Huawei Nova 3i, Smartphone AI 4 Jutaan


Persis di penghujung akhir bulan Juli 2018, di Ballroom C Hotel Raffles, Huawei memperkenalkan smartphone jagoannya, setelah beberapa waktu lalu meluncurkan P20 series. Kali ini yang hadir menyapa peminat smartphone Huawei di Indonesia adalah seri Nova. Ya, inilah dia Huawei Nova 3i yang kabar beritanya sempat simpang siur di blantika jagad maya.


Huawei Nova 3i merupakan smartphone pertama di dunia yang menggunakan prosesor Kirin 710, dengan kemampuan AI. Bila sebelumnya kemampuan AI ini hanya bisa ditemui di smartphone Huawei kasta Sultan, kali ini Nova 3i berusaha menggapai kalangan menengah dengan produk andalannya ini.

Yang mencolok dari smartphone Huawei Nova 3i ini adalah ukuran layarnya yang tergolong luas, 6,3 inci. Belum lagi penampakan 4 buah kamera, 2 di bagian depan dan 2 lagi di bagian belakang, menambah rasa penasaran akan kemampuan fotografinya. Selain itu pula, warna bodi yang diusungnya sangatlah kekinian, gradasi warna bunglon biru ke ungu yang menawan, dan ada pilihan warna hitam.


Itu dari tampakan luarnya aja, sudah sedemikian mempesona. Gimana dengan jeroannya? Huawei Nove 3i menggunakan prosesor Kirin 710, pertama di dunia. Prosesor ini memiliki efisiensi energi dan peningkatan performa yang sangat signifikan bila dibandingkan dengan Kirin 659 pendahulunya. Lalu yang mencengkan lagi, Huawei Nova 3i ini memiliki RAM sebesar 4GB dan internal storage berkapasitas jumbo, yaitu 128GB, terbesar di kelasnya untuk saat ini. 


Tentunya spesifikasi dan desain yang diusung oleh Huawei Nova 3i ini bukan tanpa tujuan. Kemampuan prosesor Kirin 710 dengan teknologi AI yang dimilikinya, dioptimalkan untuk kebutuhan fotografi pada Huawei Nova 3i yang memiliki 4 kamera ini. Tidak tanggung-tanggung, ada sekitar 22 scene yang bisa dideteksi oleh teknologi AI pada kamera smartphone Huawei Nova 3i ini.


Teknologi HDR pada smartphone Huawei Nova 3i ini juga telah mengalami peningkatan, dengan adanya mode HDR PRO yang memberikan peningkatan ketajaman gambar pada latar belakang walau dalam keadaan backlight.


Nah! Setelah menyimak segala keunggulan yang ditawarkan oleh Huawei Nova 3i du atas, pasti pada penasaran sama harga yang ditawarkan dong? Untuk spesifikasi seperti ini, Huawei benar-benar serius bertarung di segmen mid-end/mainstream dengan membandrol smartphone terbarunya ini di kisaran harga 4 jutaan saja.


Ya! Smartphone Huawei Nova 3i ditawarkan dengan harga 4,2 juta rupiah saja. Bahkan selama masa pre-order di Lazada, ada cashback sebesar 200 ribu rupiah + bonus bluetooth sports earphone exclusive dari Huawei.

Cukup informasi yang agak teknis, sekarang saatnya kita pegang-pegang unitnya. 


Saat dipegang, impresi saya adalah, smartphone ini cukup besar, apalagi layarnya yang Full View 6,3 inci bikin nyaman dipandang. Bodi berwarna Iris Purple menjadi favorit para reviewer.



Buat gaming? Tentu saja lancar jaya, karena prosesor Kirin 710 merupakan prosesor terbaru dari Huawei yang lebih efisien namun powerful.


Di booth gaming, si mbaknya sedang asyik bermain PUBG dengan lancarnya. Ini menunjukkan bahwa performa Huawei Nova 3i tergolong sangat baik untuk kebutuhan gaming masa kini.

Di sektor kamera, Huawei Nova 3i memberikan opsi yang cukup untuk penggunanya mengeksplorasi kemampuan fotografi dan videografi dari smartphone ini.


Tersedianya dual kamera di bagian depan dan belakang menjamin hasil foto bokeh tetap sempurna. Selain itu, untuk perekaman video, smartphone Huawei Nova 3i telah mendukung resolusi FullHD dengan 60fps, dan dukungan kompresi h265. Wow!

Untuk pemotretan, kamera Huawei Nova 3i telah mendukung format RAW yang bisa diaktifkan melalui mode PRO. Resolusinya menyesuaikan, 16MP akan memiliki format 4:3, sedangkan 10MP akan mendapatkan format rasio 18.8:9 alias Full Wide Screen.

Nah, itu dia sekelumit informasi mengenai Huawei Nova 3i yang saya dapatkan saat menghadiri acara peluncurannya di Ballroom Hotel Raffles beberapa waktu lalu. Jika kalian berminat, bisa langsung pre-order di official store Huawei di Lazada Indonesia. 

Sampai jumpa lagi, salam kompak persahabatan selalu..

Ini ada sedikit video amatirnya..





Komentar

Postingan populer dari blog ini

[Story] Waspada Memilih Sekolah Dasar (Swasta)!

[Story] Pindah Sekolah Anak SD, Sulitkah?

Pengalaman Pribadi bersama Si Mungil Meizu M5c