Brawijaya Hospital Saharjo, Pusat Layanan Kesehatan Tercanggih dan Lengkap di Pusat Kota Jakarta

  Mendengar kata Rumah Sakit Brawijaya, pikiran saya langsung tertuju pada sebuah Rumah Sakit Ibu dan Anak Brawijaya di daerah Antasari, di ...

Hidup Sehat Gak Perlu Mahal, Rasakan 5 Manfaat Gowes Sepeda!

Sumber: pinterest.com

Kalian pasti sudah tahu dong hadiah apa yang suka diberikan oleh Bapak Presiden Joko Widodo saat memberikan sebuah kuis kepada masyarakatnya di berbagai momen acara? Yup, sepeda. Kendaraan satu ini bisa kita temui dengan mudah ketika Car Free Day yang diadakan setiap akhir pekan buat berolahraga. Dengan adanya Car Free Day ini diharapkan agar bisa menjadi gaya hidup sehat masyarakat tanah air. Olahraga bersepeda juga menjadi salah satu olahraga yang hemat budget dan banyak digemari oleh berbagai kalangan. Namun, apakah kalian tahu manfaat apa saja yang didapatkan jika kita rutin gowes sepeda? Kalau belum tahu, yuk simak artikel ini selengkapnya!




1. Menguatkan Otot Paha dan Menurunkan Berat Badan

Sumber: pinterest.com

Gowes sepeda secara rutin mampu membakar lemak, kalori di dalam tubuh, serta menurunkan berat badan. Gak perlu lama-lama, cukup menggowes 30 menit saja setiap hari kalian sudah bisa mendapatkan manfaat ini. Sebab berdasarkan studi, menggowes sepeda bisa membakar lemak hingga 5 kg. Tak hanya itu, gowes sepeda Polygon juga dapat menguatkan otot-otot paha karena aktivitas kaki yang bergerak selama bersepeda. Sebelum melakukan olahraga ini, jangan lupa buat pemanasan dulu untuk membantu menghindari nyeri pada paha dan betis setelah melakukan gowes nantinya.

2. Menyehatkan Tulang


Sumber : deherba.com


Bersepeda juga bisa mencegah patah tulang karena jatuh. Walaupun bersepeda tidak membantu mengatasi osteoporosis secara khusus, akan tetapi gowes sepeda adalah bentuk latihan yang cukup ideal bagi mereka yang menderita osteoporosis. Pasalnya, bersepeda merupakan latihan ringan yang cuma memberikan tekanan sedikit pada sendi. Beberapa penelitian mengatakan kalau pasien lansia yang mulai melakukan olahraga sepeda, nyeri pada lutut dan juga osteoporosis-nya akan semakin membaik.


3. Mengurangi Tekanan Depresi dan Stres


Sumber : pinterest.com

Seseorang yang mengayuh sepeda biasanya akan santai dan tidak terlihat buru-buru. Jika menggowes sepeda di pagi hari, maka bonusnya dapat menghirup udara segar sehingga bisa mengurangi depresi dan juga stres. Bersepeda juga tidak tampak monoton, sebab kalian bersepedanya sambil menikmati pemandangan sekitar yang beragam. Apalagi kalau kalian menjumpai area persawahan, danau, atau pemancingan,
mood kalian pun akan meningkat lebih baik.


4. Mengurangi Berbagai Risiko Penyakit Kanker, Diabetes, dan Jantung


Sumber : grid.id

Manfaat bersepeda untuk kesehatan memang begitu dahsyat. Melakukan kegiatan bersepeda secara rutin bisa menjaga kesehatan jantung, melancarkan aliran pada darah, mengurangi resiko diabetes, serta mengurangi penyakit kanker payudara dan usus. Hal ini disebabkan karena tubuh diajak buat beraktivitas secara teratur. Itulah manfaat bersepeda yang bisa didapatkan oleh tubuhmu jika rutin gowes sepeda.

5. Mengatasi Insomnia

Sumber : pinterest.com
  
Bagi kalian yang mengalami insomnia, olahraga sepeda ini dianjurkan sekali buat kalian. Sebab manfaat bersepeda dipercaya bisa mengatasi gangguan yang kalian alami tersebut. Cukup menggowes sepeda lipat Polygon selama 20 hingga 30 menit 2 hari sekali. Waktu tidur kalian pun akan tiba lebih cepat dari biasanya. Di sisi lain, bersepeda di pagi hari saat matahari tidak terlalu terik bisa membantu jam biologis menjadi kembali normal, serta mengatasi hormon kortisol yang bisa menyebabkan insomnia.

Berbagai manfaat bersepeda di atas memang sangat positif sekali untuk tubuh. Tak hanya itu, dengan bersepeda juga secara tidak langsung kita membantu mengurangi kemacetan di jalan dan polusi udara kotor yang bisa membahayakan tubuh. Duh! Membahas gowes sepeda, jadi ingat Bang Aswi, rekan blogger Bandung yang suka sepedahan. Jadi kepengen gowes sepeda mengunjungi spot-spot asik di kota Bandung bareng teman-teman lain yang suka sepedahan juga. Kalau kalian, sukanya gowes sepeda ke mana?


Tidak ada komentar:

Posting Komentar