Cara Memilih Laptop Terbaik untuk Kebutuhan Kantoran


Tahun 2001, mengawali karir sebagai staf MIS di sebuah stasiun televisi nasional selepas lulus kuliah sebagai Sarjana Komputer, membuat saya makin tenggelam dalam keingintahuan penerapan teknologi informatika di dunia kerja.

Selama bekerja itu pula, saya dituntut untuk selalu bisa memberikan saran dan solusi terkait dengan kebutuhan pekerjaan, terutama untuk bagian atau departemen lain. Oleh karena itu, saya juga mesti memperbanyak informasi mengenai spesifikasi dan tipe yang sesuai dengan kebutuhan bagian atau departemen tersebut.

Sekian tahun kemudian, saya sudah tidak lagi bekerja di stasiun televisi yang sama, namun kebutuhan akan perangkat komputer yang mobile dan portabel, makin hari makin menjadi kebutuhan utama. Dan bukan tanpa alasan ketika itu saya menyarankan untuk menggunakan laptop ASUSPRO, yang merupakan lini khusus bisnis dari ASUS. Tipe ini memiliki keunggulan berupa kemudahan opsi upgrade mandiri dengan hanya membuka bagian kompartemen di bagian bawah laptop, serta masih tersedianya dukungan DVD-RW yang memang mutlak diperlukan kala itu. Selain itu juga, bodinya terkesan kuat dan kokoh untuk diajak melakukan pekerjaan di luar ruangan.

Bodi tebal dan kokoh

Nah, karena laptop di kantor ini dalam kesehariannya bukan berada di tangan saya, maka setiap bulannya, secara rutin, dilakukan pemeriksaan atau maintenance dari pihak IT. Hal ini wajib dilakukan agar performa dan keamanan data pada laptop tersebut senantiasa terjaga dan dalam kondisi siap pakai.

Pemeriksaan rutin secara berkala

Maklum, pada umumnya pengguna komputer sekarang, tidak terlalu memahami secara detil mengenai teknologi dan keamanannya, jadi untuk menekan potensi peretasan dan kerusakan, IT tetap harus waspada dengan melakukan pemeriksaan secara berkala.

Setelah kelar pemeriksaan, saatnya laptop dikembalikan kepada yang berwenang di departemen yang bersangkutan, yang mana pada kesempatan kali ini adalah departemen Sales & Marketing. Nah, ternyata pas iseng saya timbang-timbang, laptop yang menurut saya sudah memenuhi kebutuhan di masa itu, untuk saat ini terasa berat saat dibawa ke mana-mana. Huwow! Trend laptop masa kini sudah jauh berubah.

Bobot laptop jauh berbeda dengan masa kini

Ya tentu saja! Di era mobilitas tinggi seperti saat ini, sudah bukan jamannya lagi membawa-bawa laptop yang memiliki performa tinggi namun mesti mengorbankan bodi dan bobotnya. Trend desain laptop masa kini sudah mulai menipis layaknya ultrabook, namun dari sisi harganya sudah jauh lebih merakyat, tidak lagi premium seperti ultrabook di masa lalu. Menurut hasil pengamatan dari beragam merk laptop masa kini yang beredar, ada beberapa kriteria laptop masa kini yang cocok untuk kebutuhan di perkantoran. Tapi ini juga berlaku umum kok, yang bukan pekerja kantoran, alias tenaga lepas juga bisa menggunakan laptop dengan kriteria masa kini.

ASUS Vivobook Flip TP410

Berikut ini adalah kriteria laptop yang sesuai untuk kebutuhan masa kini :

1. Tipis dan Ringan

Laptop jaman sekarang dituntut untuk memiliki bobot yang ringan, mengingat pekerja sekarang banyak yang melakukan pekerjaannya secara mobile/nomaden, tidak terpaku pada sekat partisi di kantornya. Bobot yang ringan tentu saja akan memberi kenyamanan lebih di saat mesti membawa laptop ke lokasi meeting di luar kantor. Desain yang tipis juga akan mengurangi kerepotan saat membawa laptop karena bisa dengan mudah diselipkan di kompartemen yang setipis map. Jadi tidak perlu lagi membawa tas khusus laptop yang cenderung merepotkan.

2. Layar Luas dengan Bezel Tipis

Layar yang memiliki pandangan luas menjadi salah satu faktor yang memberikan kenyamanan pada mata saat bekerja dengan jangka waktu yang cukup lama. Layar dengan pandangan luas ini dapat diperoleh berkat penggunaan bezel yang tipis pada setiap sisi layarnya. Dan ini sangat efektif untuk memperluas bidang pandang pada layar.

3. Sensor Sidik Jari

Pengguna komputasi jaman sekarang juga sudah mulai peduli terhadap keamanan data yang dimilikinya. Laptop menjadi semakin personal, proteksi terhadap properti jadi semakin tinggi. Bila dahulu kita mengenal PIN atau password, maka sekarang laptop pun telah menggunakan sensor sidik jari layaknya pada ponsel pintar. Ini menjadikan keamanan pada laptop sedikit meningkat dengan personalisasi keamanan sesuai dengan identitas pemiliknya.

4. Kemampuan Transformasi Multi Mode

Belakangan ini, selain laptop jadi semakin tipis, tapi juga semakin mudah ditekuk-tekuk. Berkat dukungan layar sentuh, dan engsel yang super fleksibel, laptop jaman sekarang bisa dimanfaatkan menjadi beberapa mode, antara lain mode laptop biasa, mode tablet, mode media stand dan mode shared viewer. Ini jadi kelebihan saat sedang meeting atau presentasi di tempat yang cozy seperti cafe, misalnya. Nggak perlu proyektor yang ribet, cukup tekuk dan presentasi bisa dilakukan dengan unik dan berbeda.

Dari keempat kriteria di atas, yang mana memang sangat sesuai dengan perkembangan teknologi komputasi mobile pada laptop, dan layak untuk menggantikan laptop kantor yang sekarang digunakan karena bobotnya yang membuat pegal dan lelah saat harus dibawa meeting di luar kantor, maka ada satu tipe laptop yang dapat dipertimbangkan, yaitu ASUS Vivobook Flip TP410.

ASUS VivoBook Flip 14 TP410 - Mode Shared Viewer

ASUS Vivobook Flip TP410 memiliki semua kriteria di atas, ditambah dengan ragam spesifikasi yang tersedia, sesuai dengan kebutuhan kita masing-masing. Untuk tipe ASUS VivoBook Flip 14 TP410UR misalnya, tersedia pilihan prosesor Intel Core generasi ke-7, dengan RAM sebesar 4 atau 8GB dan penyimpanan internal berupa HDD berkapasitas 1TB. Cukup besar dan lega untuk kebutuhan komputasi jaman sekarang ini.

Desain aluminium dengan ketebalan hanya 19,2mm menjadikan laptop ASUS VivoBook Flip 14 TP410UR hanya memiliki bobot seberat 1,6kg saja.

Layarnya yang berukuran 14 inci beresolusi FullHD 1080 terasa luas berkat teknologi NanoEdge Display yang memiliki bezel setebal 8mm saja, menjadikan screen to body ratio mencapai 78,7%. Teknologi wide-view selebar 178° menjamin pengguna dapat melihat layar dengan tajam dan jelas dari sisi manapun di depan layar.

Sensor Sidik Jari dengan dukungan Windows Hello dari Win10

Login dengan mengetikkan password adalah masa lalu. Laptop ASUS VivoBook Flip 14 TP410 kini telah dilengkapi dengan sistem operasi Windows 10 yang mendukung Windows Hello, memungkinkan login hanya dengan sentuhan jari pada sensor sidik jari yang tersedia. Tidak butuh waktu lama untuk bisa segera masuk dan menggunakan laptop yang memiliki desain cantik dan performa garang ini.

Kemudian poin terakhir adalah kemampuannya bertransformasi bentuk, sesuai dengan kebutuhan pekerjaan pada saat itu. Kira-kira wujudnya seperti pada gambar di bawah ini.

4 Mode pada ASUS VivoBook Flip 14

Ada 4 mode yang bisa ditampilkan oleh ASUS VivoBook Flip 14 ini, yaitu mode Media Stand dan Mode Shared Viewer untuk berbagi tampilan layar, lalu ada mode Tablet dan mode Laptop untuk keperluan pekerjaan yang lebih personal. Hal ini tentu saja memungkinkan berkat teknologi layar sentuh yang telah diterapkan pada ASUS VivoBook Flip 14 ini. Bekerja tak lagi membosankan karenanya. Ibarat kata, mau pake gaya apa aja, hayuk!

Itulah tadi alasan saya mengapa laptop kantoran mesti punya kriteria tersebut. Karena bekerja di luar kantor butuh laptop yang tipis dan ringan, namun punya performa dan penampilan yang mumpuni. Faktor keamanan data yang tinggi dengan adanya sensor sidik jari, serta kemampuan transformasi untuk menambah kepercayaan diri saat sedang presentasi.

Untuk informasi yang lebih detil mengenai ASUS VivoBook Flip 14, kalian bisa mengunjungi laman resminya di sini.

Oya, ASUS VivoBook Flip 14 ini juga ada yang versi lebih baru, dengan menggunakan prosesor Intel Core generasi ke-8 dengan kode TP410UF. Kalian bisa intip informasinya secara lebih detil lagi di sini.

Semua laptop dari ASUS telah menggunakan sistem operasi Windows 10 original, jadi kalian nggak perlu lagi kuatir dengan keasliannya.

Sampai jumpa di lain kesempatan, salam kompak persahabatan selalu.

ASUS Laptopku Blogging Competition by uniekkaswarganti.com





Komentar

  1. Terima kasih Mas Eko sudah berpartisipasi dalam ASUS Laptopku Blogging Competition. Good luck.

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

[Story] Waspada Memilih Sekolah Dasar (Swasta)!

[Story] Pindah Sekolah Anak SD, Sulitkah?

Pengalaman Pribadi bersama Si Mungil Meizu M5c