Artikel Unggulan

ASUS Zenbook 14 OLED (UX3405), Ultrabook Pertama dengan AI Prosesor

  ASUS mengumumkan Zenbook 14 OLED (UX3405), laptop ultraportable premium pertama yang dibekali oleh prosesor bertenaga AI, Intel® Core™ Ult...

Hal Besar yang bisa dilakukan oleh si mungil ASUS Zenfone 10

 


Jika kita melihat perkembangan smartphone belakangan ini, semakin ke mari, ukuran layar smartphone semakin membesar. Di awal kemunculannya dulu, layar smartphone kebanyakan berukuran hanya 4 inci saja. Namun, saat ini, kita sudah tidak heran lagi dengan smartphone yang memiliki ukuran layar hingga mendekati 7 inci. Umumnya, smartphone berlayar besar ini menonjolkan fitur gaming sebagai andalannya.

Smartphone dengan layar besar bukan berarti tidak memiliki kelemahan. Terlepas dari keunggulan yang ditawarkan, smartphone ini biasanya memiliki bobot yang cukup berat dan kurang nyaman untuk dikantongi di saku pakaian atau celana. Selain itu, untuk pengoperasiannya, tidak memungkinkan hanya dengan menggunakan satu tangan saja.

Di sisi lain, trend smartphone ringkas masih mencoba bertahan dengan menawarkan keunggulan mobilitas serta bobot yang ringan. Umumnya, smartphone berbodi ringkas, hanya menggunakan spesifikasi sekadarnya saja, dengan fitur-fitur yang istilah kami, banyak disunat. Padahal, smartphone ringkas ini punya potensi besar jika digunakan sebagai daily-driver atau perangkat utama bagi pemiliknya. ASUS melihat peluang di segmentasi ini, dengan merancang sebuah smartphone berbodi ringkas yang menggunakan teknologi perangkat keras paling mutakhir, yaitu Zenfone 10.

DIMENSI //


ASUS Zenfone 10 memiliki ukuran sebesar 5,9 inci, dengan berat hanya 172 gram dan lebar layar dari sisi ke sisi sepanjang 68,1 mm saja. Dengan ukuran seperti ini, sudah dipastikan betapa ringkasnya Zenfone 10, menjadikannya sebagai smartphone yang pas digenggam serta mudah dioperasikan hanya dengan menggunakan satu tangan saja.

Fitur Penunjang Aktivitas Satu Tangan //

Untuk memudahkan aktivitas hanya dengan menggunakan satu tangan, Zenfone 10 menyediakan 2 tools yang sangat intuitif, yaitu ZenTouch 2.0 dan Edge Tool 2.0.

ZenTouch 2.0

ZenTouch 2.0 adalah sebuah fitur yang memanfaatkan tombol power pada Zenfone 10, menjadikannya mampu melakukan beberapa fungsi atau aktivitas yang berbeda. Selain berfungsi sebagai pemindai sidik jari untuk masuk ke dalam sistem, tombol ini juga bisa dikonfigurasi untuk melakukan hal yang lainnya. Sebagai contoh, menekan tombol power sebanyak dua kali, akan menjalankan aplikasi kamera, sedangkan mengusapnya (swipe) dapat kita atur untuk memunculkan notifikasi, melakukan refresh atau scroll pada browser, atau mengendalikan media yang sedang kita mainkan.

Edge Tool 2.0



Edge Tool 2.0 merupakan fitur yang juga memudahkan operasional smartphone dengan satu tangan. Lewat fitur ini, kita bisa mengumpulkan shortcut aplikasi yang paling sering kita gunakan, tanpa harus mencarinya terlebih dahulu. Pintasan aplikasi yang sering digunakan, bisa diakses melalui floating widget yang bisa dimunculkan hanya dengan mengusap layar dari bagian tepi. Dan sekarang, kita juga bisa melakukan pintasan langsung ke Control Panel untuk memberikan akses ke beberapa fungsi perangkat keras seperti WiFi, Bluetooth, Flashlight, Aeroplane Mode, Mute/Silent dan lain sebagainya, memudahkan kita untuk mengaktifkan/menon-aktifkan fungsi hanya dengan satu sentuhan.

Spesifikasi Zenfone 10 //


Seperti saya sampaikan di awal tadi bahwa meski Zenfone 10 memiliki desain bodi yang ringkas dan mungil, namun spesifikasi perangkat keras yang dibawanya nggak main-main. Teknologi mutakhir yang tersedia pada saat ini, dibenamkan ke dalam unit Zenfone 10 dengan sangat presisi. 

Komponen pertama dan utama dari canggihnya mini smartphone ASUS Zenfone 10 ini adalah prosesor Qualcomm Snapdragon® 8 Gen 2 Mobile Platform yang memiliki 8 inti (octa-core) dengan clock-speed tertinggi mencapai 3,2 GHz. Agar performa smartphone mungil ini optimal, Zenfone 10 menggunakan RAM dengan tipe LPDDR5X yang sangat cepat dengan kapasitas hingga 16 GB. Untuk media penyimpanannya, Zenfone 10 menyediakan kapasitas super lega hingga 512 GB UFS 4.0 yang juga responsif. Alhasil, aktivitas multi-tasking dapat dilakukan dengan lancar tanpa hambatan, serta berbagai macam aplikasi dapat dipasang tanpa kuatir kehabisan kapasitas media simpan.

Sistem Kamera //


Zenfone 10 mengadopsi sistem kamera ganda di bagian belakang, serta kamera tunggal di sisi layar/depannya. Kamera utama Zenfone 10 memiliki resolusi sebesar 50 MP dengan sensor SONY IMX 766 dan aperture f/1.9 serta kamera kedua dengan jenis lensa lebar beresolusi 13 MP, aperture f/2.2 serta bidang pandang (FOV/Field Of View) selebar 120° dilihat dari layar View Finder. Untuk kamera depannya sendiri, Zenfone 10 memberikan peningkatan yang signifikan dibandingkan dengan seri sebelumnya, yaitu resolusi kamera 32 MP dengan dukungan teknologi RGBW. Teknologi ini akan meningkatkan ketajaman dan kecerahan gambar saat kita mengambil foto selfie dalam keadaan lingkungan yang temaram/rendah cahaya. 

Rekam Video Bagaikan Pro



Hal besar pertama yang bisa dilakukan dengan Zenfone 10 adalah melakukan perekaman video bagaikan profesional. Merekam video identik dengan gambar yang bergerak secara dinamis. Kamera utama Zenfone 10 telah dilengkapi dengan teknologi 6-axis Hybrid Gimbal Stabilizer yang telah mendapatkan peningkatan dari seri sebelumnya. Tersedia dua opsi stabilisasi pada Zenfone 10, yaitu Hyper Steady EIS yang cocok digunakan untuk merekam obyek yang sedang bergerak cepat, dan mode baru Adaptive EIS yang akan mereduksi getaran yang terjadi ketika smartphone sedang digunakan untuk merekam. Kedua fitur ini mampu menghasilkan rekaman video yang halus layaknya menggunakan kamera dan diambil oleh kamerawan profesional.

Tidak hanya itu saja, untuk kebutuhan perekaman video beresolusi sangat tinggi, smartphone mungil ASUS Zenfone 10 ini juga mampu merekam video dalam resolusi 4K dan bahkan 8K. Tidak disangka-sangka, di dalam bodi yang mungil ini tersimpan kemampuan yang sangat besar!

Cetak Foto Ukuran Baliho



Bagi kalian yang memiliki usaha percetakan, atau mungkin freelance di sebuah agency/advertiser, Zenfone 10 dapat menjadi alat bantu kerja yang sangat bisa diandalkan. Berkat kamera utama beresolusi 50 MP, foto yang dihasilkan oleh Zenfone 10, dapat dicetak dalam ukuran besar tanpa kuatir mengalami penurunan kualitas. Foto produk atau mungkin model fashion, bisa dicetak ke dalam bentuk spanduk, poster atau baliho. Kamera depannya juga sama-sama bisa diandalkan. Menjelang tahun politik, jika kalian ada rencana untuk menjadi calon legislatif misalnya, hanya dengan foto selfie menggunakan kamera depan Zenfone 10 yang beresolusi 32 MP, hasilnya bisa langsung kalian cetak ke dalam bentuk poster, atau spanduk dengan kualitas gambar yang maksimal.

Seluruh aktivitas fotografi yang diambil dengan menggunakan ASUS Zenfone 10, akan dibantu dengan teknologi yang tersemat di dalamnya, seperti AI Object Sense yang akan secara pintar meningkatkan kontras dan saturasi pada foto sehingga gambar yang dihasilkan tampil lebih tajam dan cemerlang. Sementara untuk yang hobi mengambil gambar dari jarak jauh alias telefoto, teknologi HyperClarity akan mempertajam gambar hasil pembesaran/zoom sehingga menjadi lebih jelas.

Untuk keperluan foto-foto estetik artistik, yang dulu dikenal dengan teknik long-exposure, untuk menghasilkan efek light trails, kini bisa dilakukan dengan mudah oleh Zenfone 10. Efek Light Trails sudah tersedia sebagai preset di menu aplikasi Camera, sehingga kalian tinggal memilih efek mana yang ingin kalian gunakan, hanya dengan satu sentuhan jari saja.


Saat melakukan pengambilan gambar dengan menggunakan Zenfone 10 dalam kondisi gerimis atau hujan, tak perlu menunda hingga kondisinya reda, karena Zenfone 10 sudah tahan terhadap guyuran air dan debu berkat sertifikasi IP68 rating. Seluruh kemampuan fotografi tadi merupakan hal besar ke-dua yang bisa dilakukan dengan menggunakan smartphone mungil ASUS Zenfone 10.

Performa Kencang dengan Visual Menawan //


Meski performa kencang identik dengan gaming, namun bagi Zenfone 10, itu bukan hal yang paling utama. Hal besar ke-tiga yang bisa dilakukan oleh smartphone mungil Zenfone 10 ini masih berkaitan dengan produktivitas dan kreatifitas yang dihasilkan oleh kameranya, yaitu editing video. Dengan performa kencang yang didapatkan dari penggunaan prosesor Qualcomm Snapdragon® 8 Gen 2 Mobile Platform, aktivitas menyunting video dapat langsung dilakukan pada smartphone ini. Istilah di dunia video editing adalah edit-in-place. Berkat dukungan RAM yang besar serta media simpan berkapasitas lega, tentu saja sosok smartphone mungil Zenfone 10 ini dapat diandalkan sebagai mesin produksi kreativitas yang sangat mumpuni. Proses rendering materi video hingga siap di-upload, dapat dilakukan dengan lancar.

Performa saja belum melengkapi kemampuan dari Zenfone 10 ini. Penggunaan layar 5,9 inci dengan panel AMOLED yang mampu mereproduksi warna secara akurat, menjadi pasangan sempurna untuk performa yang juara. Layar ASUS Zenfone 10 memiliki refresh rate yang sangat tinggi, yaitu 120Hz untuk mode normal, dan sanggup menembus 144Hz dalam mode gaming.


Meskipun Zenfone 10 tidak dirancang khusus untuk kebutuhan gaming, namun performa dan pengalaman yang ditawarkan tidak kalah dengan saudaranya, ROG Phone 7. Konfigurasi rata kanan serta kenyamanan dalam hal visual, masih bisa dipenuhi oleh smartphone mungil ini. Jika bermain game hanya untuk sekadar mengisi waktu luang atau melepas kejenuhan, Zenfone 10 tidak akan mengecewakan.

Ramah Lingkungan //


Hal besar ke-empat yang dilakukan oleh ASUS Zenfone 10 adalah kontribusinya terhadap lingkungan. Ini merupakan sebuah langkah konkrit yang belum pernah dilakukan pada seri sebelumnya. Zenfone 10 menggunakan penutup belakang polikarbonat berbasis bio yang ramah lingkungan, serta mengurangi penggunaan bahan kimia dalam rangka meminimalkan jejak karbon. Kemasan Zenfone 10 terbuat dari 100% kertas daur ulang dengan tinta berbahan dasar kedelai. Kemasan ini dirancang agar dapat didaur ulang sebagai bahan dasar produk ramah lingkungan yang berkelanjutan!

Bahan dasar yang ramah lingkungan tidak membuat penampilan Zenfone 10 terkesan murahan. Pilihan warna-warni menarik dan elegan yang tersedia pada Zenfone 10 mampu mewakili karakter pribadi masing-masing penggunanya. Ada lima pilihan warna yang bisa dipilih untuk Zenfone 10 ini, yaitu Midnight Black, Starry Blue, Aurora Green, Comet White, dan Eclipse Red. Kira-kira, warna apa yang cocok dengan karakter dan kepribadian kalian?


Hemat Energi //


Hal besar ke-lima yang bisa diberikan oleh smartphone mungil ASUS Zenfone 10 ini adalah kemampuannya di bidang efisiensi daya alias hemat energi. Hemat energi pada Zenfone 10 ini bisa dilihat dalam 2 aspek, yaitu aspek internal dan aspek eksternal. Aspek internal dapat dilihat dari penggunaan baterai berkapasitas 4300 mAh yang mampu bertahan hingga kurang lebih 21 jam penggunaan. Kemampuan tersebut diperoleh berkat penggunaan prosesor Qualcomm Snapdragon® 8 Gen 2 Mobile Platform yang terbukti memiliki efisiensi daya sebesar 15% lebih baik daripada prosesor generasi sebelumnya.

Sedangkan dari aspek eksternal dapat disimak dari teknologi pengisian daya cepat, HyperCharge 30W yang mampu mengisi daya baterai hingga 60% dalam waktu hanya 30 menit saja. Dengan teknologi ini, pengguna smartphone mungil Zenfone 10 dapat menghemat waktu sehingga smartphone dapat segera digunakan kembali. Selain itu, ASUS Zenfone 10 juga kedatangan fitur pengisian daya nirkabel yang baru diterapkan, yaitu teknologi Wireless 15W Qi cert. charging yang membuat metode pengisian daya baterai Zenfone 10 lebih fleksibel dan sederhana. 

Tata Suara Memesona //


Meskipun bukan termasuk hal besar seperti yang sudah dibahas di atas, namun tata suara Zenfone 10 dengan teknologi dan sertifikasi profesional, memberikan pengalaman audio Hi-Res yang luar biasa secara personal, baik dengan menggunakan earphone, TWS, atau speaker ganda yang dimiliki oleh Zenfone 10. Teknologi DIRAC Virtuo™ yang dirancang oleh para ahli di DIRAC, memberikan pengalaman spatial sound layaknya sedang berada di dalam theater, hanya dengan menggunakan earphone, headphone atau TWS (True Wireless System). 

Teknologi dari DIRAC pada Zenfone 10 semakin optimal dalam pengaturan preset yang telah disediakan melalui fitur ASUS Audio Wizard. Ada empat mode preset, Dynamic, Music, Cinema dan Game yang bisa dipilih sesuai dengan skenario aktivitas yang sedang dilakukan, di mana mode preset tersebut akan semakin optimal dan personal ketika pengguna menggunakan headphone/earphone, khususnya yang dirancang oleh ASUS juga.

Ringkasan Spesifikasi dan Harga //

Berikut ini adalah infografis ringkasan dari spesifikasi dan keunggulan ASUS Zenfone 10 :


Dan bagi kalian yang berminat untuk memiliki si mungil nan dahsyat ini, jangan lewatkan kesempatan berikut ini :

Zenfone 10 Launch Sales Promo

Khusus hanya pada periode launch : 29th Sept – 15th Oct 2023.

  • Zenfone 10 (8GB/128GB) Rp. 8.999.000 Discount 300K menjadi Rp. 8.699.000.
  • Zenfone 10 (16GB/512GB) Rp. 11.999.000 Free Connex casing – senilai 899K.

Promo spesial ini hanya berlaku di Mitra penjualan resmi ASUS :

  • Offline > ERAFONE, ASUS Exclusive Store, ASUS Authorized Dealer.
  • Online > Tokopedia, Eraspace, ASUS Online Store.

Kesimpulan //


Pepatah barat mengatakan, "Don't judge the book by it's cover", jangan pernah meremehkan kemampuan hanya dari penampilannya. Terbukti, meski memiliki bodi yang mungil dan ringkas, ASUS Zenfone 10 mampu memberikan hal-hal besar yang melebihi ukuran bodinya. Hal-hal besar tersebut adalah :

  1. Videografi yang stabil ala cinema
  2. Fotografi estetik layaknya profesional
  3. Sinergi antara produktivitas dan kreatifitas yang sempurna
  4. Kontribusi terhadap lingkungan higup, serta 
  5. Peduli terhadap efisiensi energi

Bersama ASUS Zenfone 10, kalian bisa ikut serta menjadi bagian dari kelompok yang memiliki kepedulian terhadap lingkungan, sekaligus tetap mampu mengekspresikan kepribadian melalui karya-karya kreatif yang bisa kalian ciptakan dan sebarkan melalui berbagai platform media sosial. ASUS Zenfone 10 benar-benar merepresentasikan kemampuannya melalui semboyan 

"Mighty On Hand"

Tulisan ini diikutsertakan dalam Zenfone 10 Blog Writing Competition di Blog Travelerien







4 komentar:

  1. mantab ni hape, jadi pengen upgrade 😆

    BalasHapus
  2. Mantab memang Zenfone 10. Aksesoris buat ditempelin di backpack tersedia gak ya buat Zenfone 10 ini?. Di Zenfone 9 soalnya case itu paling keren

    BalasHapus