6 Aksesoris Smartphone Kekinian Yang Wajib Kamu Punya!

Sumber : garageo.com Menambah tampilan smartphone merupakan salah satu kebutuhan pokok bagi sebuah smartphone. Oleh sebab itu, kini s...

Tutorial Upgrade ASUS Zenfone 3 Max (ZC520TL) ke Android Oreo 8.1.0


Setiap orang pasti mendambakan smartphone kesayangannya selalu mendapat perbaikan performa melalui peningkatan versi sistem operasi. Tak terkecuali juga ASUS, yang menjanjikan lini Zenfone mereka mendapatkan peningkatan 2 versi sistem operasi sejak dibeli pertama kali.

ASUS Zenfone 3 Max versi 5.2" yang dikenal dengan kode ZC520TL ini akhirnya mendapatkan upgrade ke Oreo. Kita sama-sama mengetahui bahwa Zenfone 3 Max (ZC520TL) ini awalnya menggunakan sistem operasi Android versi Marshmallow, lalu sebelum ini mendapatkan update via FOTA ke Nougat. Khusus untuk versi Oreo ini, kita mesti melakukannya secara manual. Dan ini adalah langkah-langkah yang perlu diperhatikan agar proses upgrade tidak mengalami kegagalan.

1. Cek Versi Prosesor

Gunakan aplikasi CPU-Z untuk memastikan tipe prosesor, dalam hal ini MT6737T

Hal ini wajib dilakukan karena nampaknya di luaran sana, ada 2 versi ZC520TL, yaitu yang menggunakan kode MT6737T dan MT6737M.

Versi firmware Oreo yang tersedia

Dari informasi di atas, kita ketahui bahwa yang harus kita ambil adalah versi MT6737T dengan nomor firmware 262. Namun perlu kita pastikan kode SKU-nya terlebih dahulu. Untuk ZC520TL yang beredar di Indonesia, biasanya memiliki kode WW di depan versi ISO-nya. Informasi ini bisa dicek langsung di menu Setelan - Sistem - Tentang - Informasi perangkat lunak.

2. Upgrade Secara Bertahap

Sebelum kita melakukan pengunduhan versi 262, kita bisa baca dahulu petunjuknya di situs resmi ASUS. Di sana disampaikan bahwa sebelum melakukan peningkatan ke versi 262, kita diwajibkan untuk melakukan peningkatan ke versi 120 terlebih dahulu. 

Tampilan halaman situs resmi

Pilih BIOS dan Firmware, lalu cari kode SKU WW dan 2 file yang dibutuhkan, yaitu versi 120 dan versi 262. Unduh secara bergantian supaya tidak terjadi kegagalan di tengah prosesnya.

1. It's necessary to upgrade to Android N latest version WW-14.01.1808.120 before upgrade to Android O.
2. After upgrade to Android O, if you need to execute factory reset, please be sure to log out your google account before reset.
ASUS ZenFone3 Max (ZC520TL) Software Image Version: WW-15.01.1810.262 (Android O) for WW_V14.01.X.X SKU only*

Setelah kedua file tersebut terunduh, hubungkan smartphone ASUS Zenfone 3 Max (ZC520TL) ke komputer/laptop yang melakukan pengunduhan, pilih mode transfer file, lalu copykan file firmware versi 120 ke bagian root pada smartphone ASUS Zenfone 3 Max (ZC520TL). Tunggu hingga proses copy selesai, putuskan hubungan, lalu lakukan proses upgrade pada smartphone tersebut.

Menyelesaian proses pembaruan ke versi 120

Pastikan kapasitas baterai lebih dari 50% sebelum melakukan upgrade karena memakan waktu agak lama. Setelah proses upgrade selesai, hubungkan kembali smartphone tersebut, hapus file firmware versi 120 di root, lalu copykan file versi 262 agar  versi sistem operasi smartphone menjadi Oreo. Tunggu hingga proses copy selesai, lalu putuskan hubungan dengan komputer/laptop. Lakukan proses peningkatan sistem kembali, biarkan hingga selesai.

Voila! ZC520TL sudah naik ke versi Oreo

Di versi Oreo ini, tampilan dan performa ZC520TL terasa lebih ringan dan gegas. Meskipun proses upgrade mesti dilakukan manual, namun ini sangat layak untuk dilakukan.

ASUS Zenfone 3 Max (ZC520TL) dapat Oreo

Demikianlah tutorial upgrade manual ASUS Zenfone 3 Max (ZC520TL) dari Nougat ke Oreo. Semoga bermanfaat, salam kompak persahabatan selalu..




4 komentar:

  1. Hi kak aku ada kirim message difb tolong cek yah thanks x

    BalasHapus
  2. Hi kak. Saya masih belum mengerti, ada baiknya di beri screenshot. Bisakah? Terimakasih

    BalasHapus
  3. Screenshot yang mana? Kan hanya copy file yg dimaksud ke folder root di smartphonenya. Nanti dia akan deteksi sendiri jika ada update baru..

    BalasHapus
  4. mas kalo yang versi M sama saja kah prosesnya? yang di download sesuai gambar itu? mohon bantuannya

    BalasHapus