Tampil Percaya Diri Penuh Kharisma dengan Smartphone Baru OPPO F5


Selama kurang lebih satu bulan terakhir ini, saya sering melihat iklan smartphone OPPO terbaru, lalu-lalang di laman media sosial saya. Hal ini membuat saya sungguh penasaran, seperti apa kiranya wujud smartphone baru ini?

Dan kejutan itu pun tiba. Saya mendapatkan kesempatan lagi untuk bisa menghadiri momen peluncuran smartphone terbaru dari OPPO tersebut. Walau belum melihat wujudnya secara nyata, namun hati ini tak dapat didustai, sungguh gembira.

OPPO F5 Grand Launch


Memilih lokasi yang sangat strategis di pusat bisnis kota Jakarta, OPPO F5 secara resmi diperkenalkan di Ballroom Ritz Carlton, Pacific Place. Dan pada perhelatan kali ini, OPPO menghadirkan salah satu model iklannya, yang sering saya lihat di media sosial saya sebelumnya, yaitu Chelsea Islan. Ugh! Aslinya memang Chelsea ini cocok sekali didaulat sebagai duta OPPO F5, apalagi yang unitnya berwarna merah menyala. Kesan eksotis bagai mobil super Eropa otomatis terpatri di dalam benak kita.


Pada kesempatan ini juga Miss Alina menyampaikan bahwa trend selfie masih akan terus bertahan, dan OPPO senantiasa memberikan peningkatan kualitas pada setiap smartphone barunya. Mas Aryo juga tak ketinggalan dalam menyampaikan target penjualan. Berkaca pada pre-order seri F1s dan F3, pada seri F5 ini, OPPO mentargetkan penjualan sebanyak 48.000 unit dalam 8 hari masa pre-order, dimulai sejak tanggal 13 November 2017. Penjelasan lebih detil mengenai fitur-fitur baru termasuk spesifikasi teknis pada OPPO F5 ini disampaikan oleh Bapak Suwanto.


Ringkasnya, inilah beragam fitur unggulan terbaru dari OPPO F5 yang memiliki slogan Capture The Real You :

  • A.I. Beauty Technology - yang mampu mengenali keunikan setiap wajah berdasarkan usia, jenis kelamin dan warna kulit
  • Face Priority Exposure - yang akan memprioritaskan wajah saat pengambilan gambar dalam kondisi backlight
  • Kamera depan 20MP, kamera belakang 16MP dengan aperture f/1.8 - dengan bukaan lensa yang lebar, mampu menghasilkan foto terbaik dalam kondisi gelap atau temaram
  • Full Screen 6.0" FHD+ - layar seluas 6 inci dengan resolusi FullHD dalam desain 5.5" saja, nyaman digenggam, nyaman di mata
  • Facial Unlock - sebuah fitur pengenal wajah yang canggih, untuk membuka kunci layar pada OPPO F5
Agar lebih jelas lagi, dapat disimak video berikut ini.


Di sesi Q&A, Mbak Chelsea Islan yang tampil cantik bersahaja, memberikan testimoninya selama menggunakan OPPO F5 ini, termasuk diantaranya fitur-fitur yang disukainya.


Bahkan, ada seorang OFans yang hadir, setelah memberikan pertanyaan dan dukungannya untuk Mbak Chelsea, mendapat kehormatan untuk naik ke panggung dan melakukan wefie bersama. Sungguh beruntung dirimu kisanak!


Terlihat gurat kebahagiaan terpancar di wajah Mas Galang, OFans yang beruntung itu. Derai tawa pun membahana dari sisi undangan termasuk para narsum di atas panggung saat keduanya bergaya dengan pedenya :)

Setelah sesi Q&A, para undangan dipersilakan untuk menuju Experience Booth. Di sana kita bisa bebas mencoba unit terbaru OPPO F5. Dan pilihan saya adalah OPPO F5 berwarna merah, yang merupakan unit tercanggih dan termahal dari seri tersebut.


Dan memang benar, warna merah ini memiliki daya tarik tersendiri bila dibandingkan dengan warna lainnya. Terbukti, youtuber kondang, Wisnu Kumoro, juga memilih untuk merapat ke booth dengan unit OPPO F5 berwarna merah ini.


Quick Hands-On Impression

OPPO F5 benar-benar mengukuhkan posisinya sebagai smartphone Selfie Expert & Leader, dengan beragam pembaruan yang terkait dengan kebutuhan penggunaan kamera depan. Fitur A.I Beauty Recognition-nya dapat berfungsi secara luwes pada mode kamera maupun video/live.


Hasil foto yang dihasilkan juga jauh lebih baik daripada OPPO F3 menurut saya, karena memang skin tone-nya terlihat jauh lebih natural. Efek bokeh alias portrait mode pada kamera depannya, menurut saya masih juara. Pengalaman saya pinjam OPPO F3 milik istri untuk selfie bokeh, hasilnya sudah oke banget. Apalagi ketika kemarin teman saya, Mikhail dari Gadgetapa mencoba sendiri selfie bokeh pada OPPO F5, hasilnya dapat dilihat pada foto di atas, halus sekali jahitannya.


Untuk kamera belakang, saya hanya sempat mencobanya di area Experience Booth saja, padahal menurut Mas Aryo, kamera belakangnya sangat mumpuni untuk memotret dalam keadaan low-light, yang mana tadinya saya ingin pinjam untuk dibawa ke luar venue, tapi tidak jadi karena dilihatin sama sekuriti.


Shutter-speed dari kamera OPPO F5 ini cukup cepat, jadi dapat dipastikan kita akan minim sekali kehilangan momen. 

Sebagai informasi, ada beberapa mode kamera yang disediakan di dalam OPPO F5 ini. Singkatnya dapat saya tampilkan melalui gambar-gambar di bawah ini.

Screenshot credits to GadgetApa
Screenshot credits to TeknologueID
Yang menarik adalah, mode Beauty tersedia baik saat penggunaan kamera depan maupun kamera belakang. Biasanya mode ini hanya tersedia pada kamera depan saja. Namun untuk setelan Auto, hanya bisa dilakukan pada kamera depan saja. Artinya, A.I Beauty Recognition hanya bisa diaktifkan untuk pengambilan gambar selfie melalui kamera depan, dengan mode Beauty Auto.

Setting Mode Expert - screenshot credits to GadgetApa

Selain itu, mode Expert juga sangat menarik untuk dipelajari lebih jauh. Beragam setting tersedia di mode Expert ini, agar hasil foto yang kita ambil mendekati kualitas kamera digital DSLR. Memang perlu belajar dan berlatih untuk menggunakan mode ini, supaya bisa menghasilkan foto-foto pemandangan keren seperti yang dihasilkan oleh Mas Aryo.

photo credits Aryo MA
photo credits Aryo MA

Desain Yang Ringkas dan Menarik


Secara desain, perangkat OPPO F5 ini walaupun mengadopsi layar seluas 6 inci, namun tetap nyaman di genggaman karena wujudnya yang cenderung memanjang. Istilahnya layar 6 inci pada bodi 5.5 inci. Ini pentin sekali karena selama ini bila kita memegang smartphone berlayar besar cenderung kurang nyaman dan wajib menggunakan kedua tangan. Nggak percaya? Silakan simak video berikut ini, di mana saya menggunakan satu tangan untuk merekam dan satu lagi untuk memegang perangkat OPPO F5 berwarna merah saat event peluncuran OPPO F5, Capture The Real You, Selfie Expert & Leader, beberapa waktu lalu di Ballroom Ritz Carlton Pacific Place.


Setelah puas hands-on (padahal mah aslinya belum puas karena kurang lama), akhirnya acara lanjut ke ramah tamah. Sambil makan makanan yang telah disediakan, kami ngobrol bersama rekan-rekan blogger, media dan youtuber ngebahas keunggulan OPPO F5 ini. Ternyata, selain menunggulkan fitur kamera selfie dengan AI Beauty dan Facial Recognition-nya, layar yang luar biasa luas ini juga memungkinkan OPPO F5 digunakan untuk bermain game Arena Of Valor dengan nyaman.

Fitur Game Accelerator
Notifikasi Anti Distraksi

Tentu saja dengan dukungan fitur Game Accelerator dan Hold Of Distractions, yaitu notifikasi yang muncul ketika sedang bermain game dan biasanya sangat mengganggu konsentrasi dan kesenangan kita. Bahkan bisa menghancurkan kerjasama tim yang telah dibangun sedemikian rupa.

Dan keseruan hari itu belum berakhir. OPPO mengundang, tepatnya menantang para undangan, untuk mengadu kemampuan mereka bermain game Arena of Valor dengan menggunakan perangkat OPPO F5 yang dirilis hari itu. Terkumpul 2 tim, masing-masing 5 pemain. Setiap tim dipimpin 1 leader yang merupakan youtuber gamer kawakan. Hadiahnya? Nggak tanggung-tanggung bray! Tim yang menang berhak mendapatkan perangkat smartphone OPPO F5. Ajib gokilz!

Suasana battle antar kedua tim
Setelah pertempuran yang cukup sengit, akhirnya muncullah para ksatria digital jaman now. Inilah dia mereka pemenang turnamen dadakan Arena of Valor di event OPPO F5.

Tim Juara yang berbahagia
Bukan OPPO kalo nggak berlimpah hadiah. Selanjutnya adalah doorprize untuk 5 undangan yang beruntung, berdasarkan kocokan kartu nama yang dipilih langsung secara sahih oleh pihak OPPO Indonesia. Dan kelima undangan yang beruntung adalah sebagai berikut.

Kelima pemenang doorprize berhadiah OPPO F5 diapit oleh Mas Aryo dan Miss Alina
Kelima pemenang tersebut berhak untuk membawa pulang masing-masing OPPO F5 yang baru saja diluncurkan. Dengan diumumkannya pemenang doorprize, maka berakhir sudah acara peluncuran OPPO F5, Capture The Real You, Selfie Expert & Leader ini. Dan event selanjutnya adalah OPPO F5 First Sale yang akan dilangsungkan di Central Park Mall.

OPPO F5 First Sale & Final Turnamen Arena of Valor

Saya kembali mendapat undangan untuk bisa hadir di Central Park Mall, Jakarta Barat, untuk menyaksikan momen First Sale OPPO F5 di sana. Venue yang disiapkan cukup luas, bernuansa serba putih, dengan jajaran model impor yang membuat OPPO F5 ini semakin nampak mewah dan elegan.


Di momen ini juga, ada sedikit presentasi dan testimoni dari pihak OPPO dan tentu saja Brand Ambassador muda yang memiliki pengaruh di media sosial, yaitu Kevin Hendrawan.

Pada kesempatan ini, Kevin menjelaskan alasan kenapa dia suka sekali OPPO F5. Beragam fitur kamera yang biasa dia gunakan sebagai Youtuber, sangat membantunya untuk senantiasa tampil prima di depan kamera. Dan ajibnya lagi, Kevin melakukan live unboxing perangkat OPPO F5 di atas panggung, untuk menginformasikan kepada para calon pengguna, apa saja yang akan didapatkan jika kita membeli OPPO F5 ini.


Yang kembali membuat saya terpana adalah kemampuan kamera belakangnya yang ternyata sungguh memesona. Seperti ditampilkan oleh Mas Aryo berikut ini, diambil dalam keadaan temaram, kemampuan kamera belakangnya yang memiliki aperture lebar, f/1.8, sangat handal dalam mengabadikan setiap momen dalam keadaan rendah cahaya.


Resolusinya yang 16MP cukup besar untuk dapat mencetak foto ke bidang datar dengan halus, tanpa kuatir gambarnya pecah karena resolusi rendah.

Kemudian pada kesempatan ini juga, akhirnya Mas Aryo menyampaikan jawaban atas pertanyaan yang tidak sempat terjawab di event peluncuran OPPO F5 di Ritz Carlton beberapa waktu lalu, yaitu mengenai target penjualan. Dan informasi ini merupakan hal krusial dalam sejarah penjualan OPPO di Indonesia.


Dan menurut informasi terakhir yang saya dapat, target ini terpenuhi sebelum tenggat waktunya berakhir.

Baca juga : OPPO Raih Target Penjualan Lebih Cepat!

Setelah sesi presentasi berakhir, acara dilanjutkan dengan showcase OPPO F5 bersama para model internasional di atas panggung.


Kemudian acara dilanjutkan lagi, kali ini presentasi dari pihak Mediatek selaku prosesor yang digunakan di dalam OPPO F5 ini. OPPO F5 diketahui menggunakan prosesor Helio P23, yang merupakan kasta tertinggi saat ini dari Mediatek. Dan OPPO secara cerdik menggaet Garena sebagai pemegang franchise game online terhits abad ini, yaitu Arena of Valor, sebagai nilai tambah bahwa OPPO F5 tidak hanya handal sebagai smartphone selfie tetapi juga handal untuk digunakan bermain game.


Dan sekali lagi, kali ini OPPO mengundang tim media yang kelak akan dikenal sebagai tim OPPO - Media eSports untuk bertarung melawan koalisi tim eSports profesional yang sedang bertanding di turnamen OPPO x AOV ini.


Dan hasilnya tentu saja dapat diterka. Tim OPPO - Media eSports belum sanggup bertahan dari gempuran koalisi pemain eSports profesional.

Sesi selanjutnya adalah Semi-Final Turnamen OPPO x AOV yang menyisakan 4 tim terkuat dari hasil seleksi selama kurang lebih seminggu sebelumnya. Dan malam ini merupakan malam puncak bagi tim yang masih bertahan untuk menunjukkan supremasi mereka di ajang Turnamen OPPO x AOV ini. Ke-empat tim tersebut adalah RRQ, BTR (Bigetron), GGWP.ID dan Saudara e-Sports. Babak penyisihan ini berlangsung sangat seru ditimpali oleh komentar dari para komentator yang koclak (kocak dan koplak) sehingga menghibur para penonton di arena turnamen.



Setelah pertarungan yang panjang dan sengit, tibalah kita pada babak final, di mana tersisa dua tim terbaik setakat ini, yaitu BTR dan RRQ.


Di babak final ini, ronde pertama BTR menguasai permainan. Namun kesabaran tim RRQ mampu membuahkan hasil dan membalikkan keadaan. Ronde pertama direbut oleh RRQ. Pada ronde kedua, giliran RRQ yang mendominasi. Nyaris semua tower dibabat habis oleh mereka. Namun tak disangka-sangka, BTR berhasil mematikan semua pemain lawan dan melakukan comeback. Tanpa buang waktu, mereka langsung menuju markas lawan dan menghancurkannya. Permainan yang sangat menarik di ronde kedua ini. BTR menyamakan kedudukan menjadi 1-1. Di ronde penentuan, entah mengapa BTR seperti kurang berkembang. Setiap langkah mereka seolah telah diketahui dan diantisipasi oleh pemain dari RRQ. Di ronde terakhir ini, RRQ menang cukup mudah sekaligus menahbiskan mereka sebagai tim terbaik di turnamen OPPO x AOV tahun ini.


Juara pertama dan kedua, semua anggotanya berhak mendapatkan masing-masing 1 unit OPPO F5, serta hadiah voucher game bernilai jutaan.

Di momen ini pula, setiap pengunjung dapat melakukan swafoto di 5 selfie-spot yang tersebar di sekitar venue, lalu mengunggahnya ke media sosial dengan tagar #OPPOF5 #FirstExperience untuk mendapatkan kesempatan memperoleh hadiah OPPO F5 secara gratis di ajang Selfie Battle yang dilangsungkan pada pukul 20.00 WIB waktu setempat.



Antusiasme pengunjung event ini sangat tinggi, karena OPPO F5 memberikan teknologi terkini yang sedang trend di masa kini. Layar luas, resolusi layar tinggi, kamera dengan kualitas terbaik, dengan dukungan facial unlock untuk keamanan yang lebih personal.


OPPO F5 telah menarik perhatian saya dengan kehadirannya yang sungguh berbeda dengan smartphone sebelumnya. Desain mewah dan manis namun tetap minimalis, sehingga tetap nyaman digenggaman dan digunakan, walau memiliki layar lebar, serta dukungan prosesor terbaik dari Mediatek, membuat saya ingin meminangnya segera. Kemampuan kamera, baik depan maupun belakangnya yang tak bisa dipandang sebelah mata, mengusik rasa penasaran saya sebagai mobile photographer yang sering memotret beragam momen di perjalanan. Tak lupa fitur game acceleration dan holds of distraction yang pastinya memberikan kenyamanan saat kita sedang jenuh dengan pekerjaan dan membutuhkan hiburan, OPPO F5 wajib dijadikan pilihan. Apalagi harganya juga tidak memberatkan. Bagaimana dengan kalian?


Komentar

Postingan populer dari blog ini

[Story] Pindah Sekolah Anak SD, Sulitkah?

[Story] Waspada Memilih Sekolah Dasar (Swasta)!

Masalah Whiteline pada ASUS Zenfone Zoom S