ASUS ROG Zephyrus S, Laptop GeForce RTX Paling Tipis dan Ringkas di Dunia!


Sebetulnya, saya sudah mendengar berita ini ketika event "Build Your Gaming Empire" dari Synnex beberapa waktu lalu, yaitu ASUS ROG Zephyrus S akan mendapatkan upgrade teknologi terbaru. Dan benar saja, pada tanggal 10 April 2019 kemarin, di Empirica SCBD Lot 8, ASUS ROG benar-benar membawa pembaruan nyata, ASUS ROG Zephyrus S membenamkan chipset grafis Nvidia RTX di dalamnya.

Registrasi dulu sama Mbak-Mbak cantik dari ASUS Indonesia, kaos ROG-nya keren..

Setelah registrasi, saya langsung masuk ke lorong untuk bergaya di photobooth sebagai kenang-kenangan. Hahaha.. Teteup yes? Oiya, sebelum itu, kita ditawarin bikin tato temporer juga lho.. Bisa pilih desainnya, saya sendiri pilih logo ROG buat jadi tato temporer di lengan kiri saya.

Tato temporer logo ROG, kolab sama codet bekas ketempelan pintu oven panas

Sebelum acara dimulai, saya cari teman-teman yang sudah duluan datang. Lalu kemudian cari makanan karena sudah waktunya makan siang.

Bersama teman-teman BLUS++

Isi presentasinya saya rangkum saja ya? Yaitu posisi ASUS ROG sebagai market leader untuk laptop gaming di Indonesia. Laptop gaming ASUS ROG Zephyrus S dengan chipset Nvidia RTX sebagai laptop gaming paling tipis dan paling ringkas dengan chipset grafis mutakhir. Ada 2 tipe ASUS ROG Zephyrus S yang dirilis pada hari itu, yaitu tipe GX701 dan GX503. Lalu kolaborasi ASUS dengan AMD untuk seri TUF Gaming FX505DY yang juga dirilis pada hari itu.

| ASUS ROG Zephyrus S GX701 & GX531

Laptop ROG Zephyrus S GX701

Laptop gaming berukuran 17 inci ini diklaim sebagai laptop gaming dengan chipset Nvidia RTX tertipis di dunia. Seri Zephyrus memang dikenal sebagai laptop gaming yang memiliki desain ringkas dan ketebalan minimal. Namun ROG Zephyrus S GX701 ini memiliki dimensi 40% lebih tipis dan 23% lebih ringkas dibandingkan dengan laptop gaming di kelasnya.

Spesifikasi ROG Zephyrus S GX701


Spesifikasi ROG Zephyrus s GX531


Kedua laptop gaming ROG Zephyrus S ini sama-sama menggunakan prosesor Intel Core i7-8750H yang memiliki konfigurasi 6 core dan 12 thread, mampu mencapai clock 4,1GHz, dukungan RAM DDR4 hingga 24GB serta media simpan berupa SSD M.2 NVMe PCIe yang sangat kencang, menjamin setiap permainan dapat dijalankan tanpa kendala.

Laptop ROG Zephyrus S GX531 memiliki layar seluas 15,6 inci, namun sama-sama mengusung NanoEdge Display yang memiliki ukuran bezel ultra-tipis sehingga memungkinkan rasio screen-to-body mencapai 81%, sehingga tampilan layar tampak lebih luas seolah tanpa batas.

NanoEdge Display dengan Bezel Ultra-Thin

Layar ASUS ROG Zephyrus S ini sudah mendukung standar gaming profesional, antara lain refresh rate mencapai 144Hz, response time 3ms, serta teknologi Nvidia GSync yang menjaga tampilan permainan tetap mulus tanpa patah-patah. Nggak hanya urusan gaming, karena layar laptop ini juga mampu mereproduksi warna secara akurat, memiliki tingkat reproduksi warna pada color space sRGB hingga mencapai 100% dan mengantongi sertifikasi kalibrasi warna dari Pantone, bukan Pantene :p

Semua fitur pendukung gaming ada pada laptop ini.

Karena ukuran dimensinya yang ringkas, laptop ASUS ROG Zephyrus S ini memiliki bobot yang relatif ringan, yaitu di kisaran 2kg saja. Tergolong ringan bila dibandingkan dengan laptop gaming di kelas yang setara.

Kedua tipe laptop ASUS ROG Zephyrus S GX701 maupun GX531, telah menggunakan GPU Nvidia GeForce RTX 2080 (MaxQ). GPU seri RTX ini telah dilengkapi dengan teknologi Tensor Core yang mampu mengakselerasi performa AI, sehingga mampu hadirkan sajian visual yang lebih nyata, sekaligus menetapkan standar baru industri laptop gaming dunia. Khusus untuk tipe GX531, ada 2 pilihan varian GPU selain RTX 2080 (MaxQ), yaitu  RTX 2070 (MaxQ) dan RTX 2060 standar

| Hypercool Technology & Active Aerodynamic System

Untuk menjinakkan panas yang dihasilkan oleh komponen terbaik, demi performa yang tinggi, ASUS memiliki sistem pendingin Hypercool Technology. Sistem pendingin ini mengkombinasikan komponen khusus berupa quad heatsink dengan 250 fins, dua kipas 12V dengan 83 fan blades, serta 5 heatpipe yang didesain khusus untuk memastikan suhu pada CPU, GPU dan VRM tetap dalam koridor aman.

Active Aerodynamic System.

Yang juga menarik adalah mekanisme Active Aerodynamic System, dimana ketika layar laptop gaming ASUS ROG Zephyrus S ini dibuka, maka bagian bawah bodi laptop akan terangkat dan membentuk celah yang cukup signifikan untuk meningkatkan performa pendinginan.

Yang baru lagi adalah dukungan fitur USB Power Delivery, di mana laptop ini dapat diisi ulang dengan menggunakan adapter 65W melalui kabel USB Type-C. Adapternya sendiri memiliki ukuran lebih kecil daripada adater 120W bawaan paket penjualan. Bahkan bisa diisi ulang dengan menggunakan powerbank yang sudah support teknologi Power Delivery.

| Pusat Kendali Armoury Crate

Dulu kita mengenalnya sebagai ROG Gaming Center, namun sekarang sudah berubah nama dengan fasilitas lebih luas dan komplit. Melalui Armoury Crate, pengguna dapat mengatur konfigurasi performa juga kecepatan kipas pada laptopnya. Selain konfigurasi performa secara preset, pengguna juga dapat mengatur secara manual untuk mendapatkan performa yang maksimal.

Selain urusan performa, Armoury Crate juga dapat mengatur tampilan LED yang ada pada keyboard RGB pada laptop ASUS ROG Zephyrus S ini. Fitur per-key RGB dapat digunakan untuk menyeting warna LED pada tiap tombol keyboard secara mandiri. Kerennya lagi, setting tersebut juga bisa dilakukan melalui aplikasi Armoury Crate yang bisa diunduh ke smartphone.

Per-key RGB Aura pada keyboard laptop ASUS ROG Zephyrus S.

ASUS ROG Zephyrus S masih memanfaatkan Numpad Virtual yang berada di atas touchpad, salah satu ciri khas dari laptop ASUS ROG Zephyrus. Juga ada Volume Roller yang berfungsi untuk menaik-turunkan volume laptop tanpa harus menekan tombol tertentu. Sangat praktis tentu saja.

Tombol Volume Roller yang unik.

Selain kehadiran laptop gaming paling tipis dengan GPU Nvidia RTX terbaru, sebetulnya ASUS juga merilis sebuah laptop gaming kelas mainstream yaitu TUF Gaming, juga beberapa aksesoris pendukung gaming lainnya. Namun untuk yang itu akan saya bahas secara terpisah di artikel saya berikutnya.

Sekian dulu dari saya, sampai jumpa lagi dan salam kompak persahabatan selalu..



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Review Honor 8A Cocok untuk Daily Driver?

Alhamdulillah, akhirnya saya kembali menggunakan smartphone Honor untuk kebutuhan sehari-hari. Kali ini saya akan berbagi informasi sel...

Top Artikel Masekorner