ASUS Zenfone Max Pro M2, Hape Mainstream Terbaik untuk Gaming dan Fotografi


Rasanya belum lama saya mendengar beberapa kekecewaan dari para pengguna Max Pro M1 mengenai kualitas kameranya. Yah, meskipun hal tersebut bisa diakali dengan memasang aplikasi pihak ketiga, yang mana butuh usaha ekstra, namun tetap saja pengguna menyayangkan ketanggungan tersebut. Padahal secara spesifikasi, Max Pro M1 sudah menjanjikan semua hal yang bisa diberikan di level hape mainstream. Mungkin ASUS tidak ingin produknya bertumbukan dengan tipe lain yang memang menawarkan kelebihan di bidang fotografi.

Untunglah, ASUS mendengar keluhan kita semua, para ZenFans yang mendambakan sebuah hape dengan harga merakyat, namun memiliki kemampuan gaming serta fotografi yang hebat. Yepp! ASUS akhirnya merilis secara resmi Zenfone Max Pro M2 sebagai penerus yang lebih baik dari Max Pro M1. Sebelum lanjut, yuk kita intip, spesifikasi unggulan dari Zenfone Max Pro M2 ini.


ASUS Zenfone Max Pro M2 mengusung prosesor Snapdragon 660 AIE, yang memang jadi primadona di level mainstream. Apalagi, prosesor ini sudah mendukung teknologi AI yang sangat berguna dalam hal fotografi. Tapi itu nanti dulu bahasnya. Sekarang mau bahas soal kemampuannya dalam hal gaming.

| Gaming


Sejak kelahiran Max Pro series, tipe ini memang digadang-gadang sebagai hape gaming ramah dompet berkat performa dan harganya. Tidak heran jika Zenfone Max Pro M2 masih membawa nilai-nilai MAX di dalamnya, max performa, max baterai, max layar. Kali ini saya sempat memainkan dua game yang populer di Indonesia. Yang pertama adalah Arena of Valor alias AoV, lalu yang kedua adalah Mobile Legends. Kedua game ini saya setting rata kanan, supaya performa yang ditampilkan bisa maksimal. Dan inilah hasil pengujian permainan saya yang cukup mencengangkan.

>> Arena of Valor <<


Secara pengalaman bermain, menggunakan Zenfone Max Pro M2 ini sangat menyenangkan. Selain performanya yang mulus anti-lag meskipun setting rata kanan, baterai monsternya pun bikin kita tenang saat bermain. Bahkan ketika kapasitas baterai menunjukkan angka 15% dan muncul notifikasi low battery, saya masih tetap pede memainkan beberapa war hingga baterai tersisa 2% saja.

>> Mobile Legends <<


Meskipun banyak yang bilang jika kualitas grafis game ini tidak sebagus dan sedetil AoV, namun sesungguhnya kenikmatan bermain itu adalah jika kita bisa memainkan game apapun dengan setting maksimal namun tetap mulus dan lancar. Karena intisari bermain adalah menikmati permainan itu sendiri, baik menikmati grafisnya, maupun menikmati kerjasama tim yang sedang dijalani.

Jadi kesimpulan sementara, soal gaming, hape ASUS Zenfone Max Pro M2 ini tak terbantahkan performanya, baik dari sisi kecepatan prosesor (jangan lupa dukungan chipset GPU Adreno juga), maupun dukungan baterai berkapasitas monster, 5000mAh.

| Fotografi


Bukan tanpa alasan jika ASUS membenamkan sensor kamera Sony IMX 486 ke dalam Zenfone Max Pro M2 ini. Tak ada lagi keluhan hape gaming fotonya kurang oke. Semua dibayar kontan dengan kehadiran Zenfone Max Pro M2. Kenyamanan saat membidik obyek didapatkan lewat layar yang jernih, dengan perlindungan lapisan Corning Gorilla Glass 6

Biasanya, hape kamera oke itu ada mode Pro-nya. Nah! Zenfone Max Pro M2 juga punya mode Pro, cocok buat kalian yang suka ngulik settingan biar fotonya makin cmewew hasilnya. 


Untuk nilai ISO terendah adalah 100, nilai shutterspeed tertinggi 1/4, nilai EV ±2 serta setting White Balance berupa preset sesuai gambar di atas. Sangat sederhana bila dibandingkan dengan Zenfone 3 sekalipun. Tapi jangan kecewa dulu, mode Auto di Max Pro M2 ini saja sudah mampu hasilkan foto terbaik, dengan AI Scene detection lho. Ini nih contohnya.


Beberapa saat setelah kita membidik obyek yang akan kita foto, di sudut kiri atas layar hape, akan muncul tanda icon sesuai dengan prediksi obyek yang akan kita jepret.


Ketika obyek yang kita bidik berupa makanan, icon yang muncul bergambar garpu dan sendok yang melambangkan makanan. Dan hasil fotonya adalah seperti ini saudara-saudara..


Nyamm! Menggoda selera bukan? Detil, warna dan pencahayaannya sudah dioptimalkan untuk foto makanan. Canggih! Demikian pula ketika saya membidik kucing piaraan saya di rumah. Icon yang muncul bergambar hewan. Dukungan teknologi AI sangat membantu memudahkan pengambilan gambar, apapun kondisi dan momennya. Tinggal jepret, dijamin cakep!

Oya, saya juga ada beberapa contoh foto makanan lagi nih. Mau lihat nggak? Sekalian tebak foto yang mana diambil pakai hape apa.


Ya, benar sekali! Yang saturasi warnanya lebih tinggi, lebih mengundang selera, diambil dengan Zenfone Max Pro M2. Itu, foto yang ada di sebelah kanan ya gaess..

Oya, beberapa hari lalu, di kantor saya, sempat terjadi gangguan jaringan karena port router yang mati. Ternyata, Zenfone Max Pro M2 ini juga ciamik dalam hal foto low-light. Buat dokumentasi terkait pekerjaan yang tempatnya relatif remang-remang begini, Zenfone Max Pro M2 sudah lebih dari cukup.



| Konklusi

Inilah sekelumit pengalaman menggunakan ASUS Zenfone Max Pro M2 yang memiliki semboyan #FreedoM2Play. Jika kalian menginginkan sebuah hape all-rounder, daily driver handal, maka Zenfone Max Pro M2 layak untuk kalian miliki. Meskipun mungkin kalian bukan gamer yang menghabiskan banyak waktu dengan hape kalian, namun baterai besarnya, serta layar luasnya juga mampu hadirkan fungsi hiburan melalui Youtube Streaming ataupun memutar film yang sudah kalian download sebelumnya. Mau tau harganya berapa di pasar online sekarang? Klik tautan cek harga pasar Max Pro M2 di Lazada.

Oke, sekian dulu review singkat dan insya ALLAH bermanfaat dari saya. Jika ada pertanyaan, tulis saja di kolom komentar. Sampai jumpa di tulisan saya berikutnya, salam kompak persahabatan selalu..

Max Pro M1 - Max Pro M2

Komentar

Postingan populer dari blog ini

[Story] Waspada Memilih Sekolah Dasar (Swasta)!

[Story] Pindah Sekolah Anak SD, Sulitkah?

Pengalaman Pribadi bersama Si Mungil Meizu M5c