Galaxy S20+ & Buds + BTS Edition, Edisi Spesial untuk ARMY yang Loyal

Masih ingat kan? Beberapa waktu lalu, BTS mengadakan konser live streaming dalam rangka merayakan Anniversary ke-7 mereka yang bertajuk Ba...

Makna IP Rating pada Gawai


Kita sering menemukan istilah IP sekian-sekian ketika sedang membaca spesifikasi teknis sebuah gawai. Kode ini umumnya digunakan untuk merujuk pada ketahanan gawai tersebut. Sebetulnya bukan hanya gawai sih, tapi hampir semua peralatan bisa saja memiliki kode IP ini. Sebetulnya, apa sih maksud sesungguhnya dari kode IP tersebut?

Apa itu peringkat IP?


Peringkat IP (atau "Ingress Protection") didefinisikan dalam standar internasional EN 60529 (British BS EN 60529: 1992, European IEC 60509: 1989). Peringkat ini digunakan untuk menentukan tingkat efektivitas penyegelan selubung listrik terhadap intrusi dari benda asing (alat, kotoran dll) dan kelembaban.

Apa arti angka-angka dalam Peringkat IP?


Angka-angka yang mengikuti kode IP masing-masing memiliki makna tertentu. Yang pertama menunjukkan tingkat perlindungan (fisik) dari bagian yang bergerak, serta perlindungan peralatan tertutup dari benda asing. Yang kedua mendefinisikan tingkat perlindungan yang dapat diredam oleh selubung dari berbagai bentuk kelembapan (tetesan, semprotan, perendaman, dll.). Tabel di bawah ini akan membantu memahami hal itu:

Peringkat IP - apa artinya.




IP Rated Enclosures
Angka yang diganti oleh x menunjukkan bahwa penutup tidak diberi peringkat untuk spesifikasi itu.

Digit Pertama (perlindungan intrusi)

     0. (atau X - lihat bagian di bawah): Tidak ada perlindungan khusus. Tidak diberi peringkat (atau                 tidak ada peringkat yang diberikan) untuk perlindungan terhadap masuknya tipe ini.
  1. Perlindungan dari sebagian besar tubuh seperti tangan (tetapi tidak ada perlindungan dari akses yang disengaja); dari benda padat yang berdiameter lebih dari 50mm.
  2. Perlindungan terhadap jari atau benda lain yang panjangnya tidak lebih dari 80mm dan diameter 12mm (kontak jari tidak disengaja).
  3. Perlindungan dari entri oleh alat, kabel dll, dengan diameter 2,5 mm atau lebih.
  4. Perlindungan terhadap benda padat lebih besar dari 1mm (kabel, paku, sekrup, serangga lebih besar dan benda kecil yang berpotensi invasif lainnya seperti alat / kecil dll).
  5. Perlindungan sebagian terhadap debu yang dapat membahayakan peralatan.
  6. Debu sangat rapat. Perlindungan penuh terhadap debu dan partikulat lainnya, termasuk segel vakum, diuji terhadap aliran udara terus menerus.
Digit Kedua (perlindungan kelembaban)

      0. (atau X - lihat bagian di bawah): Tidak ada perlindungan.
  1. Perlindungan terhadap tetesan yang jatuh secara vertikal, seperti kondensasi. memastikan bahwa tidak ada kerusakan atau terputusnya fungsi komponen yang akan terjadi ketika suatu barang tegak.
  2. Perlindungan terhadap tetesan air dibelokkan hingga 15° dari vertikal
  3. Terlindungi dari semprotan hingga 60° dari vertikal.
  4. Terlindungi dari percikan air dari segala arah. Diuji selama minimal 10 menit dengan semprotan osilasi (masuknya terbatas diizinkan tanpa efek berbahaya).
  5. Perlindungan terhadap jet tekanan rendah (6,3 mm) dari air yang diarahkan dari sudut mana pun (masuknya terbatas diizinkan tanpa efek berbahaya).
  6. Perlindungan terhadap jet tekanan tinggi langsung.
  7. Perlindungan terhadap perendaman penuh hingga 30 menit pada kedalaman antara 15 cm dan 1 meter (masuknya terbatas diizinkan tanpa efek berbahaya).
  8. Perlindungan terhadap perendaman yang diperpanjang di bawah tekanan yang lebih tinggi (yaitu kedalaman yang lebih besar). Parameter yang tepat dari pengujian ini akan ditetapkan dan diawasi oleh pabrikan dan dapat mencakup faktor-faktor tambahan seperti fluktuasi suhu dan laju aliran, tergantung pada jenis peralatan.
  9. (K): Perlindungan terhadap semprotan jet tekanan tinggi, suhu tinggi, pencucian atau prosedur pembersihan uap - peringkat ini paling sering terlihat pada aplikasi kendaraan jalan khusus (standar ISO 20653: Kendaraan Jalan 2013 - Derajat perlindungan).

Peringkat IPX


Peringkat IP tidak sepenuhnya valid, tetapi kadang-kadang masih terlihat di situs web yang menawarkan selubung perlindungan (tetapi lebih sering pada perangkat lighting). "X" hanya menunjukkan bahwa nilai untuk nomor tersebut hilang. Anda dapat menggantinya dengan nol, dengan asumsi bahwa ia belum masuk peringkat perlindungan. Ini mungkin bukan masalahnya, tetapi lebih baik aman daripada menyesal. Angka pertama menunjukkan perlindungan masuknya benda asing, kelembaban kedua. Jadi "x" 5 misalnya, berarti bahwa tidak ada perlindungan pasti dari benda padat, tetapi perlindungan terhadap jet air tekanan rendah, sedangkan 5 "x" akan menunjukkan perlindungan parsial dari debu, tetapi tidak ada perlindungan khusus dari kelembaban.

Ringkasan Umum


Peringkat IP yang paling umum adalah 65, 66, 67 dan 68. Sebagai referensi cepat, kami dapat definisikan seperti di bawah ini:
  • IP65 - IP berperingkat "kedap debu" dan terlindung dari air yang diproyeksikan dari nozzle.
  • IP66 - IP berperingkat "kedap debu" dan terlindung dari lautan deras atau semburan air yang kuat.
  • IP 67 - IP berperingkat "kedap debu" dan terlindung dari pencelupan . selama 30 menit pada kedalaman 150mm - 1000mm
  • IP 68 - IP berperingkat "kedap debu" dan terlindung dari perendaman yang kontinu dalam air .




4 komentar:

  1. jadi untuk saat ini strata tertinggi IP adalah 68 yah mas, jadi kalau IP 68 jaminan tahan banting dan kokoh di segala situasi :-)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sejauh ini sepertinya baru segitu Kang.. Entah mungkin kelak ada tambahan lagi yg lainnya..

      Hapus
  2. oh aku baru tau jadi ada hubungannya sama kekuatan gawai itu sendiri ya
    kukira ini dulu kayak IP buat internet hehehe
    makasih mas infonya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Singkatan IP ini banyak sekali.. selain internet protocol, Ada juga intellectual property.. Tapi yg ini khusus utk daya tahan..

      Hapus