Yuk, Ciptakan Konten Yang Otentik dengan Software Original!


Beberapa waktu lalu, kami, para tekno blogger dan tekno youtuber, memperoleh kehormatan untuk menghadiri sebuah event blogger gathering bersama konten kreator ternama, Mas Ario @sheggario, di sebuah kafe nan cozy di bilangan Ahmad Dahlan. Dan pada event yang bertagar #MaluKalauPalsu ini juga disponsori oleh vendor komputer ternama, Dell Indonesia dan tentu saja Microsoft Indonesia, sebagai pengembang sistem operasi yang memiliki pengguna terbesar di dunia, yaitu Windows.


Seperti biasa, setelah registrasi, kami bercengkrama dengan rekan blogger dan youtuber lain yang juga hadir pada kesempatan ini. Memang, sesungguhnya setiap event yang mengundang kami ini, senantiasa jadi ajang silaturohim yang saling mempererat hubungan secara nyata. Maklum, biasanya kami lebih sering berkomunikasi via layanan pesan online atau grup diskusi di dunia maya. Sehingga kesempatan kopdar seperti ini sangat berharga untuk dilewatkan begitu saja, apalagi sambil santap malam bersama. Setiap obrolan jadi makin seru saja adanya.

Sesi pertama diisi dengan presentasi dari Dell Indonesia, Pak William Hartoyo, selaku Product Marketing Manager Dell Consumer Product. Beliau memaparkan posisi Dell sebagai pemain lama di industri teknologi komputasi. Selain itu, beliau juga menyampaikan bahwa kombinasi hardware dari Dell dengan sistem operasi Windows 10 dari Microsoft, memastikan penggunanya tetap produktif dalam berkarya, dengan beragam fitur dan solusi yang ditawarkan oleh keduanya. 


Line up pertama yang dikenalkan oleh Pak William adalah seri XPS 13. Laptop seri ini merupakan yang tertipis dan termungil di dunia. Lebar layarnya hanya 13 inci saja, dengan spesifikasi yang tentu saja termutakhir saat ini, laptop ini sudah dilengkapi dengan sistem operasi Windows 10 original. Selain XPS 13 tipe konvensional, ada juga tipe 2-in-1 yang memiliki sedikit perbedaan, yaitu bisa ditekuk sehingga mirip tablet. 

Selain XPS ada juga lini Inspiron yang sedikit lebih tebal, namun ada versi 13 dan juga 15. Inspiron 13 2-in-1 ini sudah mengadopsi prosesor Intel Core generasi ke-8, dan wujudnya bisa ditekuk menjadi seperti tablet, sungguh kekinian sekali. Tak hanya ditujukan untuk produktifitas belaka, Dell juga memperhatikan kebutuhan para gamer dengan lini Inspiron Gaming-nya. 


Inspiron 15 Gaming ini telah diperkuat dengan prosesor Intel Core generasi ke-7 dengan kartu grafis Nvidia GTX 1060 dengan RAM 6GB. Untuk kenyamanan dan kecepatan prosesnya, disediakan dual drives SSD NVMe PCIe. Untuk meredam panas yang dihasilkan oleh laptop dengan spesifikasi monster ini, sistem pendingin pro-grade dengan kipas dan pipa pendingin ganda diterapkan di dalamnya. Selain berwujud laptop, Inspiron Gaming series ini juga tersedia dalam bentuk desktop lho. Cocok untuk gamer yang jarang bepergian dan fokus nge-gaming di rumah saja. Mengenai layanan purna jualnya, Dell kasih support layaknya pengguna korporat. Jadi, kita sebagai pengguna kasta consumer nggak perlu kuatir soal itu. Thumbs up Dell Indonesia!


Sesi kedua diisi oleh Mas Joni Lie dari Microsoft Indonesia, selaku Channel Executive MNA - CDS SEA, yang memaparkan mengenai manfaat penggunaan software asli. Selain manfaat, Mas Joni juga memberikan informasi mengenai cara mengetahui Windows pada komputer kita ini asli atau tidak, yaitu dengan melihat stiker hologram bernama Genuine Microsoft Label (GML). Stiker ini tidak bisa dilepas karena akan rusak, dan umumnya terdapat pada komputer atau laptop yang memiliki sistem operasi Windows secara pre-installed dari pabriknya. 


Dalam kesempatan ini juga Mas Joni menyampaikan bahwa Windows 10 ini akan menjadi seri windows terakhir, tidak ada lagi Windows 11, 12 dan seterusnya. Lalu, jika demikian, buat apa kita menggunakan Windows asli jika tidak dapat update lagi? Tenang! Windows 10 akan tetap memberikan update-nya, sesuai dengan hardware yang kita miliki. Sejauh ini Windows 10 sudah mengalami beberapa kali peningkatan, antara lain Anniversary Edition, Creators Edition dan yang baru ini adalah Fall Creators Update. Nah! Pada update kali ini, didemokan fitur terbaru yang namanya Windows Inking. Fitur ini memungkinkan kita untuk mencorat-coret layar apapun, baik browser maupun dokumen atau presentasi, lalu membaginya dengan orang lain yang kita inginkan. Kemudian ada lagi yang namanya Paint 3D, di mana obyek yang kita gambar tidak lagi berwujud 2 dimensi belaka, namun sekarang 3 dimensi. Dan gambar ini bisa kita letakkan pada konten yang sedang kita kerjakan. Ajib!


Sesi ketiga adalah sesi berbagi dengan Mas Ario yang punya akun media sosial @sheggario, seorang vlogger youtuber kreatif Indonesia. Beliau menjelaskan perbedaan makna original dengan otentik, melalui permainan sederhana yang dilakukan oleh 6 orang rekan blogger yang hadir. Alhasil, permainan ini mengundang gelak tawa para undangan lainnya, termasuk juga narasumber dari Dell dan Microsoft Indonesia. Original adalah sesuatu yang dilakukan pertama kali, di mana belum ada orang lain melakukan hal yang sama. Sedangkan otentik adalah sesuatu yang kita lakukan, yang mungkin saja dipengaruhi oleh hasil karya orang lain, namun tetap memiliki ciri khas kita di dalamnya. Kurang lebih seperti itu yang bisa saya tangkap dari penjelasan beliau.

Beliau juga menyarankan agar kita senantiasa menggunakan software asli dalam berkarya. Mengapa demikian? Alasannya tentu saja untuk ketenangan dan kenyamanan. Selain itu juga, kita bisa belajar untuk menghargai hasil karya intelektual orang lain, sehingga kita pun berharap, orang lain akan menghargai hasil karya intelektual kita. 


Dalam sesi berbaginya, Mas Ario juga memberikan petunjuk mengenai buku apa saja yang mempengaruhi beliau dalam berkarya, serta sebuah video pendek dari youtuber ternama, Gary Vee. Dalam video ini dikisahkan bahwa dalam kehidupan ini, tidak ada istilah tersesat. Yang ada hanyalah kita terlalu awal dalam prosesnya. Kita punya standar sendiri dalam melakukan suatu hal, bukan ditentukan oleh standar yang ditetapkan oleh orang lain. Semua ini adalah tentang mindset, tentang perspektif. Jadi, jika kelak ada yang mencela karya kita, itu bukan berarti karya kita tidak otentik. Namun setiap keberhasilan membutuhkan proses, dan kita sedang menuju ke sana.


Sesi terakhir adalah sesi tanya jawab yang ditujukan untuk ketiga narasumber kita pada hari itu. Ada 2 blogger yang mengajukan pertanyaan, yaitu Om Dian Kelana dan Bang Horas. Pertanyaannya bagus dan dalam, sehingga penjelasan yang diberikan oleh para narasumber juga cukup panjang. Dan ini yang membuat saya tidak sempat mencatat tau mengingatnya sedikitpun. Maaf ya.

Setelah sesi tanya jawab berakhir, maka rangkaian acara Blogger Gathering Dell dengan Microsoft yang bertagar #MaluKalauPalsu pun ikut berakhir. Ada beberapa poin penting yang perlu kita camkan dalam sanubari kita, yaitu :

  1. Gunakan selalu software asli untuk memperoleh layanan dukungan yang optimal;
  2. Membeli komputer atau laptop yang sudah pre-installed Windows 10, jauh lebih efisien daripada membeli dalam keadaan kosong/DOS lalu membeli Windows 10 secara terpisah;
  3. Seluruh jajaran komputer Dell, baik laptop maupun desktop, menggunakan Windows 10 original, untuk kenyamanan penggunanya.



Sedikit tips dari saya pribadi, sebisa mungkin usahakan menggunakan Windows yang asli. Software pendukung lainnya, hanya install yang kita perlukan saja. Jika belum mampu, gunakan aplikasi generik yang lisensinya freeware, untuk sementara waktu. Jadi, kelak software yang kita gunakan, lisensinya resmi semua.

Oke, itu saja tulisan saya kali ini, semoga kelak kita bisa menjadi blogger yang lebih baik, menghargai HAKI, dengan selalu menggunakan software original. Sampai jumpa lagi di tulisan saya berikutnya, salam kompak persahabatan selalu..

#MaluKalauPalsu


Komentar

  1. Ah....
    Jadi tersindir nih Hehe
    Ini ngena banget mas " Teman saya bisa cariin saya windows & Office GRATIS"
    Sepertinya tidak apa-apa, padahal pembajakan. Saya juga sebenrnya suka kesel kalau ada orang yang membajak hasil karya, eh padahal saya sendiri pengguna bajakan. Haduh
    Semoga one day bisa move on

    Anw, TFS mas ^-^
    Salam Kenal

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bukan maksud menyindir sih.. Hanya sekadar edukasi.. Ini dilema IT juga.. User mudah sekali minta tolong install aplikasi, tanpa peduli lisensi.. FYI, saya jiga dulu pengguna bajakan. Namun sejak kantor tempat saya bekerja diaudit Microsoft, sekarang saya gunakan minimal windowsnya original. Untuk office dll saya gunakan yang freeware..

      Hapus

  2. saya dulu gitu mbak, coba cari yang bajakan, hehe. tau2 pasang antivirus terdetect kalau itu bajakan.

    ga lagi deh pakai yang bajakan, windows saja ori, sengaja beli laptop yang sudah terinstall windowsnya, lebih puas makainya. ga khawatir ini itu, layanan dan service pun terjamin.

    saya pengen ikut acara seperti ini. seru, nambah wawasan dan nambah teman.

    BalasHapus
    Balasan
    1. alhamdulillah.. memang kalo beli yang pre-installed windows ori lebih disarankan.. btw saya lelaki :D

      Hapus
  3. Aku naksir yg seri Dell XPS 13. Tipis, ringan, tapi powerfull. Cocoklah buat ngeblog dan ngevlog. 😎👍

    BalasHapus
    Balasan
    1. Banget! Hari.gini bawa laptop tebal dan berat itu melelahkan..

      Hapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

[Story] Waspada Memilih Sekolah Dasar (Swasta)!

[Story] Pindah Sekolah Anak SD, Sulitkah?

Masalah Whiteline pada ASUS Zenfone Zoom S