Artikel Unggulan

ROG Phone 8, Lebih dari Sekadar Smartphone Gaming!

  ROG Phone merupakan seri smartphone gaming Android rancangan ASUS. Seri ROG Phone pertama kali diumumkan pada tanggal 8 Juni 2018 di ajang...

Dampak Olahraga Sambil Mendengarkan Musik

 


Siapa yang sudah bosan berada di rumah terus selama pandemi ini? Saya rasa, banyak orang sudah mulai jenuh dengan keadaan yang makin tidak jelas ini, tapi bukan berarti kita menyerah begitu saja. Kunci agar kita terhindar dari wabah ini adalah dengan meningkatkan daya tahan tubuh kita, sehingga stamina dan kondisi tubuh kita selalu dalam keadaan prima. Salah satu caranya adalah dengan berolahraga.

Ya! Olahraga bisa jadi satu solusi ketika semua aktifitas di rumah mulai membosankan untuk dilakukan. Nonton film, main game, makan, tidur, meeting dengan rekan kerja atau klien, semua hal itu jadi sesuatu yang tidak menarik lagi untuk dilakukan. Nah, olahraga tipis-tipis, bisa dilakukan secara mandiri dan tentu saja fun!

Ada beberapa tips dari Scripps Health (scripps.org) mengenai gerakan olahraga yang bisa dilakukan di rumah dengan mudah. 


1.Tenangkan Pikiran dengan Yoga 


Yoga bisa menjadi pilihan favorit bagi mereka yang ingin berolahraga selama masa karantina mandiri di rumah. Melakukan yoga di rumah dapat membuat pikiran lebih tenang ketika menghadapi segala kondisi di lingkungan sekitar kita. Selain itu, yoga dapat membuat tubuh terasa lebih rileks dan sehat saat bosan dengan kegiatan di rumah. Bahkan beberapa gerakan yoga dapat meningkatkan kesehatan fisik, menguatkan dan membentuk otot, tidak mudah cedera karena yoga dapat meningkatkan konsentrasi. Agar terhindar dari resiko cedera, lakukan gerakan yoga yang sederhana saja.

2.Push Up dan Sit Up


Push up dan sit up merupakan olahraga ringan yang mudah dilakukan di rumah. Olahraga ini memang sangat banyak manfaatnya untuk tubuh seseorang. Push up dapat memperkuat otot lengan sedangkan sit up baik untuk melatih dan membentuk perut. Selain itu, kedua jenis olahraga ini juga dapat membakar kalori, menjaga kesehatan jantung, mencegah cedera bahu, menjaga punggung bawah, dan mengurangi risiko osteoporosis.  

Kedua olahraga kekuatan otot ini cukup sederhana karena tidak memerlukan banyak tempat dan alat. Mau olahraga sendiri atau bersama anggota keluarga lainnya? Boleh saja. Kegiatan olahraga ini juga bisa dilakukan sambil menemani anak atau menonton TV.

3.Cardio untuk Memperkuat Paru-Paru


Olahraga kardiovaskular atau kardio merupakan kegiatan olah tubuh yang tujuannya untuk memperkuat jantung dan paru-paru. Selain mampu memperbaiki fungsi tubuh dalam memanfaatkan oksigen, olahraga kardio juga bermanfaat memperbaiki denyut jantung, tekanan darah, dan pernapasan, serta merangsang pelepasan hormon endorfin yang akan memperbaiki mood kita.

Ada banyak ragam olahraga kardio sederhana yang bisa dicoba di rumah tanpa peralatan. Ada gerakan high knees yang dilakukan dengan menggerakan otot utama pada bagian paha dan betis pada kecepatan tertentu. Lalu ada burpee berupa olah gerak keseluruhan tubuh yang terdiri dari gerak jongkok (squat), tendang kedua kaki ke belakang (kick feet back), push-up, kembali melakukan squat (ke posisi jongkok) dan terakhir berdiri sambil berloncat. Atau bisa juga melakukan lompat tali (skipping) yang dapat membakar hingga 220 kalori hanya dalam waktu 20 menit.

Ketiga jenis olahraga tersebut bisa dilakukan secara lebih santai sambil mendengarkan musik. Menurut riset Costas Karageorghis, seorang ahli musik dan olahraga dari Brunel University, yang dipublikasikan thesportjournal.org, aktivitas mendengarkan musik menjadi bagian dari keseharian kita, termasuk saat berolahraga. Musik bisa meningkatkan pengaruh positif dari olahraga itu sendiri. Dengan pemilihan lagu dan tempo yang tepat, dapat meningkatkan efisiensi gerakan selama berolahraga, memperkuat ketahanan, serta membutuhkan oksigen lebih sedikit dibanding tanpa musik. 

Aktivitas mendengarkan musik sambil berolahraga memerlukan perangkat yang memadai. OPPO dengan perangkat earphone true wireless stereo (TWS) Enco W51 misalnya. Perangkat dengan teknologi Active Noise Cancellation, mampu mengurangi kebisingan dengan dua microphone saat mendengarkan musik. Selain itu, ada tiga microphone lainnya untuk meredam noise ketika melakukan panggilan telepon. OPPO Enco W51 memiliki 3 varian warna, yakni White, Black, dan Blue. Desainnya yang ringan dan nyaman sangat cocok untuk tampil stylish ketika sedang berolahraga.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar