Artikel Unggulan

5 Alasan HUAWEI MateBook D 14 Jadi Laptop Andalan

  Setiap orang memiliki kebutuhan unik dalam memilih laptop, yang bisa beragam dari segi fungsionalitas dan kemampuan komputasi yang canggih...

Lupus dan ASUS Vivobook Pro 14 OLED M3400 (What If)

 


Remaja di akhir tahun 80-an, menjelang 90-an, mungkin mengenal karakter Lupus untuk pertama kalinya melalui sebuah novel berjudul "Tangkaplah Daku Kau Kujitak". Novel remaja bergenre slice of life ini pernah menjadi Best Seller di seluruh Indonesia pada masanya. Setelah itu, banyak remaja mulai mengikut gaya dan kebiasaannya, mulai dari ngucek-ngucek rambut biar jambulnya agak kusut, ngunyah permen karet, sampai mengganti tas sekolah dengan model yang sama, seperti yang dipakai Lupus.

Karakter Lupus digambarkan sebagai sosok pelajar kelas 2 SMA Merah Putih. Berwajah lumayan, banyak akal tapi sedikit jahil. Rambutnya berjambul seperti tokoh idolanya, John Taylor, yang seorang bassist grup band Duran Duran. Kebiasaannya selalu mengunyah permen karet di mulutnya. Selain itu, Lupus juga digambarkan sebagai seorang wartawan muda di majalah Hai. Ya, karakter Lupus sedikit merepresentasikan aktivitas sang pengarang, (alm.) Hilman Hariwijaya.

Di novelnya, kisah Lupus yang seorang pelajar sekaligus wartawan muda, sering memanfaatkan mesin ketik milik alm. ayahnya, atau milik kantor ketika dia sedang mampir ke redaksi majalah Hai, untuk mengerjakan artikel yang sedang dibuatnya. Sungguh, perjuangan seorang remaja yang harus membagi waktu antara sekolah dan bekerja, meski hanya sebagai pekerja lepas, membuat karakter Lupus ini sempat dijadikan panutan bagi remaja para pembaca novelnya kala itu. Semangat pantang menyerah sekaligus tetap jenaka dalam menghadapi setiap tantangan yang menghadang. Saya lalu terpikir, apa yang seandainya terjadi, jika karakter Lupus hidup dan menjalani kehidupannya di era digital seperti sekarang ini? Perangkat apa yang sesuai dengan kebutuhan aktivitasnya sebagai pelajar dan wartawan muda? 

 The World's Most Powerfull 14" Everyday OLED Laptop 


Perkenalkan! Ini adalah ASUS Vivobook Pro 14 OLED M3400 yang merupakan laptop berlayar OLED berukuran 14 inci yang paling powerful di dunia saat ini. Hadir dengan ditenagai AMD Ryzen™ 5000 H-Series Mobile Processors yang memiliki full powerful performance core untuk multitasking bahkan video editing. Selain powerful, prosesor ini memberikan daya baterai lebih awet sehingga produktivitas harian semakin maksimal. Dilengkapi dengan kartu grafis integrasi AMD Radeon yang memberikan performa gaming yang tanpa lag. Produktivitas harian dimanapun dan kapanpun jadi maksimal dengan performa prosesor dan kartu grafis dari AMD ini.

 Spesifikasi dan Harga 


Main Spec.

Vivobook Pro 14 OLED (M3400)

CPU

AMD Ryzen™ 7 5800H Mobile Processor (8-core/16-thread, 20MB cache, up to 4.4 GHz max boost)

AMD Ryzen™ 5 5600H Mobile Processor (6-core/12-thread, 19MB cache, up to 4.2 GHz max boost)

Operating System

Windows 11 Home

Memory

16GB DDR4

8GB DDR4

Storage

512GB M.2 NVMe™ PCIe® 3.0 SSD

Display

14-inch, 2.8K (2880 x 1800) 16:10, ASUS OLED, 90Hz 0.2ms, 600nits,

DCI-P3 100%, Pantone Validated, VESA HDR True Black

Graphics

AMD Radeon™ Graphics

Input/Output

1x USB 3.2 Gen 2 Type-A, 2x USB 2.0 Type-A, 1x HDMI 1.4, 1x 3.5mm Combo Audio Jack, Micro SD card reader

Connectivity

Wi-Fi 6(802.11ax) (Dual band) 2*2 + Bluetooth 5

Camera

720p HD camera with privacy shutter

Audio

Smart Amp Technology, Built-in speaker, Built-in array microphone, harman/kardon certified audio

Battery

50WHrs, 3S1P, 3-cell Li-ion

Dimension

31.58 x 22.63 x 1.89 ~ 1.92 cm

Weight

1.4 Kg

Colors

Solar Silver, Cosmos Blue

Price

Rp11.299.000 (Ryzen 5 / 8GB RAM / 512GB SSD)

Rp11.799.000 (Ryzen 5 / 16GB RAM / 512GB SSD)

Rp12.799.000 (Ryzen 7 / 16GB RAM / 512GB SSD)

Warranty

2 tahun garansi global dan 1 tahun ASUS VIP Perfect Warranty

Sebelum kita bahas lebih dalam mengenai hal apa saja yang bisa Lupus lakukan dengan laptop ini, ada baiknya jika kita mengetahui secara lebih rinci mengenai spesifikasi dan tentu saja harganya. 

ASUS Vivobook Pro 14 OLED M3400 hadir dalam 3 varian spesifikasi, yaitu dengan menggunakan prosesor AMD Ryzen 5 + RAM 8 GB, AMD Ryzen 5 + RAM 16 GB, serta varian tertinggi menggunakan prosesor AMD Ryzen 7 + RAM 16 GB. Ketiganya menggunakan AMD Ryzen 5000 H series mobile processor yang menawarkan performa sekelas laptop gaming. Di sektor media penyimpanan, ketiganya sama-sama memberikan storage berkapasitas 512 GB SSD M.2 NVMe PCIe 3.0 yang gegas. 

 Mengenal Layar OLED 

ASUS Vivobook Pro 14 OLED M3400 ini juga telah menggunakan panel layar ASUS OLED yang modern. Apakah OLED itu? OLED adalah singkatan dari Organic Light-Emitting Diode atau sering disebut juga dengan organic LED, suatu teknologi yang belakangan ini mulai banyak digunakan sebagai komponen penyusun layar monitor, baik televisi hingga smartphone. Berbeda dengan teknologi lain yang masih menggunakan lampu latar, OLED dapat memberikan tampilan cahaya yang memancar sendiri tanpa bantuan lampu latar. 


Layar ASUS OLED dapat menampilkan warna yang sangat kaya dengan color gamut mencapai 100% pada color space DCI-P3. Akurasi warna yang dihasilkan tergolong sangat tinggi berkat dukungan fitur HDR yang tersertifikasi oleh VESA serta sertifikasi PANTONE Validated Display yang diakui sebagai standar industri visual. Tidak hanya itu saja, seluruh laptop dengan layar ASUS OLED telah mengantongi sertifikasi low blue-light dan anti-flicker dari TÜV Rheinland, sehingga mata pengguna akan tetap nyaman dan tidak mudah lelah. Itulah sebabnya mengapa layar OLED itu sangat penting!

Nah! Sekarang saya akan coba bahas apa yang dapat dilakukan oleh Lupus, dengan aktivitasnya sebagai pelajar dan wartawan muda, menggunakan laptop ASUS Vivobook Pro 14 OLED M400, jika dia eksis di masa kini.

Sebagai pelajar, Lupus punya kewajiban untuk belajar, mengerjakan tugas-tugas sekolah, baik di sekolah maupun mengerjakan pekerjaan rumah. Di masa kini, tugas sekolah banyak diberikan dan dikerjakan dengan bantuan laptop. Beberapa guru, memanfaatkan aplikasi Classroom sebagai media penghantar pembelajaran, memberikan tugas-tugas yang harus dikerjakan secara online. Dan murid-murid cukup membuka aplikasi yang sama dan mulai mengerjakan tugasnya di sana.


Classroom mendukung ekosistem online dari Google yang menyediakan beragam aplikasi untuk kebutuhan sehari-hari seperti Google Docs, Google Spreadsheets serta Google Slides, yang juga kompatibel dengan Microsoft Office. Jika classroom dilaksanakan dalam kondisi online, bagaimana ketika pelajar mesti mengerjakan tugas-tugasnya secara offline

Untungnya, ASUS Vivobook Pro 14 OLED M3400 ini sudah dilengkapi dengan aplikasi Microsoft Office Home & Student versi 2019 yang resmi dan original. Pengguna baru tinggal melakukan aktivasi secara online, dan seluruh aplikasi di dalam Microsoft Office Home & Student 2019, yaitu Word, Excel dan Powerpoint, bisa digunakan secara gratis seumur hidup. Ini sangat membantu sekali mengingat aplikasi Microsoft Office sudah menjadi standar aplikasi office di perusahaan, dunia pendidikan maupun di industri kreatif.

Untuk keperluan Lupus sebagai seorang wartawan muda sebuah media, laptop ASUS Vivobook Pro 14 OLED M3400 ini sudah sangat mumpuni, baik dari sisi spesifikasi maupun desainnya. Tergolong sebagai laptop modern, ASUS Vivobook Pro 14 OLED M3400 yang berukuran layar 14 inci ini memiliki dimensi dan bobot yang ringan. Memiliki ketebalan 1,92 cm (tidak sampai 2 cm) serta bobot hanya 1,4 kg saja, laptop ini mudah dimasukkan ke dalam tas, sehingga sangat menyenangkan untuk dibawa ke mana saja. Ini akan memudahkan Lupus saat bekerja dalam keadaan mobile dan dinamis.


Jika dahulu, Lupus masih menggunakan mesin ketik untuk menulis naskahnya, lalu mengirimkannya via pos atau mengantarkannya sendiri ke kantor redaksi, maka hal itu tidak akan terjadi di masa kini. ASUS Vivobook Pro 14 OLED M3400 dapat diandalkan untuk melakukan pekerjaan mulai dari pembuatan naskah berita, hingga mengirimkannya ke meja redaksi dalam waktu yang relatif instan. Ini karena ASUS Vivobook Pro 14 OLED M3400 sudah didukung oleh konektivitas nirkabel yang cepat, Wi-Fi 6(802.11ax) yang menawarkan kecepatan konektivitas hingga 9,6 Gbps. Lupus cukup menghubungkan laptopnya dengan hotspot yang ada di sekitar lokasi tempat dia bekerja saat itu, entah di kafe atau kantin ber-WiFi, atau menjadikan smartphonenya sebagai hotspot, lalu mengirimkan naskah berita yang ditulisnya via email, whatsapp atau bahkan mengupdatenya langsung melalui CMS di website majalah tempat dia bekerja secara online. Sangat praktis dan efisien bukan?

Rapat redaksi juga dapat dilakukan oleh Lupus dari mana saja, selama laptop Vivobook Pro 14 OLED M3400 yang digunakannya terhubung ke jaringan internet. Webcam dengan resolusi HD 720p mampu menangkap wajah Lupus secara detil dan jelas, serta menampilkannya ke layar OLED 14 inci beresolusi 2.8K (2880 x 1800) dengan refresh rate 90Hz serta response time 0.2ms. Rasio layar sebesar 16:10 pada laptop ASUS Vivobook Pro 14 OLED M3400 ini menjadikan bidang kerja pada layar terasa lebih luas dan lega, dengan ekstra space di bawah layar bila dibandingkan dengan layar berasio 16:9 (widescreen). 

Di sektor audio, laptop Vivobook Pro 14 OLED M3400 ini menawarkan kualitas audio premium berkat sertifikasi dari Harman/Kardon yang telah diakui secara internasional. Selain itu, untuk komunikasi dengan lawan bicara, mikrofon pada laptop ASUSVivobook Pro 14 OLED M3400 telah dilengkapi dengan ASUS AI Noise-Canceling Technology yang akan meredam kebisingan di sekitar Lupus saat dengan melakukan video conference. Fitur ini dapat diaktifkan melalui aplikasi MyASUS, sehingga rapat redaksi dapat diikuti secara fokus karena hanya ada suara manusia, baik di sisi Lupus maupun dari peserta rapat redaksi yang lain.


Pekerjaan utama seorang wartawan adalah membuat naskah, dan salah satu komponen utama yang harus diperhatikan adalah keyboard. Bagi kalian yang pernah mengetik dengan mesin ketik manual, pasti pernah merasakan kelelahan yang melanda pada jari-jemari kita setelah mengetik selama beberapa saat. Itu karena mesin ketik membutuhkan tenaga untuk menekan tombol, agar huruf yang kita inginkan bisa tercetak di kertas. Bagaimana dengan keyboard ASUS Vivobook Pro 14 OLED M3400?

Keyboard Vivobook Pro 14 OLED M3400 dirancang secara ergonomis, dengan konstruksi one-piece dan key travel 1,35 mm menjadikan aktivitas mengetik pada laptop ini terasa nyaman. Dilengkapi dengan lampu latar pada keyboard berukuran penuh sehingga sangat cocok untuk bekerja di lingkungan dengan cahaya redup. Jadi, Lupus gak perlu takut salah mencet tombol meski lagi bekerja sambil liputan di keremangan venue acara.


Kekuatan ASUS Vivobook Pro 14 OLED M3400 diperoleh dari komponen perangkat keras yang membangunnya. Mulai dari prosesor AMD Ryzen 5000 H-series yang menawarkan performa sekelas laptop gaming, RAM DDR4 berkapasitas hingga 16 GB, serta media penyimpanan super kencang berkapsitas 512GB M.2 NVMe PCIe 3.0 SSD yang sangat responsif.

Dengan kekuatan tersebut, Lupus bisa melakukan banyak hal secara simultan, atau kita kenal sebagai multi-tasking. Hal ini akan meningkatkan produktivitas pengguna karena bisa melakukan beberapa pekerjaan sekaligus dan menyelesaikannya secara bersama-sama. Contohnya, Lupus bisa menulis naskah sembari mendengarkan lagu kesayangannya di Spotify, melalui wireless earphone yang dimilikinya, sebagai mood booster kala bekerja. Atau Lupus bisa mencari berbagai informasi sebagai referensi artikel yang sedang disusunnya, melalui website, portal berita, maupun materi-materi berbasis video melalui Youtube. Dengan pola kerja seperti ini, pekerjaan bisa diselesaikan secara cepat dan efektif, sehingga Lupus punya waktu luang untuk melakukan hal-hal lain di luar kegiatan sekolah maupun pekerjaannya.


Hidup itu harus seimbang. Orang kulon bilang, "Work Hard, Play Hard". Demikian halnya Lupus, sebagai seorang pelajar, wartawan muda juga seorang remaja biasa. Lupus di masa lalu, kalau ingin bermain, mesti ke pusat perbelanjaan, mengantri permainan elektronik yang dikenal sebagai dingdong, bermodalkan koin. Namun semua itu berubah seiring perkembangan jaman dan teknologi yang mengiringinya. Lupus tak perlu beranjak dari tempatnya untuk sekadar bermain game, melepaskan segala kepenatan dari rutinitas yang telah dijalaninya. Semua itu bisa dilakukan dengan laptopnya, ASUS Vivobook Pro 14 OLED M3400. 

Meskipun tidak dilengkapi dengan GPU discreet, namun performa integrated Radeon Graphics Ryzen 5000 H-series ini cukup lumayan ketika digunakan untuk bermain game. Saat digunakan untuk bermain game seperti Street Fighter V, dengan resolusi Full HD dan Picture Quality diset di Medium, performa Radeon Graphics berbasis AMD Cezanne 7 nanometer ini sangat memadai.


Dengan performa sekelas laptop gaming, panas bisa jadi masalah yang mempengaruhi kenyamanan. ASUS Vivobook Pro 14 OLED M3400 dilengkapi dengan sistem pendingin IceCool Plus terbaru, dengan dua kipas khusus berbahan Liquid Crystal Epoxy Polymer (LCP), yang memiliki 86 bilah di setiap kipasnya, sehingga mampu menghadirkan aliran udara 16% lebih baik. Berkat ini, performa buas laptop harian ASUS Vivobook Pro 14 OLED M3400 dapat selalu optimal dengan pembuangan thermal yang maksimal.

Bersama ASUS Vivobook Pro 14 OLED M3400, segala aktivitas harian bisa dilakukan dengan nyaman, berkat performa, kualitas layar, fitur audio berteknologi tinggi, serta dimensi yang ramah untuk portabilitas dan mobilitas. Seandainya saja Lupus masih ada di masa kini, niscaya akan banyak kemudahan yang bisa dia dapatkan bersama laptop ASUS Vivobook Pro 14 OLED M3400, jika dibandingkan dengan kehidupannya di masa lalu.  Tapi saya yakin, di era digital seperti sekarang ini, makin banyak Lupus-Lupus lain yang juga sedang berjuang untuk meraih impian dan cita-citanya, sebagai wartawan, blogger, kontributor media online, bahkan konten kreator. Dan itu semua bisa diwujudkan dengan laptop harian dengan ukuran 14 inci paling powerful di dunia saat ini, ASUS Vivobook Pro 14 OLED M3400!

" Tulisan ini saya dedikasikan untuk alm. yang karya-karyanya menemani masa remaja saya dan menjadikannya sebagai norma kebaikan sehingga saya bisa menjadi sosok seperti yang kalian kenal pada hari ini.. "



2 komentar: