Train 2020 - Review (Drama Korea)

  "Pernahkah terlintas dalam benakmu? Bahwa mungkin, entah di mana, kita menjalani kehidupan yang berbeda, dengan hubungan yang berbeda...

Realme Narzo 20 Series - Smartphone NextGen untuk Anak Muda Modern


Smartphone dan anak muda masa kini tidak bisa dipisahkan. Berbagai aktifitas, mulai dari komunikasi, belajar dan bermain, bisa dilakukan dari genggaman tangan. Sejak internet bisa diakses melalui smartphone, gaya hidup manusia, khususnya anak muda, semakin berubah, beradaptasi dengan perkembangan teknologi, dan semakin memiliki kebutuhan untuk selalu terhubung setiap saat.

Salah satu brand yang fokus pada kebutuhan anak muda adalah realme. realme secara resmi didirikan pada 4 Mei 2018 oleh Sky Li, bersama dengan sekelompok anak muda yang memiliki passion di industri smartphone. Pertama kali hadir, realme mengusung semboyan “Proud to be Young” yang menawarkan kebanggaan pada setiap pengguna produk realme. Semboyan ini kemudian bertransformasi menjadi “Dare to Leap” yang membawa semangat berani melompat untuk menjawab tantangan, membawa teknologi dan trend desain masa depan, ke masa kini.

Salah satu andalan realme untuk anak muda adalah seri Narzo. Seri ini sejak awal dikhususkan untuk mereka yang mendambakan smartphone yang seimbang antara harga dengan performa. Seri Narzo adalah smartphone yang berorientasi pada kinerja untuk gamer muda, dengan membawa prosesor gaming terbaik di segmennya, serta baterai berkapasitas besar dengan teknologi pengisian daya cepat. Sesuai dengan kebiasaan anak muda yang selalu terhubung dengan internet, realme Narzo juga hanya bisa didapatkan melalui kanal penjualan online saja. Tentunya dengan melakukan penjualan secara online, banyak biaya yang bisa dipangkas agar harga yang ditawarkan tetap rasional dan terjangkau untuk kalangan anak muda.

realme Narzo 20 Series menjadi lini smartphone terbaru realme untuk anak muda yang ingin merasakan sensasi “Leap to Next Gen” di mana banyak teknologi mutakhir yang biasanya hanya bisa dinikmati di smartphone kelas flagship, kini ada pada Narzo 20 Series. Sesuai dengan semboyan “Boost The Power” yang diusungnya, realme Narzo 20 Series menawarkan performa maksimal yang melampaui performa smartphone lain di kelas yang sama. Apa saja teknologi yang disematkan ke dalam realme Narzo 20 Series? Yuk, kita kenalan lebih dalam dengan kedua varian Narzo 20 Series yang pertama, yaitu :

realme Narzo 20 Pro


Fitur Unggulan :


  • 65W SuperDart Charge
  • MediaTek Helio G95 Prosesor Gaming
  • 6,5 inci 90Hz Ultra Smooth Display
  • 16MP In-display Selfie Camera
  • 48MP AI Quad Camera


65W SuperDart Charge

Penerapan 65W SuperDart Charge merupakan lompatan besar bagi smartphone realme di segmen menengah. Dengan teknologi ini, baterai realme Narzo 20 Pro yang memiliki sel ganda 3C tingkat tinggi generasi baru berkapasitas 4500mAh (2x 2250mAh) dapat terisi hingga 100% dalam tempo 38 menit saja. Teknologi pengisian daya cepat 65W SuperDart Charge ini sudah terjamin keamanannya karena memiliki 5 jenis perlindungan :

  1. Perlindungan terhadap adapter yang kelebihan beban 
  2. Perlindungan terhadap pengidentifikasian kondisi pengisian cepat 
  3. Perlindungan terhadap interface yang kelebihan beban 
  4. Perlindungan arus lebih dan tegangan berlebih 
  5. Perlindungan terhadap sekring baterai

Selain itu juga terdapat 10 sensor suhu (Termistor NTC, Koefisien Suhu Negatif) yang akan memantau perubahan suhu dalam proses pengisian dan pemakaian, sehingga sistem secara dinamis akan menyesuaikan daya pengisian dan sekaligus menghilangkan panas berlebih, untuk menjaga suhu smartphone tetap dingin. Menariknya, realme narzo 20 Pro juga mendukung pengisian daya Power Delivery / Quick Charge 18W yang menjadikannya lebih fleksibel.

MediaTek Helio G95 Prosesor Gaming

MediaTek Helio G95 merupakan prosesor gaming yang bertenaga namun tetap efisien. Dirancang dengan menggunakan proses 12nm, prosesor ini memiliki dua core Cortex-A76 berkinerja tinggi hingga 2.05GHz dan enam core Cortex-A55 efisiensi tinggi hingga 2GHz, yang dikombinasikan dengan GPU Mali-G76 900MHz. Dengan kombinasi ini, ditambah dengan memori 8GB, media simpan 128GB serta teknologi AI yang kuat, realme narzo 20 Pro mampu memberikan pengalaman gaming yang luar biasa untuk smartphone gaming kelas menengah. Realme Narzo 20 Pro juga menerapkan Carbon Fiber Cooling System yang canggih untuk meredam panas yang dihasilkan oleh performa gahar prosesor Mediatek Helio G95 sehingga kinerja realme Narzo 20 Pro tetap stabil dan kencang.

6,5 inci 90Hz Ultra Smooth Display

realme narzo 20 Pro mengadopsi teknologi layar 90Hz Ultra Smooth Display dengan sampling rate mencapai 120Hz dengan layar berukuran 6,5 inci. Dengan fitur tersebut, setiap sentuhan pada layar akan dieksekusi seketika, memberikan pengalaman gaming yang responsif dan akurat. Bentang layar realme Narzo 20 Pro memiliki rasio 20:9, resolusi 2400x1080 FHD+, rasio screen-to-body 90,5%, serta tingkat kecerahan 480nits. Layar dengan spesifikasi seperti ini, membuat tampilan saat sedang bermain game maupun menonton film terlihat sangat tajam, jernih dan cerah.

Layar realme Narzo 20 Pro juga memiliki fungsi Eye Protection yang berguna untuk mengurangi radiasi cahaya biru yang dipancarkan oleh layar, dan mencegah ketegangan mata ketika smartphone ini digunakan dalam jangka waktu yang cukup lama.

realme Narzo 20 Pro juga telah mendukung efek visual OSIE, yang akan mengoptimalkan output visual pada layar sehingga tampil lebih cemerlang. Fitur ini memanfaatkan teknologi AI dalam meningkatkan kualitas gambar dan efek visual, khususnya pada tayangan gambar bergerak (video) dengan cara meningkatkan saturasi dan kontras serta mengurangi noise.

16MP In-display Selfie Camera

Kamera depan yang dibenamkan pada layar berdesain punch-hole ini memiliki konfigurasi 16MP Ultra-clear, sensor Sony IMX471 serta memiliki aperture f/2.0 yang cukup lebar untuk menangkap cahaya dalam kondisi temaram. realme Narzo 20 Pro sudah mendukung mode smart beauty, efek bokeh dan lainnya. Algoritma yang dimiliki realme Narzo 20 Pro, dikembangkan agar dapat mengenali tekstur wajah yang berbeda, sehingga mampu menghasilkan foto selfie yang cantik, tajam serta natural. Oya, kerennya lagi, bagian tepi kamera depan pada realme Narzo 20 Pro ini akan memancarkan cahaya yang disebut sebagai Punch-Hole Light Effect ketika kamera depan digunakan untuk face-unlock atau swafoto. Futuristis banget kesannya, ya kan?

48MP AI Quad Camera


realme Narzo 20 Pro menyematkan 4 buah kamera belakang yang mutakhir, terdiri dari 48MP kamera utama, 8MP kamera ultra-wide angle 119°, 2MP masing-masing untuk lensa potret B&W dan lensa makro. Nah, kamera utamanya sendiri memiliki sensor 48MP, dengan aperture besar f/1.8, dan lensa 6P. Dengan menerapkan mekanisme smart piksel binning 4-in-1 Quad Bayer yang menggabungkan empat piksel yang berdekatan menjadi piksel besar, realme Narzo 20 Pro mampu meningkatkan resolusi dan kualitas gambar yang diambil bahkan dalam keadaan rendah cahaya dengan teknologi HDR yang dimilikinya tetap menampilkan detil yang tadinya tidak nampak karena tertutup bayangan hitam.

Buat yang suka motret pemandangan, arsitektur gedung, maupun lanskap, realme Narzo 20 Pro juga merupakan pilihan yang tepat, karena lensa ultra-wide dengan sudut selebar 119° dan aperture f/2.3 serta resolusi 8MP, seluruh bagian bidang yang ingin dipotret, muat di sana. Tak perlu lagi mundur-mundur seperti joged akang kendang untuk mendapatkan hasil foto yang maksimal.

Hobi motret mainan? Atau senang menampilkan foto dengan detil yang menakjubkan? Santai, karena realme Narzo 20 Pro juga sudah memiliki lensa ultra makro memungkinkan untuk memotret objek dengan jarak lebih dekat. Dengan jarak pemotretan 4 cm dari objek foto, maka detil yang ditampilkan dalam foto jepretan realme Narzo 20 Pro ini sangat luar biasa.

Kehadiran lensa B&W Portrait pada realme Narzo 20 Pro memungkinkan lensa potret menghasilkan efek bokeh alami, membantu lensa utama meningkatkan kontras gambar, membuat gambar bergaya retro, serta menambahkan tekstur pada potret.

Trend fotografi malam hari juga nggak luput dari perhatian realme Narzo 20 Pro sebagai tech trendsetter favoritnya anak muda. Jika sebelumnya realme sudah memberikan Starry-mode yang cukup fenomenal, di mana memotret bintang di langit cukup menggunakan smartphone, kali ini realme narzo 20 Pro memberikan tiga filter malam terpopuler sekaligus : Cyberpunk, Flamingo, dan Modern Gold. Ketiga filter ini mampu memberikan efek foto malam hari yang glamor, futuristis dan elegan.


Buat anak muda yang suka merekam video, jangan berkecil hati karena fitur perekaman video pada realme Narzo 20 Pro telah memiliki teknologi UIS Video Stabilization dan UIS Max Video Stabilization. Fitur ini akan menstabilkan perekaman video, meredam guncangan kamera layaknya menggunakan gimbal. Bedanya, UIS Video Stabilization bekerja pada kamera utama, sedangkan UIS Max Video Stabilization akan bekerja pada lensa wide, keduanya bekerja dalam resolusi 1080p. Bayangin, realme Narzo 20 Pro layaknya action camera. Canggih!

realme Narzo 20 Pro membawa realme UI terbaru yang berbasis sistem operasi Android 10 yang lebih baik dibandingkan dengan Stock Android. realme UI baru ini terasa mulus dan ringan saat digunakan. Lebih banyak fitur terbaru hadir pada realme Narzo 20 Pro melalui realme UI. Salah satunya adalah aplikasi Soloop. Soloop adalah aplikasi pintar untuk mengedit video pendek. Cukup dengan memilih template yang disukai melalui aplikasi Soloop, video yang kita buat akan secara otomatis memiliki efek visual dan musik latar yang sesuai. Ngevlog layaknya profesional jadi lebih mudah dengan aplikasi Soloop.

Fitur Keamanan

Fitur keamanan pada realme Narzo 20 Pro ini tergolong sederhana tapi tepat guna. Alih-alih memanfaatkan under-display fingerprint scanner yang menyebabkan harga jual tinggi, realme Narzo 20 Pro menyematkan pemindai sidik jari seluas 2,4mm yang berada di bagian samping bodi, jadi satu dengan tombol daya, sehingga proses pemindaian jadi lebih ergonomis. Dengan sistem ini, cukup satu sentuhan untuk membuka smartphone secara instan dan juga memberikan keamanan lebih karena diamankan dengan biometrik sidik jari penggunanya. realme Narzo 20 Pro juga melindungi semua lubang yang ada agar kedap air, dengan pelindung silikon yang secara efektif mencegah percikan. Tapi jangan dicemplungin juga lah ya? Secara IP ratingnya bukan IP68.

Desain dan Slot SIM Card

Desain realme narzo 20 Pro terinspirasi dari semangat pantang menyerah dan selalu fokus pada kemenangan. Citra ini tersirat pada pola cahaya yang membentuk huruf V pada bodi cover belakang realme Narzo 20 Pro. V for Victory! realme narzo 20 Pro hadir dalam dua pilihan warna yang kontradiktif, yaitu White Knight dan Black Ninja. Bagaikan kedua pihak dalam permainan, ketika ksatria pembela kebenaran harus melawan musuh dari kegelapan. Jenius!

Sesuai dengan trend anak muda Indonesia yang senang menggunakan SIM card operator lebih dari satu, realme narzo 20 Pro juga dilengkapi dengan 3 slot kartu untuk dua kartu SIM dan satu MicroSD card (yang bisa diekspansi hingga 256GB). 

Best Value for Money Smartphone for Gaming in 3 million


Untuk membuktikan ketangguhan realme Narzo 20 Pro sebagai smartphone gaming terbaik, di range harga 3 jutaan, khususnya untuk game moba populer MLBB, realme secara khusus berkolaborasi dengan Udil, salah satu Pro Player dari tim Alter Ego, yang telah menggunakan realme narzo 20 Pro selama beberapa waktu dan telah mendapatkan kemenangan yang tak terhitung jumlahnya saat bermain MLBB. Nah, bagi kalian yang menginginkan realme Narzo 20 Pro sebagai smartphone gaming andalan kalian dalam berkompetisi secara sehat, bisa mendapatkannya di event realme 11.11 Salebration, dengan harga spesial Rp 3.199.000. Dengan harga yang rasional, realme Narzo 20 Pro siap menjadi the Best Choice and Best Value-for-Money Smartphone untuk kategori smarthone gaming dengan harga Rp 3 jutaan.

Ah! Harga segitu masih nggak sanggup gue! Ada yang lebih murah tapi tetep gahar nggak? Woit, woles bray! Kalau budget kalian nggak masuk buat nebus realme Narzo 20 Pro, alias ketinggian, kalian bisa memilih sang adik yang nggak kalah sangar, yaitu :

realme Narzo 20


Ada beberapa poin yang bisa jadi pertimbangan untuk memiliki realme Narzo 20 ini, yaitu :


  • Helio G85 12nm Octa-core 64bits prosesor 
  • 6000mAh Mega Battery 
  • 18W Quick Charge mendukung reverse charging 
  • 45 hari waktu siaga super lama 
  • 6,5” (16,5cm) Mini-drop Fullscreen 
  • 48MP AI Quad Camera
  • Sensor sidik jari instan 
  • Slot 3 Kartu: 2 SIM + 1 MicroSD hingga 256GB

realme Narzo 20 memiliki semangat yang sama dengan sang kakak, yaitu Boost The Power, memberikan semua kemampuan terbaik di kelasnya untuk menjadi Best Value for Money Smartphone for Gaming di range harga 2 jutaan rupiah. Nah, kira-kira apa saja perbedaannya dengan sang kakak, kok bisa lebih murah harganya sih? Yuk kita bahas. Yang pertama tentu saja adalah :

Prosesor Helio G85 12nm Octa-core 64bits prosesor

realme narzo 20 menggunakan prosesor Helio G85 yang bertenaga, dengan octa-core dan clock speed mencapai 2.0GHz, dipasangkan dengan GPU ARM Mali-G52 yang tangguh untuk pengalaman bermain yang luar biasa. Sebagai prosesor untuk gaming, Helio G85 meraih skor 200.000+ di Antutu Benchmark. Berbeda dengan sang kakak, realme narzo 20 memiliki varian memori 4GB+64GB dan didukung slot 3 kartu: 2 untuk kartu SIM dan satu untuk kartu MicroSD hingga 256GB. 

6000mAh Mega Battery

realme narzo 20 memiliki fitur baterai mega 6000mAh yang sangat besar. Menurut pengujian realme Lab, realme narzo 20 dapat bertahan selama 45 hari dalam mode siaga. Dengan OTG khusus reverse charging, realme narzo 20 juga dapat berfungsi sebagai powerbank di saat darurat. realme narzo 20 dilengkapi dengan 18W Quick Charge, butuh 30 menit untuk mengisi sampai 29%. Di sini bedanya lagi dengan sang kakak yang Pro, kapasitas baterai lebih besar, namun fitur pengisian cepatnya hanya 18W Quick Charge. Fitur mewah untuk smartphone kelas 2 jutaan.

Meski memiliki baterai yang besar, namun realme tidak melupakan optimasi penggunaan daya agar realme Narzo 20 tidak boros dalam penggunaannya. Fitur-fitur seperti App Quick Freeze dan Screen Battery Optimization diterapkan pada realme narzo 20. App Quick Freeze secara cerdas akan membekukan aplikasi yang jarang digunakan untuk mengurangi penggunaan daya pada aplikasi yang berjalan di latar belakang. Screen Battery Optimization akan menurunkan beberapa efek tampilan tanpa pemberitahuan untuk meningkatkan daya tahan baterai. Ada fitur Sleep Standby Mode untuk menghemat daya ketika tidur. Atau aktifkan Power Saving Mode yang akan mengurangi tingkat kecerahan layar, mempersingkat waktu layar-mati ke 15 detik dan menonaktifkan sinkronisasi di latar untuk lebih jauh memperpanjang masa pakai baterai. Benar-benar fully optimized!

Baterai besar bukan berarti nggak mungkin low-batt kan? Oleh karena itu, dalam keadaan kepepet, realme Narzo 20 masih memiliki senjata rahasia dalam memperpanjang durasi pemakaian dengan sisa baterai yang ada, yaitu Super Power Saving Mode. Dalam pengujian realme narzo 20 dalam mode hemat daya super, hasilnya sungguh mencengangkan. Hanya 5% baterai habis saat menggunakan WhatsApp atau YouTube selama hampir 2 jam. Dalam keadaan darurat, waktu panggilan 2 jam sudah lebih dari cukup untuk menjelaskan situasi yang terjadi. Dan rasanya, waktu selama 2 hari sudah cukup untuk menemukan tempat pengisi daya.

6,5” (16,5cm) Mini-drop Fullscreen

realme Narzo 20 dilengkapi dengan layar 6,5 inci dengan rasio 20: 9, memberikan bidang pandang yang lebih luas untuk bermain game, audio dan video, tanpa gangguan visual. Dengan desain mini-drop, struktur internal layar realme narzo 20 di area poni berkurang (sebesar 30,9% dibandingkan dengan dewdrop) sehingga mampu memberikan rasio screen-to-body hingga 88,7% pada layar penuh berukuran 6,5 inci. 


48MP AI Triple Camera

realme narzo 20 hadir dengan tiga kamera, terdiri dari 48MP kamera utama, 8MP ultra-wide angle 119° dan 2MP lensa makro dengan desain modul rumah kamera yang baru dan kekinian, kotak persegi empat, bukan lagi memanjang seperti biasanya. Beda dengan sang kakak yang Pro, yang memiliki konfigurasi 4 kamera, namun secara umum, spesifikasinya mirip.

Kamera utama realme narzo 20 memiliki sensor 48MP, aperture besar f/1.8, dan lensa 6P. Kamera ini menerapkan mekanisme binning piksel cerdas 4-in-1 Quad Bayer yang menggabungkan empat piksel yang berdekatan menjadi piksel besar, meningkatkan resolusi dan kualitas gambar yang diambil bahkan dalam pengaturan cahaya rendah mampu menyajikan detail yang kaya. 

realme narzo 20 memiliki fitur kamera sudut lebar dengan piksel 8MP, aperture f/2.25 dan bidang pandang ultra-wide-angle 119°, yang dapat menangkap tampilan lebih luas. Saat mengambil foto pemandangan, gedung, foto grup dengan banyak orang, dan pemandangan jauh lainnya, beralih ke mode sudut ultra lebar hanya dengan satu klik. Selain itu, algoritma kalibrasi distorsi yang disesuaikan oleh realme memecahkan titik distorsi tepi dalam foto sudut ultra lebar tradisional, menjadikan foto bidang lebar lebih nyata dan menakjubkan. 

Lensa ultra makro 2MP memungkinkan pengguna lebih dekat dan menemukan keindahan dunia mikro dengan jarak pemotretan 4 cm. 

Tuh kan bener? Mirip banget konfigurasi kameranya, cuma beda di modul B&W doang.

realme narzo 20 juga punya mode Nightscape yang akan membuatnya menjadi night shooter terbaik di segmen ini. Algoritma mode Nightscape akan mengambil beberapa foto dalam pencahayaan berbeda, lalu menggabungkannya menjadi satu bidikan tunggal dengan mengambil bagian terbaik di setiap foto. Hasilnya, bidikan malam hari akan menjadi jauh lebih cerah dan jernih. 

Kamera selfie realme Narzo 20 dengan resolusi 8MP bisa mengambil foto selfie sejernih kristal. Mendukung fungsi AI beautification, mode HDR, mode portrait, dan fitur Panoselfie yang bisa membantu mengambil foto selfie dengan sudut lebih luas. Serasa difoto dengan lensa ultra-wide kamera belakangnya.


Desain realme narzo 20 terinspirasi oleh isyarat Victory (kemenangan) dan menggunakan tekstur khusus untuk mendapatkan sentuhan dan nuansa premium di bagian belakang smartphone, dengan efek visual yang berubah seiring cahaya. realme narzo 20 menawarkan dua varian warna: Blue Blade dan Silver Sword. Oiya, ada sensor sidik jari di bagian belakangnya juga, beda dengan sang kakak yang sensor sidik jarinya ada di samping, menyatu dengan tombol power.

Fitur Tambahan yang Menarik

Mode Ganda untuk Berbagi Musik 

Mode Ganda untuk Berbagi Musik (Dual Mode Music Share) sangat berguna ketika dua pengguna mencoba menikmati video atau lagu yang sama pada waktu yang sama dari perangkat yang sama. Hubungkan sepasang earbud nirkabel dan earphone kabel secara bersamaan, sehingga kalian dapat mendengarkan lagu yang sama yang diputar dari smartphone realme yang sama. Fitur ini didukung jika satu pengguna mendengarkan musik dalam Bluetooth dan headphone kabel secara bersamaan. Lalu, jika satu pengguna sedang menelepon melalui Bluetooth, pengguna lainnya tetap dapat mendengarkan musik melalui perangkat kabel. 

Mode Fokus 

Mode Fokus ini membantu pengguna berkonsentrasi dan rileks, tanpa gangguan dari ponsel. Menyalakan "Mode Fokus" dapat membantu pengguna mengisolasi diri dari dunia luar. Sistem secara bersamaan akan memainkan beberapa musik yang menenangkan. Mode ini akan mengaktifkan DND (Mode Jangan Ganggu), mencegah notifikasi baru menumpuk. Pilih salah satu dari empat nada bawaan untuk relaksasi. 

Tangkapan Layar 3-Jari yang Dapat Dipilih 

Cukup menggunakan 3 jari, tekan dan tahan di layar Anda lalu geser untuk mengambil bagian layar yang dipilih. Tidak perlu lagi memotong. Mengambil tangkapan layar sebagian dilakukan hanya dengan satu langkah. 

Perlindungan Informasi Pribadi 

Dengan mengaktifkan "Perlindungan Informasi Pribadi" di realme UI, sistem akan menyediakan halaman informasi kosong ketika aplikasi meminta untuk mengakses informasi pribadi pengguna. Ini memastikan riwayat panggilan, kontak dan pesan tetap pribadi dan mencegah kebocoran informasi. 

Mode Gelap 

Mode Gelap bawaan terintegrasi dengan apik di realme UI. Mode ini dioptimalkan untuk dapat bekerja di lebih banyak aplikasi pihak ketiga, latar belakang laci aplikasi yang bergeser dari terang ke gelap ketika Mode Gelap diaktifkan. Ini juga memungkinkan untuk mengatur Mode Gelap untuk mati secara otomatis saat matahari terbit dan menyala saat matahari terbenam.

Best Value-for-Money Smartphone Gaming 2 Jutaan


Bagi kalian yang budgetnya pas-pasan tapi pengen punya smartphone yang bisa Boost The Power, realme narzo 20 bisa ditebus pada flash sale realme 11.11 Salebration. realme narzo 20 akan tersedia dalam konfigurasi memori internal 4GB+64GB dan menawarkan 2 pilihan warna: Victory Blue & Glory Silver. Jika internal storage terasa kurang, kalian bisa menambahkan microSD hingga 256GB juga karena realme Narzo 20 juga memiliki 3 slot SIM tray. realme narzo 20 akan hadir dengan harga spesial Rp 1.999.000, dan menjadi Best Value-for-Money Smartphone untuk sebuah smartphone gaming di segmen harga Rp 2 jutaan di event realme 11.11 Salebration.

Tunggu apa lagi? Jangan sampai salah pilih ya? Cuma realme Narzo 20 Series smartphone gaming mid-range pilihan anak muda modern!

2 komentar:

  1. aku pun juga pengen mas punya hape realme ini...


    deddyhuang.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama, pengen yang Pro, ini hape anak muda banget..

      Hapus