Artikel Unggulan

5 Alasan HUAWEI MateBook D 14 Jadi Laptop Andalan

  Setiap orang memiliki kebutuhan unik dalam memilih laptop, yang bisa beragam dari segi fungsionalitas dan kemampuan komputasi yang canggih...

Review ROG Phone 6 - Smartphone Gaming Terbaik 2022

 


Belum lama rasanya saya hadir di acara peluncuran smartphone gaming terbaru, ROG Phone 6 di Central Park, Jakarta Barat. Bahkan, saya mengikuti rangkaian acaranya sampai malam, sampai kompetisi gaming antar media yang bertanding dalam game Call of Duty Mobile, di  mana pemain terbaiknya akan mendapatkan hadiah satu unit ROG Phone 6 terbaru!

Saat melihat presentasi ROG Phone 6, saya yakin smartphone gaming ini memberikan peningkatan yang sangat signifikan daripada tipe sebelumnya, baik dari sisi performa maupun dari sisi teknologi pendinginannya. Ini penting, karena smartphone gaming tipe sebelumnya banyak diterpa problema yang cukup fatal, meski hal itu juga telah diimbangi dengan layanan purna jual yang maksimal.

Seperti apa sih, kecanggihan dan kemampuan ROG Phone 6 ini? Dan apa saja keunggulan ROG Phone 6 sebagai smartphone gaming terbaik Indonesia di tahun 2022 ini? Mari kita bedah bersama-sama!

 ROG Phone 6 - Qualcomm Snapdragon 8+ Gen 1 



ROG Phone 6 sekarang menggunakan prosesor Qualcomm Snapdragon 8+ Gen 1 terbaru yang memiliki clock frekwensi hingga 3,2 GHz. Untuk ukuran smartphone gaming modern, ini tergolong sangat cepat. Dengan prosesor terbaru ini, ROG Phone 6 mampu memberikan peningkatan performa CPU dan GPU hingga 10% namun dengan tingkat efisiensi mencapai 30% bila dibandingkan dengan tipe sebelumnya (dalam hal ini ROG Phone 5). Agar performanya tetap optimal, ROG Phone 6 juga dilengkapi dengan RAM bertipe LPDDR5 serta media penyimpanan bertipe SSD UFS 3.1 yang kencang. 

 ROG Phone 6 - Benchmark 

Saya juga sempat melakukan benchmark terhadap ROG Phone 6 untuk mendapatkan sedikit gambaran, seperti apa kira-kira performanya ketika digunakan. Dan untuk urusan ini, saya menggunakan aplikasi 3DMark mobile. Proses dan hasilnya bisa disimak pada video berikut ini :


Berdasarkan hasil benchmark, ROG Phone 6 ini mampu mencapai nilai sekitar 98% dari rata-rata nilai yang didapatkan oleh ROG Phone 6 Pro. Perlu diingat bahwa perbedaan ROG Phone 6 dengan ROG Phone 6 Pro terletak pada konfigurasi RAM dan storage yang dimiliki, bukan pada prosesor.

 ROG Phone 6 - 6,78 Inch AMOLED Display Ultra-Fast Response 



Layar ROG Phone 6 menggunakan panel AMOLED HDR10+ buatan Samsung yang mampu menampilkan warna-warni dalam akurasi tinggi. Hal ini didukung oleh teknologi pemrosesan visual dari PixelWorks. Layar AMOLED pada ROG Phone 6 ini juga memiliki refresh rate hingga 165Hz, sehingga mampu menampilkan gambar bergerak secara smooth dan natural. Selain itu, untuk mendukung game yang kompetitif, layar ROG Phone 6 juga telah mendukung touch sampling rate hingga 720Hz. Teknologi ini memungkinkan layar untuk merespon sentuhan jari secepat kilat. Ini sempat saya buktikan sendiri ketika saya bermain game FreeFire dengan menggunakan ROG Phone 6.


Saat bermain game FreeFire dengan ROG Phone 6, saya mencoba untuk memaksimalkan settingnya agar game ini memaksa ROG Phone 6 untuk mengeluarkan segala kemampuan yang dimilikinya. Hasilnya? Saya dapat memainkan game FreeFire ini dengan sangat enjoy! Nggak ada pengalaman pusing karena layar tersendat, semuanya berjalan mulus dan lancar, bahkan bisa survive sampai akhir permainan. Booyah!!

 ROG Phone 6 - Baterai Monster 6000 mAh 



ROG Phone 6 hadir dengan kapasitas total baterai 6000 mAh, dalam konfigurasi 2x 3000 mAh. Dengan kapasitas baterai sebesar ini, ROG Phone 6 mampu memberikan pengalaman bermain dalam durasi waktu yang cukup lama. Tak perlu risau ketika baterai sudah mulai low, karena ROG Phone 6 sudah dilengkapi dengan teknologi HyperCharge 65 Watt dengan kepala charger dan kabel USB tipe C include dalam paket penjualan. Tidak perlu dibeli secara terpisah! Seperti apa cepatnya pengisian HyperCharge 65 Watt pada ROG Phone 6? Kalian bisa lihat di highlight Instagram story saya di sini!

 ROG Phone 6 - GameCool 6 

Pengalaman saya bermain game dengan menggunakan ROG Phone 6 ini terasa sangat menyenangkan dan pastinya lebih tenang. Ini penting, karena banyak jenis permainan di smartphone membutuhkan waktu bermain yang cukup lama dan intens. Salah satu game yang cukup menyenangkan untuk dimainkan dengan ROG Phone 6, dengan setting yang optimal, adalah game populer, Mobile Legends Bang Bang.


Setelah memainkan game Mobile Legends sampai menang, temperatur ROG Phone 6 terpantau cukup dingin bila dibandingkan dengan ROG Phone 5 yang juga sedang saya gunakan. Perbandingan di antara keduanya bisa  dilihat pada foto berikut ini :


Pada foto tersebut, terlihat bahwa ROG Phone 5 memiliki temperatur sistem lebih tinggi, yaitu 32°C sedangkan ROG Phone 6 hanya 30°C. Namun jika kita perhatikan lebih detil lagi, temperatur CPU pada ROG Phone 6 ternyata hanya 25°C, sementara temperatur CPU ROG Phone 5 menembus 44°C. Ini membuktikan efektivitas dari sistem pendingin baru milik ROG Phone 6 yaitu GameCool 6.


Sistem pendingin GameCool 6 terdiri dari beberapa lapisan yang mampu secara efektif meredam dan membuang panas untuk penggunaan gaming hingga 30 menit. 

Untuk lapisan pendingin yang pertama adalah thermal compound berbahan Boron Nitride, yang mampu menyerap panas dan menjaga kestabilan hingga suhu 1000°C. Untuk penggunaan gaming hingga 15 menit, lapisan pendingin ini yang akan menjaga temperatur ROG Phone 6 agar tetap dalam kondisi normal.

Lapisan berikutnya adalah ROG6 Graphite Sheets yang berukuran 85% lebih luas daripada yang terdapat di ROG Phone 5, serta kehadiran ROG6 Vapor Chamber yang berukuran 30% lebih besar daripada sebelumnya, yang akan mendinginkan langsung prosesor Qualcomm Snapdragon 8+ Gen 1. Komponen pendingin ini sanggup menaklukkan panas yang dihasilkan oleh ROG Phone 6 untuk durasi permainan hingga 30 menit lamanya. Lalu, bagaimana dengan pemakaian gaming dengan durasi yang lebih lama dan lebih intens? Tenang! ROG Phone 6 sudah punya solusinya berupa aksesoris pendingin tambahan.

 ROG Phone 6 - AeroActive Cooler 6 



Ini adalah AeroActive Cooler 6, perangkat pendingin tambahan yang jadi bestie-nya hardcore gamer ROG Phone 6. Main game berjam-jam tak perlu was-was soal pembuangan panas, karena menurut saya, aksesoris ini adalah solusi pendingin terbaik untuk smartphone gaming terbaik, ROG Phone 6. Mengapa demikian?

AeroActive Cooler 6 dibangun dari beberapa komponen yang bertujuan untuk menyerap dan membuang panas yang dihasilkan oleh ROG Phone 6. Komponen pertama yang bersentuhan langsung adalah lempeng tembaga. Tembaga merupakan bahan logam yang mampu menyerap panas dan membuangnya dengan cepat. 

Komponen berikutnya adalah elemen Peltier. Komponen ini cukup unik karena mampu mengubah temperatur secara drastis dengan bantuan tenaga listrik. Bagan cara kerja elemen Peltier ini bisa disimak pada gambar di berikut ini :


Komponen berikutnya adalah sirip pendingin dan kipas centrifugal. Komponen ini akan membantu mempercepat pembuangan panas yang telah diserap oleh elemen Peltier, sehingga proses pendinginan komponen secara keseluruhan dapat berjalan secara efisien. Dengan memanfaatkan AeroActive Cooler 6 pada ROG Phone 6, panas yang dihasilkan oleh smartphone gaming terbaik ini dapat direduksi hingga 25°C. Jaminan ketenangan batin dan kenyamanan saat bermain game dalam durasi waktu yang lama.

 ROG Phone 6 - AirTrigger 6 



Fitur yang sudah lama ada dan semakin berkembang untuk mendukung kenyamanan dalam bermain adalah AirTrigger 6. AirTrigger merupakan tombol berteknologi ultrasonik, yang terdapat di sisi kanan dan kiri pada bagian atas ROG Phone ketika berada dalam posisi gaming/horizontal. Tombol ini mirip seperti tombol L1/R1 di PSP dan fungsinya bisa diatur melalui Armoury Crate. Tombol ultrasonik ini bisa digunakan dengan cara ditekan, disentuh/swipe, atau digeser/slide. Atau bisa dikombinasikan di antaranya. Contoh yang umum digunakan, tombol AirTrigger ini biasanya digunakan untuk mode snipping di game survival seperti PUBG Mobile, Call of Duty Mobile dan semacamnya. Oya, penggunaan AeroActive Cooler 6 akan memberikan 4 tombol tambahan di bagian belakang, yang bisa digunakan dan dikustomisasi sesuai keinginan.

Selain tombol AirTrigger, ROG Phone 6 juga sudah mendukung sensor gerakan. Sebagai contoh, ketika kita bermain game balap mobil seperti Asphalt misalnya, kita tak perlu menekan tombol lagi untuk mengendalikan mobil kita. Cukup memajukan ROG Phone 6 untuk akselerasi, memundurkannya untuk melakukan pengereman, menggoyangkannya ke kiri atau ke kanan untuk mengarahkan mobil kita untuk berbelok ke kiri atau ke kanan. Canggih bukan?

 ROG Phone 6 - Armoury Crate 



Armoury Crate merupakan aplikasi pusat pengendali ROG Phone. Melalui aplikasi ini, kita bisa mengatur profile game yang sedang kita mainkan. Lalu, kita juga bisa mengetahui kondisi suhu/temperatur perangkat ROG Phone kita, apakah masih dalam batas aman atau sudah saatnya beristirahat sejenak. Tidak hanya itu saja, lewat aplikasi Armoury Crate, kita juga bisa menentukan mode perangkat ROG Phone kita, apakah kita ingin memaksimalkan performanya dengan mengaktifkan X Mode? Atau sedang perlu daya tahan baterai yang panjang dengan mode Ultra Durable-nya? Semua bisa kita tentukan di sini.


Lalu, bagaimana cara kita mengetahui game apa saja yang didukung secara optimal oleh ROG Phone 6? Masih melalui aplikasi Armoury Crate, di sini ada yang namanya Game Library. Di dalam Game Library, ada beberapa kategori seperti game yang mendukung refresh rate layar tinggi, mendukung penggunaan Kunai Gamepad, maupun game-game yang mendukung fitur AirTrigger. Cukup cari tahu game yang mendukung teknologi yang ingin kalian rasakan, dan unduh langsung dari aplikasi Armoury Crate.

 ROG Phone 6 - Professional IMX766 Camera Sensor 



Meskipun ROG Phone 6 boleh dibilang sebagai smartphone gaming terbaik saat ini, namun urusan dokumentasi dan mengabadikan momen penting tidak dilupakan begitu saja. ROG Phone 6 hadir dengan konfigurasi tiga kamera belakang, di mana kamera utamanya mengandalkan sensor SONY IMX766 50 MP. 

Kamera dengan mode utama 12,5 MP ini menggunakan teknik filter warna Quad Bayer sehingga mampu mereproduksi image beresolusi 50MP. Mendukung perbesaran 2x lossless dalam kondisi pencahayaan siang hari, dan secara otomatis akan beralih ke zoom digital 2x dalam mode resolusi 12,5 MP pada kondisi pencahayaan rendah.

Kamera kedua memiliki lensa ultra-wide angle dengan resolusi 13 MP yang mampu menangkap gambar hingga sudut 125° dan secara otomatis akan melakukan koreksi distorsi secara real time. Sedangkan kamera ketiga adalah lensa makro 5 MP, yang berguna untuk memotret obyek dalam jarak dekat agar tetap detil dan tajam. 

Beralih ke kamera depan, ROG Phone 6 dilengkapi dengan kamera beresolusi 12 MP yang dapat menangkap dan merekam foto selfie secara berkelompok (group selfie) dalam kualitas tinggi, dan bahkan sanggup melakukan video streaming secara langsung.

Berikut ini adalah beberapa contoh foto yang saya ambil dengan menggunakan ROG Phone 6 :

  • Mode Portrait (Front & Main Camera)


  • Mode Panorama


  • Mode Low Light


  • Mode 2x Zoom


Untuk perekaman dalam mode video, ROG Phone 6 juga sudah mendukung beberapa resolusi, bahkan hingga 8K. Untuk resolusi di bawah 8K, kita bisa mengaktifkan fitur Image Stabilization agar gambar yang kita ambil tidak shaky. Beberapa pilihan mode perekaman video bisa disimak pada tayangan berikut ini :


Yang jelas, ROG Phone 6 ini tidak hanya cocok untuk penggunaan gaming semata, namun membuat konten video yang menarik juga sanggup dilakukan oleh ROG Phone 6 ini. Kekuatan pemrosesan yang dimiliki oleh ROG Phone 6, membuat kita dapat melakukan penyuntingan video setara profesional dengan mudah dan cepat.

 ROG Phone 6 - GameFX Audio System 



ROG Phone 6 menyematkan dua buah speaker yang menghadap ke depan. Dengan teknologi Hi-Res Audio dan sertifikasi DIRAC, suara yang dihasilkan oleh ROG Phone 6 terdengar lantang namun tetap jernih. Bahkan, suara langkah kaki saat bermain game FreeFire terdengar sangat detil, sehingga jadi bisa memperkirakan posisi musuh ada di mana.

 ROG Phone 6 - Ultimate Protection 

Ada yang baru pada ROG Phone 6 ini, yaitu perlindungan dari percikan air. Ya, ROG Phone 6 menjadi smartphone gaming pertama yang mengadopsi sertifikasi IPX4 Splash Resistant. Tak perlu kuatir lagi ketika sedang mengambil gambar atau merekam video outdoor, lalu tiba-tiba gerimis datang. 


Untuk proteksi layarnya, ROG Phone 6 sudah menggunakan teknologi terbaru, Corning® Gorilla® Glass Victus™ yang handal. Enggak cuma layarnya yang diproteksi, kesehatan mata pengguna juga sudah dilindungi dengan teknologi EyeCare Display yang akan meredam pancaran radiasi sinar biru yang dihasilkan oleh layar ROG Phone 6, hingga 70%. Memandang layar AMOLED milik ROG Phone 6 akan terasa nyaman dan menyenangkan meski dalam waktu yang cukup lama.

 ROG Phone 6 - Unboxing 

Apa saja yang akan kita dapatkan saat membeli smartphone gaming terbaik, ROG Phone 6? Di dalam kotak packaging ROG Phone 6, kita akan mendapatkan item-item berikut ini :


  • Handset ROG Phone 6
  • Hardcase
  • Kepala Charger HyperCharge 65W
  • Kabel USB type C to type C braided
  • Earphone wired
  • SIM Card Ejector
  • Augmented Reality Card
  • Manual dan Warranty Card

Menurut saya, isi dalam kotak packaging ROG Phone 6 ini sudah cukup lengkap untuk penggunaan sehari-hari. Kalau senang berlama-lama main game, perlu dipertimbangkan untuk sekalian menebus AeroActive Cooler 6 yang akan menambah ketenangan dan kenyamanan saat bermain.

 ROG Phone 6 - ROG Vision 



ROG Vision adalah layar AMOLED berukuran 2 inci yang terletak di bagian belakang ROG Phone 6 Pro. Ingat ya? ROG Phone 6 Pro. Layar kedua ini dapat menampilkan 6 skenario bawaan seperti x mode, incoming call, charging, accessory, screen mode dan game start. Jika dirasa kurang, kalian bisa mengunduh 60 lebih animasi skenario yang kalian inginkan. Tampilan layar ROG Vision bisa kalian kustomisasi melalui aplikasi Armoury Crate.

 ROG Phone 6 - Variations 



Saat ini, untuk market Indonesia, ROG Phone 6 tersedia dalam 2 tipe, yaitu ROG Phone 6 dan ROG Phone 6 Pro. Untuk ROG Phone 6, tersedia dalam 2 pilihan warna dan 2 pilihan konfigurasi. Adapun pilihan warna pada ROG Phone 6 adalah Storm White dan Phantom Black. Sedangkan pilihan konfigurasi untuk ROG Phone 6 antara lain 8/256 GB dan 12/256 GB. Sementara itu, untuk ROG Phone 6 Pro hanya tersedia dalam satu pilihan warna dan satu konfigurasi saja, yaitu warna Storm White 18/512 GB.

 ROG Phone 6 - Price & Store 

Buat kalian yang mau beli ROG Phone 6 PRO, kalian juga udah mulai bisa pre-order di tanggal 24 Oktober - 10 November 2022. Untuk pemesanan awal ini, kalian akan mendapatkan banyak promo menarik antara lain Free Aero Active Cooler 6 + Devil Case + Exclusive Backpack ROGXONIC Esports selama persediaan masih ada, dengan total keuntungan hingga Rp.2.000.000. Untuk ROG Phone 6 PRO ini bisa kalian dapetin dengan harga Rp 18,999,000 eksklusif hanya di Erafone, Urban Republic, ROG Store, ASUS Online Store, ASUS Exclusive Store, Eraspace dan Tokopedia.  Info selengkapnya kamu bisa cek disini ya : https://rog.asus.com/id/phones/rog-phone-6-model/  



Nah, kalau buat ROG Phone 6 sekarang udah tersedia  di partner-partner penjualan ROG Phone 6 yang bisa kalian dapetin langsung di Erafone,Urban Republic, ROG Store, ASUS Online Store, ASUS Exclusive Store, Eraspace, dan  JD.ID langsung dengan harga Rp 10,999,000 untuk variant 8/256GB dan ROG Phone 6 12/256GB dengan harga Rp 13,999,000.  So, tunggu apalagi buruan beli sebelum kehabisan!

Semoga review ROG Phone 6 ini bermanfaat, salam kompak persahabatan selalu..

"Artikel ini diikutsertakan dalam ASUS ROG Phone 6 Blog Writing Competition di Blog Katerina Travelerien"


 






Tidak ada komentar:

Posting Komentar