Peluncuran Jagat Sinema Bumilangit Jilid 1 Menandai Hidupnya Superhero Indonesia

Hari ini, 18 Agustus 2019, Screenplay Bumilangit resmi mengumumkan peluncuran Jagat Sinema Bumilangit Jilid 1. Beberapa tahun ke depan ...

Abadi Bagelen, Toko Roti dan Bagelen Legendaris Kota Bandung


Jika kita bepergian ke luar kota, selalu terlintas di benak kita untuk membeli buah tangan atau oleh-oleh dari kota yang kita singgahi. Apakah itu karena urusan dinas, atau memang sedang berlibur bersama teman atau keluarga. Dan yang paling umum adalah makanan khas dari daerah tersebut.

Ketika saya berkunjung ke kota Bandung beberapa waktu lalu, nggak biasanya Panda Travel Bandung menyarankan saya untuk mengunjungi sebuah toko roti bagelen yang legendaris di sana, Abadi Bagelen namanya. Sedikit terkejut saya mendengarnya, karena biasanya oleh-oleh yang direkomendasikan tak jauh dari peyeum, ubi madu, batagor, bollen pisang, atau brownies. Baiklah, toko roti ini saya jadikan tujuan selama saya berada di Bandung.

| Lokasi Abadi Bagelen



Toko Abadi Bagelen terletak tidak jauh dengan Universitas Islam Bandung. Gedung-gedung di Jalan Purnawarman, daerah Tamansari, masih banyak yang berdesain kolonial. Bahkan, toko Abadi Bagelen pun tampak luar, masih menunjukkan ciri khas bangunan lama.

Toko Abadi Bagelen

Meski dari luar, toko ini tampak klasik, namun begitu masuk ke dalam, suasananya jauh berbeda.

| Interior Abadi Bagelen


Konsep modern minimalis nampaknya jadi pilihan toko ini untuk menampilkan produk-produknya pada setiap rak yang ada.

Rak Display Abadi Bagelen

Penataan yang rapi, sesuai jenis roti dan kuenya, memudahkan pembeli dalam memilih dan memutuskan produk mana yang akan mereka jadikan buah tangan.

| Sekilas Sejarah Abadi Bagelen


Kasir Abadi Bagelen

ABADI Bagelen pertama kali didirikan tahun 1947 di Garut, kota kecil di Jawa Barat, yang berjarak kurang lebih 65 km arah tenggara dari Bandung. Pada awalnya, ABADI Bagelen hanya menjual beberapa jenis roti dan kue-kue tradisional, baru di tahun 1964 lahirlah Bagelen yang legendaris itu. Bagelen ini diproduksi dan dikelola sendiri oleh pemilik menggunakan resep keluarga. Tiga tahun kemudian, tahun 1967, ABADI Bagelen memindahkan pusat produksinya ke Bandung, kota yang lebih besar dan berkembang dari Garut. Selama tahun 1967 sampai 1976, ABADI Bagelen hanya menjajakan barang dagangannya melalui toko-toko roti lokal dan beberapa supermarket. Namun, pada tahun 1977, ABADI Bagelen akhirnya membuka outletnya sendiri yang beralamatkan di Jalan Purnawarman 49, Bandung, Jawa Barat, Indonesia.

| Optimasi Media Sosial dan FinTech


Meski dikenal sebagai toko roti dan kue yang legendaris, namun Abadi Bagelen tidak terpaku pada kejayaan masa lalu. Saat ini, Abadi Bagelen tetap mengikuti perkembangan jaman, dengan melakukan promosi melalui media sosial serta menggandeng partner FinTech untuk menggaet konsumen dari generasi milenial. Pemanfaaan media sosial ini tentu saja akan memudahkan bagi para calon konsumen untuk mendapatkan berbagai informasi dari toko Abadi Bagelen. Tidak hanya dari sisi teknologi, jenis produk yang ditawarkan oleh Abadi Bagelen juga semakin bervariasi.

Pemanfaatan fintech Abadi Bagelen

Mulai dari Warmbollen Vanilla yang terkenal itu (sekarang juga menjual rasa Mocca, Rhum, dan Coklat), dan juga bermacam jenis Bagelen Kering seperti Bagelen Spesial Roomboter, Bagelen Margarine, serta Bagelen Super Mini. ABADI Bagelen juga menjual kue-kue kering jaman dulu, seperti Kaasstengels, Speculaas Roomboter & Margarine, Kattetong Vanilla-Coklat-Keju, Boter Janhagel, Bokkepootjes, dan masih banyak lagi.

| Alasan Kenapa Memilih Abadi Bagelen


Ternyata, rekomendasi dari Panda Travel Bandung ke sini, bukan asal-asalan. Setelah saya mencoba beberapa produk yang ditawarkan seperti Warmbollen Vanilla yang jadi andalan berkat resep turun temurun keluarga, saya yakin, ini adalah oleh-oleh yang pantas untuk dibawa pulang. Selain karena rasanya yang enak, oleh-oleh di toko ini tidak memberatkan. Roti dan kue yang dikemas secara praktis membuatnya jadi lebih mudah untuk dipacking dan dibawa. Coba bandingkan jika kalian membeli oleh-oleh berupa peyeum, ubi madu atau bollen pisang, pasti lebih merepotkan untuk dibawa pulang.

| Asri dengan Bunga Khas Warna-Warni


Yang menjadikan toko Abadi Bagelen ini berbeda juga karena di halamannya terhampar beragam bunga beraneka warna. Bukan kebetulan semata, karena memang Om pemilik toko Abadi Bagelen ini sangat menyukai bunga. Sebuah hobi yang mulai langka diminati oleh kalangan generasi masa kini.

Aneka Bunga di Abadi Bagelen

Beliau hafal semua nama dari setiap bunga yang ditanamnya. Dan jika kalian sedang beruntung, kalian bisa saja berjumpa dengan beliau saat sedang berkunjung ke toko Abadi Bagelen.

Sekian dulu tulisan saya mengenai toko oleh-oleh di Bandung, salam kompak persahabatan selalu..


8 komentar:

  1. Baca ini jadi pengen warmbollen lagiii... Enak banget buat temen ngopi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya Mbak. Saya suka yg bagelen super mini buat temen ngopi..

      Hapus
  2. Keren, bayarnya juga bisa pakek uang digital. Pasti ada promonya juga.
    Makin legendaria aja nih toko roti.

    BalasHapus
  3. Jreng! Baru buka langsung liatin bunganya. Duhh, ini toko kue apa toko bunga.. Baru nemu toko kue yang menampilkan taman dengan bunga-bunga cantik begini lhoo.. Mana bagelen supermininya enak pula..

    BalasHapus
    Balasan
    1. jadi ciri khas ya? toko roti dan kue yang berbunga-bunga <3

      Hapus
  4. Telaten ya, si bapaknya. Gak cuma punya usaha bagelen, tapi juga apik melihara dan merawat taman. Salut.

    BalasHapus
    Balasan
    1. dan hafal nama-nama bunga yang ditanamnya.. keren <3

      Hapus