Mengapa Harus Ngeblog Dengan ASUSPRO?

Dulu, gue melihat orang yang membawa laptop kecil, ringkas, mudah dibawa, itu memberikan kesan aktif, dinamis dan professional. Dari kesan tersebut, akhirnya gue sempat memutuskan untuk memiliki sebuah laptop yang mungil, lucu, imut, untuk mendukung kegiatan gue, baik sebagai karyawan, maupun sebagai blogger. Namun ternyata, makin ke mari, kebutuhan gue akan komputasi, tidak lagi mampu ditangani oleh laptop tersebut, bukan hanya karena keterbatasan spesifikasi yang dimilikinya, tapi terutama karena kebutuhan visual gue mulai meningkat dari sebelumnya.

Lalu, gue mulai cari informasi mengenai laptop seperti apa yang kiranya sesuai dengan kebutuhan gue tersebut. Pertama-tama, gue mencari informasi mengenai prosesor yang memiliki kinerja serta performa yang terbaik. Setelah memahaminya dengan seksama, akhirnya pilihan gue jatuh pada prosesor intel Core i-series. Sebagai informasi, Intel Core i series memiliki 3 varian umum, yaitu Intel Core i3/Intel Core i5/Intel Core i7 Processor. Secara singkat, bisa gue jelaskan mengapa gue memilih prosesor Intel Core i-series ini.

Mengapa Harus Prosesor Intel Core i-Series?

1. Performa yang Gesit namun Efisien
Prosesor Intel Core dibangun di atas mikroarsitektur yang sangat efisien dalam mengelola daya. Teknologi Intel Speed Shift dan Intel Turbo Boost 2.0 akan memberikan performa yang maksimal hanya jika sedang diperlukan, sehingga lebih menghemat daya ketika sedang dalam keadaan idle. Kedua teknologi tersebut memberikan keseimbangan antara performa dengan mobilitas.

2. Pengalaman yang Menakjubkan
Intel HD Graphics memungkinkan pengguna untuk menayangkan konten premium hingga 4K UHD. Selain itu juga, proses editing foto dan video menjadi lebih cepat sehingga dapat segera dinikmati hasilnya.

3. Sederhana & Nyaman
Pada laptop dengan kamera, proses login menjadi lebih aman dengan teknologi pengenal wajah dari Windows Hello. Tak perlu lagi menghafal dan memasukkan password secara manual.

4. Usia Baterai Lebih Panjang
Seperti dibahas pada poin 1 di atas, teknologi yang efisien pada prosesor berimbas pada daya tahan baterai secara keseluruhan. Berdasarkan hasil tes lab, daya tahan baterai menjadi 3x lebih panjang ketika sedang menayangkan video dengan resolusi 4K.

5. Dukungan I/O
Teknologi Intel Rapid Storage mendukung NVMe PCIe x4 SSD. Selain itu juga, teknologi Thunderbolt 3, dengan USB-C yang mulai marak digunakan, mampu memberikan kenyamanan dalam penggunaannya. Satu kabel USB-C mampu menghantarkan kecepatan transfer data sebesar hingga 40Gbps, dua tampilan 4K 60Hz, kemampuan charging hingga 100W, grafik external, dan kemampuan lainnya.

Ke-5 poin tersebut di atas merupakan teknologi mutakhir yang dimiliki oleh prosesor Intel Core i-Series.

ASUS Intel Logo

Nah, setelah itu, baru gue cari tau merk apa yang sekiranya punya reputasi bagus di bidang laptop. Saat itu, gue terpikir tentang merk ASUS. Namun ternyata, pas gue mencari-cari di internet, ada merk bertajuk ASUSPRO. Apa!? ASUSPRO?! Merk apa lagi itu? Karena penasaran, akhirnya gue malah iseng-iseng cari tau segala informasi tentang ASUSPRO. Dari informasi yang gue dapat, ASUSPRO adalah lini produk dari ASUS yang secara khusus ditujukan bagi pengguna korporat. Lalu, apa saja perbedaan dengan lini konsumer yang biasa kita temui? Sabar! Sebentar lagi gue akan bahas mengenai laptop ASUSPRO P2430UJ yang jadi incaran gue, dan gue akan bahas sekilas perbedaannya dengan lini konsumer. Namun sebelum itu, kita bisa lihat bersama-sama, video mengenai lini produk ASUSPRO dari ASUS.



ASUSPRO P2430UJ

Laptop ASUSPRO tipe P2430UJ ini jadi pilihan gue bukan tanpa alasan. Selain karena sudah dibekali prosesor intel Core generasi terkini, ada beberapa aspek yang menyebabkan laptop ini dapat mendukung pekerjaan gue dengan nyaman. Gue akan bahas secara singkat satu demi satu.

- Layar 14” dengan Anti-Glare
Layar seluas 14” ini sudah cukup memadai untuk mendukung pekerjaan gue, baik untuk menulis, menyunting foto maupun untuk menyunting video sebagai bahan pendukung tulisan gue. Rasio 16:9 HD sudah cukup memadai juga dalam menyajikan fungsi entertainment seperti memutar film favorit di laptop. Fitur anti-glare-nya juga meminimalisir pantulan cahaya yang mengganggu saat kita sedang bekerja. Layar LCD-nya juga sudah dilengkapi dengan anti-gores. Top!
Layar Anti-Glare

- One-Piece Chiclet Keyboard
Tombol keyboard pada laptop ini disusun dengan kerenggangan tertentu yang membuatnya nyaman ditekan serta tetap akurat dalam memunculkan setiap ketikan.
Keyboard ASUSPRO

- Multi-Gesture Touchpad
Dapat menggantikan beberapa fungsi mouse yang cukup esensial seperti click, drag, zoom in/out dan web-scroll.
Multi-touch Gesture

- Port I/O Yang Canggih
Selain port VGA untuk external display, laptop ini juga sudah menggunakan port HDMI. Empat port USB, 1x USB 2.0 dan 3x USB 3.0 juga siap digunakan untuk transfer data, baik berupa foto maupun video dari kamera, atau external device lainnya, dengan cepat.
Port I/O

- Memori DDR4 4GB + Harddisk SATA 1TB + Nvidia 920M
Kombinasi ketiganya mampu menyajikan performa komputasi, terutama saat sedang melakukan editing video maupun saat rendering animasi/transisi pada setiap adegannya, tanpa rasa was-was kehabisan space penyimpanan. RAM yang lega juga akan menjaga performa dalam keadaan kita sedang melakukan Multi-Tasking.

- ASUS SonicMaster Technology
Pada sisi audionya, ASUS sudah menyematkan teknologi SonicMaster, dengan built-in 2 speaker pada laptop ini. Memastikan bahwa keluaran audio pada vokal maupun musik pada latar belakang senantiasa jernih dan jelas.

Hal-hal di atas merupakan aspek-aspek yang dapat membantu gue menciptakan beberapa konten kreatif dalam mendukung isi tulisan yang sedang gue buat, di mana biasanya gue banyak memanfaatkan aplikasi manipulasi foto/grafis, maupun aplikasi untuk editing video.
Aplikasi Video Editing pada ASUSPRO

Selain itu pula, ada aspek lain yang juga menarik perhatian gue sebagai pengguna, yaitu dari segi desain. Desain laptop ASUSPRO P2430UJ ini tergolong tipis. Ketebalannya berkisar antara 2,3 cm – 2,6 cm saja, dan beratnya tidak sampai 2 kg, tepatnya hanya 1,95 kg, itupun sudah termasuk dengan baterai 4-cell yang digunakan. Cukup ringan bila sering dibawa untuk bekerja di mana pun berada. Bodinya pun tak kurang mengagumkan.  Berwarna gelap, dengan tekstur hairline aluminium, membuat laptop ini nampak kokoh, tangguh namun tetap berkesan premium nan elegan.
Desain premium nan elegan

Ada lagi hal yang cukup berguna, yaitu baterai dapat dilepas dan diganti dengan kapasitas yang lebih besar bila diperlukan. Hal yang belakangan ini jarang ditemukan pada laptop kelas konsumer. Selain itu juga, laptop ini memiliki fitur alarm yang senantiasa memeriksa konektor daya, yang akan memberitahukan pengguna jika ada kerusakan pada power supply, untuk meminimalkan resiko shutdown secara tiba-tiba, yang dapat merusak komponen saat sedang digunakan untuk bekerja. Satu poin penting mengenai proteksi sudah dihadirkan di sini. Nice ASUS!
Baterai dapat dilepas/ganti

Keamanan Data

Di sisi keamanan, ASUSPRO ini juga memberikan fitur yang cukup kompleks dan berlapis. Fitur keamanan yang terdapat di dalam laptop ASUSPRO P2430UJ ini antara lain adalah :

- BIOS Booting User Password Protection
- HDD User Password Protection & Security
- USB User Password Protection

Ketiga hal di atas, termasuk pula fitur keamanan dengan fingerscan, akan memastikan bahwa data yang ada di dalam laptop tersebut aman, tak seorang pun dapat melakukan akses pada data yang kita miliki tanpa seijin empunya. Dan itu semua dapat diatur dengan mudah melalui ASUSPRO Business Manager yang intuitif.
ASUS Business Manager GUI

Produk ASUSPRO juga dikenal sebagai produk yang ramah lingkungan. Teknologi yang dikandungnya mampu meminimalkan dampak terhadap lingkungan. Hal ini dikukuhkan dengan beberapa sertifikasi yang berhasil diraihnya, yaitu antara lain dari Epeat, Energy Star & RoHS.
Sertifikat Ramah Lingkungan

Jadi, bila kalian memerlukan laptop yang memiliki performa tinggi, dengan desain premium nan elegan, serta fitur keamanan ekstra yang memberikan ketenangan dalam proteksi data, ASUSPRO P2430UJ ini bisa jadi solusinya! Karena ngeblog, bukan hanya menulis semata, tapi juga memperkaya pengalaman para pembaca dengan citra dan visual yang mempesona, sehingga informasi yang disampaikan, bisa lebih berkesan dan tetap bermakna.


Artikel ini diikutsertakan dalam lomba blog Asus yang diselenggarakan oleh Blogger Perempuan Network dan Asus Indonesia.







Komentar

  1. Gw suka fitur gesture-nya, keren! Kirain selama ini cuma mac aja yang punya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Gw sukanya krn dites secara military grade

      Hapus
  2. Aku aku aku pakai ASUS mulai PC, leptop, smartphone smpe smartwatch xD

    Good luck lombanya ya mas xixi...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wow! Sampe ZenWatch juga pake Mbak? Kewreeen...

      Hapus
  3. Aku mupeng mas pengen laptop Asuus..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya juga Mbak... Pengen tau rasanya ngeblog pake ASUSPro atau RoG...

      Hapus
  4. Ngelihat desain tipisnya jadi pengen mau ngasih hadiah ultah buat istri. Semoga aja rejekinya kesampaian. Amin...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aamiin... Allahumma aamiin... Semoga doanya ijabah untuk kita semua...

      Hapus
  5. Produk Asus emang selalu update dengan kemampuan-kemampuan baru ya, Mas. Baik laptop maupun hp semua keren!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya Mbak... Saya pake asus sejak era mobo rog gen 1 asus commando... Sekarang apa² pengennya pake Asus...

      Hapus
  6. Asuspro memang ajib untuk memenuhi konten kreatifitas dengan spek mumpuni, harganya pun pas dengan budget.. jadi pengen laptop asuspro nya. :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Gantian lah.. lau kan udah pake ASUSPRO tuh :D

      Hapus
  7. Asik yang ud parkir ^_^... Cihui jg ya Asus Pro bwt mobile ^_^

    BalasHapus
    Balasan
    1. young crew.. elegan aja gitu ngeblog pake asuspro..

      Hapus
  8. Wih jadi pengen beli itu hmm kapan ya kira-kira bisa beli?,harus ngumpulin semoga aja kebeli amin

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yuk! Ikutan sayembaranya.. siapa tau dapet hadiah laptop..

      Hapus
  9. Buat ngeblog enak nih tapi klo buat game kayanya kurang yaaa maseko

    BalasHapus
    Balasan
    1. Udah 920m sih, mestinya game standar aja mah masih sanggup lah, sim city atau RTS gitu...

      Hapus
  10. Wah kebetulan saya lagi cari-cari laptop nih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Semoga cocok dengan kebutuhannya :)

      Hapus
  11. asus punyaku juga cukup awet kak batrenya, tapi gatau tuh itu model apa

    BalasHapus
    Balasan
    1. batre awet itu penting.. terutama ketika kita sedang bekerja/menulis dan jauh dari colokan listrik..

      Hapus
  12. Keren Sekali ya Asus Pro...Jadi pengin ganti Asus deh,...biar makin mendukung kerjaan gue...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Reputasi ASUS tapi yang ini lebih berkesan PRO (y)

      Hapus
  13. Bg, ada yg kurang dari artikel ini. Abg ga bahas tentang konten kreatif, 😀.

    Saya pernah pakai Asus, kalau sekarang sih ga lagi, dan pengen balik ke Asus khusunya yang ROG,

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aaah.. Iyaya.. kurang dalem bahasnya :) kebiasaan nulis review sih :D hahahaha.. tak apalah.. iseng² berhadiah ;)

      Hapus
  14. Saya juga pakai ASUS dengan prosesor generasi ke 6, mengetik, membuat infografis, mengedit video, buka tutup aplikasi, browsing dan lain sebagainya menjadi lebih mulus, keren banget dah pokonya notebook ASUS. Btw kunjungan baliknya ya, terimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Produk ASUS saya yang mutakhir hanya gadget :( #sigh

      Hapus
  15. Dikelas ASUSPRO, type P2430 ternyata yang paling terjangkau...cucok buat blogging

    BalasHapus
  16. menarik sekali gan ini postingannya, jadi pengen beli produknya asus biar lebih efisien lagi..
    http://cody.id/produk/obeng/obeng-set-jackly-6036a/

    BalasHapus
    Balasan
    1. beli lah sesuaikan dengan anggaran dan kebutuhan :)

      Hapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

[Story] Pindah Sekolah Anak SD, Sulitkah?

[Story] Waspada Memilih Sekolah Dasar (Swasta)!

Masalah Whiteline pada ASUS Zenfone Zoom S