Train 2020 - Review (Drama Korea)

  "Pernahkah terlintas dalam benakmu? Bahwa mungkin, entah di mana, kita menjalani kehidupan yang berbeda, dengan hubungan yang berbeda...

ASUS ROG Phone 3, Smartphone Gaming Idaman #RealSultan


Seri gaming, baik pada produk laptop atau smartphone, selalu menawarkan keunggulan teknologi yang tersedia saat ini. Prosesor, GPU, layar, baterai, bahkan hingga ke teknologi pengisian daya cepat dan teknologi pendinginannya. Itu baru dari aspek teknologi perangkat kerasnya, belum dari sisi fitur pendukung kontrol permainan, dan aksesoris pelengkap smartphone untuk pengalaman bermain yang lebih spektakuler. Ini penting, karena kepuasan bermain seringkali terhalang akibat kesalahan dalam memilih smartphone gaming yang tepat!

Kesalahan yang sering terjadi dalam memilih smartphone gaming adalah salah spesifikasi karena anggaran terbatas dan pengaruh teman dan sales yang kurang memahami produk. Alhasil, alih-alih nyaman dalam bermain game mobile, malah semakin frustasi karena hape gaming yang dibelinya kentang! Satu catatan lagi bahwa meskipun mungkin menggunakan prosesor flagship yang sama, namun pengalaman bermain dengan menggunakan smartphone flagship non-gaming dibandingkan dengan smartphone flagship yang memang dirancang untuk gaming, sangatlah berbeda!

Ada satu smartphone gaming yang sangat saya idamkan dan sarankan jika ada #RealSultan yang sedang mencari smartphone gaming yang mumpuni sekaligus meningkatkan rasa percaya diri, yaitu ASUS ROG Phone 3. Mungkin buat sebagian orang, pasti ada yang setuju, ada pula yang kurang setuju. Sekarang ini, banyak kok smartphone gaming selain ASUS. Oiya, tentu saja. Tetapi ada beberapa prinsip dasar bagi saya yang perlu diperhatikan dalam memilih smartphone gaming yang harganya cukup premium ini.


Yang pertama adalah brand ASUS, yang berdiri sejak tanggal 2 April 1989, awalnya merupakan perusahaan produsen komponen komputer seperti mainboard, kartu grafis, dan notebook. Namun dalam beberapa tahun terakhir ini juga memproduksi smartphone, monitor LCD, tablet dan produk komputer lainnya.

Yang kedua adalah lini Republic of Gamers alias ROG, yang diperkenalkan pertama kalinya pada tahun 2006 dengan tujuan menyediakan perangkat keras khusus untuk gamer dan overclocker melalui inovasi teknologi, desain, penelitian berorientasi game dan pengembangan overclocking. ROG hardware - khususnya motherboard dan kartu grafis - dan saat ini juga tersedia produk laptop, gaming gear, aksesoris/merchandise, serta tentu saja smartphone gaming, menawarkan kinerja optimal dalam konfigurasi preset tinggi bahkan extreme.

So, why ASUS? Jelas dari sejarahnya bahwa ASUS bukan brand kemarin sore dalam hal inovasi dan teknologi. 30 tahun rasanya bukanlah waktu yang singkat untuk bisa membuktikan bahwa brand ini konsisten dan mampu beradaptasi dengan market teknologi dunia. Ditambah lagi, lini Republic of Gamers (ROG) sendiri sudah bertahan lebih dari 10 tahun dengan inovasi dan teknologi yang fokus ditujukan untuk kenyamanan dalam bermain game. Boleh dibilang, ASUS merupakan salah satu pionir dalam menyediakan lini produk khusus gaming dalam portofolionya.

Nah, sekarang saya mau bahas, alasan saya, mengapa memilih ASUS ROG Phone 3 sebagai smartphone gaming andalan #RealSultan. Berikut ini adalah 5 pilar utama keunggulan ASUS ROG Phone 3 sebagai #TheUltimateWinner Gaming Smartphone saat ini :


1.Snapdragon 865 Plus yang Bertenaga

Smartphone gaming ASUS ROG Phone 3 ini merupakan smartphone ultimate gaming pertama yang menggunakan prosesor Qualcomm Snapdragon 865 Plus 5G Mobile Platform dan termasuk dalam segmen Snapdragon Elite Gaming. What?! Apalagi itu Snapdragon Elite Gaming? Begini genkz, Snapdragon Elite Gaming adalah sebuah standar yang mengubah perangkat seluler menjadi mesin game canggih yang melampaui batas kemampuannya. 


Qualcomm Snapdragon Elite Gaming, akan memberikan pengalaman gaming mobile terbaik bagi para gamer dengan menawarkan fitur premium seperti kustomisasi konfigurasi yang lebih kompleks, grafik ultra-realistis, dan performa secepat kilat (yang umumnya tersedia untuk perangkat desktop), di perangkat mobile gaming. Kenapa bisa begitu? Ya karena ASUS ROG Phone 3 sudah menggunakan prosesor Qualcomm Snapdragon 865 Plus 5G Mobile Platform yang mendukung itu semua. Fitur X Mode pada ASUS ROG Phone 3 mampu mengakomodir kustomisasi dan parameter baru yang dapat disesuaikan dengan berbagai skenario game. Pengaturan optimal pada X Mode akan bekerja secara optimal di berbagai game sehingga gamer lebih mudah untuk menikmati performa gaming tanpa kompromi di ROG Phone 3.


Qualcomm Snapdragon 865 Plus 5G Mobile Platform merupakan SoC paling powerful saat ini. Dengan clock speed mencapai 3,1 GHz memastikan frame-rate yang diperoleh tetap tinggi dengan response time yang cepat, sehingga bermain game dapat dilakukan dengan lancar dan memberikan pengalaman yang sangat menyenangkan.


Performa cepat dan kencang ini tidak hanya mengandalkan performa prosesornya semata, tetapi juga didukung oleh perangkat lain seperti RAM dan media penyimpanan yang digunakan. ASUS ROG Phone 3 mengandalkan RAM dengan tipe LPDDR5 yang memiliki peningkatan kecepatan hingga 51% dibandingkan dengan LPDDR4X dengan kapasitas memori mencapai 12GB. Kapasitas yang mungkin lebih besar daripada rata-rata RAM laptop masa kini. Selain RAM, ASUS ROG Phone 3 juga memanfaatkan media simpan dengan jenis UFS 3.1 (Universal Flash Storage) yang memiliki kinerja jauh lebih cepat dibandingkan dengan jenis eMMC, dan mengalami peningkatan sebesar 15% bila dibandingkan dengan media simpan berjenis UFS 3.0. Kapasitas media simpan pada smartphone gaming ASUS ROG Phone 3 ini mencapai 256GB, sangat luas dan lega, leluasa untuk memasang beberapa game populer saat ini, sekaligus menyimpan video permainan terbaik yang dicapai saat itu. Lumayan kan, bisa sekalian untuk bikin konten di kanal media sosial, syukur-syukur bisa viral dan mungkin dilirik tim esports kenamaan. Aamiin.


2.Layar 144Hz yang Memukau

Kecepatan, akurasi dan realisme merupakan kunci dalam bermain game. Tidak terkecuali di sektor layarnya. ASUS ROG Phone 3 merupakan smartphone gaming yang menggunakan teknologi layar mutakhir dan pastinya menawarkan visual yang memanjakan mata. Yes! Layar berukuran 6,59 inci 10-bit HDR10+ AMOLED Display milik ASUS ROG Phone 3 ini mampu mereproduksi jutaan warna secara akurat dengan nilai Delta E < 1 serta menampilkan gambar dengan warna, detil, kontras dan kecerahan optimal untuk pengalaman bermain atau menonton yang realistis.


Perubahan warna atau pergerakan di layar ASUS ROG Phone 3 juga terasa sangat smooth, ini dimungkinkan berkat penggunaan teknologi layar dengan refresh rate 144Hz dengan response time 1ms. Sebagai informasi, 144Hz artinya layar mampu mengedipkan cahaya sebanyak 144 kali dalam 1 detik, sedangkan response time 1ms artinya setiap perubahan di layar akan terjadi dalam tempo 1ms saja. Tapi, kemampuan ini saja belum cukup. Agar pengalaman bermain terasa real, maka setiap sentuhan tombol aksi yang kita lakukan di layar, juga harus direspon dengan cepat. Oleh sebab itu, ASUS ROG Phone 3 mengkombinasikan teknologi 270Hz touch-sampling rate dengan 25ms touch latency. Akibatnya, setiap aksi yang kita lakukan dengan menyentuh layar, akan segera dieksekusi seketika. Kecepatan dan akurasi serta realisme adalah kunci kemenangan pemain disaat sedang berada dalam situasi genting antara hidup dan mati dalam sebuah permainan.


Bermain dalam tempo lama juga tetap nyaman karena layar ASUS ROG Phone 3 ini sudah mengantongi sertifikasi dari TÜV Rheinland untuk kategori pengujian Low Blue Light dan Flicker Reduced. Kelelahan mata akibat bermain terlalu lama, dapat direduksi, namun demikian, bermain harus ingat waktu, jangan lupa makan, minum, istirahat dan ibadah, serta berbakti pada orangtua dan guru.


3.Baterai Monster 6000Mah


Apa rasanya baru main sebentar lalu smartphone mesti diisi ulang dayanya? Mana lagi tanggung pula mainnya. Pasti ada perasaan gugup, galau, campur aduk, takut tiba-tiba mati mendadak, dan harus menanggung penalti, dikurangi kredit poin akibat AFK (Away From Keyboard) dalam permainan. Jangan kuatir, perasaan itu tidak akan terjadi saat bermain game dengan ASUS ROG Phone 3. Kenapa? Karena ASUS ROG Phone 3 membenamkan baterai berkapasitas monster sebesar 6000mAh di dalamnya. Baterai sebesar ini, kalau digunakan untuk bermain game populer seperti PUBG Mobile atau Call of Duty Mobile secara kontinyu misalnya, mampu bertahan hingga kurang lebih 9 jam lamanya. Bahkan untuk bermain game Asphalt, nyaris 10 jam lamanya. Bayangkan, hampir seharian bermain game dengan ASUS ROG Phone 3 tanpa kuatir kehabisan daya baterai.


Dalam kondisi darurat daya saat bermain game, beuh, darurat ceritanya, ASUS ROG Phone 3 ini juga memiliki 2 fitur pengisian baterai yang canggih. Pertama adalah teknologi pengisian daya cepat dengan 30W HyperCharge Adapter, dan yang kedua adalah mode pembatasan pengisian baterai di ROG Phone 3 sehingga gamer dapat mengisi ulang baterai secara terus-menerus tanpa mengurangi durabilitas baterai secara keseluruhan. Jadi misalnya, lagi main sambil nge-charge, ketika baterai ASUS ROG Phone 3 sudah penuh, maka supply daya-nya akan langsung di-bypass ke handsetnya. Demikian kira-kira algoritma pengisian baterai dari ASUS ROG Phone 3 ini.


4.Built for Gamers

Di paragraf awal saya sempat bilang kalau pengalaman bermain pada smartphone flagship non-gaming, berbeda dengan smartphone flagship yang khusus dirancang untuk gaming, meski sama-sama memanfaatkan perangkat keras yang sama. Dan perbedaan yang paling signifikan antara smartphone flagship gaming dan non-gaming adalah fitur pendukung kenyamanan bermainnya. Pada umumnya, rata-rata smartphone saat digunakan untuk bermain game, akan berada pada posisi landscape. ASUS ROG Phone 3 secara khusus merancang agar desain smartphonenya optimal untuk kebutuhan bermain game, di antaranya adalah desain ergonomis dengan side-mounted USB-C port untuk memfasilitasi koneksi aksesoris dan charger. Bermain sambil nge-charge tidak akan mengganggu pergerakan jari tangan gamer. Selain itu, ASUS ROG Phone 3 juga bertabur fitur canggih yang mendukung kenyamanan dan pengalaman bermain paling ultimate. Berbagai sensor ditanamkan di dalam ASUS ROG Phone 3 agar pengalaman bermain penggunanya menjadi sangat fenomenal, bahkan emosional.


Teknologi Air Trigger 3 yang telah diperbarui pada ASUS ROG Phone 3, kini mendapatkan tambahan gesture baru yang dapat digunakan saat bermain game, seperti misalnya swipe dan dual-partition button emulation. ASUS ROG Phone 3 juga memiliki motion sensor yang memungkinkan gamer beraksi dengan menggerakkan smartphone ke depan dan belakang. Motion sensor ini dapat diprogram sesuai dengan game yang sedang dimainkan.


Di sektor audio, ASUS ROG Phone 3 memiliki dual front-facing speakers, yaitu speaker ganda yang terdapat di sisi kiri dan kanan, dan menghadap ke arah gamer, ketika smartphone sedang digunakan untuk bermain, dalam posisi landscape. Kedua speaker ini didukung oleh teknologi DIRAC HD Sound yang menghadirkan audio berkualitas tinggi pada ASUS ROG Phone 3. Ditambah lagi kehadiran mode Game pada pengaturan audio, menjadikan pengalaman bermain terasa semakin nyata dan intens. Oya, teknologi DIRAC HD Sound pada ASUS ROG Phone 3 ini mempersembahkan poin DXOMark Audio Review yang cukup tinggi, yaitu 75 poin. Luar biasa!


Untuk urusan komunikasi, ASUS ROG Phone 3 menanamkan 4 buah microphone yang tersebar di beberapa titik strategis di bagian bodinya. Jadi, meskipun sedang bermain tanpa tambahan alat komunikasi seperti headset, gamer tetap dapat berkomunikasi dengan jelas (berkat fitur Noise Cancelling Array pada masing-masing microphone ASUS ROG Phone 3) untuk menentukan strategi permainan yang akan ditempuh bersama rekan satu timnya. Lalu bagaimana dengan komunikasi nirkabel? Menggunakan bluetooth headset misalnya? Bukankah delay masih menjadi problem bagi sebagian besar perangkat nirkabel? Woles aja genkz, karena teknologi Qualcomm aptX Adaptive pada ASUS ROG Phone 3 akan meminimalkan latency saat menggunakan headphone nirkabel melalui Bluetooth, namun tetap memberikan kualitas suara yang terbaik.


ASUS ROG Phone 3 sudah 5G ready lho! Meski entah kapan kita bisa menikmati konektivitas masa depan ini. Namun, ini bisa jadi investasi jangka panjang (alias future-proof) kelak ketika 5G sudah tersedia, kita tidak perlu lagi membeli smartphone gaming baru. Yang juga mengalami peningkatan adalah konektifitas di sektor WiFi, di mana ASUS ROG Phone 3 ini memiliki multi antena WiFi dengan standar WiFi 6 yang menawarkan koneksi nirkabel lebih cepat dan lebih stabil dibandingkan dengan generasi sebelumnya. Cukup? Belum! ASUS ROG Phone 3 masih memiliki fitur yang keren dan canggih, yaitu ROG HyperFusion Technology, di mana fitur tersebut memungkinkan gamer untuk menggabungkan 5G dengan WiFi 6 secara bersamaan untuk menghasilkan konektivitas terbaik saat bermain game. Istilah ngelag tidak akan dikenali lagi oleh generasi gamer ASUS ROG Phone 3 kelak.


Sebagai smartphone gaming, ASUS ROG Phone 3 juga telah mempersiapkan ekosistem gaming bagi seluruh pengguna ROG, yaitu melalui ROG Connect. Dengan ROG Connect, gamer bisa berbagi, berinteraksi dengan sesama pengguna ROG lainnya, sehingga dapat menciptakan komunitas gamer yang positif dan bisa jadi profesional.



5.Pengalaman Gaming Paling Menakjubkan

ASUS ROG Phone 3 menawarkan pengalaman bermain game yang komplit dengan hadirnya bermacam-ragam variasi aksesoris pendukungnya. Ini juga yang membedakan smartphone flagship gaming dengan non-gaming. Setiap genre game menawarkan pengalaman dan pengendalian permainan yang berbeda-beda. Oleh sebab itulah ASUS ROG Phone 3 memiliki beberapa aksesoris yang akan menambah value berupa pengalaman bermain game yang mengesankan dengan memanfaatkan salah satu aksesoris tersebut.

AeroActive Cooler 3

Kita sudah tahu kan kalau ASUS ROG Phone 3 ini memiliki spesifikasi perangkat keras terbaik saat ini dalam memberikan performa gaming yang maksimal? Prosesor yang kencang, RAM dan storage yang lega dan cepat, serta baterai monster yang tahan lama, biasanya akan menimbulkan problem berupa panas yang dihasilkan oleh komponennya, apalagi jika digunakan dalam jangka waktu yang cukup lama. Ingat? ASUS ROG Phone 3 mampu memainkan game populer secara nonstop selama kurang lebih 9 jam lamanya. 

ASUS ROG Phone 3 memiliki inovasi sistem pendingin GameCool 3 yang dilengkapi 3D Vapor Chamber desain baru. GameCool 3 hadir dengan heatsink yang lebih besar, dirancang secara spesifik untuk menghantarkan panas dari komponen utama di ROG Phone 3 dan membuangnya ke ventilasi udara di bagian belakang smartphone. Sistem pendingin ini mampu membuat ROG Phone 3 berjalan sempurna tanpa thermal throttling bahkan saat sedang bermain game dalam durasi yang cukup lama. 


Jika GameCool 3 masih dirasa belum meyakinkan, segera pasang AeroActive Cooler 3 untuk ROG Phone 3. AeroActive Cooler 3 adalah sistem pendingin aktif portable untuk meningkatkan airflow dan meningkatkan performa pendinginan untuk ASUS ROG Phone 3 dengan tingkat kebisingan yang lebih rendah. AeroActive Cooler 3 juga dilengkapi dengan port USB Type-C untuk pengisian daya serta 3.5mm audio jack untuk menghubungkan headphone.


ROG Kunai 3 Gamepad


Kehadiran fitur AirTrigger 3 mungkin akan memberikan pengalaman bermain game yang lebih baik dari smartphone lainnya. Namun bagi segelintir gamer oldskool, controller fisik akan terasa jauh lebih baik. ROG Kunai Gamepad 3 hadir untuk memenuhi kebutuhan itu. Dengan desain baru yang lebih kokoh dan fleksibel, ROG Kunai 3 Gamepad didukung fitur key mapping melalui Game Genie dan telah kompatibel dengan berbagai game. Asiknya lagi, ROG Kunai Gamepad 3 ini bisa dikombinasikan dengan aksesoris lain seperti AeroActive Cooler 3 juga TwinView Dock 3.


TwinView Dock 3


Beberapa judul game memang lebih nyaman dimainkan dan memang menawarkan opsi dual-screen display saat memainkannya. Memainkan game dengan jenis tersebut di ASUS ROG Phone 3 bukanlah hal yang mustahil. Aksesoris TwinView Dock 3 kembali hadir memberikan pengalaman bermain game menggunakan dua layar sekaligus. Dilengkapi dengan kipas dan baterai berkapasitas 5.000mAh, TwinView Dock 3 kini telah dilengkapi layar dengan refresh rate 144Hz atau setara dengan layar ROG Phone 3. Daftar game yang kompatibel dengan TwinView Dock 3 dapat dilihat melalui aplikasi Armoury Crate.


ROG Clip


Bagi kalangan gamer veteran, biasanya mereka memiliki konsol gaming. Controller DualShock 4, XBOX One, atau Google Stadia bisa dihubungkan ke ASUS ROG Phone 3 dengan mudah. Pasang ROG clip di salah satu controller dan tempatkan ROG Phone 3 di dudukan yang telah disediakan. Bermain game di ROG Phone 3 pun kini bisa senyaman konsol.


Glass Screen Protector


Meski sudah menggunakan Gorilla Glass 6, namun ASUS ROG Phone 3 sebagai smartphone gaming flagship-nya #RealSultan, harus selalu terlindungi. Aksesori Glass Screen Protector dirancang khusus untuk melindungi layar ASUS ROG Phone 3 sehingga terhindar dari goresan, bahkan juga dilengkapi dengan teknologi anti bakteri sehingga dapat melindungi gamer yang menggunakannya. Perangkat gaming nomor wahid anti covid.

Brand ROG (Republic of Gamers) sudah menjadi ikon lifestyle-nya para gamers. Gamers jaman sekarang sudah lazim tampil modis, dengan berbagai aksesoris gaming yang tersedia untuk melengkapi penampilan mereka. Nah, bersamaan dengan kehadiran ASUS ROG Phone 3, beberapa aksesoris ini mampu menambah kece penampilan smartphone maupun pemiliknya.


Lighting Armour Case


Lighting Armour Case terbaru untuk ASUS ROG Phone 3, dapat menampilkan logo ROG dengan tampilan mirip AniMe Matrix seperti pada laptop ROG Zephyrus G14. Lighting Armour Case ini juga kompatibel dengan fitur Aura RGB dan dapat dikustomasi melalui aplikasi Armoury Crate, membuat ASUS ROG Phone 3 kita tampil lebih stylish dan jadi pusat perhatian. 


Waist Pack dan Crossbody Pack


Waist Pack dan Crossbody Pack merupakan aksesori yang paling tepat untuk pengguna ROG Phone 3 yang suka bepergian dan bermain di luar rumah. Aksesori ini akan memudahkan gamer dalam membawa perangkat gaming kesayangannya bepergian, dan tentunya, with style.


>> Tabel Spesifikasi dan Harga ASUS ROG Phone 3 <<



Processor

3.1 GHz Qualcomm® Snapdragon™ 865 Plus 5G Mobile Platform with 7nm, 64-bit Octa-core Processor

GPU

Qualcomm® Adreno™ 650

UI

Android™ 10 with ROG UI

Display

6.59” 19.5:9 2340x1080 (391ppi) 144Hz/1ms AMOLED HDR10+ certified;

270Hz touch sampling rate, 25ms touch latency;

650nits HBM brightness & 1000 nits peak brightness, 113% DCI-P3 Delta E average <1%;

1.07 billion colors; 1,000,000:1 contrast ratio;

Front 2.5D Corning® Gorilla® 6 Glass;

TÜV Low Blue Light (Hardware Solution) and Flicker Reduced certifications for eye comfort;

Capacitive touch panel with 10 points multi-touch (supports Glove touch)

Memory/Storage

LPDDR5/UFS3.1

8GB/128GB

12GB/256GB

SD storage

no SD-card reader; NTFS support for external HDD

Sensor

Accelerator, E-Compass, Proximity, Hall sensor*2, Ambient light sensor, in-display fingerprint sensor, Gyro, Ultrasonic sensors for AirTrigger 3 and grip press

Main Rear Camera

64MP SONY IMX686 sensor, 0.8 µm pixel size – Quad Bayer technology with 16MP, 1.6 µm large effective pixel size, F1.8, 1/1.7” sensor, 2x1 OCL PDAF, LED flash

Second Rear Camera

13MP, 125˚  ultra-wide, F2.4, Real-time distortion correction, 11mm equivalent focal length in 35mm film camera

Third Rear Camera

5MP Macro, F2.0

Front Camera

24MP, 0.9µm, Quad Bayer Technology, F2.0,

27mm equivalent focal length in 35mm film camera

Video Recording

8K (7680 by 4320) @ 30 fps (main rear camera)

4K (3840 by 2160) @ 30/60 fps (main rear camera), @ 30 fps (second rear camera)

1080p @ 30/60 fps; 720p @ 30 fps

3-axis electronic image stabilization for rear cameras

Time Lapse (4K)

Slow Motion video (4K @ 120 fps; 1080p @ 240/120 fps; 720p @ 480 fps)

Take still photo while recording video

Speaker

Dual front-facing speakers with GameFX & Dirac HD Sound

7-magnet stereo speaker with dual NXP TFA9874 smart amplifier for louder, deeper and less distorted sound effect

Audio Output

Hi-Res audio 192kHz/24-bit standard (USB-C™ output) that is 4 times better than CD quality

GameFX audio system for improved in-game audio experience

New AudioWizard with multiple listening profiles tuned by Dirac

Microphone

Quad microphones with ASUS Noise Reduction Technology

Wireless Technology

WLAN 802.11a/b/g/n/ac/ax 2.4 & 5GHz and Wi-Fi 6

2x2 MIMO, Bluetooth 5.1

Wi-Fi Direct support

Navigation

GNSS support GPS(L1/L5), Glonass(L1), Galileo(E1/E5a),

BeiDou(B1/B2a), QZSS(L1/L5) and NavIC(L5)

SIM Cards

Dual SIM dual standby

Slot 1: 5G/4G/3G/2G Nano SIM card

Slot 2: 5G/4G/3G/2G Nano SIM card

5G+4G or 4G dual SIM dual standby support

Data rate

 

Support EN-DC(6DL+FR1, 4DL+2FR1)

FR1: DL up to 4.4Gbps / UL 542Mbps

LTE 6CA DL Cat20 up to 2.0Gbps / UL Cat13 up to 150Mbps

DC-HSPA+: DL 42Mbps / UL 5.76Mbps

4x4 MIMO and CA with 4x4 MIMO support

Bands

 

5G (Bands N1, N2, N3, N5, N28, N41, N66, N71, N77, N78, N79)
FDD-LTE (Bands 1, 2, 3, 4, 5, 7, 8, 12, 13, 17, 18, 19, 20, 25, 26, 28, 29, 30, 32, 66, 71)
TD-LTE (Bands 34, 38, 39, 40, 41, 42, 48)
WCDMA (Bands 1, 2, 3, 4, 5, 6, 8, 19)
EDGE/GPRS/GSM (850, 900, 1800, 1900MHz)
CDMA (Bands BC0) (CN and HK only)
TD-SCDMA (Bands 34, 38) (CN and HK only)

Interface

Side-port: 48 pin Customized/Type C connector USB3.1 gen2/DP 1.4(4K)/Fast Charging (QC3.0+QC4.0/PD3.0) / Direct Charge

Bottom-port: Type C connector USB2.0/Fast Charging (QC3.0/PD3.0)/Direct Charge

NFC

Support (Card mode support in power off)

OS

Android™ 10

Battery

6.000mAh

Charger

Output: 10V 3A, supports up to 30W QC4.0 / PD3.0 / Direct Charge adapter

Dimensions

171mm, 78mm, 9.85mm

Weight

240 grams

Price

Rp 9.999.000 (8GB RAM & 128GB Storage)

Rp 14.999.000 (12Gb RAM & 256GB Storage)

Kesimpulan

ASUS ROG Phone 3 layak untuk menjadi smartphone gaming idaman #RealSultan karena menawarkan segala aspek yang diperlukan oleh gamer dari berbagai genre gaming. Urusan hardware dan fitur yang disematkan di dalam smartphonenya sendiri, nggak perlu diragukan lagi. Gamer berkuasa penuh dalam mengendalikan konfigurasi perangkat sesuai keinginan dan kebutuhan melalui fitur X Mode. Belum lagi bermacam aksesoris gaming yang mendukung gaya dan kenyamanan bermain pemiliknya. Dan tentu saja, #RealSultan layak untuk menikmati itu semua. Jika kalian ingin merasakan sensasi gaming ala #RealSultan, jangan lewatkan penawaran khusus kolaborasi antara RRQ x ROG di marketplace resmi ASUS ROG Indonesia.









2 komentar:

  1. Dari segi kamera juga ok punya
    Saya sangat suka

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tentu.. secara spesifikasi kamera yang dibawanya, ASUS ROG Phone 3 ini memang boleh dibilang seimbang utk gaming da daily use.

      Hapus