Artikel Unggulan

ROG Phone 8, Lebih dari Sekadar Smartphone Gaming!

  ROG Phone merupakan seri smartphone gaming Android rancangan ASUS. Seri ROG Phone pertama kali diumumkan pada tanggal 8 Juni 2018 di ajang...

Tips Promosi Produk di Platform Digital

 


Sejak awal masa pandemi, semakin banyak pemilik bisnis UMKM di Indonesia yang mulai familiar dengan konsep pemasaran melalui platform digital. Mereka mulai memahami pentingnya penerapan digital marketing, khususnya dengan kondisi pasar yang kini sangat bergantung pada penjualan online

Akan tetapi, ternyata masih banyak pelaku UMKM yang belum memiliki kemampuan dan strategi yang tepat dalam memasarkan produknya di platform online. Mereka pun merasa tidak dapat mengoptimalisasikan keberadaan platform digital untuk memasarkan produknya karena budget periklanan yang terbatas. 

Berdasarkan masalah tersebut, Niagahoster mengadakan event BreakTalk 22.0 yang berkolaborasi dengan ADA Indonesia untuk memberikan solusi kepada UMKM agar bisa berpromosi melalui platform digital secara mudah dan terjangkau sesuai dengan budget pemasaran yang dimiliki.

Muhamad Yuffi Alvidra, Sales and Account Director, Customer Engagement Solutions, ADA Indonesia selaku pembicara, menjelaskan bahwa besar atau kecil suatu bisnis, semuanya bisa beriklan di platform digital. “Yang paling penting ketika menerapkan digital marketing adalah bagaimana bisa mendapatkan target market yang tepat untuk menjual produk kita sesuai dengan budget yang kita miliki,” ujarnya.

Dalam melakukan aktivitas digital marketing, seperti misalnya beriklan di media sosial atau di internet, UMKM atau bisnis apapun itu semestinya sudah memiliki ‘rumah’ yang berisi informasi. Rumah tersebut bisa berupa website, atau akun di media sosial yang sudah terisi informasi lengkap tentang produk yang ditawarkan. “UMKM kadang lupa hal tersebut. Ketika sudah memasang iklan di media sosial inginnya angka penjualan langsung naik,” lanjut Yuffi.

Sebelum beriklan, pemilik UMKM seharusnya memahami siapa target dari produk yang mereka tawarkan, dengan cara membuat riset kecil-kecilan. Misalnya ke beberapa teman atau kerabat. Kemudian jika sudah mengetahui siapa saja yang paling tertarik dengan produknya, baru bisa disesuaikan dengan waktu yang tepat untuk beriklan di internet atau media sosial berdasarkan aktivitas target pasar. Jangan lupa, sesuaikan juga dengan budget yang dimiliki.


Analisa Ulang Jika Campaign Belum Berhasil

Di dunia internet yang amat luas, pemilik UMKM tidak boleh mudah menyerah jika iklan yang dipasang sesuai dengan target pasar ternyata tidak menghasilkan banyak penjualan. “Kalau campaign pertama tidak berjalan dengan baik, tidak apa-apa. Jangan menyerah dan analisa lagi apa yang salah atau kurang dari campaign yang sudah dilakukan,” jelas Yuffi.

Melalui digital marketing, pemilik UMKM lebih dimudahkan dengan adanya statistik real time yang bisa diukur dan dianalisa dibandingkan dengan memasang iklan di TV atau koran. “Pemilik UMKM bisa tahu berapa yang berinteraksi dengan iklan yang dipasang, berapa banyak orang yang menghubungi kontak untuk memberi produk, hingga data jenis kelamin, usia dari para user. Dari situ pemilik bisnis bisa tahu reaksi user dan bisa mengoptimasi supaya campaign yang dilakukan bisa semakin tepat sasaran,” katanya.

Saat ini, tidak sedikit pemilik bisnis yang memanfaatkan influencer di media sosial sebagai sarana digital marketing. Namun, penggunaan influencer untuk mempromosikan produk juga harus ditentukan dengan baik dan disesuaikan dengan produk yang ditawarkan.

“Tidak selamanya digital marketing dengan influencer besar dengan jutaan followers akan efektif. Bisa efektif kalau tepat sasaran dan sesuai dengan target pasar. Kita harus mengetahui audiens dari influencer tersebut. Kalau sudah terlanjur menghabiskan budget besar tapi tidak efektif kan jadi kecewa,” lanjut Yuffi.

Ia menambahkan, misalnya kita mempromosikan produk wanita dengan influencer perempuan, namun ternyata audiens dari influencer tersebut didominasi laki-laki. Tentunya hal tersebut kurang tepat sasaran. “Sekali lagi kita harus menganalisa tiap platform digital marketing yang kita gunakan agar tidak salah sasaran,” tuturnya.

Event BreakTalk diadakan gratis secara rutin oleh Niagahoster untuk membahas topik-topik tertentu di bidang IT, internet, dan digital marketing yang bisa bermanfaat bagi orang banyak. Jangan sungkan untuk bergabung jika ada kesempatan!




Tidak ada komentar:

Posting Komentar