[News] ASUS Luncurkan Smartphone 4GB RAM Pertama di Dunia

Pada tanggal 21 April 2015, bertempat di Grand Ballroom Hotel Pullman Central Park Jakarta, ASUS kembali mengumumkan kehadiran lini smartphone yang sangat ditunggu-tunggu oleh para peminat smartphone, yaitu Zenfone 2. Sejak diperkenalkan kurang lebih setahun yang lalu, lini ASUS Zenfone ini mampu menggebrak dominasi pasar smartphone dengan memberikan spesifikasi yang cukup gahar di zamannya, namun dengan harga yang relatif terjangkau dibandingkan dengan smartphone kompetitornya di kasta yang setara.

Acara dimulai sekitar pukul 11.10 WIB, di mana presentasi diisi dengan performance dari para penari modern yang dikombinasikan dengan multimedia sehingga para undangan yang hadir seolah sedang menonton sebuah pertunjukan yang menampilkan kemampuan ASUS Zenfone 2 dalam mengatasi problema pada cerita tersebut. Setelah itu, CEO ASUS, Jerry Shen, muncul memberikan presentasinya kepada seluruh undangan. Jerry Shen juga memperkenalkan maskot ASUS Zenfone, yaitu Zeny yang berwujud layaknya burung hantu nan lucu namun juga cerdas dan bijaksana. Tidak hanya Jerry Shen, Robby Swinnen, yang juga Presiden & GM dari Intel Asia Pacific & Japan, juga hadir dan memberikan apresiasinya kepada ASUS atas kerjasama yang telah terjalin selama ini (sejak ASUS masih 'bermain' motherboard) juga kepada seluruh pengguna produk smartphone ASUS Zenfone. Fenomena antusiasme peminat Zenfone pada tahun lalu, hingga sesaat sebelum Zenfone 2 diluncurkan, seolah membuka mata Robby bahwa ternyata pengguna smartphone di Indonesia tidak hanya user brand yang sudah mainstream, tapi ASUS mampu mematahkan anggapan bahwa smartphone canggih biasanya mahal. Nice move ASUS.

Tidak hanya bicara secara general, Erick Hermanson, ASUS Head of Marketing - Mobile, juga hadir untuk membedah fitur-fitur fotografi pada Zenfone 2 ini. Tidak tanggung-tanggung, ASUS menggandeng Robert Jahns, seorang fotografer profesional yang cukup ternama di Instagram, sebagai ASUS Zenfone 2 Ambassador untuk urusan fotografi. Berbagai hasil karya Robert ditampilkan dalam presentasi yang cukup singkat ini, hanya 30 menit saja, namun memang karya fotografinya benar-benar luar biasa. Sekilas tidak disangka bahwa gambar-gambar tersebut benar-benar diambil dengan menggunakan kamera smartphone, bukan kamera saku digital. Ada beberapa fitur kamera yang ditampilkan, namun akan gw bahas di saat review nanti, tapi yang jelas PixelMaster 2.0 memberikan tambahan mode dan perbaikan yang sangat-sangat signifikan dibandingkan dengan seri Zenfone sebelumnya.

Setelah ini acara ditutup dengan foto bersama para pejabat ASUS dan Intel di panggung, namun rangkaian acara masih berlanjut ke sesi berikutnya, yaitu..

Presentasi teknis tentang spesifikasi ASUS Zenfone 2. Kali ini presentasi dibawakan oleh para engineer dari ASUS. Hal-hal yang dibahas antara lain ialah perubahan ZenUI menjadi lebih interaktif dan atraktif, pilihan tema, aplikasi kolase foto, fitur proteksi kids mode dan browser yang lebih aman, ZenMotion untuk pemanfaatan gesture, dan lain sebagainya. 

Kemudian Daniel Alenquer sebagai Director ASUS Design Center, membahas sisi desain dan ergonomis dari produk Zenfone 2 ini, betapa teknologi yang digunakan benar-benar memiliki nilai seni yang serius. Perubahan letak tombol power dan volume, serta pilihan warna yang tersedia, juga pilihan permukaan casing yang berbeda-beda, membuat pengguna Zenfone 2 dapat mengekspresikan gaya smartphonenya sesuai dengan kepribadiannya. 

Kemudian TH Cheng menjelaskan performa Zenfone 2 dari sisi hardware, terutama prosesor dan kemampuan 64bit-nya yang dibanggakan, serta menunjukkan bahwa smartphone dengan RAM 4GB merupakan kasta Monster setakat ini. 

Dilanjutkan oleh David Wu yang memaparkan tentang kemampuan kamera dan lensa serta sensor gambar dari Zenfone 2. Kali ini sensor Zenfone 2 menggunakan produk dari Toshiba, setelah sebelumnya menggunakan produk Sony dan Panasonic. Dalam presentasinya, dijabarkan berbagai mode yang dapat dilakukan oleh Zenfone 2, termasuk perbedaan kualitas gambarnya saat diambil dalam mode auto atau bahkan dengan kompetitor lainnya. Yang menarik, banyak mode tambahan dalam PixelMaster kali ini, antara lain, Super Resolution untuk pembesaran gambar anti pecah, Manual mode untuk pemakaian kamera layaknya pro, Beautification untuk tampilan cantik seketika, Selfie Panorama untuk pengambilan gambar ala wide panorama, serta Dual Color Real Tone Flash untuk hasil foto dengan warna alami adanya.


Selain itu semua, ASUS juga meluncurkan beberapa produk aksesorisnya antara lain ZenPower, produk power bank resmi dari ASUS, kemudian ada 2 macam earphone untuk pengguna biasa dan audio-phile, lalu ada Loli-flash untuk selfie lucu-lucuan, serta ZenFlash, yaituo flash tambahan berkekuatan Xenon untuk hasil yang terang namun natural. Tidak lupa berbagai casing optional juga ditampilkan dalam demo booth pada event ini.




Sebagai penutup dari rangkaian acara Zenfone 2 Launch kali ini diselenggarakan Gala Dinner untuk seluruh undangan yang berkenan hadir hingga akhir acara. Gala Dinner dimulai pukul 7 malam, berisikan makan malam + ramah tamah dengan seluruh undangan, tidak lupa hiburan musik hidup serta performance dari grup Project Pop yang sangat menghibur. Khusus acara Gala Dinner ini, dipandu oleh duo host Choki Sitohang & Juanita Afriani. Sebagai acara puncak, akhirnya event yang digelar sangat megah ini ditutup sekitar pukul 10 malam, dilanjutkan dengan pembagian "surprise gift" dari ASUS sebagai bagian dari User Experience Program yang sebelumnya juga telah digelar.

Demikian pengalaman gw menghadiri event ASUS Zenfone 2 Launch malam tadi, benar-benar pengalaman yang luar biasa, sarana pelepas kepenatan dari rutinitas dan juga menambah keakraban sesama pengguna ASUS Zenfone, baik dari kalangan media, maupun dari rekan² sesama blogger.

Terima kasih ASUS, sukses selalu buat Zenfone 2!!

Untuk melihat foto² lebih banyak, bisa kunjungi FB gw di sini..

Komentar

Postingan populer dari blog ini

[Story] Pindah Sekolah Anak SD, Sulitkah?

[Story] Waspada Memilih Sekolah Dasar (Swasta)!

[Story] Semua Berawal Dari Sebuah PC