Laptop buat Anak Sekolah? ASUS BR1100 Ajah!

  Pendidikan di Indonesia, masih memiliki sejumlah permasalahan yang dihadapi dalam prosesnya. Terlebih lagi di masa pandemi seperti saat in...

Video Gisel Dikirim via AirDrop, Apa Itu AirDrop?

 


Tau video-nya Gisel Anastasia yang bikin heboh dan berhasil mempersatukan seluruh lapisan masyarakat, khususnya laki-laki, di Indonesia? Berdasarkan penyidikan yang dilakukan oleh pihak kepolisian, video tersebut dikirim oleh Gisel kepada teman lelakinya dengan menggunakan AirDrop. Apa sih sebenarnya AirDrop itu?

AirDrop adalah fitur untuk berbagi dan menerima foto, dokumen dan lain-lain dengan sesama perangkat Apple yang berada di sekitar pengguna.

Bagaimana Cara Menggunakan AirDrop?

Sebelum memulai berbagi file :

  • Pastikan orang yang akan menerima file tersebut berada dalam jangkauan koneksi Bluetooth dan WiFi.
  • Pastikan kedua belah pihak (pengirim dan penerima) telah menghidupkan Bluetooth dan WiFi-nya. Jika ada Personal Hotspot yang aktif, segera matikan.
  • Pastikan si penerima telah mengatur AirDrop-nya untuk bisa menerima dari Contact Only. Jika sudah dilakukan dan kalian sudah jadi Contact-nya, mereka perlu alamat email atau nomor telpon di daftar kontak agar AirDrop dapat berfungsi.
  • Jika kalian tidak berada di dalam daftar kontak mereka, pastikan mereka mengatur setting AirDrop mereka agar bisa menerima dari semua orang (everyone).

Kalian bisa menentukan setting penerimaan AirDrop ke Contact Only atau Receiving Off kapan saja, untuk mengontrol siapa saja yang bisa melihat gawai kalian, dan mengirimkan konten kepada kalian melalui AirDrop.

Cara Mengirim/Berbagi Konten dengan AirDrop


 

  1. Buka aplikasi, lalu tap Share/tombol Share. Jika kalian ingin berbagi foto melalui aplikasi Photos, kalian bisa geser kanan/kiri serta memilih beberapa foto sekaligus.
  2. Tap pengguna AirDrop yang ingin kalian kirim. Atau kalian juga bisa mengirim konten tersebut ke gawai lain yang kalian miliki. 

Catet! Jika orang yang ingin kalian bagi kontennya sudah ada di dalam daftar kontak, kalian akan melihat foto profil mereka beserta namanya. Jika mereka tidak berada di dalam daftar kontak, kalian hanya akan melihat namanya saja, tanpa ada foto mereka. 

Cara Menerima Konten via AirDrop



Ketika seseorang berbagi konten dengan kalian via AirDrop, kalian akan melihat pesan pemberitahuan/notifikasi sekaligus preview-nya. Kalian bisa menerimanya, atau menolaknya.

Jika kalian menerimanya dengan melakukan tap Accept, konten yang dikirim melalui AirDrop akan diterima sesuai dengan aplikasi yang mengirimnya. Contoh, foto akan ditampilkan di dalam aplikasi Photos, website akan ditampilkan di dalam browser Safari. Tautan aplikasi akan dibuka melalui App Store sehingga kalian bisa mengunduh atau membeli aplikasi tersebut.

Jika kalian mengirim sesuatu via AirDrop ke diri sendiri, seperti misalnya mengirim foto dari iPhone ke Mac, kalian tidak akan melihat opsi Accept atau Decline, konten tersebut akan secara otomatis masuk ke dalam gawai tujuan. Pastikan kedua gawai menggunakan AppleID yang sama. 

Cara Mengubah Setting AirDrop



Cara untuk menentukan siapa saja yang bisa melihat dan mengirim konten ke gawai kalian via AirDrop :

  1. Pergi ke Setting, lalu tap General
  2. Tap AirDrop lalu pilih Option

Kalian juga bisa melakukan setting AirDrop kalian melalui Control Center lho. Begini caranya :

  1. Pada iPhone X atau lebih baru, iPad dengan iOS 12 atau lebih baru, atau iPadOS, geser ke bawah dari bagian pojok kanan atas layar untuk membuka Control Center. Pada iPhone 8 atau yang lebih lawas, geser layar dari bawah ke atas.
  2. Tekan dengan lembut, atau tekan dan tahan bagian network setting di bagian kiri atas atas.
  3. Tekan dan tahan tombol AirDrop, lalu pilih salah satu dari opsi berikut ini :

  • Receiving Off : kalian tidak akan menerima permintaan AirDrop.
  • Contacts Only : hanya kontak kalian saja yang bisa melihat gawai kalian.
  • Everyone : semua gawai Apple di sekitar yang menggunakan AirDrop bisa melihat gawai kalian.

Jika kalian melihat Receiving Off namun tidak bisa melakukan tap untuk mengubahnya, lakukan langkah berikut :

  1. Pergi ke Setting > Screen Time.
  2. Tap Content & Privacy Restrictions.
  3. Tap Allowed Apps dan pastikan AirDrop dalam keadaan on.

Sekian informasi mengenai cara menggunakan fitur AirDrop di gawai Apple, semoga bermanfaat.

Salam kompak persahabatan selalu..


Tidak ada komentar:

Posting Komentar