ASUS Rilis ZenBook S UX392 dan ZenBook Flip UX362, UltraBook 13 Inci Paling Tipis dan Ringkas

Beberapa hari lalu, ASUS Indonesia kembali meluncurkan dua ultrabook premium mereka dari seri ZenBook. Tak tanggung-tanggung, dua orang...

Cara Bersihkan Malware XML Redirect dan Adware


Pernah nggak sih, kalian merasakan ketidaknyamanan ketika sedang melakukan aktifitas di depan laptop atau komputer? Contohnya seperti yang saya alami beberapa minggu belakangan ini, ketika sedang browsing, klik apa, eh malah membuka tab baru dengan alamat tertentu. Untung saja antivirus saya tergolong update, sehingga setiap kali membuka tab, muncul peringatan. Tapi ini tentu saja mengganggu! Aktifitas yang mestinya selesai dalam 1 kali klik, mesti dilakukan beberapa kali. Dari ciri-cirinya, saya mengetahui jika laptop yang saya gunakan sudah tersusupi oleh malware.

| Malware


Menurut idcloudhost,com, Malware (Malicious Software) adalah suatu program yang dirancang dengan tujuan untuk merusak dengan menyusup ke sistem komputer. Malware mencakup virus, worm, trojan horse, sebagian besar rootkit, spyware, adware yang tidak jujur, serta software-software lain yang berbahaya dan tidak diinginkan oleh pengguna PC. 

Pada kasus saya, beberapa kali pesan dari antivirus merujuk pada alamat xml.seavibes.club yang dinyatakan berbahaya karena termasuk dalam kelompok URL:BlackList. Saya sendiri bingung, kapan kiranya saya melakukan instalasi aplikasi yang tidak dikehendaki, mengingat saya cukup berhati-hati dalam memasang aplikasi pada laptop saya ini.

Informasi virus yang berhasil ditangkap oleh Avast

Jadi pada kasus saya ini, virusnya sudah terlanjur masuk dan aktif, namun ketika dia mencoba melakukan koneksi keluar, diblok oleh antivirus yang saya gunakan. Alhasil, pesan yang muncul setiap kalo tab baru dibuka, sangatlah mengganggu.

Kemudian saya mencoba mencari solusinya. Di beberapa tautan hasil pencarian, ternyata banyak juga yang memberikan informasi ngawur terkait upaya pembersihan malware ini. Masa justru extension dan proteksi dari antivirus yang di-disable, ya jelas saja, pesan alert-nya nggak akan muncul lagi, tapi bukan berarti virusnya hilang.

Hasil pencarian upaya pembersihan xml redirect

Rupanya, malware yang masuk tidak hanya satu saja. Selain xml.seavibes.club yang tertangkap oleh aplikasi antivirus, saya juga mendapati adanya pop-up ads ketika sedang membuka laman tokopedia. Saya lupa namanya, yang jelas ada tulisan ads by BP apa gitu. Semalam lupa di-screenshot. Sekalian saja saya coba cari informasi mengenai solusi membersihkan malware/adware ini, dan ketemulah dengan aplikasi yang bernama Malwarebytes.

| Malwarebytes


Menurut Wikipedia, Malwarebytes adalah perangkat lunak anti-malware untuk Microsoft Windows, macOS, Android, dan iOS yang menemukan dan menghapus malware. Dibuat oleh Malwarebytes Corporation, ini pertama kali dirilis pada Januari 2006.

Solusi ini saya temukan setelah saya mencoba beberapa solusi lain yang tidak membuahkan hasil. Dan ketika saya menemukan informasi ini, tidak lupa berdoa, saya berharap ini solusi terakhir yang tokcer.

Hasil karantina aplikasi Malwarebytes

Untuk pengguna personal, aplikasi ini bisa digunakan secara free/gratis. Cukup unduh dan lakukan analisa. Prosesnya agak lama karena memang pemindaian dilakukan secara seksama. Setelah proses pemindaian selesai dilakukan, lanjutkan dengan melakukan Karantina. Setelah proses ini selesai, aplikasi akan meminta kita untuk melakukan restart, ini agar laptop kita benar-benar bersih setelah proses pembersihan oleh Malwarebytes dilakukan. Setelah restart, laptop belum dapat kita gunakan karena aplikasi akan memberitahukan kita agar melakukan restart sekali lagi. Voila! Setelah restart kedua kali, laptop saya sekarang benar-benar bebas dari gangguan malware/adware yang sempat menyusup ke dalam laptop yang saya gunakan sehari-hari.

| Konklusi


Selalu berhati-hati dalam melakukan instalasi aplikasi, khususnya yang gratisan atau 'krekan' karena seringkali aplikasi semacam ini sudah dimodifikasi agar kode jahat menyusup ke dalam komputer kita. Selalu gunakan antivirus dan lakukan update secara berkala. Hal ini terbukti meski virus berhasil masuk, namun aktifitasnya terbatas karena dikenali oleh antivirus yang terpasang. Ini berguna agar dampaknya tidak terlalu parah.

Demikian informasi yang bisa saya sampaikan kali ini, semoga bermanfaat. Salam kompak persahabatan selalu..





Tidak ada komentar:

Posting Komentar