Nokia 2, Kuat dan Tahan Lama


Pernah nggak sih? Kalian mengalami hal yang menyebalkan saat komunikasi mesti terhubung setiap saat, namun kondisi baterai menjelang sekarat? Sedangkan powerbank dan colokan listrik terdekat tidak mungkin diakses dengan cepat? Saya pernah! Dan inilah kisah yang pernah saya alami.

Kisah ini terjadi ketika saya ditugaskan oleh kantor untuk menghadiri suatu event expo peralatan siaran dan telekomunikasi di negeri tetangga. Saat itu adalah kali pertama saya melakukan perjalanan ke luar negeri, dan saya cukup percaya diri dengan kemampuan daya tahan smartphone saya dengan hanya membawa kabel charger saja. Dan benar saja, minimnya pengalaman perjalanan ke negeri yang berbeda, memberikan satu masalah yang cukup fundamental saat memasuki kamar hotel tempat saya bermalam selama expo berlangsung.

Ya! Colokan listriknya tidak sama dengan yang biasa ada di Indonesia. Di sana, semuanya mesti pakai colokan 3 kaki sebagai standarnya. Oke, ini jadi catatan bagi saya pribadi, mengenai pentingnya memiliki travel charger untuk antisipasi di kemudian hari. Namun, masalah ini bisa segera diselesaikan dengan mengunjungi mini market terdekat, dan membeli converter yang diperlukan. Case closed!

Masalah kedua terkait soal daya tahan baterai baru diketahui ketika expo berlangsung. Acara pameran perangkat broadcast ini berlangsung seharian penuh. Dan selama acara berlangsung, terkadang muncul pesan komunikasi dari anak dan istri di Indonesia yang sekadar menanyakan kabar. Lokasi venue yang menempati kurang lebih 3 lantai, dari lantai 4 hingga 6, seringkali membuat smartphone yang saya miliki berjuang keras untuk mencari sinyal terbaik. Benar saja, beberapa titik lokasi di lantai 6 merupakan blank spot yang tidak memungkinkan perangkat komunikasi menerima sinyal sedikit pun. Dalam pada itu, ketika baterai smartphone menunjukkan tanda-tanda lowbat, charging station menjadi tujuan. Namun namanya expo, spot ini juga menjadi favorit pengunjung untuk mengisi ulang baterai gawai mereka masing-masing.

Kejadian seperti ini terjadi berulangkali selama saya berada di sana. Bahkan ada satu momen yang memerlukan komunikasi intensif dengan kantor di Jakarta terkait suatu masalah yang perlu panduan untuk menyelesaikannya, baterai smartphone saya habis total sehingga praktis tidak dapat digunakan lagi pada sisa hari itu. Fatal? Tentu saja. Karena semestinya, saya bisa memandu tim saya di Jakarta untuk segera mengambil langkah yang diperlukan, untuk menyelesaikan masalah tersebut. Alhasil, saya mesti berjibaku dengan para pengunjung lain, hanya untuk sekadar mengisi ulang baterai smartphone yang menjadi tulang punggung komunikasi saya. Sebagai informasi, smartphone bagi saya, fungsi utamanya adalah komunikasi, baik melalui aplikasi percakapan, email, sms, maupun panggilan suara. Baru kemudian fungsi lain seperti browsing, hiburan seperti mendengarkan lagu, menonton film, ataupun bermain game. Namun hal itu tidak selalu saya lakukan setiap hari.

Baru-baru ini, saya mendengar kehadiran kembali Nokia di pasar smartphone Indonesia. Dan yang menarik perhatian saya adalah Nokia 2, yang digadang memiliki daya tahan baterai luar biasa, bisa tahan hingga 2 hari katanya. Penasaran? Tentu saja, karena Nokia pernah mengalami masa keemasan saat saya kuliah dulu, hingga masa awal bekerja menjadi karyawan kantoran, dengan seri  Communicatornya yang fenomenal saat itu.

Nggak pakai lama, saya langsung cari tau informasi mengenai Nokia 2 melalui mesin pencari informasi di dunia maya. Dan video ini bisa jadi sumber informasi yang menarik dan valid dari Nokia 2.



Okesip! Setelah melihat cuplikan video di atas, hati saya langsung tergugah, sungguh kepo dengan spesifikasi dan performanya. Yang menarik adalah penggunaan baterai berkapasitas besar, yaitu 4000mAh, membuat saya yakin untuk lakukan banyak hal dengan Nokia 2. Namun sebelum kita gali informasinya lebih jauh, lebih enak kalau kita kupas satu demi satu, apa saja poin yang jadi keunggulan dari Nokia 2 ini.

Rangka metal pada Nokia 2

Rangka metal pada Nokia 2 ini memberikan kesan kuat, kokoh, namun tetap mewah. Dengan ukuran layar 5 inci, Corning Gorilla Glass 2.5D, lengkungannya terasa menyatu dengan rangka. Layar LTPS nan jernih, nyaman di mata, namun juga hemat daya. Selain itu tentu saja, karena ukuran Nokia 2 yang ramping ini, membuatnya nyaman digenggam selama aktifitas sehari-hari.

Sistem operasi yang dipilih Nokia 2 kali ini adalah Pure Android Nougat versi 7.1.1 yang ringan, aman dan memiliki performa optimal. Apakah siap untuk upgrade ke Oreo? Kita lihat saja nanti. Karena biasanya perangkat dengan Pure Android lebih cepat mendapatkan upgrade. Dukungan penuh dari Google dengan fitur Google Assistant di dalam Nokia 2, akan membantu meringankan beban kita saat mesti mencari informasi yang kita perlukan setiap saat.

Baterai 4000mAh yang digunakan oleh Nokia 2, diklaim memiliki daya tahan hingga 2 hari. Di mana tentu saja, bila kita bayangkan, dalam 2 hari tersebut, banyak hal yang bisa kita lakukan dengan perangkat smartphone Nokia 2. Sebut saja salah satunya adalah untuk mendengarkan lagu, atau sekadar menonton klip video, sembari menunggu kawan atau pesanan makanan datang saat kita sedang nongkrong di resto atau kafe. Atau bahkan ingin berkreasi melalui seni fotografi dengan Nokia 2? Bikin instastory dengan kamera video Nokia 2? Tentu saja bisa! Karena kamera belakang beresolusi 8MP dan kamera depan dengan resolusi 5MP, siap abadikan setiap momen berharga dalam hidup kita.

Jika dalam aktifitas sehari-hari kita, smartphone digunakan untuk komunikasi saja? Entah untuk SMS atau WA, sekadar mengirim email, atau bahkan browsing informasi tertentu di internet, bisa dilakukan dengan lancar. Ada prosesor Snapdragon di dalam perangkat smartphone Nokia 2. Ditambah lagi, manajemen daya yang diterapkan pada smartphone Nokia 2, yang secara cerdas akan memasuki mode hemat daya, ketika smartphone tidak digunakan menjelang waktu istirahat malam.

Dua pilihan warna Nokia 2

Smartphone baterai besar, biasanya harganya mahal. Hal ini tidak berlaku untuk Nokia 2, karena setelah saya mencari tau harga jualnya, ternyata Nokia 2 hanya dihargai senilai Rp. 1.499.000,- saja. Sungguh sangat terjangkau.

Ugh! Jadi kebayang-bayang untuk bisa segera meminang satu unit Nokia 2 untuk melengkapi aktifitas harian saya. Nggak perlu pusing mikir bawa powerbank atau mencari colokan listrik lagi. Aktifitas harian dengan durasi lama, cukup dibantu dengan kehadiran smartphone Nokia 2 sebagai smartphone yang bisa diandalkan setiap masa. 

Baterai Nokia 2 4000mAh tahan hingga 2 hari

Komentar

  1. Saya juga naksir nih dengan nokia 2. Terima kasih reviewnya.

    BalasHapus
  2. Terkenal dengan slogan batre tahan 2 hari ya mas, semakin penasaran nih, tau sendiri lah, hp ku cepet habis batere nya. Thanks for sharing mas eko..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hapenya para buzzer katanya.. Hahaha..

      Hapus
    2. Ternyata Nokia masih bersaing yaa mas, setelah beberapa waktu saya nggak pernah lagi dengar beritanya...
      Waaw, mas beneran HP Android Nokia bisa bertahan 2 hari...??
      Biasanya kan tiap Hp kalok selalu dipakek WA, IG atau medsos lainnya makin cepet abis, kalok Nokia yang satu ini begitu juga nggak...??

      Hapus
    3. Penasaran kan? tunggu nanti saya review lebih in-depth lagi ;)

      Hapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

[Story] Waspada Memilih Sekolah Dasar (Swasta)!

[Story] Pindah Sekolah Anak SD, Sulitkah?

Pengalaman Pribadi bersama Si Mungil Meizu M5c