger..

      Hapus