Artikel Unggulan

5 Alasan HUAWEI MateBook D 14 Jadi Laptop Andalan

  Setiap orang memiliki kebutuhan unik dalam memilih laptop, yang bisa beragam dari segi fungsionalitas dan kemampuan komputasi yang canggih...

Microsoft Umumkan Kehadiran Office 2021 untuk Windows dan macOS


Microsoft mengumumkan kehadiran dua versi baru Office : versi Office 2021 konsumen dan Office LTSC untuk pelanggan komersial/korporasi. Office 2021 tersebut akan tersedia pada akhir tahun ini, baik untuk Windows dan macOS, dan seperti halnya Office 2019 sebelumnya, rilis kali ini dirancang untuk mereka yang tidak ingin berlangganan varian Microsoft 365 yang berbasis cloud.

"Microsoft Office LTSC untuk bisnis juga akan hadir."

Microsoft belum sepenuhnya merinci semua fitur dan perubahan di Office 2021, tetapi varian Office LTSC (Long-Term Servicing Channel) akan menyertakan hal-hal seperti dukungan mode gelap, peningkatan aksesibilitas, dan fitur seperti Dynamic Arrays dan XLOOKUP di Excel . Kemungkinan besar, Office 2021 juga akan menyertakan fitur yang serupa.

Jangan berharap ada perubahan UI yang besar di sini. Mode gelap mungkin salah satu perubahan yang nampak jelas secara visual, tetapi di sini Microsoft akan mengutamakan untuk mengadopsi sebagian besar antarmuka dan fitur yang didukung cloud, seperti pada versi Microsoft 365 Office. Office LTSC merupakan jawaban yang jelas dari Microsoft bahwa tidak semua pelanggan bisnisnya siap untuk beralih ke cloud

“Ini hanya masalah mencoba bertemu pelanggan di mana pun mereka berada. Kami pasti memiliki banyak pelanggan yang telah beralih ke cloud selama 10 bulan terakhir, itu benar-benar terjadi secara massal. Pada saat yang sama, kami pasti memiliki pelanggan yang memiliki skenario khusus di mana mereka merasa tidak dapat beralih ke cloud.” - Jared Spataro, kepala Microsoft 365.


Sekilas Mode Gelap (Dark Mode)

Skenario khusus tersebut meliputi industri yang memiliki regulasi di mana proses dan aplikasi tidak bisa berubah setiap bulan, atau pabrik yang mengandalkan Office dan menginginkan update diterapkan hanya pada waktu tertentu. Microsoft juga berkomitmen pada versi Office lainnya di masa depan, tetapi ini tentu saja mengubah harga dan dukungan pada versi baru ini.

Office LTSC sekarang hanya akan didukung selama lima tahun, bukan tujuh tahun yang biasanya disediakan Microsoft untuk Office. Harga untuk Office Professional Plus, Office Standard, dan aplikasi individual juga meningkat 10 persen untuk pelanggan komersial, dengan harga konsumen Office 2021 dan bisnis kecil tetap sama.

Waktu dukungan Office LTSC selaras lebih dekat dengan bagaimana Windows didukung, dan sebagai hasilnya Microsoft juga menyelaraskan jadwal rilisnya untuk Office dan Windows. Kedua versi Office LTSC dan Windows 10 LTSC berikutnya akan dirilis pada paruh kedua tahun 2021. 

"Waktu keduanya akan mendekati, meskipun kami belum memiliki detail untuk rilis Windows," kata Spataro. “Idenya adalah untuk mendekatkan mereka sehingga perusahaan dapat menerapkan dan mengelolanya pada jenis irama yang serupa.”

Microsoft sekarang berencana untuk merilis pratinjau Office LTSC pada bulan April, dengan rilis penuh akhir tahun ini. Varian konsumen Office 2021 tidak akan tersedia dalam versi pratinjau. Kedua varian Office baru juga akan menyertakan OneNote dan tersedia dalam versi 32-bit dan 64-bit.





Tidak ada komentar:

Posting Komentar