Laptop buat Anak Sekolah? ASUS BR1100 Ajah!

  Pendidikan di Indonesia, masih memiliki sejumlah permasalahan yang dihadapi dalam prosesnya. Terlebih lagi di masa pandemi seperti saat in...

10 Perintah Dasar Jaringan Windows 10 Yang Perlu Diketahui

 


Terdapat beberapa perintah dasar untuk jaringan Windows 10, yang dimasukan melalui command prompt, di mana semua orang perlu tahu agar dapat menemukan solusi bagi masalah koneksi jaringan.

 

Bekerja dan beraktivitas di dunia modern yang selalu terhubung, sangat bergantung pada kualitas dan keandalan koneksi jaringan yang digunakan, baik itu di komputer maupun perangkat seluler. Menjaga kualitas koneksi jaringan dan memecahkan masalah kegagalan koneksi merupakan keterampilan dasar yang setidaknya harus dipahami oleh setiap manusia modern.

Bagi pengguna Microsoft Windows 10, terdapat 10 perintah jaringan dasar yang harus diketahui dan siap digunakan saat diperlukan. Beberapa dari perintah ini ada GUI-nya Windows 10, tetapi bagi beberapa orang, struktur baris perintah (command line structure) terasa lebih efektif dan efisien.

Berikut ini adalah 10 perintah dasar jaringan Windows 10 yang dapat digunakan untuk memecahkan masalah koneksi jaringan. Namun sebelum itu, kita harus masuk ke jendela command prompt terlebih dahulu.

Cara tercepat untuk masuk ke command prompt di Windows 10 adalah dengan menggunakan kombinasi tombol Windows + R untuk membuka kotak dialog Run. Lalu ketik "cmd" (tanpa tanda petik/kutip) dan tekan Enter untuk menjalankan perintah.

1. Ping

Dari semua perintah jaringan Windows 10, Ping adalah perintah yang paling populer dan mungkin semua orang tahu dan pernah menggunakannya. Perintah Ping akan menguji jangkauan perangkat di jaringan. Ping host harus mengembalikan empat paket data, jika paket data tidak dikembalikan, artinya ada masalah dengan koneksi jaringan.

Untuk menjalankan perintah dasar, pada tipe prompt:

ping [host]

Di mana [host] adalah nama atau alamat IP dari server host umum (google.com, masekorner.com, dll.). Gambar A menunjukkan apa yang terjadi saat melakukan ping ke server MaseKorner.com.


2. IPConfig

Perintah IPConfig adalah salah satu perintah jaringan Windows dasar yang sangat berguna dan harus diketahui dan digunakan dalam setiap proses pemecahan masalah jaringan. Perintah IPConfig menampilkan informasi konfigurasi alamat IP dasar untuk perangkat Windows yang digunakan. Bahkan, perintah tersebut akan menampilkan informasi untuk setiap adaptor jaringan yang terpasang di dalam komputer Windows 10.

Untuk menjalankan perintah dasar, pada tipe prompt:

ipconfig

Informasi umum mencakup Alamat IP untuk IPv4 dan IPv6, Gateway Default, dan Subnet Mask. Menambahkan parameter / all di akhir perintah akan menampilkan informasi dan detail DNS Server terkait Alamat IP yang sedang digunakan.

3. Getmac

Setiap perangkat yang mendukung jaringan di internet memiliki nomor pengenal unik yang disebut MAC Address. Nomor tersebut ditetapkan selama pembuatan dan ditanamkan di dalam perangkat keras. Dengan menggunakan perintah Getmac, pengguna dapat mengetahui alamat MAC (media access control) dari berbagai perangkat jaringan mereka. Beberapa administrator akan menggunakan alamat MAC unik dari perangkat untuk membatasi apa yang dapat dan tidak dapat terhubung ke jaringan.

Untuk menjalankan perintah dasar, pada tipe prompt:

getmac

4. HostName

Perintah jaringan HostName hanya akan menampilkan nama komputer Windows 10 pengguna saat ini. Ini adalah nama yang digunakan komputer untuk mengidentifikasi dirinya sendiri ke perangkat dan server lain di jaringan lokal. Pengguna dapat menemukan nama ini melalui layar Informasi sistem di GUI, tetapi perintah ini lebih cepat.


Untuk menjalankan perintah dasar, pada tipe prompt:

hostname

5. NSLookUp

Perintah jaringan NSLookUp akan menampilkan informasi yang dapat digunakan untuk mendiagnosa infrastruktur Domain Name System (DNS). Menggunakan NSLookUp tanpa parameter akan menunjukkan server DNS yang sedang digunakan oleh PC untuk mengubah nama domain menjadi alamat IP.


Berhubung laptop yang saya gunakan terhubung dengan WIFI dan DNS-nya otomatis, maka namanya tidak muncul. Hal ini berbeda jika terhubung dengan jaringan di kantor yang menggunakan Active Directory dan memiliki DNS Server mandiri.

Untuk menjalankan perintah dasar, pada tipe prompt:

nslookup

6. Tracert

Alat bantu praktis lainnya untuk memecahkan masalah koneksi jaringan di Windows 10 adalah perintah Tracert. Perintah ini akan melacak rute yang diambil paket data sebelum mencapai tujuannya, menampilkan informasi pada setiap hop di sepanjang rute. Setiap hop dari rute akan menampilkan latency antara perangkat Anda dan bahwa hop tertentu dan alamat IP dari hop.


Untuk menjalankan perintah dasar, pada tipe prompt:

tracert [host]

Di mana [host] adalah nama atau alamat IP dari server host umum (google.com, masekorner.com, dll.).

7. Netstat

Perintah Netstat menampilkan koneksi TCP aktif, port tertentu pada komputer, statistik Ethernet, tabel rute IP, statistik IPv4, dan statistik IPv6. Jika digunakan tanpa parameter, perintah ini menampilkan koneksi TCP aktif. Informasi yang diberikan oleh perintah ini dapat berguna untuk menunjukkan masalah pada koneksi jaringan Anda.

Untuk menjalankan perintah dasar, pada tipe prompt:

netstat

8. Arp

Perintah jaringan Windows 10 Arp menampilkan entri di cache Address Resolution Protocol (ARP), yang berisi satu atau beberapa tabel yang digunakan untuk menyimpan alamat IP dan alamat fisik Ethernet yang resolved. Untuk mendapatkan informasi yang berguna dari perintah Arp, Anda harus memberikan parameter. Parameter paling umum adalah /a, yang menampilkan tabel cache Arp saat ini untuk semua interface.

Untuk menjalankan perintah dasar, pada tipe prompt:

arp /a

9. PathPing

Secara umum, perintah jaringan PathPing menggabungkan perintah ping dengan perintah tracert, memberikan informasi tentang latensi jaringan dan kehilangan jaringan pada setiap hop antara sumber dan tujuan.


Untuk menjalankan perintah dasar, pada tipe prompt:

pathping [host]

Di mana [host] adalah nama atau alamat IP dari server host umum (google.com, masekorner.com, dll.).

10. SystemInfo

Perintah terakhir dalam daftar adalah perintah SystemInfo, yang menampilkan daftar detail informasi konfigurasi tentang PC Windows 10 Anda. Informasi yang tercantum oleh perintah ini terlalu panjang untuk disebutkan secara lengkap tetapi termasuk versi Windows 10 yang diinstal, nama host, ID Produk, jenis dan jumlah CPU, konfigurasi RAM, detail kartu jaringan, dan perbaikan terbaru yang diinstal.

Untuk menjalankan perintah dasar, pada tipe prompt:

systeminfo


Ada perintah jaringan Windows 10 lain yang lebih canggih yang tersedia dan dapat membantu memecahkan masalah jaringan, tetapi perintah tersebut di luar cakupan artikel ini. Namun demikian, dengan perintah dasar yang dibahas tadi, diharapkan dapat membantu mempersempit pemecahan masalah menjadi hanya beberapa kemungkinan dan memberi Anda sedikit kemudahan untuk menemukan solusinya.

Demikian informasi dari saya, semoga bermanfaat. Salam kompak persahabatan selalu..


Tidak ada komentar:

Posting Komentar