Artikel Unggulan

Review Smart Watch C1 ACOME

  Smart watch atau jam tangan pintar bukan hanya jadi sekadar penunjuk waktu belaka. Di masa pandemi COVID-19 yang lalu, beragam fitur keseh...

ASUS Zenbook 14X OLED Space Edition - Laptop Canggih Berstandar Space-Grade

 


Seminggu sebelumnya, saya sempat datang ke acara intip-intip laptop terbaru dari ASUS yang kabarnya memiliki ketangguhan luar biasa. Di sesi intip-intip ini, semuanya dibongkar kecuali tentu saja harganya. Kita diminta bersabar hingga tiba saatnya peluncuran secara resmi ASUS Zenbook 14X OLED Space Edition secara resmi, pada tanggal 15 September 2022 di The Ballroom, Djakarta Theater.

ASUS Zenbook 14X OLED Space Edition merupakan edisi khusus terbatas, dalam rangka peringatan penggunaan laptop ASUS pertama kalinya di ruang angkasa, tepatnya di stasiun antariksa Mir, pada tahun 1998 silam. Di sana, laptop ini digunakan selama 600 hari untuk penggunaan.aktivitas normal, dan tidak mengalami gangguan apapun hingga kembali ke bumi. Laptop tersebut adalah ASUS P6300.


Nah, ASUS Zenbook 14X OLED Space Edition hadir meneruskan legacy tersebut, tentunya dengan teknologi terbaru yang tersedia saat ini. 

Saya jadi teringat sebuah kisah animasi tentang robot bernama Gundam. Di sana, digambarkan manusia sudah berhasil untuk hidup dan tinggal di space-colony. Peradaban yang maju membuat manusia tidak bisa lepas dari keberadaan komputer dalam mendukung aktivitas keseharian mereka. Dan salah satu kebutuhan komputasi yang digambarkan dalam animasi tersebut adalah ketika mereka sedang mengkonfigurasi robot Gundam dengan menggunakan laptop.


Dengan kehadiran ASUS Zenbook 14X OLED Space Edition ini, saya jadi menyadari, bahwa mungkin saja, ASUS sudah memiliki visi jauh ke depan, bahwa dibutuhkan laptop dengan ketahanan dan ketangguhan khusus, agar dapat digunakan secara normal di ruang angkasa, seperti yang pernah mereka lakukan pada tahun 1998 lalu.

 Standar Ganda : Grade Militer dan Ruang Angkasa 


ASUS Zenbook 14X OLED Space Edition dirancang dengan daya tahan dan ketangguhan di atas rata-rata laptop pada umumnya. Tidak hanya mengantongi sertifikasi ketahanan berstandar militer AS (MIL-STD 810H), Zenbook SPACE EDITION, dengan bodi berbahan aluminium yang tangguh serta ringan, lolos uji ketahanan berstandar US Space System Command (SMC-S-016A). Dalam sertifikasi tersebut dijelaskan salah satunya bahwa Zenbook SPACE EDITION dapat beroperasi di lingkungan pada suhu -24⁰C hingga 61⁰C, serta tahan terhadap guncangan ekstrim berfrekuensi 20 – 2.000Hz .

 Ultrabook Performa Tinggi 


Selain standar ketahanan yang sangat tinggi, laptop ASUS Zenbook 14X OLED Space Edition ini juga ditenagai prosesor Intel Core Gen-12 H series terbaru. Memiliki dua varian, antara lain Core i7 dan varian tertinggi  Core i9-12900H yang memiliki konfigurasi 14 core dan 20 thread (6 P-core dan 8 E-core) dengan TDP hingga 45W. Yang jelas, sebagai ultrabook modern, Zenbook 14X OLED Space Edition ini juga didukung oleh komponen lain yang juga mutakhir. Contohnya, untuk memori RAM, Zenbook 14X OLED Space Edition dilengkapi dengan 16GB/32GB RAM dengan tipe LPDDR5 yang sangat kencang. Di sektor media simpan, tersedia 1TB M.2 NVMe™ PCIe® 4.0 Performance SSD yang sangat responsif. Ketiga komponen tersebut (prosesor, RAM dan storage) menjamin performa komputasi pada laptop ini terbaik di kelasnya, baik di bumi maupun di antariksa.

Sedikit berbeda dengan seri sebelumnya, laptop Zenbook 14X OLED Space Edition ini mengadopsi sistem pendingin yang telah diperbarui. Ini diperlukan untuk meredam panas yang dihasilkan oleh komponen terbaik saat ini, agar performa yang dihasilkan tetap stabil dan lancar dalam kondisi temperature yang terukur.

Zenbook 14X OLED Space Edition dibekali dengan sistem pendingin ASUS IceCool Technology. Sistem pendingin tersebut memanfaatkan dua kipas (baru diimplementasikan pada produk ini) serta dua jalur udara keluar untuk mendinginkan semua komponen penting yang ada di dalam laptop ini secara optimal. Sistem pendingin ASUS IceCool Technology juga tidak hanya mendinginkan prosesor, tetapi juga komponen penting lain seperti VRM.

 Layar OLED untuk Visual yang Nyata 


Zenbook 14X OLED Space Edition mengusung layar OLED berukuran 14 inci dengan resolusi 4K dan memiliki aspect ratio layar 16:10. Selain itu, penggunaan NanoEdge Display juga mampu memberikan bezel yang sangat tipis, sehingga ruang visual pada layar terasa luas dan lega. Visual merupakan faktor penting dalam setiap laptop modern. Oleh karena itu, teknologi OLED sudah semakin marak digunakan karena mampu menyajikan gambar yang tajam serta warna yang akurat. Hal ini diperkuat dengan sertifikasi Pantone Validated Display serta VESA DisplayHDR True Black. 

Nggak perlu kuatir mengalami kelalahan pada mata akibat menatap layar laptop dalam durasi lama, karena fitur Eye Care-nya akan melindungi mata pengguna melalui teknologi anti-flicker dan low blue-light yang akan mereduksi paparan radiasi sinar biru yang dihasilkan oleh layar. Ini dibuktikan dengan sertifikasi dari TUV Rheinland yang kredibel.

 Laptop Masa Depan yang Nyaman dan Mudah Digunakan 


Laptop canggih tapi ribet/susah digunakan? Nggak jaman! Zenbook 14X OLED Space Edition ini memberikan banyak kemudahan dari segala aspeknya. Kita bisa menghidupkan laptop dan login dengan menggunakan sidik jari hanya dengan menyentuh tombol Power saja. Mudah tapi tetap aman.


Di bagian webcamnya, juga terdapat fitur electric webcam shutter untuk melindungu privacy pengguna. Webcam dengan resolusi HD 720p ini menawarkan kualitas gambar yang cukup detil ketika sedang melakukan video conference. Selain itu, microphone-nya juga memiliki teknologi Two-way AI Noise Cancellation untuk komunikasi suara dua arah yang jernih.

NumberPad 2.0 yang tersedia di laptop Zenbook 14X OLED Space Edition ini memiliki ukuran cukup besar sehingga mudah dan nyaman untuk digunakan, serta dapat meningkatkan produktivitas. Untuk navigasi pada layar, selain menggunakan touchpad, kita juga bisa menggunakan metode sentuhan pada layarnya. Iya dong! Zenbook 14X OLED Space Edition ini juga sudah menggunakan teknologi layar sentuh. Sangat inovatif dan intuitif. 

Perlu port untuk konektivitas perangkat lain? Zenbook 14X OLED Space Edition memiliki 2 port USB Type-C dengan teknologi Thunderbolt 4.0 yang canggih, yang sekaligus dapat digunakan sebagai port pengisi daya berkat kompatibilitasnya dengan teknologi PowerDelivery. Di sektor nirkabel, laptop ini juga telah mendukung teknologi WiFi 6E yang lebih baik daripada generasi sebelumnya, dalam memberikan konektivitas kecepatan tinggi nan stabil. Terdapat pula teknologi Bluetooth untuk konektivitas dengan perangkat pendukung lain seperti headset/TWS, speaker, atau perangkat lainnya. Port USB tipe A juga masih tersedia di laptop ini, jadi tak perlu kuatir jika masih memiliki gadget lawas.

Soal kenyamanan juga dibuktikan melalui dimensi dan bobot yang dimiliki oleh laptop ini. Dengan ketebalan hanya 1,59 cm dan bobot 1,4 kg saja, laptop ini terasa menyenangkan untuk dibawa-bawa ke mana saja. 

 ZenVision yang Memesona 


Kehadiran layar monochrome berukuran 3,5 inci bernama ZenVision ini, seperti menjadi signature bagi pemilik laptop ini untuk menampilkan informasi apapun yang ingin mereka sampaikan. Nggak cuma bisa dicustom, Zenbook 14X OLED Space Edition ini juga menyediakan beberapa template animasi yang bisa dipilih untuk ditampilkan di layar ini.


 Edisi Spesial untuk Penggemar SciFi 


Laptop yang dirancang khusus, bahkan hingga memenuhi uji ketahanan grade ruang angkasa ini memang ditujukan untuk memperingati 25 tahun laptop ASUS pertama kalinya beroperasi selama 600 hari di stasiun ruang angkasa Mir milik Rusia. Namun, laptop ini juga layak untuk dimiliki oleh setiap penggemar film sci-fi berkat bodi laptop yang dibuat menggunakan bahan aluminium, dibalut warna eksklusif Zero-G Titanium seperti halnya yang digunakan pada desain stasiun luar angkasa serta dilengkapi ukiran kode morse yang memiliki arti khusus. 

"Ad Astra Per Aspera"


 Spesifikasi dan Harga 

ASUS Zenbook 14X OLED Space Edition memiliki 2 varian spesifikasi, yaitu Core i7 dengan RAM 16GB, serta Core i9 dengan RAM 32GB. Keduanya sudah bisa didapatkan secara resmi di Indonesia. Untuk detil spesifikasi dan harganya, bisa disimak pada tabel berikut ini :


Main Spec.

Zenbook 14X OLED SPACE EDITION (UX5401ZAS)

CPU

Intel® Core™ i9-12900H Processor 2.5 GHz (up to 5.0 GHz, 6P+8E cores)

Intel® Core™ i7-12700H Processor 2.3 GHz (up to 4.7 GHz, 6P+8E cores)

Operating System

Windows 11 Home

Memory

32GB LPDDR5

16GB LPDDR5

Storage

1TB M.2 NVMe™ PCIe® 4.0 Performance SSD

Display

14-inch, 4K (3840 x 2400) 16:10, ASUS OLED, 90Hz 0.2ms, 400nits,

DCI-P3 100%, Pantone Validated, VESA HDR True Black

Graphics

Intel® Iris® Xᵉ Graphics

Input/Output

1x HDMI 2.1 TMDS, 1x 3.5mm Combo Audio Jack, 1x USB 3.2 Gen 2 Type-A, 2x Thunderbolt™ 4 supports display + power delivery, Micro SD card reader

Connectivity

Wi-Fi 6E (802.11ax) (Dual band) 2*2 + Bluetooth 5

Camera

720p HD camera with electronic privacy shutter

Audio

Built-in speaker, Built-in array microphone, harman/kardon certified, Dolby Atmos

Battery

63WHrs, 3S1P, 3-cell Li-ion

Dimension

31.12 x 22.11 x 1.59 ~ 1.59 cm

Weight

1.4 Kg

Colors

Zero-G Titanium

Price

Rp26.999.000 (Core i7 / 16GB RAM)

Rp30.999.000 (Core i9 / 32GB RAM)

Warranty

2 tahun garansi global dan 1 tahun ASUS VIP Perfect Warranty


Demikianlah sedikit informasi mengenai laptop ruang angkasa, Zenbook 14X OLED Space Edition, yang bisa saya bagikan. Semoga bermanfaat, dan bagi yang sedang membutuhkan, diberikan kelapangan rejeki untuk bisa segera memilikinya.

Salam kompak persahabatan selalu..

2 komentar:

  1. Keren nih udah i9, apa rasanya yaa? Kek naik mobil Ferrari di jalan tol kali ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kurang tau Mas.. Aku nyoba yang core i7 aja udah wus-wus..

      Hapus