Jumpa Alan Walker dan Produk ROG Terbaru di ROG Citadel XV CES 2021

Beberapa waktu yang lalu, tepatnya tanggal 12 Januari 2021, saya berkesempatan diundang ke Vegas untuk menghadiri acara peluncuran produk-pr...

OPPO X 2021 - Ponsel Layar Gulung yang Nyata (Ada Videonya)


Belum lagi ramai ponsel pintar yang dapat dilipat, sekarang sudah muncul prototipe ponsel yang layarnya bisa digulung. Inovasi yang bisa menyatukan dua kebutuhan dalam sebuah perangkat. Nggak perlu lagi punya 2 gawai, ponsel dan tablet, hanya untuk kebutuhan layar yang berbeda. Nih! OPPO X 2021 yang kabarnya sempat muncul beberapa waktu lalu, kini hadir makin mantap dengan video hands-on yang bikin pengen punya.
Informasi mengenai perangkat OPPO X 2021 saya temukan melalui forum XDA Developers, di mana ada beberapa video YouTube, termasuk salah satunya yang dibuat oleh Brandon Le Proktor di Prancis, memberikan gambaran nyata mengenai bagaimana mekanisme rollable untuk memperluas ukuran layar, bekerja pada OPPO X 2021.


Belum banyak hal yang bisa saya ketahui mengenai prototipe ponsel OPPO X 2021 ini, namun rasanya sangat menyenangkan melihat layar membesar dan mengecil ukurannya dengan mekanisme gulung yang sangat smooth. Di sana kita juga bisa melihat betapa perangkat keras dan lunaknya bekerja sama ketika menyesuaikan dengan perubahan ukuran layarnya, contohnya jarak ikon aplikasinya.

Meski video tersebut berbahasa Prancis, tetapi melihat setiap adegan tatkala layar berubah wujud, nampaknya dipicu melalui ketukan pada tombol atau gesekan jari di tepi perangkat. Hal sederhana ini sudah cukup untuk mengaktifkan mekanisme pengguliran, mengecilkan atau memperluas layar sesuai kebutuhan. Huft, untung anak saya sekolahnya belajar bahasa Prancis, thx ya Kak :)

Seperti yang pernah dijelaskan OPPO pada bulan November lalu, ponsel ini menggunakan plat logam pintar di bagian belakang yang dapat meluncur masuk dan keluar untuk mengakomodasi perubahan ukuran layarnya, yang awalnya seluas 6,7 inci menjadi 7,4 inci hanya dengan satu sentuhan.

Dari video hands-on tersebut, tampaknya perangkat lunak ColorOS berbasis Android yang ditanamkan OPPO di dalam ponsel tersebut, tidak memiliki masalah dalam mengikuti perubahan luas layar, di mana layar beranda dan jendela browser web dapat menyesuaikan dengan perubahan dimensi tanpa kendala sedikit pun.


Beberapa produsen seperti TCL, LG dan bahkan mungkin juga Samsung, sedang mengembangkan ponsel gulung. Form factor ponsel gulung yang tidak memiliki lekukan bisa jadi akan mematikan pengembangan ponsel lipat yang bagian lekukannya berpotensi membawa masalah pada layar di kemudian hari.

Sayangnya, masih belum ada kabar kapan OPPO X 2021 ini mulai dirilis secara resmi di pasar global. Meski di dalam video hands-on tadi, perangkat ini terlihat cukup fungsional, namun OPPO masih menyebutnya sebagai prototipe, dan belum ada petunjuk apapun mengenai kapan perangkat canggih nan keren ini bisa didapatkan oleh peminatnya. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar