Jumpa Alan Walker dan Produk ROG Terbaru di ROG Citadel XV CES 2021

Beberapa waktu yang lalu, tepatnya tanggal 12 Januari 2021, saya berkesempatan diundang ke Vegas untuk menghadiri acara peluncuran produk-pr...

Intip Bocoran Desain Android 12

 


Android 12 Google dijadwalkan akan hadir pada musim gugur tahun ini, dengan catatan tidak ada penundaan sehingga bisa dirilis tepat pada waktunya. Namun sebelum itu, dalam minggu-minggu ini, kita akan melihat beberapa tampilan beta, yang untuk pertama kalinya, membawa beberapa perubahan yang berbeda daripada versi sebelumnya.

Sembari menunggu waktu rilis resminya, hari ini banyak beredar bocoran tangkapan layar yang bisa dikatakan menggambarkan beberapa aspek Android 12, dan kemungkinan besar desain ulang pada versi 12 ini, termasuk tentunya beberapa fitur baru. Tangkapan layar di bawah ini diduga berasal dari dokumen ringkasan perubahan yang terdapat di dalam versi 12 yang dibuat Google.


Tampilan di sini dalam tingkatan tertentu, akan mengingatkan pada iOS, seperti juga beberapa fitur privasi baru - seperti ikon yang muncul di kanan atas untuk memberi tahu bahwa ada aplikasi yang sedang menggunakan kamera atau mikrofon. Jika ikon itu diketuk, akan muncul pemberitahuan tentang aplikasi mana sedang menggunakan apa. Juga akan ada cara cepat untuk menonaktifkan kamera atau mikrofon hanya dengan mengetuk sakelar. Indikator penggunaan kamera dan mikrofon ini tampaknya akan diamanatkan oleh Google untuk disertakan oleh semua OEM setelah mereka merilis pembaruan masing-masing untuk Android 12.


Ikon Quick Settings nampaknya belum final, ada kemungkinan terjadi perubahan bentuk berdasarkan aktivitas, atau hanya sekadar perubahan warna. Mungkin. Hanya ada empat ikon Quick Settings kali ini, menjadikannya lebih besar dan lebih mudah diakses, tetapi menyembunyikan ikon lainnya sembari menyisakan banyak ruang putih (atau lebih tepatnya dalam hal ini, cream). Warna latar belakang mungkin akan tergantung pada tema, namun untuk saat ini kami belum yakin apakah ini tema terang baru atau bukan.


Widget baru juga sedang dalam pengembangan, dengan widget Conversations baru yang akan meng-highlight pesan terbaru, panggilan tak terjawab, dan status aktivitas. Dalam ukuran terkecil, widget ini hanya akan menampilkan satu item saja dalam satu kesempatan.


Hal-hal lain yang diharapkan hadir di Android 12 adalah aplikasi ganda/berpasangan, gesture 'ketuk dua kali di bagian belakang ponsel' , berbagi kata sandi Wi-Fi dengan perangkat terdekat, sistem tema yang ditingkatkan, pembaruan emoji yang dipisahkan dari pembaruan sistem, dan fitur hibernasi aplikasi untuk membantu efisiensi daya.

Nah, bagaimana menurut kalian? Apakah perubahan ini jauh lebih menarik dan berguna? Tulis pendapat kalian di kolom komentar ya? Semoga informasi ini bermanfaat, sampai jumpa di tulisan saya berikutnya.

Salam kompak persahabatan selalu..


Tidak ada komentar:

Posting Komentar