ASUS Rilis ZenBook S UX392 dan ZenBook Flip UX362, UltraBook 13 Inci Paling Tipis dan Ringkas

Beberapa hari lalu, ASUS Indonesia kembali meluncurkan dua ultrabook premium mereka dari seri ZenBook. Tak tanggung-tanggung, dua orang...

Warna-Warni ASUS VivoBook Ultra A412DA, Ceriakan Dunia Pendidikan Generasi Muda Indonesia


Di dunia pendidikan, penggunaan komputer desktop maupun laptop, mulai diperkenalkan sejak jenjang Sekolah Menengah Pertama. Tujuannya tentu saja untuk membiasakan penggunaan teknologi ini, sebelum akhirnya melaksanakan UNBK (Ujian Nasional Berbasis Komputer) di tahun terakhir masa sekolah mereka di kelas 9. Namun ternyata, penggunaan laptop ini tidak hanya saat UNBK saja, karena banyak tugas-tugas kegiatan sekolah yang mesti dilakukan dengan memanfaatkan laptop sebagai alat bantunya.

Saya ingat, dahulu ketika anak saya yang pertama baru saja memasuki masa SMP-nya, guru pengajar di sesi pengarahan, telah menyampaikan mengenai adanya kebutuhan laptop ini dalam proses belajar mengajar, khususnya di sekolah yang anak saya masuki. Dan kala itu, spesifikasi laptop yang diperlukan tidak terlalu tinggi, cukup sekadar untuk bisa browsing mencari informasi di dunia maya, serta membuat laporan dengan menggunakan aplikasi Office. Termasuk tentu saja membuat presentasi sederhana serta melakukan manipulasi gambar yang juga tidak terlalu rumit.


Tiga tahun berlalu tanpa terasa. Sekarang anak saya sudah memasuki masa-masa remajanya di jenjang SMA. Tentu saja, kebutuhan perangkat komputasinya akan berbeda dengan saat dia masih SMP dulu. Ini membuat saya mesti mencari informasi mengenai laptop yang cocok untuk kebutuhan aktifitas pendidikan di jenjang SMA. Selain informasi mengenai spesifikasi dan harga, dimensi, bobot serta pilihan warna yang sesuai dengan jiwa remajanya tentu akan sangat membantu saya dalam menentukan pilihan akan laptop yang sesuai dengan kebutuhannya. Dan tentunya disukai oleh si anak itu sendiri, karena kelak dia yang akan memanfaatkannya untuk membantu mengerjakan tugas-tugasnya nanti.

Urusan merk, pilihan utama dan pertama tentu saja jatuh pada ASUS. Lha kok bisa? Kenapa mesti ASUS? Yuk, kita bahas bareng-bareng alasan kenapa merknya mesti ASUS.



  1. ASUS menguasai 41,8% pasar laptop di Indonesia, menurut data GFK di tahun 2018 lalu. Dan ini merupakan ke-4 kalinya ASUS menguasai pasar laptop di Indonesia. Artinya, brand ini mampu menjadi pilihan utama bagi mayoritas pengguna laptop di Indonesia yang meyakini akan kualitas produk laptop dari ASUS;
  2. Pilihan produknya cukup banyak dengan varian spesifikasi dan harga yang pantas. Ini jadi nilai tambah mengingat anggaran dan kebutuhan setiap orang pasti berbeda-beda;
  3. Laptop ASUS mudah didapatkan di mana-mana, karena brand ini memang selalu jadi top of mind calon penggunanya. Di toko-toko komputer maupun hypermarket berjaringan, laptop ASUS selalu tersedia. Bahkan, ASUS juga telah memiliki Exclusive Store-nya sendiri untuk pelayanan dan ketersediaan yang maksimal;
  4. ASUS Service Center (ASC) yang tersebar dan memiliki layanan terbaik. Meski produk ASUS sendiri telah memiliki Quality Control yang tinggi, namun namanya barang elektronik, pasti ada saja kerusakan yang terjadi, entah karena defect atau akibat dari kesalahan penggunanya. Sebaran ASC ini tentu saja menjadi nilai tambah dalam hal purna jual produk ASUS.


Nah! Setelah memantapkan diri untuk memilih merk ASUS sebagai laptop baru kakak, sekarang waktunya mencari informasi laptop terbaru yang cocok untuk kebutuhan pendidikan si kakak yang beranjak remaja.

Beberapa waktu lalu, saya sempat menghadiri acara peluncuran laptop ASUS warna-warni ceria, yaitu VivoBook Ultra A412. Wah! Cocok nih buat jadi kandidat laptop si kakak. Pikir saya demikian. Karena selain warna-warninya yang cerah ceria khas generasi muda yang dinamis, brand ambassadornya pun terkenal di kalangan mereka, yaitu Rizki Febian, anaknya Kang Sule, dan Ria Ricis, Youtuber muda yang hits berkat konten squishy-nya. Baiklah, sekarang kita coba bahas kenapa ASUS VivoBook Ultra A412DA yang layak dijadikan pilihan.

| Ukuran yang Ringkas



Laptop ASUS VivoBook Ultra A412DA memiliki ukuran layar 14 inci dengan bodi berdimensi layaknya laptop berukuran 13 inci. Sangat ringkas, tipis dan ringan. Bobotnya sendiri kurang lebih sekitar 1,5 kilogram saja. Sangat ringan bila dibandingkan dengan bobot laptop kebanyakan. Dengan dimensi dan berat sedemikian, maka tak heran jika laptop ASUS VivoBook Ultra A412DA layak dijadikan pilihan untuk digunakan oleh para pelajar dan mahasiswa generasi masa kini, karena mudah dimasukkan ke dalam tas tanpa membebani secara berlebihan, sehingga nyaman untuk dibawa ke mana saja.



| Layar 14 Inci yang Luas



Meski berukuran hanya 14 inci saja, namun layar laptop ASUS VivoBook Ultra A412DA terasa sangat luas berkat teknologi NanoEdge Display yang memungkinkan penggunaan bezel tipis pada ke-empat sisinya. Layar 14 inci beresolusi FullHD ini memiliki sudut bidang pandang selebar 178° sehingga layar tetap nyaman dilihat dari sudut mana pun. Bezel setebal 5,7 milimeter memungkinkan laptop ASUS VivoBook Ultra A412DA ini memiliki rasio layar terhadap bodi mencapai 87%. Ini yang menyebabkan bidang pandang layar laptop ASUS VivoBook Ultra A412DA ini terasa luas dan lega.



| Desain ErgoLift



Saat membuka layar laptop ASUS VivoBook Ultra A412DA, bagian bawah bodi laptop akan sedikit terangkat sehingga membentuk sudut 2° yang menjadikan posisi tangan saat mengetik menjadi lebih ergonomis. Ruang yang terbentuk di bagian bawah bodi laptop juga membantu proses pendinginan menjadi lebih optimal.

| Warna-Warni nan Ceria



Laptop ASUS VivoBook Ultra A412DA memiliki 4 variasi warna yang menarik. Ke-empat warna tersebut adalah Transparent Silver, Slate Grey, Coral Crush dan Peacock Blue. Warna-warni ceria nan dinamis ini sangat cocok dan mewakili dinamika generasi muda masa kini yang penuh dengan tantangan yang berbeda, namun tetap fun untuk dijalani.



| Bertenaga dengan Prosesor AMD Ryzen Generasi ke-3 Terbaru



Prosesor AMD dahulu dikenal di kalangan pelajar dan mahasiswa sebagai prosesor yang memiliki performa tinggi namun dengan harga yang terjangkau. Maklum, selain untuk mengerjakan tugas sekolah/kuliah, komputer/laptop mereka biasanya digunakan juga untuk bermain game. ASUS VivoBook Ultra A412DA hadir dengan 3 variasi prosesor AMD Ryzen Generasi ke-3 terbaru, yaitu Ryzen 7 3700U untuk kelas tertinggi, Ryzen 5 3500U untuk kelas menengah, serta Ryzen 3 3200U untuk kelas paling terjangkau. Prosesor AMD Ryzen Generasi ke-3 ini memiliki 4 core dengan 8 thread yang mampu berjalan pada frekwensi mencapai 2,3 GHz.

Dukungan RAM sebesar 4GB DDR4 dirasa cukup untuk memenuhi kebutuhan pendidikan saat ini. Jika dirasa kurang, tersedia slot RAM yang bisa diekspansi hingga total RAM mencapai 16GB. Sangat fleksibel bukan?


Urusan media penyimpanan, ASUS VivoBook Ultra A412DA menyematkan harddisk berkapasitas 500GB untuk mendukung kinerja laptop ini. Selain itu, opsi SSD juga bisa dilakukan untuk meningkatkan kecepatan dan kapasitas simpan secara keseluruhan.

| Windows 10 Original


Ucapkan selamat tinggal pada rasa was-was karena penggunaan sistem operasi ilegal, karena laptop ASUS VivoBook Ultra A412DA sudah menggunakan sistem operasi Windows 10 yang asli. Pengguna tinggal menghidupkan laptop, hubungkan ke internet, dan lakukan aktivasi secara mandiri. Dengan menggunakan sistem operasi resmi, pengguna diajarkan untuk lebih menghargai HAKI sejak dini.


Laptop ASUS VivoBook Ultra A412DA telah menyediakan sensor fingerprint yang lebih aman dan personal. Fitur Windows Hello yang terintegrasi dengan sistem operasi Windows 10 menjadikan proses login ke dalam sistem operasi menjadi lebih cepat, tanpa harus mengetikkan PIN atau password.



| Konektivitas Lengkap nan Mutakhir


ASUS VivoBook Ultra A412DA menghadirkan beragam port koneksi yang lengkap untuk kebutuhan konektifitas tanpa batas. Tersedia port USB 3.1, USB 2.0 dan USB Tipe C 3.1 untuk konektifitas berkecepatan tinggi dengan perangkat masa kini. Untuk port keluaran masih tersedia jack audio, serta port HDMI untuk penayangan grafis beresolusi tinggi ke media lain seperti proyektor atau monitor kedua. Juga tersedia slot pembaca kartu MicroSD yang memudahkan pemindahan data, baik berupa foto, video maupun musik dari perangkat lain seperti kamera digital misalnya. Dan tidak ketinggalan ada slot security berstandar internasional, Kensington Lock, untuk mencegah laptop agar tidak dicuri.


| Baterai Tahan Lama dengan Dukungan Fast Charging



Laptop ASUS VivoBook Ultra A412DA telah dilengkapi teknologi ASUS Battery Health Charging yang mampu mengisi ulang baterai dengan cepat, sekaligus memproteksinya agar usia pemakaian baterai bisa 3x lebih lama. Dengan demikian, laptop bisa dipakai seharian sekaligus usia baterai tetap awet berkat teknologi tersebut.

| Spesifikasi ASUS VivoBook Ultra A412DA




Nah! Semua yang saya tuliskan di atas kan penjelasannya condong ke teknis. Sementara saya senangnya sih experience langsung. Jadi, berikut ini adalah impresi saya dan anak saya setelah mencoba langsung laptop ASUS VivoBook Ultra A412DA untuk melakukan beberapa aktifitas harian yang biasa dilakukan oleh mereka.

| Belajar Bahasa Asing



Sejak memasuki jenjang SMA, si kakak sekarang mendapatkan pelajaran bahasa asing baru. Jika sebelumnya hanya menerima pelajaran bahasa Inggris, sekarang di sekolahnya dia mendapatkan pelajaran bahasa Prancis. Bagi awam, bahasa Prancis memiliki tingkat kesulitan yang berbeda jika dibandingkan dengan bahasa Inggris. Oleh sebab itu, anak saya mesti rajin belajar untuk mendengar dan menirukan cara pengucapan kalimat dalam bahasa Prancis dengan benar, secara berulang-ulang.


| Simulasi UNBK



Era pendidikan jaman sekarang sudah jauh berbeda daripada jaman saya dahulu. Jika dulu kami ujian berbasis komputer dengan cara menghitamkan bulatan jawaban pada kertas komputer, sekarang semua ujian bisa dilakukan secara online. Dan biasanya, sebelum hari H, pihak sekolah menyelenggarakan simulasi UNBK agar siswa terbiasa dengan antarmukanya dan bisa mengerjakan setiap soal dengan baik.

| Bermain Game



Main game merupakan hal yang lumrah dilakukan belakangan ini. Bahkan tidak hanya di laptop atau desktop komputer, di smartphone pun biasanya ada aplikasi game. Namun tentu saja, bermain game di laptop, dengan dukungan grafis yang lebih canggih, mampu menghadirkan visual yang jauh lebih menyenangkan pada layar yang lebih luas, dibandingkan dengan layar smartphone.

| Mengerjakan Tugas Sekolah



Biasanya anak saya mengerjakan tugas bolak-balik melihat smartphone untuk mencari informasi, dan menuliskannya di atas kertas kerja. Namun seiring perkembangan teknologi di dunia pendidikan, tugas sekolah pun sekarang disampaikan via email atau WA. Dan setelah selesai dikerjakan, tugas dikumpulkan dengan cara mengirimkannya ke email guru terkait.

| Menonton Film/Streaming Video


Nobar atau nonton bareng film kesukaan, sering dilakukan oleh kedua anak saya. Untungnya, teknologi NanoEdge Display di laptop ASUS VivoBook Ultra A412DA ini membuat pandangan ke layar terasa luas dan lega. Belum lagi sudut pandang mencapai 178° membuat kedua anak saya nggak berebutan memilih posisi uwenak di depan layar, karena memang masih bisa dilihat meski posisi duduknya agak ke pinggir.


Itu tadi sekelumit penjelasan dan sedikit pengalaman menggunakan laptop ASUS VivoBook Ultra A412DA. Sejauh ini, laptop ini sangat saya rekomendasikan untuk kebutuhan pendidikan, baik pelajar, mahasiswa atau guru-gurunya. Dengan harga yang relatif terjangkau (mulai dari 6,5 jutaan rupiah), dan spesifikasi yang mumpuni, laptop ini sangat nyaman untuk digunakan berkegiatan sehari-hari berkat ukurannya yang tipis dan bobotnya yang ringan, serta tentu saja warna-warni cerianya..






18 komentar:

  1. Vivobook laptop seri asus yang paling kece sih desainnya tipis dan performa juara banget

    BalasHapus
    Balasan
    1. VivoBook ini lini mainstream yang menarik.. sebelum melangkah ke seri ZenBook :)

      Hapus
  2. Vivobook pakai AMD Ryzen 3000 series mure banget

    BalasHapus
    Balasan
    1. Maka dari itu, bisa jadi primadona pelajar dan mahasiswa yang pengen punya laptop terjangkau tapi tetep bisa buat ngerjain tugas sekolah/kuliah sambil sesekali main game..

      Hapus
  3. Beli online sebaiknya dimana mas?

    BalasHapus
    Balasan
    1. coba di https://shopee.co.id/asusofficialshop aja..

      Hapus
  4. Wah.. warnanya keren banget mas, enak dipandang mata. Saya suka fitur baterainya, yang punya kapasitas besar dan ada fitur fash charging. Kerennn...

    BalasHapus
    Balasan
    1. gak hanya fast-charging kang.. ada asus battery health juga yang bisa menjaga time-span baterai hingga 3x lebih panjang..

      Hapus
  5. Saya mulai nyaman pakai AMD yang dulunya suka diece panas lah... anu lah itu lah... Nah kemarin ini aku juga diece sama seseorang. Laptop kok segede gaban? Gak musimmmmm... Wkwkwk. Kan owe jadi pengin jugaaaaak si VivoBook Ultra nyang enihhh

    BalasHapus
    Balasan
    1. Perkenalan saya dengan AMD dimulai sejak mahasiswa Mbak. Kala itu yang kami perlukan adalah komputer dengan harga terjangkau dan spek memadai untuk kebutuhan saat itu. Dan kecintaan pada prosesor AMD makin menggila tatkala teknik overclocking booming saat itu. Berburu prosesor AMD batch emas, dilakoni demi mendapatkan performa terbaik. AMD bukan prosesor kemarin sore lah :)

      Hapus
  6. Balasan
    1. Alhamdulillah.. dah lama pernah menang.. kang..

      Hapus
  7. Gue kayaknya mau beli laptop ini, salah satu pemenang ngasih rekomendasi soalnya. Congrats ya!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Thx Mbak. Untuk anggaran terbatas, memang ini sangat layak drpd tipe yang kemarin saya sarankan. Kalau yang itu, cukup layak.

      Hapus
  8. Tak kira masih seumuran dengan saya, eh anaknya udah SMA #MaapOutOfTopic

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahaha.. Kebetulan saya rajin perawatan Kang :)

      Hapus
  9. Teringat tahun 2009 saat pertama kali masuk kelas 7 SMP. Komputer dan laptop itu memang penting banget buat pelajar. Apalah dayaku ketika dulu masih sekolah nggak punya laptop.

    Laptop ASUS memang keren ya, jadi pengen beli laptop baru setelah baca postingan ini.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jangan beli karena ingin.. Tapi belilah karena perlu :)

      Hapus