ASUS ZenBook Pro 14 UX480, Makin Ringkas, Makin Perkasa, Idaman Konten Kreator Indonesia


Jakarta siang itu terik sekali. Jam istirahat makan siang, saya bergegas mengeluarkan motor dari parkiran kantor. Jarak dari kantor ke lokasi acara di Meradelima Resto yang berada di Jalan Aditiawarman relatif dekat, dan bukan lokasi yang asing bagi saya. Karena semasa kuliah dulu, ini adalah salah satu rute jalan kaki pulang dari Terminal Blok M menuju Jalan Gunawarman. 

Pintu masuk menuju Meradelima, tempat event ASUS ZenBook Pro 14 dilaksanakan.

Selepas markirin motor, saya bergegas masuk ke dalam untuk registrasi. Di luar panas sekali bray! Sumpah meleleh rasanya raga ini karena panasnya. Alhamdulillah di dalam lebih terasa adem, selain karena pendingin ruangan yang bekerja optimal, tentu saja karena berjumpa Mbak-Mbak PR ASUS yang punya pesona luar biasa.

Habis absen di laptop, absen di grup WA dengan foto bersama.

Berhubung datangnya cukup awal, suasana masih sepi. Hanya beberapa orang saja yang sedang memandangi laptop yang dirilis hari ini. Sisanya? Sedang mengantri untuk santap siang yang telah disediakan. Saya segera bergabung dengan mereka. Bukan! Bukan dengan mereka yang sedang memandangi laptopnya, tapi dengan mereka yang sedang mengantri untuk mengambil makan siang. Dan menu saya hari ini temanya adalah.. tanpa nasi.

Hidangan yang di Meradelima Resto.

Dah kenyang makan, acara dimulai dengan kuis sebelum presentasi, dibimbing oleh Mbak Atma. Asyik juga lhi, kuis tapi open book kayak jaman kuliah dulu. Hadiahnya? Macam-macam. Menarik? Tentu saja!

| ASUS ZenBook Pro 14 UX480 Adik Kandung UX580


ASUS ZenBook Pro 14 UX480

Mungkin belum banyak yang mengetahui bahwa sesungguhnya ASUS telah merilis ZenBook Pro dengan fitur ScreenPad ketika peluncuran ASUS ZenBook 13/14/15 beberapa waktu lalu, yaitu melalui unit ASUS ZenBook Pro 15 UX580. Dan kali ini, versi yang lebih ringkas, hanya 14 inci saja, hadir melalui ASUS ZenBook Pro 14 UX480.

| Spesifikasi ASUS ZenBook Pro 14 UX480


Spesifikasi ASUS ZenBook Pro 14 UX480.

Untuk ASUS ZenBook Pro UX480 ini, digunakan prosesor Intel Core i7 Generasi ke-8 yang memiliki kecepatan frekwensi hingga 4,60 GHz. Memori RAM DDR4 sebesar 16GB terhitung sangat melimpah, didukung dengan penggunaan SSD M.2 NVMe PCIe berkapasitas 512GB, sangat lega dan mendukung pemrosesan kecepatan tinggi. 

| Lebih Produktif dengan ScreenPad Inovatif


ScreenPad Inovatif bikin ASUS ZenBook Pro UX480 Lebih Produktif

Pada dasarnya, ScreenPad pada laptop ASUS ZenBook Pro 14 UX480 ini memiliki fungsi layaknya alat navigasi, seperti touchpad pada laptop kebanyakan. Namun ScreenPad ini juga memiliki fungsi lain yang lebih dari itu.

Fungsi pertama yang perlu kita ketahui adalah ScreenPad Mode yang membuat tampilan ScreenPad sebagai ekstensi dari aplikasi yang sedang dijalankan, serta aplikasi khusus seperti Calculator dan Calendar. Aplikasi tambahan untuk ScreenPad juga bisa ditambahkan langsung melalui Windows Store.

Aplikasi lain seperti Spotify dan Youtube juga bisa dijalankan melalui ScreenPad. Ketika salah satu aplikasi tersebut aktif, maka ScreenPad akan secara adaptif akan menyesuaikan tampilan dan memunculkan interface khusus untuk memudahkan kontrol terhadap aplikasi yang sedang berjalan. Bukan sekadar itu saja, ScreenPad juga dapat menampilkan beragam pintasan (shortcut) ketika pengguna sedang menjalankan aplikasi Microsoft Office, sehingga pengguna lebih mudah dalam bekerja.

Fungsi berikutnya dari ScreenPad ini disebut sebagai Extension Mode. Pada mode ini, layar ScreenPad akan berfungsi layaknya layar kedua dari ASUS ZenBook Pro 14 UX480. Fungsi ini tentu saja sangat berguna bagi para konten kreator professional yang memang seringkali menggunakan dua layar dalam bekerja, video editing misalnya. Dan dengan mode ini, kebutuhan penggunaan dua layar dapat dilakukan pada laptop yang ringkas ini tanpa perlu peralatan tambahan.

| Desain Ringkas dengan Fitur Premium 

Speaker dengan Sertifikasi Harman Kardon

ASUS ZenBook Pro 14 UX480 memiliki ukuran layar 14 inci dengan NanoEdge Display sehingga bezelnya menjadi sangat tipis, hanya 5,2mm di bagian tertipisnya. Dengan demikian, screen to body ratio-nya bisa mencapai 86 persen sehingga tampilan layar terasa sangat luas.

Yang istimewa dari layarnya adalah penggunaan panel layar khusus ASUS Calibration Technology yang telah mengantongi sertifikasi kalibrasi warna dari PANTONE, sehingga layar ASUS ZenBook Pro 14 UX480 ini sanggup menghasilkan warna dengan sangat akurat.

Layar laptop ini juga sanggup mereproduksi warna pada color space sRGB sebesar 100% dan NTSC hingga 72% dengan tingkat Delta E kurang dari 3 poin. Artinya layar laptop ASUS ZenBook Pro 14 UX480 mampu menghasilkan gradasi warna dengan tingkat kerapatan perbedaan warna yang sangat kecil. Idaman banget buat mereka para konten kreator yang bekerja di bidang desain grafis atau media cetak.

Sertifikasi kalibrasi warna dari PANTONE

Dengan ketebalan hanya 17,9 milimeter, laptop ASUS ZenBook Pro 14 UX480 ini memiliki bobot hanya 1,6 kilogram saja. Sangat ringan untuk dibawa bekerja di mana saja. Sesuai perkembangan jaman tentu saja, kerja mah dari mana saja bisa, asalkan sarananya mendukung.

ErgoLift Design juga diterapkan pada laptop ASUS ZenBook Pro 14 UX480 ini. Sudut yang terbentuk sebesar 3 derajat saat layar laptop dibuka, menjadikan pengguna lebih nyaman dalam mengetik. Selain itu, rongga udara ekstra yang tercipta di bagian bawahnya, dipercaya mampu memperbaiki sirkulasi udara sehingga sistem pendinginan dapat bekerja dengan optimal tanpa mengganggu performa.

ErgoLift Design untuk kenyamanan pengetikan dan optimasi sistem pendinginan


| Hardware Kasta Gaming



Sedikit disinggung di awal tulisan bahwa ASUS ZenBook Pro 14 UX480 ini ditenagai oleh prosesor Intel Core i7-8565U (Whisky Lake) yang hadir dengan konfigurasi 4 core dan 8 thread, yang tidak hanya cocok untuk multitasking tetapi juga powerful ketika menjalankan aplikasi standar industri kreatif. 

Di sisi GPU, ASUS ZenBook Pro 14 UX480 mempercayakan pada chipset NVIDIA GeForce GTX 1050 (Max-Q), yang merupakan chip grafis kelas gaming dengan VRAM GDDR5 sebesar 2GB, sehingga memastikan semua aplikasi grafis dapat berjalan tanpa hambatan.

Performa ZenBook Pro 14 UX480 juga semakin kencang berkat penggunaan memori DDR4 berkapasitas 16GB dan penyimpanan berupa M.2 NVMe PCIe SSD berkapasitas 512GB. Penggunaan RAM DDR4 dan NVMe PCIe SSD membuat aplikasi berat dapat dijalankan jauh lebih lancar dan memiliki waktu loading yang lebih singkat.

| Windows 10, OS Terbaik untuk Segala Kebutuhan


ASUS ZenBook Pro 14 UX480 menggunakan Windows 10, sistem operasi terbaik saat ini untuk PC dengan dukungan dari berbagai pengembang aplikasi industri kreatif. Windows 10 telah mendukung teknologi grafis dan multimedia terkini serta memiliki sistem keamanan terbaru yaitu Windows Hello. Berkat Windows Hello, pengguna dapat masuk ke dalam sistem Windows 10 tanpa harus mengetikkan password. Bahkan untuk ZenBook Pro UX480, Anda tidak perlu melakukan apapun sama sekali karena laptop ini sudah mendukung teknologi facial recognition lewat Windows Hello. Cukup daftarkan wajah pada sistem dan Windows Hello akan mengenali Anda. Canggih bukan?

Meet Nick & Carol

Demikianlah pengalaman saya saat menghadiri event update produk laptop ASUS ZenBook Pro 14 UX480 yang secara resmi hadir di Indonesia. Jujur saja, saya sangat berharap bisa mengganti laptop saya yang besar dan cukup berat ini dengan ZenBook Pro 14 UX480 supaya bisa lebih lincah bergerak dan bekerja di mana saja, baik untuk urusan kantor maupun urusan pribadi.

Salam kompak persahabatan selalu..



4 komentar:

  1. Wuih.... Jadi berasa punya 2 layar, ya?
    Saya kalo menulis yg serius juga ngarep punya 2 layar, sih. Hihihi. Karena sebagian besar bahan sudah saya rangkum di MWords. Cocok banget ini.
    Semoga bisa punya!!!
    Kayaknya bakalan sregep bikin vlog nanyi. Semoga!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Fungsi layar pada ScreenPad sudah saya rangkum di atas. Intinya memang memudahkan pekerjaan dengan optimasi layar pada area touchpad..

      Hapus

Review Honor 8A Cocok untuk Daily Driver?

Alhamdulillah, akhirnya saya kembali menggunakan smartphone Honor untuk kebutuhan sehari-hari. Kali ini saya akan berbagi informasi sel...

Top Artikel Masekorner