Artikel Unggulan

5 Alasan HUAWEI MateBook D 14 Jadi Laptop Andalan

  Setiap orang memiliki kebutuhan unik dalam memilih laptop, yang bisa beragam dari segi fungsionalitas dan kemampuan komputasi yang canggih...

Tips Menjadi Seorang Professional Expert

Dalam aktifitas sehari-hari, kita sering mendengar istilah expert. “Dia expert di bidang ini, dia expert di bidang itu.” Expert. Apa sih definisi dari kata expert itu? Menurut Kamus Terjemahan Bahasa Inggris - Indonesia, kata expert diartikan sebagai ahli. 

Kita juga sering mendengar istilah profesional. Kata profesional ini umumnya diidentifikasikan sebagai seseorang yang menerima imbalan atas pekerjaan yang sudah dilakukan. Dalam konteks ini, seseorang tersebut bisa jadi orang biasa yang memiliki sedikit kemampuan, atau bisa saja orang tersebut memang memiliki kompetensi yang tergolong tinggi hingga dapat dikategorikan sebagai seorang ahli (expert).

Untuk bisa disebut atau memiliki kompetensi sebagai seorang expert, dapat ditempuh melalui beberapa cara, ada jalur formal akademis, ada juga jalur informal. Peningkatan kompetensi ini membutuhkan waktu yang cukup signifikan, dan umumnya diasah dari pengalaman bertahun-tahun.

Melalui jalur akademis, seseorang bisa dikatakan sebagai expert setelah menempuh beberapa tahapan, misalnya sidang skripsi untuk jenjang awal, dan kemudian dilanjutkan dengan mempertahankan thesis. Tentu saja untuk sampai ke tingkatan ini, dibutuhkan proses penelitian dan analisa yang komprehensif. Tetapi ada juga yang bisa dilakukan melalui jalur informal. Misalnya, saat kita menemukan permasalahan dalam pekerjaan, dan membutuhkan solusi, kita bisa membaca studi kasus yang memiliki permasalahan mirip dengan yang kita hadapi. Kalau di bidang yang saya tekuni, yaitu informatika, khususnya jaringan dan keamanan, seringkali permasalahan yang sama muncul, dan lama kelamaan kita sudah punya pola penyelesaian masalah tersebut. Alhasil, semakin kita bertemu masalah, menerapkan solusi, dan berhasil, besar kemungkinan waktu penyelesaian masalah jadi jauh lebih singkat. Dari contoh tersebut saja, kadang orang sudah menganggap kita expert saat sedang membantu menyelesaikan permasalahan tersebut.

Berikut ini adalah tips untuk menjadi seorang professional expert :

1.Selalu Update dengan Perkembangan Dunia

Dalam konteks yang saya hadapi, dunia, khususnya teknologi selalu mengalami dinamika yang cepat. Bahkan ada yang mengatakan, teknologi dikejar tidak akan ada habisnya. Oleh sebab itu, dengan mengikuti perkembangan informasi di dunia, paling tidak kita bisa memiliki gambaran solusi yang tepat, cepat dan akurat untuk sebuah masalah yang mungkin kita temui nanti.

2.Mengikuti Program Sertifikasi

Di dalam proses menjadi seorang professional expert, peningkatan kompetensi merupakan salah satu hal yang perlu dijaga secara berkala, mengingat perkembangan dunia tadi. Dan program sertifikasi menjadi salah satu bukti tertulis yang menguatkan banyak orang bahwa diri kita memang telah berhasil menempuh ujian kompetensi tersebut dan dapat memberikan solusi bagi setiap orang yang memerlukannya dalam menyelesaikan masalah yang mereka hadapi. Cocok sekali jika ingin menjadi konsultan, misalnya.

3.Dukungan Sarana yang Memadai

Seringkali, seorang professional expert dituntut untuk bisa memberikan solusi secara real-time, dengan tingkat akurasi yang tinggi. Oleh sebab itu, seorang professional expert mesti mudah untuk dihubungi, terhubung dengan sistem informasi, agar bisa memberikan solusi secepat yang diminta. Sarana ini bermacam-macam, selain tentu saja sumber informasi, sistem informasi, sistem komunikasi, seorang professional expert tentu memerlukan gawai yang memadai untuk membantunya mencari solusi atas segala permasalahan yang sedang dihadapi.

Bagaimana ASUS ExpertBook Membantu Professional Expert?

Berawal dari nama ASUSPRO, lini produk khusus yang ditujukan untuk kalangan profesional pada segmentasi Corporate/Commercial, ASUS kini berevolusi dengan nama baru, yaitu ASUS Expert. Dengan semboyan “Business in Style”, ASUS Expert menghadirkan rangkaian produk untuk kalangan bisnis dengan desain yang stylish dan modern, jauh dari kesan laptop bisnis konvensional yang biasanya memiliki desain kaku, bulky dan memiliki penampilan ‘jadul’.

Kali ini, saya akan membahas tentang ASUS ExpertBook B9450, laptop bisnis paling mutakhir dengan berbagai fitur unggulan yang mampu memenuhi kebutuhan komputasi para professional expert.

Prosesor 10th Gen Intel Core Terbaru

Selain memberikan solusi berdasarkan pengalaman, seorang professional expert biasanya juga memiliki bank data yang sangat besar, yang merupakan bagian dari sistem pembuat keputusan. Ketika sedang menghadapi suatu masalah, seorang professional expert akan terhubung ke dalam sistem tersebut melalui laptopnya, dan kemudian laptop tersebut akan bekerja menganalisa bermacam-macam informasi, berdasarkan permasalahan yang dihadapi, untuk kemudian muncul satu atau beberapa solusi untuk memecahkan masalah tersebut. Biasanya ada teknologi AI (Artificial Intellegent/Kecerdasan Tiruan) di dalam sistem tersebut sehingga proses pemecahan masalah menjadi solusi dapat diselesaikan dalam waktu yang relatif singkat. Oleh karena itu, diperlukan laptop yang powerful agar seorang professional expert dapat bekerja secara efektif dan efisien.

ASUS ExpertBook B9450 telah menggunakan prosesor Intel Core Gen-10 terbaru yang memiliki performa lebih baik dari generasi sebelumnya. Prosesor terbaru ini tidak hanya powerful tetapi juga hemat daya. ASUS ExpertBook B9450 menawarkan dua pilihan varian prosesor Intel Core Gen-10, yaitu varian prosesor Intel Core i5-10210U untuk pengguna dengan kebutuhan standar, dan varian prosesor Intel Core i7-10510U untuk pengguna yang membutuhkan performa lebih tinggi. Kedua varian prosesor tersebut sudah menggunakan konfigurasi 4 core dan 8 thread sehingga sangat memadai untuk mendukung tugas dan aktifitas seorang professional expert.

Konektivitas yang Lengkap

Dalam memberikan solusi, seorang professional expert memerlukan konektivitas yang lengkap pada laptop ASUS ExpertBook B9450 yang digunakannya. Sebagai contoh, ketika seorang professional expert mesti mempresentasikan usulan solusi kepada banyak orang, hadirnya port HDMI dapat diandalkan untuk memperluas cakupan layar dari monitor laptop ke proyektor atau layar monitor kedua. Interface USB Type-C yang modern, juga port legacy seperti USB Type-A, juga masih tersedia ketika seorang professional expert mesti menghubungkan smartphone yang dimilikinya, atau mengambil data melalui external harddisk yang dibawanya. Bahkan di saat jaringan komunikasi nirkabel sedang tersendat, konektivitas melalui ethernet (LAN) dapat dilakukan dengan menggunakan adapter khusus melalui port Micro HDMI

Dua port Thunderbolt 3 pada ExpertBook B9450 menggunakan interface USB Type-C dan tidak hanya dapat digunakan untuk melakukan transfer data semata, namun juga bisa dimanfaatkan sebagai 4K display output untuk memperluas layar ketika sedang mengolah data, serta fasilitas pengisian daya untuk smartphone, powerbank, ataupun gawai lainnya. Bahkan untuk kebutuhan spesifik yang membutuhkan kinerja grafis ekstra, melalui port Thunderbolt 3, laptop ASUS ExpertBook B9450 dapat dihubungkan dengan perangkat kartu grafis eksternal seperti ROG XG Station 2. Biasanya industri perminyakan yang memerlukan performa setinggi ini ketika mengolah data yang mereka miliki.

Konektivitas Nirkabel Mutakhir

Apalah manfaat laptop jika tidak bisa bekerja secara mobile dengan memanfaatkan koneksi wireless. Laptop ExpertBook B9450 sudah mengadopsi teknologi Wi-Fi 6 (802.11ax) yang memberikan kecepatan transfer data yang lebih tinggi serta koneksi yang lebih stabil. Seperti kita ketahui, dalam menjalankan aktifitasnya sebagai professional expert, dalam memberikan solusi atas sebuah permasalahan, dukungan perangkat laptop serta konektivitas yang prima menjadi salah satu faktor krusial karena biasanya klien tidak mau menunggu terlalu lama. Mereka ingin segera mengetahui solusi apa yang tepat untuk permasalahan yang sedang mereka hadapi. Performa yang buruk bisa jadi menurunkan kredibilitas seorang professional expert di mata kliennya.

Work hard, play harder! Pernah mendengar pepatah itu? Seorang professional expert tidak akan berlebihan dalam melakukan aktifitas yang sifatnya entertaining. Mereka biasanya balance dalam menjalankan keduanya. Dukungan konektivitas Bluetooth 5.0 pada laptop ExpertBook B9450, dapat dimanfaatkan untuk kedua hal tersebut. Hubungkan laptop dengan speaker bluetooth saat presentasi, agar klien bisa mendengar paparan yang sedang dilakukan dengan jelas. Atau hubungkan laptop dengan bluetooth headphone untuk mendengarkan musik relaksasi tatkala penat sedang melanda.

Ringan & Ringkas

Portabilitas dan mobilitas menjadi kunci berikutnya ketika akan memilih laptop sebagai alat bantu pendukung pekerjaan. Yang namanya professional expert itu seringkali bekerja di mana saja, bisa di kantor, di rumah, di kantor client, atau bahkan di ruang terbuka sekalipun. Oleh karena itu, berat dan tebal seringkali menjadi kendala jika mesti bekerja secara mobile. Laptop ExpertBook B9450 memiliki dimensi yang sangat ringkas untuk ukuran laptop bisnis 14 inci dan tentu saja ringan. Ini dimungkinkan berkat pemilihan bahan khusus magnesium lithium pada rangka dan bodinya. Seluruh bodi ExpertBook B9450 dibuat dengan metode CNC milling serta telah dilengkapi dengan lapisan khusus pencegah korosi, menggunakan metode Micro-Arc Oxidation (MAO) Composite Coating. Ini akan menjaga laptop ExpertBook B9450 dari efek korosi dan oksidasi dalam jangka panjang. Paling suka deh kalau punya barang itu awet, iya kan?

Laptop bisnis ExpertBook B9450 memiliki dimensi yang sangat ringkas. Meski berukuran 14 inci, ukuran paling pas untuk segala kebutuhan komputasi saat ini, layarnya terasa sangat luas. Ini karena laptop ExpertBook B9450 sudah mengadopsi teknologi NanoEdge Display, suatu teknologi yang memungkinkan layar memiliki bezel ultra-tipis. Berkat bezel ultra-tipis ini, ExpertBook B9450 memiliki screen-to-body ratio hingga 94%. Tebalnya pun hanya 1,49cm, jadi gampang sekali untuk dibawa bepergian meski cuma pakai tas berukuran kecil saja.

HD Webcam dengan Shield

Belakangan ini memang mulai marak fenomena virtual meeting dengan menggunakan fasilitas video conference. Banyak aplikasi yang mendukung pemanfaatan kamera yang terletak pada layar laptop. Tetapi sebelum ini, seorang professional expert, sudah sering memanfaatkan fasilitas video call atau video conference saat harus meeting dengan klien ketika dirinya sedang tidak berada di lokasi yang sama. Kamera pada ExpertBook B9450 merupakan IR camera beresolusi HD yang sangat mumpuni untuk melakukan video conference. Pernah dengar berita kamera webcam pada aplikasi messenger di laptop/PC diretas oleh orang tak bertanggungjawab beberapa tahun silam? Kini ExpertBook B9450 hadir dengan webcam shield yang dapat ditutup secara fisik untuk menjaga privasi.


Audio Clarity Terbaik

Komunikasi adalah faktor penting bagi seorang professional expert dalam menyampaikan solusi kepada klien. Ada dua komponen penting dalam berkomunikasi dengan menggunakan laptop bisnis ExpertBook B9450, pertama adalah speaker untuk mendengarkan dan microphone untuk berbicara. Kualitas speaker dan microphone yang baik akan memberikan pengalaman komunikasi yang sempurna. Speaker pada laptop bisnis ASUS ExpertBook B9450 telah mendapatkan sertifikasi dari Harman/Kardon. Merk jaminan mutu untuk urusan kualitas perangkat audio. Selain itu, speaker pada ExpertBook B9450 juga dilengkapi dengan fitur Smart Amps Chip, yang akan mengontrol frekuensi suara secara cerdas untuk mencegah kerusakan fisik pada speaker.

Perangkat mikrofon pada ExpertBook B9450 dirancang khusus untuk kegiatan video conference. Ada empat mikrofon yang ditempatkan secara khusus pada posisi tertentu dan dilengkapi dengan 360-degree far field untuk perekamnan suara lebih jelas. Fitur noise cancelling pada laptop bisnis ExpertBook B9450 akan meredam suara di sekitar sehingga tidak mengganggu sesi video conference yang sedang kita lakukan. Video conference atau virtual meeting dapat dilakukan secara nyaman dan natural, tanpa perlu menggunakan headset atau earphone yang mungkin saja bisa mengganggu pergerakan anggota tubuh kita, saat ingin mengambil secangkir kopi misalnya.

Daya Tahan Baterai hingga 24 Jam

Ini bukan berarti seorang professional expert mesti bekerja 24 jam lho ya? Tetapi dengan kemampuan ini, paling tidak, laptop bisnis ExpertBook B9450 dapat siap digunakan kapan pun diperlukan. Daya tahan baterai yang panjang pada ExpertBook B9450 merupakan perpaduan dari berbagai teknologi terkini, mulai dari prosesor hingga layar. Setiap ruang di dalam ExpertBook B9450 dimaksimalkan agar dapat diisi oleh baterai, sehingga ExpertBook B9450 tetap ringkas meski kapasitas baterainya sangat besar.

Laptop bisnis ExpertBook B9450 menggunakan layar khusus berteknologi Panel Self Refresh (PSR) yang mengkonsumsi daya jauh lebih rendah daripada layar standar laptop pada umumnya. Sebagai informasi, layar merupakan salah satu komponen yang konsumsi dayanya paling tinggi di sebuah laptop.

Advanced Thermal Module yang Inovatif

Apa yang biasanya terjadi ketika sebuah laptop dengan performa tinggi digunakan dalam jangka waktu yang lama berkat daya tahan baterainya yang luar biasa? Panas! Panas sudah menjadi musuh komponen elektronika ketika digunakan dalam waktu yang lama. Namun bukan berarti panas tidak bisa dijinakkan. Sistem pendingin ExpertBook B9450, Advanced Thermal Module, merupakan sistem pendingin baru dengan dimensi 25% lebih kecil dari sistem pendingin laptop pada umumnya namun tetap mampu memberikan performa pendinginan yang optimal. Ada tiga kelebihan utama dari sistem pendingin Advanced Thermal Module yang digunakan oleh ExpertBook B9450, yaitu :

  • Sistem pendinginnya menggunakan tilted heatsink design, dimana heatsink yang digunakan hadir dengan desain khusus sehingga dapat mengalirkan udara secara optimal. 
  • Struktur sistem pendinginnya, dari heatpipe, heatsink, hingga case untuk kipas, merupakan satu bagian dan bukan sambungan. Desain seperti ini dapat meningkatkan performa pendinginan khususnya pada proses pelepasan panas dari komponen pendingin.
  • Setiap sirip (fin) yang ada di heatsink dibuat menggunakan bahan alluminium alloy. Bahan tersebut memiliki performa pelepasan panas yang sama dengan tembaga, namun memiliki bobot yang lebih ringan.

Lapisan Anti-Panas

Jika tadi kita bahas tentang teknologi pendinginan untuk melepaskan panas dari komponen, lalu bagaimana dengan sisi penggunanya? Di masa lalu, pengguna laptop biasanya melakukan pekerjaan dengan memangku laptop mereka, dan ketika laptop sedang bekerja keras, tak jarang bagian paha mereka terasa panas. Begitupun dengan bagian penampang telapak tangan di sisi bawah keyboard. Bagian ini sering sekali terasa panas yang membuat kita merasa kurang nyaman saat sedang mengetik. Laptop bisnis ExpertBook B9450 memiliki lapisan anti panas graphite sheet yang dipasang di bawah keyboard dengan fungsi utama untuk mencegah panas berlebih agar tidak menyebar ke bagian keyboard. Lapisan tersebut juga membungkus komponen utama ExpertBook B9450 sehingga sebagian besar panas yang dihasilkan dapat disalurkan melalui sistem pendinginnya.


Desain ErgoLift yang Inovatif

Kenyamanan dalam bekerja menjadi salah satu faktor penting ketika mesti bekerja dalam waktu yang cukup lama. Posisi jari saat mengetik, performa laptop yang stabil dan optimal, didukung dengan sistem pendinginan yang memadai. Laptop bisnis ExpertBook B9450 memanfaatkan desain ErgoLift di mana dengan desain ini, bodi utama dan keyboard ExpertBook B9450 terangkat saat digunakan dan membentuk sudut 5 derajat. Posisi keyboard seperti ini membuat pengguna ExpertBook B9450 lebih nyaman ketika mengetik sekaligus menghadirkan rongga udara ekstra di bagian bawah laptop ini.

Rongga udara yang terbentuk dari desain ErgoLift ini memiliki dua fungsi. Yang pertama memastikan aliran udara pada sistem pendinginan tetap terjaga sehingga setiap komponen di ExpertBook B9450 dapat bekerja optimal. Fungsi yang kedua membuat suara yang dihasilkan oleh speaker yang berada di bawah bodi ExpertBook B9450 terdengar lebih kencang dan jelas. 

Desain ErgoLift di ExpertBook B9450 dapat dibuka hingga 180 derajat sehingga memudahkan ketika kita ingin berbagi tampilan layar dengan klien saat sedang memberikan penjelasan.

Keyboard dan Touchpad Khusus

Bagi seorang professional expert, khususnya yang banyak bekerja dengan angka-angka, kehadiran NumPad terpisah akan sangat membantu mempercepat pekerjaan mereka sehingga mereka menjadi lebih produktif. Pada laptop bisnis ASUS ExpertBook B9450, di bagian touchpad-nya bisa diubah menjadi NumPad yang sangat inovatif, dengan susunan layaknya tombol NumPad pada keyboard fisik berukuran penuh. 

Keyboard ExpertBook B9450 telah memiliki fitur spill resistant sehingga mampu bertahan ketika terkena tumpahan air sehingga membuat ExpertBook B9450 lebih tangguh dari laptop pada umumnya. Selain itu, keyboard ExpertBook B9450 juga telah dilengkapi dengan backlight yang dapat diatur tingkat kecerahannya melalui tombol shortcut yang ada di keyboard bagian atas sehingga memudahkan untuk bekerja dalam lingkungan rendah cahaya. Selain tombol untuk mengatur kecerahan, terdapat juga berbagai tombol pintasan untuk mempermudah penggunaan, antara lain tombol untuk men-capture layar, membuka aplikasi MyASUS, logout dari akun Windows yang sedang digunakan, serta menonaktifkan webcam.

Link to MyASUS

Ada fitur baru yang khusus dikembangkan oleh ASUS dan mulai diterapkan pada ExpertBook B9450 yaitu Link to MyASUS. Fitur dalam aplikasi MyASUS ini memungkinkan kita untuk menghubungkan smartphone yang sedang digunakan ke laptop ExpertBook B9450 sehingga berbagai aktivitas pada smartphone langsung dapat dilihat di layar laptop ExpertBook B9450. Dengan fitur ini, mengirim file dari dan ke smartphone dapat dilakukan tanpa harus menggunakan kabel data, screen mirroring untuk mengontrol smartphone secara langsung lewat layar ExpertBook B9450, dan screen extender yang memungkinkan tampilan layar ExpertBook B9450 dapat ‘dilempar’ ke layar smartphone. Dan tentu saja kita bisa menjawab panggilan telepon dan membaca semua pesan yang masuk ke dalam smartphone tanpa harus menyentuhnya.

Ketangguhan Berstandar Militer

Bicara soal ketangguhan, di atas sudah dibahas beberapa fitur yang membuat laptop bisnis ASUS ExpertBook B9450 ini tergolong bandel. Tapi itu hanya sebagian kecil saja, karena sesungguhnya ketangguhan laptop ini sudah teruji. ExpertBook B9450 telah menerima sertifikasi lolos uji ketahanan berstandar militer AS (MIL-STD 810G). Selain itu, ExpertBook B9450 juga telah lolos dalam serangkaian uji ketangguhan ektrem. Sebanyak 21 jenis pengujian ekstrem telah dijalani oleh unit ExpertBook B9450, seperti uji durabilitas engsel, uji durabilitas port, uji tekanan ekstrem pada bagian layar, uji durabilitas keyboard, uji jatuh dari ketinggian tertentu, uji getaran, hingga uji penggunaan diu ketinggian serta suhu ekstrem. Kalau istilah orang jaman sekarang, Smack Queen Ya Queen nggak bakal salah pilih laptop bisnis, kalau pilihannya ExpertBook B9450.

Fitur Keamanan Tingkat Enterprise

Seorang professional expert biasanya bekerja secara mandiri (freelance) tapi juga banyak yang bergabung dengan korporasi. Baik mandiri maupun korporasi, mereka biasanya bekerja dengan sistem dan data. Kebayang kan, betapa data itu sangat penting bagi seorang professional expert

Urusan keamanan privasi pengguna, laptop bisnis ExpertBook B9450 sudah mendukung fitur Windows Hello terintegrasi sehingga kita tidak perlu mengetikkan password untuk masuk ke dalam sistem. Tersedia dua opsi login yang lebih aman, yaitu dengan menggunakan sistem biometrik melalui fingerprint sensor atau dengan opsi pengenalan wajah dengan teknologi facial recognition sensor.

Meski bekerja dengan sistem, seorang professional expert kerap kali bekerja secara stand-alone, dengan prinsip client-server di mana beberapa data biasanya diunduh dan disimpan pada laptop untuk diolah secara mandiri. Data ini biasanya sangat penting dan bersifat rahasia, sehingga untuk melindunginya, biasanya kita akan menambahkan beberapa lapisan proteksi tambahan melalui aplikasi keamanan yang terverifikasi.

Uniknya laptop bisnis ExpertBook B9450 ini adalah karena dia telah memiliki fitur pengunci BIOS dan SSD dengan menggunakan password. Ketika diaktifkan, kita harus memasukkan password dengan benar terlebih dahulu agar dapat mengubah pengaturan BIOS atau mengakses data di SSD. Selain itu, ketika mungkin kita ‘lengah’ meninggalkan laptop dalam keadaan terbuka, dan ada orang lain yang mencoba untuk mencuri data kita, sekarang dengan laptop bisnis ExpertBook B9450, tidak perlu kuatir lagi. Karena ExpertBook B9450 memiliki fitur USB Storage Block yang akan memblokir semua perangkat  seperti USB flash disk atau penyimpanan eksternal lainnya secara otomatis. Mereka hanya bisa diakses dengan izin dari administrator. Perlu diketahui bahwa USB flash disk dapat berisi malware yang bisa menyebar melalui jaringan internal perusahaan. 

Bagaimana jika banyak data kita yang sudah tidak terpakai lagi, namun berpotensi merugikan jika bisa direstorasi? Tenang! ASUS ExpertBook B9450 juga punya fitur sakti yang namanya Secure File Shredder. Fitur ini bekerja seperti penghancur kertas yang ada di Dept. HRD atau Finance di kantor-kantor, namun yang dihancurkan hingga tak bersisa adalah file digital, dan ini tidak dapat dipulihkan dengan menggunakan metode apapun. Peretas dijamin akan kesulitan untuk mengembalikan file yang sudah terlanjur dihapus dengan menggunakan fitur ini.

Mendukung Sistem IT Enterprise

Professional expert yang tergabung dalam sebuah korporasi, pasti memiliki peraturan khusus yang pastinya wajib melindungi semua perangkat dan data yang ada di dalamnya. Dan sebagai laptop bisnis premium, ExpertBook B9450 telah mendukung sistem manajemen IT kelas Enterprise, yang artinya telah memenuhi standar korporasi besar. Sistem operasi hingga Windows 10 Pro, ExpertBook B9450 dapat diatur untuk terhubung ke jaringan intranet perusahaan secara cepat dan aman, kapanpun dan dimanapun. ExpertBook B9450 sendiri telah dilengkapi dengan chip mac address permanen sehingga laptop ini telah mendukung penggunaan dalam skala enterprise dimana setiap laptop perusahaan harus memiliki physical address agar mudah di-manage dan dikenali. Dukungan terhadap aplikasi ASUS Control Center dan ASUS Business Center juga membuat tim manajemen IT dengan mudah melakukan control dan manajemen terhadap ExpertBook B9450, bahkan dari jarak jauh.

Seperti halnya ketika sedang menjalin suatu hubungan, diperlukan rasa percaya/trust di antara kedua belah pihak, agar hubungan tersebut tetap terjaga hingga tercapai tujuan dan cita-citanya. Demikian pula ASUS ExpertBook B9450, juga dirancang berdasarkan Trusted Platform Module di mana seluruh data dalam perangkat serta aktivitas datanya diproses secara enkripsi. Ada sebuah chip khusus berisi RSA encryption key unik yang hanya tersedia dan dapat digunakan oleh satu perangkat saja. Dengan demikian data yang dienkripsi di ExpertBook B9450 tidak akan bisa dibaca atau diakses di perangkat lainnya. Jika sudah bicara soal tingkat Enterprise, baik keamanan maupun sistem, jelas laptop bisnis ASUS ExpertBook B9450 ini bisa dinyatakan telah memenuhi syarat.

Intel Project Athena

Laptop bisnis ASUS ExpertBook B9450 telah memenuhi standar untuk menjadi bagian dari Project Athena yang digagas oleh Intel. Project Athena merupakan sebuah inisiatif dari Intel untuk menghadirkan standar baru di dunia komputasi mobile. Laptop yang menjadi bagian dari Project Athena harus memenuhi standar kualifikasi khusus dari Intel, mulai dari fitur, performa, responsivitas, hingga daya tahan baterai. Tujuan dari Project Athena adalah menghadirkan laptop dengan standar mobilitas tinggi untuk pengguna di seluruh dunia.

ASUS ExpertBook B9450 didukung oleh prosesor 10th Gen Intel Core yang memiliki performa tinggi serta hemat daya, memori berkapasitas besar hingga 16GB dual channel ready, serta dua buah media penyimpanan NVMe PCIe x4 SSD berkapasitas hingga 2TB. Dengan kombinasi komponen seperti itu, membuat ExpertBook B9450 memiliki performa dan responsivitas kencang, serta daya tahan baterai yang panjang, sesuai dengan visi Project Athena.

Berikut ini adalah hasil tes benchmark yang dijalankan pada laptop bisnis ASUS ExpertBook B9450 agar ada sedikit gambaran mengenai performanya. Beberapa aplikasi yang digunakan adalah aplikasi benchmark populer seperti PCMark10, CrystalDiskMark serta CineBench R20.

PCMark10 CPU



CineBench R20 CPU



CrystalDiskMark SSD



PCMark10 Battery - Modern Office



Dan di bawah ini adalah tabel variasi spesifikasi dan harga laptop bisnis ASUS ExpertBook B9450 :


Main Spec.

ASUS ExpertBook B9450

CPU

Intel® Core™ i5-10210U Processor 1.6 GHz (6M Cache, up to 4.2 GHz)

Intel® Core™ i7-10510U Processor 1.8 GHz (8M Cache, up to 4.9 GHz)

Operating System

Windows 10 Pro

Memory

8GB / 16GB 2133MHz LPDDR3 onboard (dual channel support)

Storage

Dual M.2 NVMe PCIe® 3.0 x4

512GB / 1TB SSD (up to dual 1TB)

Display

14.0" (16:9) LED backlit FHD (1920x1080) Anti-Glare, 100% sRGB, 300 nits

Graphics

Intel UHD Graphics 620

Input/Output

2x Thunderbolt™ 3 Type-C, 1x USB 3.2 (Gen1) Type-A, 1x HDMI, 1 x RJ45 LAN via micro HDMI port, 1x Audio Jack, 1 x Kensington® lock slot

Camera

720p HD camera with microphone; IR camera with Windows Hello Support

Connectivity

Wi-Fi 6 (802.11ax), Bluetooth 5.0

Audio

2 Integrated stereo speakers certified by harman/ kardon, Array microphone with Cortana, Quad 360° far-field microphones (support noise cancellation)

Battery

4 -Cell 66Wh lithium-polymer long life rechargeable battery

2 -Cell 33Wh lithium-polymer long life rechargeable battery

Security

Trusted Platform Module TPM 2.0 embedded security chip, Windows Hello with facial recognition software, fingerprint sensor, webcam shield, kensington lock slot, ASUS Business Manager with secure drive setting and lock control to USB storage devices

Dimension

32.0(W) x 20.3(D) x 1.49(H) cm

Weight

0.870kg with 33W battery

0.995kg with 66W battery

Colors

Star Black

Price

Rp27.499.000 (Core i5, 512GB SSD, 8GB RAM, 33Whr battery, Win 10 Home)

Rp28.499.000 (Core i5, 512GB SSD, 16GB RAM, 66Whr battery, Win 10 Home)

Rp30.999.000 (Core i5, 512GB SSD, 16GB RAM, 66Whr Battery, Win 10 Pro)

Rp32.499.000 (Core i7, 1TB SSD, 16GB RAM, 66Whr battery, Win 10 Home)

Rp34.999.000 (Core i7, 1TB SSD, 16GB RAM, 66Whr Battery, Win 10 Pro)

Rp36.999.000 (Core i7, 2x1TB SSD, 16GB RAM, 66Whr Battery, Win 10 Pro)

Warranty

3 tahun layanan garansi di tempat


Dengan dukungan laptop bisnis seperti ASUS ExpertBook B9450, saya yakin setiap professional expert di bidang masing-masing akan sangat terbantu dalam menjalankan aktifitas profesi mereka sehari-hari dan semakin bertambah expert dengan pengalaman yang mereka alami dalam menghadapi masalah, serta mencari solusinya.

Saya, Maseko, seorang professional expert, yang masih terus belajar untuk menjadi manfaat bagi sekitarnya..


8 komentar:

  1. ASUS EXPERTbook kece banget ya dibuat untuk bekerja serta multitaskingnya tidak perlu dikhawatirkan lagi.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Emang kalo laptop bisnis itu urusan multitasking-nya diperhatikan banget.

      Hapus
  2. Wow, keren laptop skrng ... Simple tp powerfull ...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Cocok buat mereka yang konservatif tapi menuju stylish.

      Hapus
  3. Demi mendukung produktifitas lancar, tools yg di gunakan jg harus seimbang , kece jg ini laptop demi menunjang produktifkas semakin lancar

    BalasHapus
    Balasan
    1. Semua kerjaanlu bisa dikerjakan dengan lancar pake laptop ini.

      Hapus
  4. Body nya ringkas banget om, jadi lebih praktis dibawa kemana aja,
    Aplgi bobot nya juga terbilang ringan, jadi pengen meminangnya

    BalasHapus