Artikel Unggulan

5 Alasan HUAWEI MateBook D 14 Jadi Laptop Andalan

  Setiap orang memiliki kebutuhan unik dalam memilih laptop, yang bisa beragam dari segi fungsionalitas dan kemampuan komputasi yang canggih...

Rekomendasi Laptop Harian Terbaik, ASUS Vivobook 14X (K3405VF)

 


Beberapa waktu yang lalu, tepatnya pada hari Kamis tgl. 14 September 2023, saya mendapat kesempatan untuk menghadiri acara ASUS Blogger Gathering Jakarta 2023 yang diselenggarakan di Semanggi Lounge Hotel Artotel Suites Mangkuluhur Jakarta. Acara ini merupakan kolaborasi antara ASUS Indonesia dengan kak Katerina yang mengajak para blogger untuk merasakan langsung pengalaman menggunakan produk-produk laptop ASUS antara lain Zenbook S 13 OLED (UX5304), Zenbook Pro 14 Duo OLED (UX8402), Vivobook 14X (M1403), Vivobook GO 14 (E1404F) dan Vivobook 14X (K3405). Ada satu laptop yang langsung menarik perhatian saya, terutama dari sisi desain, spesifikasi dan harganya, yaitu ASUS Vivobook 14X (K3405VF).

Seringkali, kita dihadapkan pada kebimbangan tatkala akan menentukan, gawai seperti apa yang cocok untuk kebutuhan kita, kebutuhan pendukung pendidikan anak-anak kita, bahkan kebutuhan rekan/kerabat yang meminta pendapat pada kita. Salah satu yang paling sering ditanyakan adalah laptop. Hal ini tidak bisa dipungkiri, khususnya sejak masa pandemi, ketika saat itu segala aktivitas dihimbau untuk dilakukan dari rumah, laptop menjadi salah satu perangkat yang perlu dimiliki untuk menunjang aktivitas tersebut. Berdasarkan pengalaman tersebut, akhirnya saya berhasil menemukan dan merekomendasikan laptop terbaik yang dapat mengakomodir nyaris seluruh kebutuhan tersebut di level harga yang wajar dan terjangkau. Laptop tersebut adalah ASUS Vivobook 14X (K3405VF).

>> Apa Sih Laptop ASUS Vivobook 14X (K3405VF) Itu?


Laptop ASUS Vivobok 14X (K3405VF) merupakan salah satu laptop kelas mainstream dari ASUS Indonesia. Laptop ini tergolong sebagai laptop modern yang mengkombinasikan desain elegan dan menarik, serta perangkat keras generasi terbaru yang lebih bertenaga namun tetap efisien. Laptop ini juga memiliki daya tahan terhadap guncangan, serta mudah untuk dibawa ke mana saja karena bentuknya yang ringkas, tipis dan cukup ringan.

>> Siapa yang Memerlukan Laptop ASUS Vivobook 14X (K3405VF)?


Menilik dari spesifikasi yang dihadirkan, serta harga yang ditawarkan, laptop ASUS Vivobook 14X (K3405VF) ini sangat cocok untuk digunakan oleh kalangan pelajar dan mahasiswa. Bagi pelajar usia SD kelas 6, saat ini sudah harus bisa menggunakan komputer, baik PC maupun laptop, untuk kebutuhan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK). Nantinya, kemampuan menggunakan komputer ini akan dilanjutkan saat menduduki jenjang pendidikan di SMP, bahkan hingga tingkat SMA, di mana banyak tugas-tugas sekolah yang mulai memanfaatkan kemampuan komputer/laptop secara lebih maksimal. Begitupun bagi mahasiswa, laptop ASUS Vivobook 14X (K3405VF) akan sangat memudahkan mahasiswa dalam mengikuti kuliah online, mengerjakan tugas bersama dengan memanfaatkan layanan cloud storage, sampai bermain game tipis-tipis untuk melepas kepenatan. Laptop ini juga cocok bagi mereka yang baru memulai aktivitas sebagai kreator konten, di mana laptop ini mampu difungsikan sebagai mesin video editing yang cukup mumpuni.

>> Kapan Kita Memerlukan Laptop ASUS Vivobook 14X (K3405VF)?


Jika sebelumnya kita belum pernah memiliki laptop sama sekali, maka jawabannya adalah ketika laptop tersebut menjadi solusi dari kebutuhan komputasi kita. Namun jika sebelumnya kita sudah memiliki laptop, maka kriteria yang paling mungkin untuk dijadikan alasan mengganti laptop dengan yang baru adalah usia laptop dan kemampuannya dalam memenuhi aktivitas kita. Dampak dari perkembangan teknologi, khususnya di bidang komputer, yang sedemikian cepat, membuat usia pakai perangkat berteknologi komputer semakin singkat. Jika usia laptop kalian sudah 5 tahun atau bahkan lebih, ada baiknya untuk mempertimbangkan mengganti laptop tersebut dengan laptop baru yang berteknologi lebih mutakhir, seperti ASUS Vivobook 14X (K3405VF) ini.

>> Mengapa Laptop ASUS Vivobook 14X (K3405VF) Direkomendasikan?


Alasannya tidak lain karena laptop ini menawarkan kemampuan yang berimbang untuk segala macam kebutuhan komputasi harian, mulai dari kebutuhan untuk para pelajar dalam menyelesaikan tugas sekolah, mahasiswa, karyawan, hingga kreator konten pemula dan casual gamer. Setiap orang pasti menginginkan setiap laptop yang mereka miliki menjadi investasi terbaik yang pernah mereka lakukan. Paling tidak, laptop tersebut mampu memenuhi kebutuhan komputasi mereka untuk 3-5 tahun mendatang. Hal ini dimungkinkan berkat penggunaan perangkat keras dengan teknologi terbaru yang tersedia pada saat ini. Selain itu, laptop ini juga memiliki desain yang simple, modern dan tak lekang oleh waktu.

>> Bagaimana Performa Laptop ASUS Vivobook 14X (K3405VF) sebagai Laptop Harian Terbaik?


Sebagai laptop modern, tentu saja laptop ini memiliki konfigurasi perangkat keras terbaik yang tersedia pada saat ini. Penggunaan prosesor 13th Gen Intel® Core™ H-Series yang merupakan salah satu prosesor laptop yang paling canggih dan powerful, menjadikan laptop ini memiliki potensi besar sebagai laptop untuk aktivitas harian. Sebagai informasi, prosesor ini dirancang dengan arsitektur hybrid yang menggabungkan performa tinggi dengan efisiensi energi. Apa itu arsitektur hybrid?

Arsitektur hybrid pada pada prosesor 13th Gen Intel® Core™ H-Series memungkinkan prosesor ini memiliki 12 core yang terbagi menjadi 4 P-core dan 8 E-core. Performance-core (P-core) akan bertanggungjawab untuk memberikan performa komputasi maksimal pada laptop, seperti pekerjaan rendering, hingga bermain game. Sedangkan Efficient-core (E-core) akan mengoptimalkan pemakaian daya untuk memberikan performa kerja yang tergolong ringan seperti browsing, mengetik, mendengarkan lagu atau menonton film. 


Sebagai pengguna laptop ASUS Vivobook 14X (K3405VF), kita tidak perlu pusing memikirkan mode mana yang berjalan di laptop agar tetap optimal, karena kemampuan arsitektur hybrid tadi akan dibantu oleh fitur Intel Thread Director, yang akan mengatur alokasi tugas antar core prosesor, memastikan bahwa setiap tugas dijalankan di core yang paling sesuai (P-core atau E-core). 

Berdasarkan hasil pengujian yang dilakukan dengan aplikasi benchmark ternama (PCMark, Cinebench, dan 3DMark) laptop ASUS Vivobook 14X (K3405VF) mampu memberikan performa terbaik, baik dari sisi performa prosesor, grafis hingga daya tahan baterai.


Proses editing hingga rendering video, baik reels maupun video dengan durasi agak panjang yang lazim diunggah ke kanal Youtube, dapat dikerjakan dengan cepat melalui aplikasi video editing populer, seperti Capcut, Adobe Premiere Pro, Autodesk Maya, dan lainnya.


Sementara itu, di sektor gaming, laptop ASUS Vivobook 14X (K3405VF) ini masih mampu memberikan pengalaman bermain game World of Warships yang sangat menyenangkan, dengan kualitas grafis yang lebih dari cukup untuk dinikmati. Ini tak lepas dari penggunaan chip grafis GeForce® RTX™ 2050 yang sudah mendukung fitur seperti DLSS 2.0 (Deep Learning Super Sampling) yang memungkinkan peningkatan performa grafis dan kualitas gambar, khususnya dalam konfigurasi resolusi tinggi. Selain itu, RTX Real-Time Ray-Tracing memastikan efek visual yang lebih realistis dalam game atau simulasi, dengan memanfaatkan perhitungan cahaya dan bayangan secara real-time.


Berdasarkan hasil pengujian dengan menggunakan PCMark 10 Battery Test, laptop ini bahkan bisa bertahan lebih dari 10 jam saat digunakan untuk memutar video. Hal ini menjadikan laptop ASUS Vivobook 14X (K3405VF) mampu menyajikan tayangan hiburan dengan durasi yang cukup panjang, membuktikan efektifitas baterai yang mampu bekerja secara efisien, berkat arsitektur hybrid yang dimiliki oleh prosesor 13th Gen Intel® Core™ H-Series. 


Performa prosesor yang kencang, harus diimbangi dengan komponen lain yang juga harus memiliki performa yang setara, agar kinerja laptop secara keseluruhan tetap optimal. Komponen tersebut adalah RAM dan media storage. Laptop ASUS Vivobook 14X (K3405VF) dilengkapi dengan RAM 8GB DDR4 serta media storage berkapasitas 512GB M.2 NVMe™ PCIe® 3.0 SSD yang keduanya masih bisa ditingkatkan dengan mudah di kemudian hari. 

Di sektor port konektivitas, laptop ASUS Vivobook 14X (K3405VF) termasuk lengkap dalam menyediakannya. Terdapat 1 buah port USB 3.2 Gen 1 Type-C yang sudah mendukung  teknologi Power Delivery (teknologi pengisian daya yang menggunakan konektor dan kabel USB-C untuk mengirimkan daya yang lebih besar ke beragam perangkat), 2 buah port USB 3.2 Gen 1 Type-A untuk menghubungkan perangkat yang lebih banyak lagi, 1 buah port HDMI 2.1 TMDS untuk ekspansi ke layar atau monitor eksternal, serta 1 buah port 3.5mm Combo Audio Jack yang masih lazim digunakan untuk perangkat speaker eksternal, headphone dan lain-lain.


Jika tadi kita membahas performa laptop dari sisi perangkat keras, sekarang kita coba membahas dari sisi perangkat lunak dan hubungannya dengan produktivitas pengguna.

Laptop ASUS hadir dengan dilengkapi Windows 11 Home. Ketika pekerjaan menumpuk, laptop ASUS dengan Windows 11 siap membantu Anda menyelesaikannya. Laptop ASUS dengan Windows 11 yang lebih nyaman di mata, memungkinkan Anda mengekspresikan diri dan cara kerja terbaik Anda. Dan tidak hanya Windows 11 asli, tersedia juga genuine Microsoft Office 2021 untuk menunjang aktivitas Anda sepanjang hari.


Teknologi Windows Hello mampu mempercepat proses login melalui fitur pengenalan wajah yang didukung oleh webcam yang dimiliki laptop ini. Selain itu, masih tersedia pilihan sensor pengenal sidik jari yang terdapat pada touchpadnya, menambahkan opsi keamanan yang lebih bervariasi. 


Bobot yang dimiliki laptop ASUS Vivobook 14X (K3405VF) ini tergolong ringan sehingga mudah untuk dibawa ke mana saja, yaitu hanya 1,4kg saja. Karena laptop ini ringkas, ringan dan portable, maka untuk bekerja dari mana saja, sangatlah memungkinkan. Ya, karena ASUS Vivobook 14X (K3405VF) ini sudah dilengkapi teknologi nirkabel WiFi6 dan Bluetooth 5 yang kencang dan mampu menjaga koneksi internet lebih stabil.


Bagi kalian yang sering bekerja di luar rumah, tak perlu kuatir jika laptop ini terkena guncangan atau kondisi ekstrim lainnya. Laptop ASUS Vivobook 14X (K3405VF) sudah lolos uji dengan sertifikasi US Military Grade MIL-STD-810H. Oleh sebab itulah, soal durabilitas, laptop ini tak perlu diragukan lagi. Ditambah lagi, lapisan Antibacterial Guard yang terdapat pada seluruh permukaan laptop, termasuk keyboard dan touchpad, akan menjaga kondisi laptop ini senantiasa bebas dari kuman dan bakteri jahat.

>> Di Mana Laptop ASUS Vivobook 14X (K3405VF) Bisa Didapatkan?


Kita bisa mendapatkan laptop ASUS Vivobook 14X (K3405VF) baik secara offline maupun online. Untuk pembelian offline, silakan kunjungi ASUS Exclusive Store/ASUS Store terdekat di lokasi kalian masing-masing. Sedangkan untuk pembelian online, ada beberapa online store yang bisa dijamin keamanan dan keasliannya, yaitu ASUS Official Online Store dan ASUS Official Store Tokopedia.


>> Kesimpulan <<


Kehadiran perangkat keras kasta gaming, prosesor 13th Gen Intel® Core™ H-Series dan chip grafis NVIDIA GeForce® RTX™ 2050 pada laptop ASUS Vivobook 14X (K3405VF) menawarkan performa maksimal untuk beragam aktivitas yang tergolong berat seperti membuat konten multimedia maupun bermain game. Sedangkan RAM 8GB DDR4 dan media penyimpanan NVMe PCIe SSD menawarkan kecepatan baca-tulis yang jauh lebih tinggi serta kemampuan multi-tasking yang sempurna untuk meningkatkan produktivitas. Dibandrol dengan harga Rp 13.399.000,- laptop ASUS Vivobook 14X (K3405VF) bisa dikatakan memberikan price/performance terbaik di kelasnya, serta menawarkan value investasi jangka panjang yang layak untuk diperhitungkan. Predikat “The Best All-Rounder Laptop” pantas diberikan kepada ASUS Vivobook 14X (K3405VF).

Untuk informasi spesifikasi yang lebih detil beserta harganya, dapat disimak pada tabel di bawah ini.

Demikianlah rekomendasi laptop harian terbaik dari saya, semoga bermanfaat dan bisa dijadikan pilihan untuk membantu aktivitas harian kita semua. Salam kompak persahabat selalu..



2 komentar:

  1. Laptop handal dengan beragam fitur serta spesifikasi lengkap ! oke banget untuk menjadi pilihan sehari-hari dalam mendukung segala aktivitas

    BalasHapus
    Balasan
    1. oleh karena itulah laptop ini saya rekomendasikan.. speknya pas, nggak lebay, nggak letoy..

      Hapus