Artikel Unggulan

ROG Phone 8, Lebih dari Sekadar Smartphone Gaming!

  ROG Phone merupakan seri smartphone gaming Android rancangan ASUS. Seri ROG Phone pertama kali diumumkan pada tanggal 8 Juni 2018 di ajang...

Semangat Guru Virtual Learning Series dan HP LIFE - Program Pendidikan Online dari HP Indonesia

 


HP mengumumkan peluncuran dua program pendidikan untuk mendukung pembelajaran berkelanjutan di Indonesia. Program-program tersebut adalah Semangat Guru Virtual Learning Series, program pembelajaran untuk melatih soft skills para guru, dan HP LIFE dalam Bahasa Indonesia, rangkaian kursus online gratis yang berfokus pada keterampilan bisnis dan TI. Kedua program ini bertujuan untuk meningkatkan kesetaraan pembelajaran dan digital di Indonesia. Selain itu, program-program ini juga didukung oleh seri HP Chromebooks terbaru, dari jajaran perangkat HP untuk pendidikan yang komprehensif.

Semangat Guru Virtual Learning Series dikembangkan untuk mendukung guru Indonesia untuk melakukan blended learning yang efektif, dan tersedia melalui platform Guru Belajar & Berbagi milik Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek).

Sementara itu, peluncuran HP LIFE dalam Bahasa Indonesia akan membantu wirausahawan dan pemilik usaha kecil agar mereka dapat mengakses kursus-kursus seperti perencanaan bisnis dan pemasaran, hingga cara meningkatkan modal dan pola pikir desain. HP LIFE dalam Bahasa Indonesia melengkapi tujuh bahasa yang sebelumnya telah tersedia dalam program global ini. 

“Kami di HP percaya bahwa pendidikan adalah hak dasar manusia, dan kami berkomitmen untuk memastikan kesetaraan pembelajaran dan digital di Indonesia untuk mendukung program pemerintah. Teknologi dapat menjadi kekuatan penyeimbang yang hebat bila disesuaikan dengan kebutuhan-kebutuhan komunitas dan individu di dalamnya. HP memberikan dukungan, tidak hanya kepada komunitas kurang mampu melalui Tech Hubs, tapi juga kepada para guru melalui Semangat Guru Virtual Learning Series, serta para pelaku UKM dan wirausahawan melalui program global HP LIFE.”
- Fiona Lee, Managing Director, HP Indonesia -

Dukung Kemendikbudristek dengan Konten Belajar Menarik dan Pembicara Inspiratif

Semangat Guru Virtual Learning Series akan mendukung para guru mendidik generasi penerus Indonesia dengan menggunakan konsep 3E: Educate, Engage and Entertain (Mendidik, Melibatkan, dan Menghibur). Program ini akan tersedia bagi para guru yang terdaftar di platform Guru Belajar & Berbagi dan dapat menampung hingga ribuan peserta pada tiap kelas virtualnya. Enam episode pembelajaran akan dipandu oleh pembicara inspirasional untuk membangun soft skills mulai dari keahlian dalam penggunaan teknologi sampai komunikasi. Para pembicara Semangat Guru termasuk di antaranya Iwan Syahril, Ph.D, Direktur Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan Kemendikbudristek, serta Vivit Kavi dan Vena Annisa, FoundersV&V Communications

Permintaan akan sarana pembelajaran baru di antara para guru telah meningkat karena pandemi, di mana orang tua dan siswa bekerja dari rumah dan pengajaran dilakukan dari jarak jauh. Semangat Guru Virtual Learning Series tergabung dalam program pemerintah Guru Belajar & Berbagi, menyediakan program pembelajaran online melalui platform teknologi dan bertujuan untuk mendukung serta menghargai dedikasi para guru dalam mendidik generasi masa depan Indonesia.

Program ini akan dimulai pada bulan Juni, dengan membawa semangat Pancasila yang diperingati pada 1 Juni.

Semangat Guru Virtual Learning Series akan membantu para guru mendalami bagaimana teknologi dapat digunakan untuk blended learning dan diadaptasi untuk berbagai gaya belajar. Seri ini memiliki beberapa modul yang mencakup:

  • Pentingnya penggunaan teknologi dalam berbagai gaya pembelajaran. 
  • Bagaimana teknologi dapat digunakan untuk pembelajaran campuran (blended learning). 
  • Tahapan penyusunan konten pembelajaran digital dan penggunaan perangkat teknologi sederhana. 
  • Pendekatan komunikasi yang dapat diterapkan dalam berbagai cara pembelajaran. 

HP LIFE dalam Bahasa Indonesia

Peluncuran HP LIFE dalam Bahasa Indonesia akan memberikan kesempatan bagi wirausahawan, pelaku UKM, dan semua orang yang ingin terus belajar untuk membangun keterampilan demi masa depan, baik bagi mereka yang baru mau memulai atau mengembangkan bisnis sendiri, memasuki dunia kerja, atau mendapatkan pekerjaan yang lebih baik, dengan memberikan akses ke dalam program pelatihan keterampilan gratis.

“HP LIFE merupakan sumber materi pendidikan yang dapat disesuaikan dan digunakan di lapangan oleh pelatih, pendidik, dan mentor untuk memperkaya kurikulum, mendukung penciptaan bisnis, dan meningkatkan keterampilan kerja. Dalam sebuah laporan HP di tahun 2020 mengenai UKM, 57% UKM di Indonesia menyatakan bahwa transformasi bisnis melalui teknologi adalah hal yang penting atau sangat penting. HP LIFE dapat membantu memudahkan transisi itu,”

- Frans Adiredja, Business Personal System Category Head, HP Indonesia -


Bersama mitra-mitranya, termasuk Junior Achievement (JA), UNIDO, dan Girl Rising, HP LIFE bertujuan untuk meningkatkan kesetaraan digital dengan memungkinkan siapa saja di seluruh dunia mewujudkan impian mereka dalam meraih kemandirian ekonomi. Saat ini, HP LIFE diakses lebih dari 418.000 pengguna aktif yang berasal dari lebih dari 200 negara dan wilayah, dengan lebih dari 1,3 juta kelas yang telah diselesaikan. HP Foundation menargetkan untuk menarik satu juta pengguna HP LIFE pada 2025. Hingga kini, terdapat lebih dari 165.000 pengguna telah mendaftarkan diri, dan program ini telah memberi manfaat bagi 12.700 pengguna di 28 negara Asia. 

Komitmen HP terhadap Pendidikan di Indonesia

  • HP berkomitmen untuk meningkatkan hasil pembelajaran bagi 100 juta orang pada 2025, sebagai tambahan dari 21 juta pelajar dan pelajar dewasa yang telah memperoleh manfaat dari solusi dan program pendidikan HP. 
  • HP telah menyediakan teknologi dan pelatihan kewirausahawan bagi 5.000 pelajar Indonesia di komunitas kurang mampu dengan mendirikan Tech Hubs di Lombok dan Jakarta.
  • HP juga memberikan sumbangan dan bantuan melalui program Sahabat Pendikan dan EduXtion, dengan mendonasikan produk-produk PC dan Printer, serta memberikan pelatihan melalui Prestasi Junior Indonesia, yang merupakan bagian Junior Achievement Worldwide, salah satu LSM terbesar di dunia yang berfokus pada kalangan muda dalam mempersiapkan mereka untuk bekerja dan berwirausaha. 

Untuk mengukuhkan komitmen terhadap pendidikan di Indonesia, inisiatif-inisiatif tersebut juga dilengkapi dengan program dan platform HP yang sedang berjalan, seperti Tech Hubs, di mana seluruh program ini menyediakan teknologi dan pendidikan ke area-area terpencil untuk menciptakan kesetaraan digital yang lebih baik di Indonesia. Program-program yang dimaksud di antaranya: 

  • HP Tech Hubs: Pusat pelatihan yang HP dirikan di tengah komunitas kurang mampu di Jakarta dan Lombok, di mana komunitas tersebut dapat belajar menggunakan teknologi dan mendapatkan pelatihan keterampilan kewirausahaan. 
  • HP Printables: Platform gratis yang menyediakan materi belajar dan bermain untuk anak berumur 2-18 tahun. Program ini diluncurkan untuk mendukung orang tua, pengasuh, dan para pelajar dalam menghadapi pembelajaran jarak jauh.
  • HP Mentorship Project: sebuah inisiatif HP untuk mendukung kreator berkreasi, terhubung, belajar dan menghasilkan pendapatan dengan mentoring dari para ahli di bidangnya. 
  • EduXtion: Inisiatif HP untuk mendonasikan printer HP bagi sekolah di wilayah pedesaan di Indonesia. 
  • HP for Business: Sebuah platform bagi pelaku UKM untuk belajar dan mendapatkan insights untuk mengembangkan bisnis dan meningkatkan keterampilan diri. 
  • HP for Students: Toko online di HP Store Indonesia yang dikurasi untuk pelajar, dan menyediakan penawaran terbaik dengan layanan berkualitas tinggi.

Buka Potensi Produktif dan Kolaboratif

HP memberikan pengalaman kerja yang produktif dan kolaboratif untuk di rumah, kantor, dan saat dalam perjalanan melalui PC, printer, display, dan aksesori, yang semuanya didukung dengan keamanan untuk membantu bisnis berkembang di masa depan. Inovasi ini termasuk:


  • HP Chromebook: perangkat durable dengan sistem operasi Chrome yang mudah dikelola dan aman, diciptakan untuk pelajar dan didesain untuk belajar. 
  • HP ENVY x360 didesain untuk para kreator, dengan prosesor Intel® Core™ Generasi ke-11 dan sudah terverifikasi di platform Intel® Evo™, disertai layar FHD, grafis Intel® Iris® Xe dan HP Pen. 
  • HP ProBook 400 Series: dengan AMD Ryzen PRO 4000 Mobile Series adalah notebook bisnis pertama di dunia dengan prosesor x86 7nm yang memberikan performa tangguh, aman, dan tahan lama. 
  • HP Smart Tank Printer: pencetakan berkualitas luar biasa dengan tanki tinta, menggunakan teknologi terkini dan isi ulang anti-tumpah. 
  • Inovasi printer yang didukung oleh HP Smart App, untuk mencetak, membuat salinan, dan memindai melalui ponsel cerdas. Aplikasi ini kini memiliki 150.000 pengguna aktif dan 54.000 pengguna baru di 2020.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar