OPPO Reno Ace Gundam, Bikin Geek Menggila!

Oppo dikabarkan telah mengumumkan ponsel baru untuk pasar Cina (setidaknya, untuk saat ini). Oppo Reno Ace memiliki beberapa spesifikas...

OPPO Reno 10x Zoom x Snapdragon 855, Cepat Nggak Ada Obat!


Sore itu cuaca Jakarta cukup terik. Jalanan macet di mana-mana. Meski dekat dari kantor, perjalanan dari SCBD menuju Eastern Opulence terasa lambat karena penumpukan kendaraan di sepanjang jalur yang saya lewati. Beruntung, saya menggunakan motor sehingga lebih lincah dalam membelah jalanan.

Sampai lokasi, sudah banyak orang yang datang meski meja registrasi masih tampak sepi. Booth experience juga masih sepi meski beberapa unit OPPO Reno sudah dipajang di sana. Segera setelah meletakkan tas di kursi, saya bergegas menuju booth untuk mencoba OPPO Reno 10x Zoom sekaligus mengambil beberapa foto dan video.


Meski event ini temanya Performance Experience, karena prosesor Snapdragon 855 yang digunakan oleh OPPO Reno 10x Zoom, namun saya sempat mencoba kameranya yang sungguh bikin penasaran. Biar enak, tonton aja videonya ya?

[video testing kamera OPPO Reno 10x Zoom]

| Benchmark Score OPPO Reno 10x Zoom


Pemilihan prosesor Qualcomm Snapdragon 855 untuk OPPO Reno 10x Zoom ini menurut saya sangat tepat untuk  positioning dan strategi pemasaran, meski menurut informasi, OPPO Reno 10x Zoom ini bukanlah seri flagship karena flagship OPPO masih Find series. OPPO Reno akan menempati segmen premium smartphone dengan harga yang relatif lebih terjangkau.

Sebagai smartphone premium dengan prosesor terkencang saat ini, tentu saya penasaran dengan skor benchmark yang bisa dicapainya. Dan inilah hasil pengujian berdasarkan aplikasi Antutu dan GeekBench versi 4 yang sempat saya rekam.


Dengan skor Antutu tembus 300 ribuan, sudah dapat dipastikan aplikasi dan game terkini dapat dijalankan tanpa kendala. Hal ini diperkuat dengan skor pengujian melalui aplikasi GeekBench 4 yang memperkosa kemampuan single core dan multi core pada Snapdragon 855 yang terpasang pada OPPO Reno 10x Zoom ini.


Hasil pengujian dengan aplikasi GeekBench 4 menunjukkan, OPPO Reno 10x Zoom terlalu perkasa bila dibandingkan dengan smartphone lain yang terdaftar di database aplikasi tersebut.

| Gaming Kencang Tanpa Kompromi



Untuk gaming, saya sempat mengintip rekan media yang sedang mencoba permainan PUBG Mobile di smartphone OPPO Reno 10x Zoom ini. Dan benar saja, dengan setting yang cukup tinggi, permainan dapat dimainkan dengan lancar tanpa kendala lag. Pasti ada rahasia di balik ini selain karena prosesornya semata.


Dan benar saja. Selain performa kencang berkat penggunaan prosesor Snapdragon 855, OPPO Reno 10x Zoom juga memiliki teknologi Hyper Boost 2.0. Teknologi HyperBoost 2.0 memiliki 3 bagian, yaitu GameBoost 2.0, TouchBoost serta FrameBoost, yang dimaksimalkan untuk kepentingan gaming. Hal ini tentu saja didukung oleh Qualcomm Snapdragon 855 melalui API Vulkan 1.1 yang memungkinkan kenyamanan bermain game jadi optimal.


| Sekilas Snapdragon 855 pada OPPO Reno 10x Zoom


Prosesor Snapdragon 855 yang ditanamkan pada OPPO Reno 10x Zoom ini mengalami peningkatan yang sangat signifikan bila dibandingkan dengan prosesor generasi sebelumnya, yaitu hingga mencapai 45% untuk CPU dan 20% untuk GPU.


Di dalam prosesor Qualcomm Snapdragon 855 ini, untuk pertama kalinya mereka mengadopsi teknologi CV-ISP (Computer Vision - Image Signal Processor) sehingga proses pengolahan gambar ketika mengambil foto atau video dapat dilihat secara realtime.


Dengan nama kode Spectra 380, CV-ISP pada OPPO Reno 10x Zoom bekerja secara sangat cepat, lebih hemat daya hingga 4x lipat, dan fitur Computer Vision-nya mampu melakukan hal-hal sebagai berikut :
  • Multi-object Classification
  • Multi-object Tracking
  • Object Segmentation
  • Depth Sensing at 60fps
  • 6DoF XR Body Tracking
  • CV Stabilization


Untuk GPU-nya sendiri, Qualcomm Snapdragon 855 telah terintegrasi dengan Adreno 640, terbaru tercanggih saat ini. Seperti saya singgung di atas, GPU Adreno 640 pada OPPO Reno 10x Zoom sudah membawa Vulkan 1.1 ke platform mobile yang meningkatkan performa gaming.

AI Engine pada Qualcomm Snapdragon 855 sudah memasuki generasi ke-4 dan OPPO Reno 10x Zoom bersama prosesor ini untuk pertama kalinya mengadopsi 2GBps LTE modem yang terintegrasi. Ringkasan teknologi yang dimiliki oleh prosesor Qualcomm Snapdragon 855 bisa disimak melalui gambar di bawah ini :


Duh! Jadi nggak sabar nunggu pengumuman rilis sama harganya. Apalagi kemampuan zoom kameranya yang sampai 10x pasti enak banget kalo pas lagi liputan event.

Sebelum acara berakhir, semua undangan diperkenankan untuk santap malam yang alhamdulillah enak banget, khususnya sate dan ayam drum stick-nya.


Demikian kisah saya saat mengikuti event OPPO Reno 10x Zoom Performance Event bersama Qualcomm Snapdragon 855, semoga bermanfaat dan sampai jumpa di tulisan berikutnya.

Salam kompak persahabatan selalu..



4 komentar:

  1. Wah keren ya Oppo seri Reno ini. Saya mulai pakai Oppo seri F1. Sekarang saya pakai F9..Saya juga uji copernah diajakb ujicoba Oppo F11 malam hari di Senayan, gambarnya keren meski malam hari. Nah Oppo seri Reno 10 x zoom wow.pasti.lebih canggih lagi hehe...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yang ini saya suka secara desain dan zoom pada kameranya Om, karena berguna kalau kita duduk kejauhan dari panggung dan nggak sempat maju ke depan untuk dapet spot foto terbaik.

      Hapus
    2. Setuju.... perlu dimiliki ya hehehe...

      Hapus
    3. semoga bisa punya.. harapannya sih ada versi midrange-nya dengan kemampuan zoom yang sama :)

      Hapus