Artikel Unggulan

ASUS Zenbook 14 OLED (UX3405), Ultrabook Pertama dengan AI Prosesor

  ASUS mengumumkan Zenbook 14 OLED (UX3405), laptop ultraportable premium pertama yang dibekali oleh prosesor bertenaga AI, Intel® Core™ Ult...

Inilah Spesifikasi ASUS ROG Zephyrus G14 (GA401), Laptop Gaming 14 inci Paling Stylish dan Powerful di Dunia


Baru saja ASUS ROG Indonesia secara resmi merilis laptop gaming 14 inci terbarunya, yaitu ROG Zephyrus G14 yang membawa perubahan segar di segmen gaming/content creator  dengan inovasi-inovasi yang mereka wujudkan pada desain dan teknologi yang disematkan di dalamnya.

Ada beberapa faktor yang menjadi nilai jual dari laptop gaming ASUS ROG Zephyrus G14 ini, antara lain yaitu dimensinya yang ringkas di kelasnya. ROG Zephyrus G14 memiliki ketebalan hanya 17,9 mm dan bobot 1,6 kg saja. Selain itu, tentu saja spesifikasi perangkat keras lainnya seperti penggunaan prosesor AMD Ryzen 4000 Series, chip grafis NVIDIA GeForce RTX 2060, layar 14 inci dengan bezel tipis dan refresh rate/framerate tinggi, didukung teknologi AMD FreeSync serta sertifikasi PANTONE Validated.


Spesifikasi ASUS ROG Zephyrus G14 (GA401)


Portabilitas merupakan salah satu keunggulan utama dari ROG Zephyrus G14 (GA401). Laptop gaming ultraslim ini punya daya tahan baterai hingga 10 jam penggunaan yang dapat diisi ulang melalui charger USB Type-C. Ada dua varian warna yaitu Moonlight White dan Eclipse Gray, yang membuat ROG Zephyrus G14 (GA401) ini tampil elegan untuk para profesional.


Konfigurasi tertinggi yang digunakan pada ROG Zephyrus G14 (GA401) memiliki konfigurasi 8 core dan 16 thread. Dirancang agar tidak menghasilkan panas berlebih, AMD Ryzen™ 4000 HS Series Mobile Processor di ROG Zephyrus G14 (GA401) juga ditemani memori DDR4-3200 dengan kapasitas hingga 32GB. Sementara untuk penyimpanan, laptop gaming ini menggunakan NVMe SSD berkapasitas hingga 1TB untuk akses data yang kencang.

ROG Zephyrus G14 (GA401) menggunakan GPU NVIDIA GeForce RTX 2060 yang berjalan di 65W dengan kecepatan 1298MHz. GPU yang menggunakan arsitektur Turing terbaru ini hadir dengan Tensor Core yang memungkinkan pemrosesan grafis modern seperti real-time ray tracing. Arsitektur Turing ini tidak hanya sekadar untuk gaming, namun juga mendukung 3D modelling dan deep learning. Dedicated video encoder di dalamnya membuat ROG Zephyrus G14 (GA401) mampu memainkan game sambil melakukan live streaming tanpa lag.


Tersedia dua pilihan jenis layar pada laptop ROG Zephyrus G14 (GA401), sesuai kebutuhan dan preferensi dari masing-masing pengguna, apakah dia seorang gamer, atau content creator. Gamer yang mementingkan refresh rate dapat memilih layar beresolusi Full HD dengan refresh rate hingga 120Hz. Sementara layar beresolusi WQHD hadir untuk content creator yang lebih mementingkan resolusi. 

Untuk para gamer, ada teknologi AMD FreeSync yang memungkinkan refresh rate dan frame rate dapat disinkronisasikan sehingga tidak ada lagi tearing dan stuttering saat bermain game. Sedangkan untuk para content creator, layar ROG Zephyrus G14 (GA401) telah mengantongi sertifikasi PANTONE Validated dan telah dikalibrasi saat proses produksi sehingga mampu mereproduksi warna secara akurat.

Laptop kencang identik dengan panas yang kadang terasa berlebihan. Laptop gaming ultraslim seperti ROG G14 ini, memiliki ruang pendinginan yang sangat terbatas sehingga sangat sulit untuk menjaga komponen di dalamnya pada suhu optimal. Oleh karena itu, ASUS menghadirkan sistem khusus yang memungkinkan ROG Zephyrus G14 (GA401) untuk mengatur penggunaan daya secara otomatis sesuai dengan kebutuhan. 

ASUS ROG Zephyrus G14 (GA401) merupakan laptop ROG pertama yang mengadopsi fitur ErgoLift Design, sebuah fitur yang memungkinkan bagian belakang laptop ini terangkat sehingga menghasilkan rongga udara ekstra agar aliran udara lebih lancar. ErgoLift Design juga menghadirkan pengalaman mengetik yang lebih baik, karena ketika digunakan bagian keyboard-nya terangkat dan membentuk sudut tertentu yang membuat laptop ini lebih ergonomis dan nyaman untuk digunakan.

Sistem pendingin ROG Zephyrus G14 (GA401) menggunakan heatsink ultra-thin copper fin dengan ketebalan hanya 0,15mm. Penggunaan heatsink fin yang lebih tipis membuat udara dapat mengalir lebih lancar serta panas dapat disebar secara lebih optimal berkat permukaan heatsink yang lebih besar. 

Kipas n-Blade yang dirancang khusus untuk laptop ultraslim ini berbahan liquid crystal polymer, dirancang agar tidak berubah bentuk ketika diputar dengan RPM yang tinggi. Kipas khusus ini juga menggunakan desain unik dimana bilah kipasnya hadir dengan panjang yang berbeda. Penggunaan bilah kipas dengan panjang yang berbeda dapat menurunkan tingkat turbulensi sehingga ROG Zephyrus G14 (GA401) tetap dapat beroperasi secara senyap bahkan pada saat Turbo Mode.

Memiliki bodi yang sangat ringkas, ROG Zephyrus G14 (GA401) tampil sebagai perangkat yang mendukung portabilitas. Pengguna laptop ini dapat mengisi baterai menggunakan charger USB Type-C 65W yang jauh lebih ringkas dari charger 180W berkat dukungan Power Delivery. ROG Zephyrus G14 (GA401) juga dapat berfungsi sebagai powerbank yang mampu menyuplai daya hingga 3A melalui port USB Type-C untuk smartphone dan gadget.

Port USB Type-C di ROG Zephyrus G14 (GA401) juga mendukung display output dengan dukungan protokol DisplayPort 1.4. Sementara port HDMI 2.0b memungkinkan laptop gaming ultraslim ini untuk dapat dihubungkan ke monitor dan TV 4K. Pengguna ROG Zephyrus G14 (GA401) masih dilengkapi dengan port USB Type-A, sehingga berbagai perangkat gaming dapat langsung dihubungkan.

ROG Zephyrus G14 (GA401) dapat terhubung secara nirkabel dengan Intel WiFi 6 (Gig+) atau WiFi 802.11ax. WiFi generasi terbaru memiliki kecepatan transfer data hingga 2,4 Gbps jika terhubung dengan router yang kompatibel. WiFi 6 juga memiliki latensi yang lebih rendah sehingga kualitas koneksi jauh lebih baik dibandingkan WiFi generasi sebelumnya.

Tombol power pada ROG Zephyrus G14 (GA401) dilengkapi dengan fitur pembaca sidik jari atau fingerprint, yang disimpan di memori khusus saat pengguna menekan tombol power. Data tersebut kemudian dikirimkan ke sistem Windows Hello saat login, sehingga pengguna tidak perlu memindai jarinya kembali.

ROG Zephyrus G14 (GA401) kembali mengadopsi keyboard gaming terbaik yang telah dimiliki oleh jajaran laptop gaming ROG. Fitur N-key rollover memastikan input akurat dan responsif, serta Overstroke Technology kembali dihadirkan di ROG Zephyrus G14 (GA401). 


Yang unik juga pada ROG Zephyrus G14 ini adalah fitur Anime Matrix yang terdapat di bagian belakang layarnya. Fitur tersebut memungkinkan pengguna untuk menampilkan grafis, animasi, dan berbagai efek tampilan di belakang layar. Fitur yang membuat pemilik laptop ROG Zephyrus G14 (GA401) jadi sangat berbeda. AniMe Matrix™ menggunakan 1.215 mini LED yang memiliki 256 tingkatan pencahayaan. Dengan kemampuan tersebut, berbagai animasi dan gambar dapat ditampilkan dengan baik. Selain gambar dan animasi, AniMe Matrix™  juga dapat menghadirkan berbagai efek tampilan seperti music equalizer yang tersinkronisasi dengan sistem audio di ROG Zephyrus G14 (GA401).

Bagi kalian yang membeli ROG Zephyrus G14 (GA401), berkesempatan untuk mendapatkan aksesori Urban Sneaker Society x ROG. Setiap pembelian ROG Zephyrus G14 (GA401) versi Ryzen 9 akan mendapatkan Urban Sneaker Society x ROG Limited Edition Jacket, sedangkan pembelian ROG Zephyrus G14 (GA401) versi Ryzen 7 akan mendapatkan Urban Sneaker Society x ROG Limited Edition Sling Bag. Informasi lebih lengkap bisa disimak di situs resmi ASUS : 

http://asus.com/id/event/ROG_Zephyrus_G14_Launch/


2 komentar:

  1. Duh ... kapan bisa menimang ...

    BalasHapus
    Balasan
    1. nabung dulu Om.. sambil nunggu rilis Zephyrus terbaru setelah ini, biasanya harga turun :)

      Hapus