Hands On Laptop Gaming ASUS ROG Zephyrus S17 dan Zephyrus M16

  Setelah diluncurkan beberapa waktu yang lalu secara streaming, akhirnya pada hari Minggu kemarin, saya berkesempatan untuk menjajal laptop...

4 Tips Penjualan Online untuk Meningkatkan Omzet, Klik Di Sini!

 


Tingkat penjualan yang terus bertumbuh jadi dambaan banyak pengusaha yang saat ini berjuang untuk mengembangkan usahanya. Salah satu kanal terbesar yang kini tengah jadi perhatian pebisnis adalah penjualan online. Kanal ini dianggap jadi salah satu kanal masa depan, yang mulai sekarang harus di-maintain dengan baik dari berbagai sisi.

Bukan rahasia lagi jika trik dan strategi penjualan online juga kemudian banyak dicoba, dikembangkan, dan menunjukkan hasil beragam. Namun demikian, penyusunan cara-cara berjualan secara online yang baik tentu memerlukan perencanaan yang tepat hingga bisa memberikan output sesuai harapan Anda.

Berikut, kami sajikan beberapa tips memaksimalkan omzet penjualan online yang bisa Anda coba pada bisnis Anda. Ingat, tetap adaptasikan dengan bisnis dan cara yang sudah Anda gunakan saat ini agar tetap relevan dan semakin efektif ya!

Seleksi Produk Terbaik, dan Sisihkan Sementara yang Masih Perlu Ditingkatkan

Seleksi produk menjadi salah satu tips untuk meningkatkan omzet penjualan online yang bisa Anda terapkan. Seleksi ini dilakukan guna meningkatkan performa produk-produk yang telah terbukti mendatangkan pemasukan cukup tinggi, sehingga dapat memanfaatkan momentum tertentu.

Produk dengan performa menonjol bisa makin dioptimalkan penjualannya, sambil Anda mencoba memperbaiki produk yang performanya kurang baik. Bisa dari segi strategi pemasaran, kualitas produk, atau bahkan dengan membuka segmen pasar baru untuk produk yang kurang ‘tampil’ ini.

Dengan menyeleksi produk, diharapkan pelanggan bisa menjadi lebih fokus untuk segmen produk tertentu. Jangan lupa manfaatkan momen ini untuk menghimpun tanggapan dari pelanggan mengenai produk yang sudah ada atau yang sudah tidak ada lagi. Dapatkan data valid, dan maksimalkan untuk pengembangan produk.

Perluasan Pasar dengan Produk atau Branding Baru

sumber : freepik.com

Produk yang ditarik dari peredaran ini bisa diolah sedemikian rupa untuk membuka pasar atau segmen baru pada bisnis Anda. Tak selalu ditarik karena memiliki kualitas yang buruk, bisa saja produk tidak perform hanya karena harus bersaing di segmen pasar yang kurang tepat.

Amati produk pesaing, dan pastikan Anda menawarkan produk Anda dengan nilai lebih yang kompetitif. Produk yang ditarik pada poin pertama tadi bisa jadi senjata Anda di segmen pasar yang berbeda, namun tentu dengan tetap memperhatikan kualitas produk yang Anda edarkan.

Perluasan pasar juga dapat dilakukan dengan branding baru dan segar pada produk yang sudah ada, sehingga mendapatkan citra baru yang dapat menarik perhatian pelanggan potensial. Sekali lagi, cara ini harus dilakukan berdasarkan data yang kuat, agar upaya penjualan online tetap memiliki dasar pelaksanaan yang kuat pula.

Maksimalkan Sisi Operasional

Peningkatan omzet penjualan online juga dapat dipengaruhi oleh pengalaman pelanggan Anda ketika melakukan transaksi. Layanan konsumen yang solutif dan memberikan respon cepat, deskripsi produk yang jelas, serta foto produk yang menarik bisa meningkatkan pengalaman pelanggan ketika berbelanja produk yang Anda miliki.

Hal ini memerlukan peningkatan dari sisi internal, sehingga kualitas operasional bisa dimaksimalkan. Tanpa mengesampingkan pengembangan produk, pengalaman yang dirasakan pelanggan secara langsung ini harus benar-benar dibuat menjadi yang terbaik, sehingga apa yang diingat dari produk Anda bisa mendukung pembelian kembali.

Pengalaman pelanggan atau customer experience yang baik secara tak langsung bisa membantu proses pembentukan branding serta segmen pasar yang loyal. Hubungan dengan pelanggan yang terjalin harmonis, akan jadi kunci utama pada poin ketiga ini.

Berikan Promo dan Benefit

sumber : freepik.com

Diluar nilai yang sudah dimiliki produk Anda, jangan ragu untuk memberikan benefit atau promo untuk menarik minat pelanggan. Ketika berbelanja secara online, seorang pelanggan atau calon pelanggan lebih tertarik pada produk-produk yang menawarkan promo serta benefit saat pembelian.

Promo yang dimaksud bisa dengan potongan harga, memberikan produk lain dengan menambah pembelian tertentu, atau dengan giveaway yang saat ini sedang menjadi tren. Jelas, hal ini perlu diperhitungkan dengan matang agar jangan sampai membawa kerugian untuk bisnis Anda.

Ketika menjalankan promo atau penawaran benefit, jangan lupa maksimalkan unggahan di media sosial atau dengan menggunakan ads. Dengan demikian jangkauan informasi terkait promo produk bisa lebih luas, dan diketahui banyak orang.

Sekali lagi, perhitungkan semuanya dengan baik, sehingga aktivitas pemasaran pada penjualan online ini bisa memiliki ROI yang terukur.

Penjualan online pada akhirnya memerlukan aktivitas pemasaran yang tak kalah kompleks dengan penjualan konvensional. Maka dari itu, diskusi dengan tim internal, konsultasi dengan tim ahli, atau melakukan riset secara mendalam akan sangat membantu peningkatan omzet ini.

Untuk memberikan pengalaman terbaik pada pelanggan yang membeli produk Anda, pastikan juga Anda memiliki sistem pembayaran yang prima. Tak relevan tentu jika penjualan online yang jadi andalan dan identik dengan proses praktis masih harus berkutat dengan pembayaran yang berbelit. Jokul by DOKU, bisa  jadi solusi untuk urusan ini. Mudah diintegrasikan dengan bisnis Anda, dan dapat menyediakan metode pembayaran yang beragam untuk pelanggan, menjadikan Jokul layanan yang wajib digunakan untuk beragam jenis bisnis. Gunakan Jokul sekarang juga, dan dapatkan manfaatnya!



2 komentar: