Artikel Unggulan

ASUS Zenbook 14 OLED (UX3405), Ultrabook Pertama dengan AI Prosesor

  ASUS mengumumkan Zenbook 14 OLED (UX3405), laptop ultraportable premium pertama yang dibekali oleh prosesor bertenaga AI, Intel® Core™ Ult...

Tips Menjaga Daya Tahan Tubuh dengan Pola Hidup Sehat

 


Pandemi covid-19 belum lagi usai. Berbagai upaya baik dari pemerintah maupun swasta dalam menanggulangi wabah ini belum menunjukkan hasil positif. Berharap akan hadirnya vaksin, belum memungkinkan dalam waktu dekat ini. Yang mungkin untuk dilakukan agar kita terhindar dari wabah virus ini adalah dengan meningkatkan daya tahan tubuh melalui penerapan pola hidup sehat. Yupp! Imunitas masih menjadi kunci bertahannya peradaban umat manusia dari wabah saat ini.

Berikut ini adalah beberapa tips yang bisa dilakukan untuk menjaga imunitas dan meningkatkan daya tahan tubuh :

• Konsumsi Buah dan Sayuran

Di masa-masa pandemi seperti ini, sangat dianjurkan untuk mengonsumsi buah dan sayuran. Memang berat karena banyaknya godaan penawaran makanan siap saji atau junk food melalui aplikasi online dengan embel-embel promosi. Ada baiknya jika kita mulai mengurangi konsumsi makanan instan dan memperbanyak asupan buah dan sayuran. Konsumsi buah dan sayur penting bagi tubuh karena merupakan sumber serat, vitamin, sekaligus mineral yang dapat menghindarkan kita dari beragam penyakit.

•  Atur Pola Makan serta Mulai Konsumsi Ikan

Selain buah dan sayuran, kita juga perlu melakukan food combining, dengan menu makanan yang rendah lemak dan gula. Kurangi kebiasaan minum minuman manis, ganti dengan banyak minum air putih atau air mineral. Konsumsi ikan merupakan sumber protein yang penting bagi tubuh. Protein berguna untuk menjaga kadar albumin dan globulin dalam darah, selain membantu membentuk imunoglobulin atau antibodi, untuk melawan infeksi. Antibodi adalah protein dalam darah yang menyumbang 75 persen dalam melindungi tubuh dari bahaya bakteri dan virus. 

• Cukup Waktu Istirahat

Meski hanya berkegiatan di rumah saja, istirahat atau tidur merupakan faktor penting dalam menjaga pola hidup sehat. Jika pola tidur kurang maka akan membuat imunitas tubuh kamu juga menurun. Pada dasarnya, orang dewasa membutuhkan waktu tidur antara 7 hingga 8 jam, sementara untuk remaja perlu 9 hingga 10 jam untuk lelap di malam hari. Di masa kini, kita dapat memantau kualitas tidur dengan memanfaatkan aplikasi kesehatan yang ada di smartphone atau pada jam tangan pintar (smartwatch).

• Olahraga Secara Rutin

Berolahraga dapat dilakukan secara mandiri di rumah dengan tetap mengedepankan protokol kesehatan. Olahraga ringan seperti yoga, push up dan sit up dapat dilakukan di dalam rumah, atau bisa juga jogging di area kompleks tempat tinggalmu. Dengan berolahraga rutin cukup 30 menit setiap harinya akan menjaga tubuh tetap fit dan sehat.


Jika memerlukan panduan dalam berolahraga ringan, silakan cari beberapa tips yang banyak tersedia di kanal YouTube. Selain itu, dibutuhkan kehadiran personal trainer untuk memantau aktivitas olahraga yang dilakukan secara rutin. Tak perlu menyewa personal trainer, cukup manfaatkan keberadaan smartwatch. Salah satu jenama jam tangan pintar yang menyediakan beragam fitur trainer adalah OPPO Watch. Ada 5 (lima) olahraga ringan dengan program yang sudah tertanam di dalamnya seperti Fitness Run, Fat Burn Run, Outdoor Walk, Outdoor Cycling, dan Swimming. Berdasarkan panduan ini, kita seolah memiliki personal trainer yang akan membantu latihan ringan guna menjaga kesehatan tubuh. Selain itu, OPPO Watch juga dilengkapi dengan fitur olahraga Latihan 5-Menit dan pemantauan kebugaran dari Google Fit, yang dapat dipantau juga dari aplikasi HeyTap Health lewat smartphone.

Mau dapetin OPPO Watch secara gratis? Yuk ikutan OPPO Reno4 Virtual Run pada bulan Oktober mendatang. Lomba lari virtual ini menyediakan banyak hadiah melimpah mulai dari perangkat Reno4 series, OPPO Watch series, dan OPPO Enco W51 dan pastinya bebas biaya pendaftaran. 

Ayo hitung langkah lari dan jaga kesehatanmu sekarang juga!



2 komentar:

  1. betul ya [ola makan seaht apalagi jaman pandemi ini suatu keharusan

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya Mbak.. Mesti kuat dari dalam dulu supaya mampu bertahan di luar sana..

      Hapus