Laptop buat Anak Sekolah? ASUS BR1100 Ajah!

  Pendidikan di Indonesia, masih memiliki sejumlah permasalahan yang dihadapi dalam prosesnya. Terlebih lagi di masa pandemi seperti saat in...

Komitmen Kominfo dan NiagaHoster Membangun Masyarakat Digital Indonesia

 


Pemerintah telah mencanangkan program masyarakat digital Indonesia yang bertujuan untuk meningkatkan martabat bangsa yang berkeadilan serta berdaya saing. Pemerintah melalui Kominfo menetapkan 3 pilar utama yang harus dicapai dalam mewujudkan masyarakat digital Indonesia. Apa saja ketiga pilar tersebut?

Tiga Pilar Dasar Pembentukan Masyarakat Digital Indonesia

Saat ini pemerintah tengah melakukan percepatan transformasi digital, mulai dari perluasan akses, infrastruktur, percepatan integrasi Pusat Data Nasional, pembuatan roadmap di berbagai sektor. Sumber Daya Manusia (SDM) Indonesia juga harus disiapkan, agar proses transformasi tidak terhambat dan mendatangkan manfaat bagi kemajuan bangsa.

Sayangnya, tantangan pengembangan keterampilan (skill upgrading) SDM Indonesia secara umum masih cukup berat mengingat kompleksitas masyarakatnya. Berdasarkan survei IMD World Digital Competitiveness tahun 2019, daya saing Indonesia masih berada di peringkat 56 dari 63 negara. Angka ini termasuk rendah dibandingkan dengan negara-negara di ASEAN. Memiliki digital skills merupakan salah satu kunci peningkatan daya saing, tidak hanya bagi angkatan kerja tetapi juga masyarakat umum.

Dampak Pandemi terhadap Perubahan Kebiasaan Aktivitas Digital

Pandemi COVID-19 yang telah berlangsung selama setahun lebih, mau tidak mau, suka tidak suka, telah mengubah kebiasaan seluruh masyarakat di dunia, termasuk Indonesia. Perubahan cara belajar dan bekerja, dari proses tatap muka secara langsung menjadi serba online, membuat seluruh lapisan masyarakat beradaptasi dengan kebutuhan baru ini. Menurut penelitian, terjadi peningkatan dalam aspek pengguna internet di Indonesia, di mana hampir seluruhnya mengakses internet dari gawai mereka dan rata-rata menghabiskan waktu nyaris 9 jam per hari. Belum lagi kenyataan di mana ternyata 170 juta pengguna di Indonesia, aktif di berbagai platform media sosial.

Angka ini merupakan indikasi bahwa masyarakat Indonesia sudah familiar dengan perangkat digital. Tantangannya adalah bagaimana meningkatkan literasi digital masyarakat Indonesia. Literasi digital adalah basic skill yang diperlukan agar masyarakat semakin cerdas membuat dan mengolah informasi yang beredar di dunia maya. Ini masih menjadi pekerjaan berat mengingat mayoritas masyarakat Indonesia masih mudah termakan informasi HOAX dan berita-berita yang bersifat klenik/mistis.

Stimulus Pelatihan Kemampuan Digital

Pemerintah sendiri telah memiliki program untuk meningkatkan literasi digital sebagai basic skill bagi masyarakat digital Indonesia masa depan melalui SiberKreasi. Program ini dicetuskan sebagai upaya meminimalisir dampak hoax agar tidak menyebar secara masif, melalui prinsip saring sebelum sharing. Selain itu, melalui literasi digital ini, masyarakat semakin sadar akan pentingnya menjaga keamanan data pribadi, terutama jika beraktivitas maupun bertransaksi di dunia maya.

Upaya Pengembangan Ekonomi Digital

Upaya pemerintah dalam melakukan literasi digital juga mencakup sektor ekonomi, khususnya UMKM agar bisa bertahan dan berkembang dengan melakukan Go Online. Hal ini termasuk langkah kongkrit di mana UMKM, khususnya yang bergerak di bidang fashion dan kerajinan, memiliki peluang untuk bisa diekspor ke pasar global. Tentunya ini bisa jadi langkah awal untuk memperluas pasar sekaligus meningkatkan pendapatan agar UMKM bisa naik kelas.

Selain itu, pemerintah juga membantu mengembangkan ekosistem startup di Indonesia agar perusahaan-perusahaan yang bergerak dan berbasis teknologi bisa menjadi the next unicorn, melanjutkan jejak Gojek dan perusahaan sejenisnya.

Sejalan dengan program pemerintah melalui Kominfo untuk membentuk masyarakat digital Indonesia, NiagaHoster juga memiliki visi dan misi yang sama. Karena untuk membangun masyarakat digital Indonesia, semua pihak harus ikut serta meningkatkan basic skill mereka di bidang literasi digital. Menurut NiagaHoster ada 4 kelompok yang menjadi target untuk Go Digital.

4 Kelompok Masyarakat yang Wajib Go Digital

Namun, NiagaHoster hanya memfokuskan pada kalangan pemilik bisnis dan UMKM serta masyarakat umum agar hasil yang dicapai dapat lebih signifikan. Ada dua aspek, teknis dan non-teknis yang mesti dikuasai oleh pemilik bisnis dan UMKM serta masyarakat umum dalam menuju Go Digital.

Aspek bagi UMKM

Aspek bagi Masyarakat Umum

Pada intinya, keduanya diharapkan mampu menguasai aspek teknis dan non-teknis, agar bisa membaca peluang dalam memperluas pasar, atau menciptakan peluang di dunia digital, yang akan berdampak secara ekonomi pada pribadi yang bersangkutan.

Saat ini NiagaHoster telah memiliki dan menjalankan tiga program yang bisa diikuti secara free, yaitu Etalase Digital, WP Pro - WordPress Online Course, serta Digital Marketing Course. Ketiganya terbuka untuk umum dan memberikan digital skill sets yang berbeda.

Program Pengembangan dari NiagaHoster

Etalase Digital merupakan program kelas online untuk pembuatan laman digital (website) yang ditujukan untuk pemilik bisnis dan UMKM. Di program ini, beberapa hal yang dipelajari adalah pentingnya go online untuk bisnis, branding, pembuatan konten, digital marketing, serta pembuatan website berbasis WordPress.

WP Pro Online Course merupakan program kelas online pembuatan website dengan menggunakan CMS WordPress yang ditujukan bagi mahasiswa IT maupun umum. Di dalam program ini, diajarkan beberapa hal seperti design thinking, prototyping, praktek pembuatan website berbasis WordPress, serta optimasi SEO. Diharapkan setelah menguasai materi ini, alumninya bisa menciptakan peluang bisnis sendiri dengan ilmu yang sudah dimiliki.

Digital Marketing Course merupakan program kelas online yang mengajarkan keterampilan digital marketing dengan memanfaatkan dan memahami cara kerja tools yang diperlukan di dalam bidang digital marketing. Beberapa poin yang dipelajari dalam program ini adalah Digital Marketing Strategy, SEO dan cara kerjanya, SEM (Search Engine Marketing), jenis Ads (iklan) dan cara kerjanya. 

Dengan adanya program pengembangan ini, NiagaHoster berharap dapat membantu masyarakat dalam mendapatkan manfaat positif dari internet. Niagahoster juga ingin bisa membuka lebih banyak kelas keterampilan digital yang dapat diakses secara gratis oleh seluruh masyarakat Indonesia, sehingga cita-cita membangun masyarakat digital Indonesia dapat terlaksana dengan sebaik-baiknya.

Salam kompak persahabatan selalu..



Tidak ada komentar:

Posting Komentar