Begini Cara Migrasi Kartu XL 3G ke 4G Secara Mandiri


Kami sekeluarga, mayoritas menggunakan kartu XL di dalam smartphone kami masing-masing. Dan bukan kebetulan jika saya merupakan pengguna layanan 4G pertama di dalam keluarga. Kurang lebih setahun yang lalu, kartu SIM istri saya juga hijrah ke 4G, karena kami berdua menggunakan layanan pasca bayar, dan saat itu layanan 3G mulai berkurang kuotanya, sehingga saat itu, saya memutuskan untuk sekalian mengganti kartu SIM istri saya dari 3G ke 4G di XL Center Lotte Mart.

Dan kemarin adalah giliran kartu SIM anakku yang pertama. Sejak dirinya memasuki jenjang pendidikan menengah, kami telah memberikan fasilitas smartphone agar anak kami bisa berkomunikasi dengan kami, orangtuanya, serta untuk kepentingan pendidikan, khususnya komunikasi dengan guru dan teman-teman sekolahnya. Gaya pendidikan jaman sekarang, memang jauh berbeda dengan masa kami dahulu. Sekarang ini, guru memberikan tugas, mengingatkan jadwal ujian, semuanya melalui grup chat, baik Line maupun WA. Nah, berhubung sejak awal, kartu SIM anak kami masih 3G, sehingga kami merasa, banyak jatah kuota 4G yang tidak terpakai walau kami membayarnya. Untuk itu, saya mencoba mencari tahu cara migrasi layanan 3G ke 4G untuk kartu SIM berjenis layanan Pra Bayar. Dan hasil referensi dari teman-teman saya di grup, merujuk pada alamat situs ini.

"https://www.xl.co.id/id/for-you/news-and-promo-detail/992/Upgrade-4G-SIM-Card-Sendiri"
Sepintas tampak tidak sulit, alur prosedurnya tergambar jelas melalui grafis yang terpampang di sana. Namun ternyata, kenyataannya, ada sedikit kendala yang saya akan bagi informasinya sesaat lagi.

Pertama-tama, kita bisa lakukan pemeriksaan terhadap kartu SIM yang sekarang digunakan, untuk memastikan bahwa kartu tersebut benar-benar belum mendukung layanan 4G, yaitu dengan mengetikkan *123*817#


Jangan lupa siapkan 1 kartu SIM perdana baru. Karena saya niat migrasi, jadi saya beli kartu perdana yang polos tanpa paket maupun pulsa. Pastikan kartu perdana tersebut sudah 4G. Itu penting!



Nah! Kartu SIM kita potek dahulu sesuai dengan jenis yan didukung oleh hape kita, apakah itu normal, micro atau nano. Kartu jaman sekarang, sudah ada garis pre-cut sehingga memudahkan untuk memotong, tanpa harus pakai bantuan SIM card cutter lagi. Nice. Oke! Kartu SIM baru sudah siap, saatnya melakukan langkah-langkah berikut ini :



Langkah pertamanya adalah mengetikkan kode *123*46# lalu mencabut SIM Card. Di sini tidak ada penjelasan apakah hape harus dimatikan atau tidak, jadi saya beritahukan bahwa kondisi hape tetap hidup. Setelah mengetikkan kode tersebut, tunggu sampai dapat SMS seperti di bawah ini.


Setelah dapat SMS, segera keluarkan kartu SIM lama anda, dan segera masukkan kartu SIM yang baru, yang sudah 4G, kemudian ketik kembali kode yang sama, yaitu *123*46#

Pada tahap ini, sebelum restart, hape akan meminta registrasi. Jadi, lakukan saja registrasinya, karena menurut CS @MyXLCare di Twitter, kartu baru harus dalam kondisi teregistrasi terlebih dahulu agak proses migrasinya lancar. Jangan kuatir nomor lama gagal pindah, justru jika kita menunda registrasi, nomor yang aktif adalah nomor yang baru. Jadi, pastikan untuk REGISTRASI kartu SIM yang baru.

Setelah registrasi, hape mesti kita restart. Hal pertama yang saya lakukan adalah, menjalankan aplikasi MyXL untuk memastikan semuanya berfungsi normal, tapi ini bukan yang utama. Justru hal utama yang mesti kita lakukan adalah mengetikkan kode *123*817# untuk memastikan proses migrasi tadi berhasil. Apa buktinya jika migrasi berhasil? Pertama adalah, nomor hape-nya tetap sama dengan saat masih 3G, bukan nomor kartu perdana yang kita beli. Kedua, kartu sudah mendukung layanan 4G. Sebelumnya kan, kartu masih belum mendukung 4G.


Agar lebih yakin, lakukan tes kirim SMS atau telpon ke nomor kita yang lain, untuk meyakinkan bahwa nomor tersebut tidak berubah. Lalu kita cek paket layanan internet yang sebelumnya banyak kuota 4G tidak terpakai, apakah masih aktif atau hangus, melalui aplikasi MyXL.


Indikator jaringan yang tadinya H+ juga sudah berganti ke 4G.


Nah! Proses migrasi secara mandiri sudah selesai. Sangat mudah seandainya informasi yang tertera di situs resmi-nya cukup detil. Semoga tulisan saya kali ini bisa memberikan pencerahan bagi siapa saja yang ingin melakukan migrasi kartu XL Pra Bayar dari 3G ke 4G. Sampai jumpa di tulisan saya berikutnya..

Salam kompak persahabatan selalu..

Komentar

Postingan populer dari blog ini

[Story] Pindah Sekolah Anak SD, Sulitkah?

[Story] Waspada Memilih Sekolah Dasar (Swasta)!

Masalah Whiteline pada ASUS Zenfone Zoom S